Sponsors Link

15 Tips Liburan Sendiri Paling Menyenangkan

Sponsors Link

Travelling atau liburan ramai-ramai memang menyenangkan namun liburan sendirian juga tidak kalah seru. Selain dapat menjernihkan pikiran, kita bisa mengekspresikan diri sesuka hati dengan melakukan apapun dan pergi kemanapun yang kita sukai.

ads

Untuk itu, asalkan dipersiapkan dengan matang, jangan takut untuk berlibur sendirian, dijamin anda akan mendapatkan pengalaman liburan paling mengesankan seumur hidup, terlebih jika anda menantang diri anda pergi ke suatu tempat yang belum pernah anda eksplor sebelumnya.

Berikut beberapa tips yang perlu disimak bagi anda yang ingin liburan sendiri.

  1. Tentukan dan Kumpulkan informasi destinasi tujuan anda

Untuk berlibur, pastinya harus ditentukan dulu kemana tujuan kita. Agar lebih menantang dan mengasyikkan, pilihlah destinasi wisata yang belum pernah anda datangi sebelumnya serta tanyakan pada diri anda, cukup amankah jika anda pergi kesana seorang diri? Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, mulai dari harga tiket masuk tempat wisata, apa yang dapat anda nikmati disana, budaya masyarakat sekitar hingga tentang pengurusan paspor dan visa jika anda memilih berlibur ke luar negeri. Selain itu jangan lupa juga mencari informasi tentang tingkat kejahatan yang sering terjadi di daerah tempat wisata tersebut, hal ini penting agar anda lebih waspada dan menjaga keselamatan diri.

  1. Tahu tujuan berlibur solo

Ini adalah hal penting yang harus anda tanyakan pada diri anda sendiri. Mengapa anda ingin berlibur sendirian? Ingin menjelajah tempat baru? Memiliki waktu ‘sendiri’? dengan mengetahui mengapa saat ini anda memilih bepergian sendirian, anda tidak akan takut dan merasa kesepian namun akan merasa perjalanan anda menyenangkan.

Baca juga:

  1. Buat anggaran dana

Berlibur solo terkadang membuat anda harus berbesar hati menggunakan uang lebih banyak untuk penginapan, karena tidak dapat berbagi kamar dengan teman liburan anda. Untuk itu, buatlah anggaran secermat mungkin, rajinlah mencari hotel atau penginapan termurah yang anda dapat. Selain itu persiapkan dana ‘pertolongan’ atau dana simpanan yang dapat anda gunakan kapanpun saat dibutuhkan, karena anda berlibur sendirian dan hanya anda sendirilah yang menolong diri anda.

  1. Ikut komunitas online

Bergabunglah dengan berbagai komunitas online khusus traveller dan backpacker. Disana adalah tempat diskusi dan berbagi pengalaman. Jadi anda bisa mengumpulkan banyak informasi dari para traveller yang tentunya sudah terjun langsung ke berbagai tempat. Bahkan bisa jadi anda mendapat teman baru yang kebetulan juga berencana atau pernah berlibur sendirian.

Sponsors Link

  1. merapat dengan orang yang juga pergi sendiri

berlibur solo tentunya tidak hanya anda saja yang melakukannya, banyak orang lain yang melakukannya. Jadi bertemu dengan orang yang akan atau pernah berlibur sendirian tentu saja sangat membantu anda untuk mengumpulkan informasi apa saja yang perlu anda persiapkan.

  1. Mencoba hal baru

Meski berlibur sendirian, tidak ada salah kita mencoba hal baru di luar hobi kita. Tidak perlu takut jika hal baru tersebut membuat kita takut dan mengganggu, namun di sisi lain tentunya memberikan kita pengalaman yang lebih tidak terlupakan dan membuat pikiran kita lebih segar. Semisal, ketika orang-orang padat mengunjungi taman hiburan maupun waterboom secara berkelompok, anda justru menantang diri anda untuk pergi ke sebuah desa yang masih tradisional dan mempelajari budaya mereka.

ads

baca Juga:

  1. Hubungi teman atau keluarga yang tinggal dekat destinasi wisata anda

Pilihlah destinasi wisata yang dekat denga tempat tinggal kerabat atau orang terdekat anda, terlebih jika anda melancong ke negeri orang yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya.

  1. lakukan hobby atau sesuatu yang menyenangkan

agar liburan sendiri berkesan dan menyenangkan, kunjungilah destinasi wisata yang menyenangkan dan dapat menyalurkan hobi dan passion anda. Misalnya, ke taman safari dengan membawa mobil sendiri yang berisi kamera dan berbagai perlengkapannya untuk menyalurkan hobi fotografi anda.

  1. Buat ‘to do list’ atau ‘proyek’ yang bisa anda lakukan

Dengan membuat ‘to do list’ atau berbagai proyek yang ingin anda lakukan sendirian, sangat membantu anda untuk di capai dengan melakukan liburan solo. Anda akan lebih fokus melakukan hal-hal yang ingin anda lakukan saat berlibur tanpa perlu di interupsi oleh orang lain.

Baca juga:

  1. Sadar keamanan

Karena hanya anda sendirilah penolong diri anda, maka anda harus sadar akan kemanan anda. Pastikan diri anda selalu aman. Pastikan barang-barang anda berada di tempat yang aman. Simpanlah beberapa nomor penting seperti nomor kepolisian setempat,rumah sakit, dan sebagainya. Dan sewaktu berlibur pastikan anda tidak mengumbar kemanapun anda pergi dan dimanapun anda menginap.

  1. Percaya Diri

Tanamkan rasa percaya diri yang tinggi saat anda berjalan sendirian dalam berwisata. Karena jika anda terlihat bingung, bisa jadi akan menjadi sasaran empuk tindak kejahatan. Jika anda tersesat, usahakan tetap tenang sembari mengecek peta dengan masuk ke salah satu kedai atau toko terdekat anda dan bertanya dengan tenang kepada orang yang sedang anda temui.

  1. Kabari orang terdekat anda

Sebelum berangkat, pastikan kamu memberikan informasi tentang itinerary perjalanan anda dan nomor yang mudah dihubungi kepada orang terdekat yang paling anda percaya. Selain dapat mengurangi rasa cemas orang terdekat anda, hal ini akan memudahkan mereka untuk melacak dan mengetahui keberadaan anda jika anda dalam keadaan yang sedang tidak menguntungkan.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Pastikan penginapan anda aman

Karena anda akan bepergian sendirian, pastikan semuanya aman mulai dari saat berangkat hingga memilih penginapan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang penginapan yang ada di dekat tempat wisata tujuan anda. Hindari penginapan yang berada di tempat yang sepi, jauh dari destinasi wisata anda, dan mencurigakan. Dan tentu saja selain harus aman, penginapan yang anda pilih harus memiliki harga yang pas dengan budget anda.

  1. Jangan bawa barang terlalu banyak

Sebaiknya jangan membawa barang terlalu banyak karena akan sangat menyulitkan anda sendiri nantinya. Bawalah barang-barang secukupnya dan seminimal mungkin, sehingga anda tidak kerepotan membawa begitu banyak barang dan tidak kesusahan untuk mengawasi barang yang anda bawa.

  1. Tidak umbar di sosial media

Meski berlibur solo, terlalu semangat menjelajah tempat baru kemudian mengumbar berbagai foto di video bukanlah hal yang sebaiknya anda lakukan saat masih berada di perjalanan wisata anda demi keselamatan anda sendiri.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 07th, September 2017 / 06:19 Oleh :
Kategori : Persiapan