10 Wisata Edukasi di Bogor yang Wajib di Kunjungi


Berwisata dengan keluarga merupakan hal yang sangat menyenangkan, oleh sebab itu kita harus pandai dalam memilih tempat wisata bersama keluarga dan anak-anak. Pilihlah lokasi wisata yang aman untuk anak-anak, serta tempat yang membuat mereka nyaman. Selain itu kita juga harus menentukan budget yang harus kita keluarkan saat liburan nanti, oleh sebab itulah sebaiknya persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Dan kali ini kita akan membahas tentang 10 tempat wisata edukasi di Bogor, yang bagus dan bisa kita datangi bersama keluarga.

1. Kampung Horta

Mengajak anak liburan ke tempat yang bermanfaat adalah kewajiban kita sebagai orang tua. Dan kali ini kita bisa membawa anak-anak untuk datang ke Kampung Horta Bogogor. Tempat ini memiliki banyak sekali manfaat bagi anak-anak, karena disini mereka bisa bermain sambil belajar bersama teman-temannya yang lain.

Kampung ini disebut Kampung Horta karena sebagian besar masyarakatnya menjadi pengerajin boneka Horta.  Biasanya ada banyak sekali pengunjung yang datang dari berbagai ddaerah, bahkan banyak dari kelompok belajar atau kelompok siswa dari beberapa sekolah juga datang kemari.

Disini ada banyak sekali aktivitas yang bisa anak-anak lakukan, misalnya saja pelatihan membuat boneka Horta. Dengan mengajarkan anak untuk membuat boneka ini, maka tingkat kreativitas anak akan terasah dan semakin bagus. Selain membuat bonkea, di Kampung Horta ini anak-anak juga dilatih untuk membuat sablonan.

Anak-anak akan dilatih tentang bagaimana teknik dasar dalam menyablon, aktivitas ini bertujuan agar anak-anak mengenal teknik mencetak dengan benar.  Pelatihan yang lainnya berhubungan dengan pangan, yaitu tentang cara membuat telur asin, cincau, minuman, membuat obat herbal alias dari tumbuhan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya tentang kreativitas anak saja yang asah di Kampung Horta ini, tapi gerak motorik anak juga dilatih agar jauh lebih baik. Disini anak-anak akan bergerak lebih banyak dengan aktivitas games, misalnya saja games menangkap ikan di kolam, memindahkan belut serta menangkap bebek yang sengaja dilepas. Dengan mengajak anak-anak datang kesini, diaharapkan tingkat kreativitas dan ketanggapan mereka akan semakin kuat . Oleh sebab itulah mengapa Kampung Horta ini sangat bagus sekali untuk dikunjungi bersama anak-anak.

  • Nama Tempat Wisata : Kampung Horta
  • Alamat : Desa Selahuni, Ciomas, Ciomas Rahayu, Ciomas, Bogor, Jawa Barat 16610, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 20.000,- / per- kegiatan
  • Hari Buka : Senin – Minggi
  • Jam Buka : 08.00 – 15.00 WIB
  • Akses : Akses bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Baca Juga : Wisata Pulau Seribu – Tempat Wisata Di BantulAir Terjun Di IndonesiaAir Terjun Kulon Di Ponorogo

2. Kampung Wisata Sentul

Tempat liburan yang mengedukasi berikutnya adalah Kampung Wisata Sentul. Tempat ini merupakan tempat wisata yang sangat populer, dan bahkan banyak direkomendasikan orang terutama mereka yang memiliki anak. Disini anak-anak tidak hanya sekdar bermain, tapi mereka juga bisa belajar secara langsung dilapangan tentang hal-hal yang baru. Tidak hanya itu Kampung Wisata Sentul juga memiliki banyak kegiatan yang menarik, dan bermanfaat bagi ana-anak yang berkunjung kemari.

Setiap harinya ada banyak sekali kelompok belajar, baik dari sekolah TK maupun SD, SMP dan keluarga besar. Mereka datang kesini khusus untuk berlibur sambil mencari ilmu, tentu liburan seperti ini akan sangat bermanfaat sekali bagi si kecil. Kegiatan yang diadakan disini banyak sekali, misalnya saja seperti berkebun, outbond, rafting, membuat prakarya, games, camping dan lain sebagainya. Seluruh kegiatan tersebut diadakan untuk mengasah kemampuan si anak, dalam menjalani masa yang akan datang.

Misalnya saja berkebun atau menanam, dengan kegiatan ini anak akan lebih paham tentang cara menanam yang baik dan benar. Sedangkan outbond akan sangat membantu untuk melatih gerak motorik atau keseimbangan tubuh anak. Dan untuk rafting dapat melatih kekompakan dan mental si anak, dengan mengikuti kegiatan ini anak akan lebih berani dan mampu bekerja dalam tim.

Kampung Wisata Sentul ini sangat cocok untuk anak-anak, karena tidak hanya kegiatannya saja yang unggul untuk anak-anak tapi juga fasilitasnya. Di Kampung Wisata Sentul ini anak-anak akan mendapatkan banyak fasilitas, seperti fasilitas medis, tempat istirahat dan bahkan mereka juga akan diatur jam makannya. Tidak hanya itu karena disini anak-anak akan sangat senang dengan kakak pemandu yang sangat ramah dan menyenangkan pada anak kecil.

  • Nama Tempat Wisata : Kampung Wisata Sentul
  • Alamat : Komplek Mentari Sentul, Jalan Terusan Mayak, Nagrak, Sukaraja, Cijayanti, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16710, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 150.000,- hingga Rp. 225.000,-
  • Hari Buka : Senin – Minggu
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Akses : Lebih baik jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga : Tempat Wisata di Sumatera Utara – Wisata Air Terjun Di BogorPersiapan Untuk Liburan Ke Pantai

3. Sentulfresh

Tempat wisata edukasi di Bogor yang selanjutny adalah Sentulfresh. Tempat ini merupakan tempat wisata yang sangat menarik dan bermanfaat bagi anak. Disini mereka bisa melakukan berbagai aktivitas, misalnya saja bermain, belajar dan juga mengaplikasian apa yang mereka dapat.

Tempat ini sering sekali dikunjungi siswa siswi dari berbagai macam sekolah di sekitar Bogor. Tidak hanya dari sekolah saja yang datang kesini, bahkan keluargaa besar pun bisa datang untuk belibur sambil belajar di Sentulfresh ini.

Sentulfresh memiliki banyak sekali kegiatan yang menarik, dan kegiatan tersebut akan sangat bermanfaat dalam melatih perkembangan si anak. Aktivitas yang ada disini dan bisa anak-anak lakukan adalah memerah susu sapi, memberi makan burung merpati, menunggangi anak sapi, memberi makan ikan, mengobservasi budidaya Cacing, budidaya Ayam Kate, peternakan Rusa, dan juga mengenal jenis tanaman. Dengan mengikut sertakan anak dalam kegiatan ini, diharapkan anak akan memiliki tanggung jawab yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain aktivitasnya yang menyenangkan, Sentulfresh ini juga memberikan fasilitas yang lengkap serta membuat pengunjung aman. Disini anak-anak tidak perlu susah untuk mendapatkan makanan, atau mencari kamar mandi. Karena tempat ini menyediakan berbagai macam makanan, dan banyak kamar mandi yang cukup terjaga kebersihannya. Kegiatan yang selanjutnya bisa dilakukan anak-anak dalah, praktik untuk membuat olahan yoghurt dari susu sapi segar. Anak-anak juga bisa membawa atau membeli yoghurt khas Sentulfresh Bogor.

  • Nama Tempat Wisata : Sentufresh Bogor
  • Alamat : Kampung Cijulang RT.03 / RW.03, Desa Cadasngampar, Sukaraja, Cadas Ngampar, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710, Indonesia
  • Harga Tiket : Fariatif ( paket keluarga Rp. 50.000,- / per-orang )
  • Hari Buka : Senin – Sabtu
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB
  • Akses : Bisa diakses menggunakan bus, taksi, dan kendaraan pribadi.

Baca Juga : Tempat Wisata di Gunung Kidul  –  Taman Impian Jaya Ancol  –  Wisata Air Terjun Di Bogor

4. Kampoeng Wisata Cinangneng

Tempat wisata edukasi yang selanjutnya adalah Kampoeng Wisata Cinangneng. Kampung ini memiliki banyak sekali keunikan dan keasikan didalamnya. Kita bisa datang ke Kampoeng Wisata Cinangneng yang ada di Bogor, anak-anak juga akan merasa senang datang kesini.

Disini ada banyak sekali kegiatan liburan yang menarik, serta bermanfaat bagi anak-anak yang mengikutinya. Kelopok belajaar dari sekolah-sekolah di Jawa Barat juga kerap kali datang kesini, hal tersebut dilakukan untuk membuat para siswanya lebih imajinatif dan kreatif.

Aktifitas yang bisa dilakukan anak-anak misalnya seperti bertani, menanam pohon, memberi makan ikan, membuat lukiasan diatas caping, membuat wayang dari tumbuhan singkong, dan banyak lagi yang lainnya. Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak bisa bermain dan belajar di alam bebas, terutama di zaman yang makin modern ini gadget menguasi anak-anak kita. Bermain sambil belajar di alam bebas, membuat mereka lebih tenang dan rileks. Dengan begitu mereka juga akan mendapatkan nilai edukasi yang tinggi, serta mereka akan lebih menghargai alam dan seisinya dengan baik.

Tidak hanya kegiatan tersebut saja tapi mereka juga akan melakukan aktivitas yang mungkin tidak pernah dilakukan, yaitu memandikan kerbau di sungai bersama teman-teman yang lainnya. Mereka akan mengajak kerbau untuk mau berjalan menuju ke sungai, dan memandikan kerbau tersebut disana. Kegiatan ini dilakukan agar anak dapat menghargai dan menayayangi hewan, seperti layaknya manusia mencintai dan menyayangi sesame makhluk hidup ciptaan tuhan.

Selain itu kegiatan melukis caping juga sangat bermanfaaat bagi anak, karena kegiatan ini dapat mengasah tingkat kreatifitas anak dan imajinasi nya agar lebih berkembang. Sedangkan menanam bibit padi dapat membantu mengasah kedisiplinan si anak, dan juga membuat anak menjadi semakin rapi. Mengajarkan anak tentang melukis, menanam dan juga kegiatan alam lainnya, dapat membangun rasa cinta anak pada lingkungan hingga masa mendatang. Oleh sebab itulah Kampoeng Wisata Cinangneng ini begitu erat kegiatannya dengan alam.

  • Nama Tempat Wisata : Kampoeng Wisata Cinangneng
  • Alamat : Jl. Babakan Kemang RT. 01/ 02, Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor, Jawa Barat 16620, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 115.000,-
  • Hari Buka : Senin – Minggu
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00
  • Akses : Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Baca Juga : Batu Ampar MaduraManfaat Wisata ReligiTempat Wisata Religi Di Aceh

5. Kampoeng Bamboe

Liburan bersama anak merupakan sesuatu yang menyenangkan, dan bahkan menjadi momen yang tak terlupakan bagi mereka. Kampung ini memiliki banyak penduduk, dan penduduk disini juga terkenal sangat ramah sekali. Kampoeng Bamboe merupakan satu tempat liburan yang sangat direkomendasikan pada orang tua, karena setiap kegiatan di tempat ini sangat diperhatikan. Kita bisa membawa anak-anak secara berkelompok, misalnya saja dengan teman satu kelas atau satu komunitas.

Kegiatan disini juga sangat menarik, ada kegiatan memancing, bertani, berkebun, berternak, outbond dan lain sebagainya. Kegiatan berkebun disini dilakukan dengan beberapa penjaga kebun, misalnya saja berkebun di kebun pepaya, kebun jagung dan sebagainya. Disini anak-anak juga diajarkan tentang bagaimana cara menentukan mana buah yang sudah bisa dipanen, dan mana yang masih belum bisa dipanen. Selain itu mereka juga akan diajarkan bagaimana cara memetik buah dengan benar tanpa merusak buah atau pohonnya. Dengan mengajarkan anak tentang hal tersebut, secara tidak langsung ketelitian anak akan lebih tinggi dalam melakukan sesuatu.

Kampoeng Bamboe juga menyediakan faasilitas bagi pengujungnya, misalnya saja penginapan yang ada di tempat ini. Penginapan yang ada di Kampoeng Bamboe dijamin sangat memuaskan,  dan penginapan ini juga sangat aman jika kita membawa anak-anak. Saat pagi hari anak-anak bisa melihat pemandangan yang begitu indah, mereka juga berjalan-jalan dipagi hari disekitar penginapan.

  • Nama Tempat Wisata : Kampoeng Bamboe
  • Alamat : Jl. Desa Ciburayut, Kampung Selaawi, Ciburayut, Cigombong, Ciburayut, Cigombong, Bogor, Jawa Barat 16110, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 15.000,- / orang ( selanjutnya relatif )
  • Hari Buka : Senin – Minggu
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Akses : Akan lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi.

6. Mekarsari – Taman Buah

Tempat wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak selanjutnya adalah Mekarsari.  Tempat wisata ini merupakan tempat wisata alias taman buah terbesar di dunia. Di taman ini banyak ditanam ribuan jenis buah yang berasal dari berbagai daerah, dan disini kita bisa membawa anak-anak agar mereka bisa melihat langsung bagaimana bentuk buah dan nama-nama buah yang mereka belum ketahui. Dengan mengajak mereka kesini, maka pengetahuan mereka juga akan lebih banyak dan mereka juga mendapatkan pengalaman yang lebih banyak juga.

Disini anak-anak bisa melakukan kegiatan petik buah, tentu dengan didampingi oleh petugas dari Mekarsari. Tidak hanya memetik buah saja, karena anak-anak juga pasti akan diajarkan bagaimana cara memilih buah yang sudah masak dan mana yang belum masak. Dengan mengajarkan hal tersebut anak akan terlatih dalam hal ketelitiannya, karena disini mereka harus benar-benar memperhatikan ciri-ciri buah yang masak dan bisa di petik.

Selain itu anak-anak juga akan diajarkan tentang bagaimana caranya menanam bibit buah, serta cara merawat tanaman buah-buahan agar tetap subur dan bisa hidup tahan lama hingga berbuah. Pelatihan menanam dan merawat tanaman buah ini sangat bermanfaat bagi anak-anak, karena dengan pelatihan ini kedisipilnan dan tingkat tanggung jawab sang anak akan bertambah tinggi. Dengan bertambah tingginya tingkat tanggung jawab anak, maka ini akan sangat bermanfaat sekali untuk mereka di masa mendatang.

  • Nama Tempat Wisata : Mekarsari Taman Buah
  • Alamat : Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM. 3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16820, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 55.000,- keatas ( tersedia jenis paket kunjungan per keluarga/pergrup)
  • Hari Buka : Senin – Minggu
  • Jam Buka : 09.00 – 16.30 WIB
  • Akses : Lebih baik ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga : Pantai Balekambang – Wisata Kuliner Semarang – Wisata Kuliner PalembangTempat Wisata Di Nabire Papua 

7. Pelita Desa

Wisata edukasi untuk anak dan orang dewasa selanjutnya adalah Pelita Desa. Tempat ini diresmikan sejak 2 Februari 2002, dan berdiri diatas lahan seluas 2,5 Hektar. Tempat ini merupakan tempat wisata yang edukatif sekali bagi orang dewasa mapun anak-anak. Disini ada banyak sekali kegiatan yang bermanfaat, karena anak-anak akan diajarkan tentang banyak hal. Misalnya saja seperti menanam padi, memberi pupuk, membuat pupuk, menangkap ikan dan kegiatan lainnya yang bermanfaat.

Kegiatan tentang menanam padi akan sangat bermanfaat sekali bagi anak, disini mereka akan diajarkan tentang memilih benih padi yang bagus serta cara menanam yang baik dan benar. Dengan mengajarkan anak menanam padi secara benar, maka hal ini akan membuat anak lebih teliti, lebih kreatif dan aktif dalam beraktivitas. Selain itu mereka juga diajarkan tentang cara membuat pupuk, disini membuat pupuk tentu harus disertai dengan bahan apa saja yang digunakan untuk membuat pupuk tersebut.

Anak-anak akan di ajarkan bagaimana cara membuat pupuk dari tumbuhan atau sampah yang busuk, atau bisa juga dari kotoran hewan seperti sapi kambing dan lain sebagainya. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat pada anak, karena dengan begitu anak akan mampu menentukan jenis sampah dan jenis pupuk dengan baik.

  • Nama Tempat Wisata : Pelita Desa
  • Alamat : Jl. H. Miing, RT. 01 / RW. 03, Putat Nutug, Ciseeng, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat 16117, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 125.000,-
  • Hari Buka : Senin – Minggu
  • Jam Buka : 09.00 – 17. 00 WIB
  • Akses : Sebaiknya ditempu dengan menggunakan kendaraan pribadi.

8. Taman Budaya

Menjadwalkan liburan yang menarik untuk anak, adalah hal yang penting. Dan kali ini kita bisa mengajak keluarga untuk datang ke Taman Budaya Bogor. Disini ada banyak sekali kegiatan yang menarik dan bermanfaat, kita bisa mendapatkan banyak pelajaran setelah datang kesini. Kegiatan yang ada disini seperti outbond, bermain dengan permainan zaman dahulu, tracking, bermain games dan lain sebagainya.

Dengan mengajak anak bermain disini mereka akan lebih tanggap, selain itu motorik anak juga akan lebih terlatih. Misalnya saja tracking dengan keluarga, anak akan bersuaha bertahan untuk menjaga dirinya serta orang yang ada disekitarnya. Cara ini membuat anak memiliki rasa kasih sayang dan tanggung jawab yang lebih tinggi dari sebelumnya. Sedangkan permainan games yang lain akan membuat anak untuk mampu bekerja dalam tim, serta menjadikan anak lebih percaya diri untuk berbaur dengan orang lain.

Selain kegiatan dari Taman Budaya Bogor yang menarik, fasilitas yang dimiliki juga cukup membuat pengunjung tenang. Karena disini terdapat foodcourt dan café yang asik untuk beristirahat, dan kita juga bisa belanja batik khas dari Taman Budaya. Fasilitas ini tidak hanya membuat kita nyaman, tapi juga anak-anak yang ikut pasti akan merasa senang dengan apa yang ada disini.

  • Nama tempat wisata : Taman Budaya Bogor
  • Alamat : Jl. Siliwangi No. 1, Sentul City, Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810, Indonesia
  • Harga tiket : Mulai Rp. 230.000,- ( tergantung jenis paket yang dipilih ).
  • Hari buka : Senin – Minggu
  • Jam buka : 09.00 – 16.30 WIB
  • Akses : Lebih baik ditempuh dengan kendaraan pribadi.

9. Museum Zoologi

Musium Zoologi merupakan suatu museum yang bisa kita kunjungi bersam keluarga. Disini kita bisa melihat banyak fosil hewan, dan tempat ini sangat bagus jika kita kunjungi bersama anak-anak. Biasanya kelompok belajar datang kesini untuk mengenalkan pada siswanya tentang susunan tulang hewan.

Selain itu tempat ini juga dekat dengan Kebun Raya Bogor, sehingga akan sangat menyenangkan sekali jika kita datang kesini. Dengan membawa anak-anak datang kesini, kita bisa mengenalkan pada mereka tentang jenis hewan vertebrata dan avertebrata. Selain itu mereka juga akan lebih paham tentang susunan tulang dari unggas, mamalia dan lain sebagainya. Mengenalkan mereka tentang jenis fosil hewan akan membantu mereka untuk mendapatkan informasi yang baru.

  • Nama Tempat Wisata : Museum Zoologi
  • Alamat : Jl. Ir. H. Djuanda No. 9, Paledang, Bogor Tengah, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16911, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 14.000,- termasuk tiket masuk Kebun Raya Bogor.
  • Hari Buka : Senin – Minggu
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB
  • Akses : Bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Baca Juga : Wisata Kuliner Di MalangTempat Wisata Kuliner Di JakartaTempat Wisata Di Batam

10. Taman Safari Indonesia – Bogor

Tempat wisata yang terakhir adalah Taman Safari Indonesia Bogor, dan tempat ini sangat kami rekomendasikan untuk anda semua. Disini ada sekitar 2.500 hewan yang tinggal secara bebas didalamnya, selain itu tempat ini juga dijaga oleh ribuan petugas 24 jam. Kita bisa membawa anak-anak untuk datang kesini saat weekend atau liburan sekolah. Anak-anak bisa belajar tentang nama hewan, dan mengetahui jenis-jenis hewan secara langsung.

Liburan di Taman Safari Indonesia Bogor akan menjadi momen yang menyenangkan dan tak terlupakan. Anak-anak juga bisa mengikuti berbagai macam pertunjukan hewan, misalnya saja pertunjukan lumba-lumba, gajah, burung dan lain sebagainya. Mengajak anak-anak kesini adalah sebuah ide yang bagus, mereka juga bisa bermain dengan satwa, memberi makan satwa, berfoto dan lain sebagainya dengan pengawasan petugas Taman Safari tersebut.

  • Nama Tempat Wisata : Taman Safari Indonesia – Bogor
  • Alamat : Jl. Raya Puncak No.601, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 140.000,- hingga Rp. 150.000,- untuk WNI
  • Hari Buka : Senin – Minggu
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00
  • Akses : Jalan hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus dari Taman Safari.

Memilih tempat wisata edukasi untuk keluarga terutama anak-anak, adalah sesuatu yang harus kita pertimbangkan dengan baik. Pastikan jika tempat liburan yang dipilih sesuai dengan usia sang anak, dan anak dalam kondisi yang sehat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 30th, March 2017 / 18:35 Oleh :
Kategori : Wisata Edukasi