Sponsors Link

12 Tips Wisata Ala Backpacker Murah dan Menyenangkan

Sponsors Link

Melakukan perjalanan wisata memang menjadi kegiatan bahkan hobi untuk sebagian besar orang, karena tidak lagi dapat dipungkiri, bahwa berwisata adalah salah satu kebutuhan yang hakiki. Terlebih untuk generasi milenial. Namun melakukan traveling biasa terkadang kurang greget, bukan? Demi perjalanan wisata yang mainstream, para milenial akan melakukan wisata sampai ke pelosok Indonesia bahkan ke luar negeri kemudian mengunggah ke sosial media dan membuat kita menelan ludah.

ads

Tetapi, masih banyak yang berpikir bahwa melakukan travelling seperti itu membutuhkan dana yang tidak sedikit dan ribet. Padahal tidak juga kok, Melakukan travelling atau perjalanan wisata bisa dilakoni dengan hemat dan mudah dengan backpacking style. Nah, buat kamu yang belum pernah dan ingin melakukan perjalanan ala backpacker, beberapa tips dari tempatwisataunik berikut ini yang perlu kamu simak baik-baik ya.

1. Siapkan Travel Kit yang Minimalis

Meskipun kita melakukan perjalanan wisata ala backpacker, beberapa alat tempur perjalanan tetap wajib kita siapkan. Jika kamu berencana pergi ke luar negeri, siapkan dompet kecil untuk paspor, visa, bahkan KTP dan beberapa dokumen penting lainnya. Kamu juga perlu scan semuanya dan kirimkan ke email kamu untuk keperluan mendadak dan darurat jika kamu lupa dimana menaruh paspor atau bahkan menghilangkannya.

Selain itu, sedikit uang cash juga perlu kamu siapkan untuk keperluan mendesak jika kamu tidak menemukan ATM di sekitar tempat wisata dan kamu perlu membeli makanan dan sebagainya. Barang-barang penting lainnya, bisa kamu siapkan juga seperti charger, hp, buku catatan, headphone, kamera, powerbank, obat-obatan yang kamu perlukan, peralatan mandi yang di pack di botol-botol kecil, dan yang paling krusial; sebotol air minum.

baca juga:

2. Pilih Tujuan Wisata

Kamu bisa sesuaikan tujuan wisata dengan anggaran dana yang tersedia. Jika dana yang ada terbatas, kamu bisa berwisata lokal Indonesia. Surga tersembunyi di Indonesia juga layak kamu eksplor dan pastinya tidak akan mengecewakan. Jika anggaran dana wisata cukup untuk ke luar negeri, silakan pilih destinasi yang sesuai budget anda. Jangan lupa siapkan dana tak terduga untuk perjalanan anda.

3. Cari Referensi Objek Tujuan Sebanyak-Banyaknya

Jika tempat wisata tujuan belum pernah kamu datangi, wajib hukumnya kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang objek wisata tersebut. Dengan adanya internet, mencari informasi pun bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun. Bahkan seringkali kamu menemukan initiery para traveller atau backpacker yang di unggah ke internet dan bisa kamu jadikan referensi tambahan.

Sponsors Link

Kalaupun kamu tidak menemukan salah satu initiery, kamu bisa menemukan beberapa cerita mereka yang diunggah dalam blog atau vlog. Kamu bisa mendapatkan informasi apapun mulai dari kebudayaan dan bahasa daerah tersebut, makan dan minuman khas, bahkan beberapa buah tangan khas daerah setempat. Dengan mengumpulkan referensi objek wisata sebanyak-banyak, kamu bisa membuat initiery perjalananmu.

baca juga:

4. Initiery Perjalanan Wajib Hukumnya

Oke, Jika kamu sudah menemukan initiery perjalanan orang yang kamu unduh dari internet, kamu bisa lewati proses ini. Namun jika kamu membuat initierymu sendiri, terutama jika kamu berencana mendatangi lebih dari dua tempat wisata. Jika memang demikian, sebaiknya pilih tempat wisata yang satu jalur perjalanan dan pilih tempat wisata tujuan yang terjauh dahulu.

ads

Misalnya ada berasal dari Jawa Timur dan ingin mendatangi tempat wisata di Jawa Tengah dan Jawa Barat, datangi tempat wisata di Jawa Barat terlebih dahulu lalu lanjutkan perjalanan ke tempat wisata di Jawa Tengah dan kembali ke tempat anda. Jangan lupa bawa buku catatan kecil agar perjalananmu tetap sesuai rencana mulai dari tujuan wisata, dan yang kamu butuhkan di tiap singgah ke objek wisata dan sebagainya.

5. Makan dan Minum

Masalah kebutuhan pokok yang satu ini bisa jadi yang menguras isi kantong terbanyak saat berlibur ketika kamu selalu ingin jajan di tiap tempat wisata yang kamu datangi. Untuk menghindari hal seperti ini, kendalikan nafsumu dan siapkan bekal makan, minum, dan jajan dari rumah. Jika memang ingin mencicipi masakan khas daerah, cobalah cari referensi berapa harga makanan setempat dan jika perlu carilah informasi dimana kamu bisa mendapatkan makanan daerah dengan harga dan kualitas yang ciamik.

6. Transportasi. Dari Tiket Promo Sampai Transportasi di Objek Wisata

Transportasi juga salah satu hal penting perlu dipertimbangkan saat bepergian. Jika anda membutuhkan tiket pesawat, jangan malas mencari tiket promo dengan harga yang lebih miring dari biasanya. Dan juga sebisa mungkin minimalkan penggunaan taksi. Jangan malas mencari berbagai alat transportasi publik setempat yang pastinya harganya jauh lebih murah daripada taksi dan memiliki jadwal keberangkatan dan harga yang pasti.

baca juga :

Ketika liburan berwisata memakan waktu lebih dari sehari, pastinya anda butuh tempat menginap. Namun pastikan untuk memilih penginapan yang paling terjangkau harganya dan tidak terlalu jauh dengan lokasi objek wisata. Selain itu jika objek wisata dan tempat menginap anda jaraknya cukup dekat, kamu bisa jalan kaki. Murah meriah, menyehatkan, dan sambil berjalan kaki, dapat mengabadikan objek foto dan video sebanyak-banyaknya.

7. Jika sudah Siap Semuanya, Mari Packing

Setelah mengenal objek wisata yang akan kamu datangi beserta dana yang tersedia, initiery yang sudah matang, kebutuhan pangan dan papan selama berwisata, kini saatnya berpacking. Sebagai traveller sejati yang ingin mencoba menjadi backpacker, seni packing juga kamu perlukan agar kamu bisa membawa semua benda penting selama perjalanan dalam satu tas atau koper saja. @vagabrothers, traveller dunia menyarankan untuk hanya membawa Tshirt, sandal, dan sepatu sport karena jenis sepatu ini cocok untuk segala medan.

8. Mengenal Warga Setempat

yang terakhir dan juga yang penting, membaurlah dengan masyarakat sekitar. Karena dengan berbaur, kamu mungkin bisa menemukan makanan khas daerah yang enak dan harga terjangkau sehingga tidak membuat pengeluaranmu diatas budget yang kamu sediakan. Atau bahkan kamu bisa mendapatkan objek wisata lain yang lebih indah dan belum diketahui banyak orang di intenet. Bukankah hal demikian menjadi nilai plus tersendiri?

Tips Traveling Backpacker lainnya :

  1. Rencanakan transportasi jauh-jauh hari
  2. Lakukan perjalanan wisata saat low season
  3. Cari kuler yang murah
  4. Cari penginapan yang murah

Nah, demikian tips-tips wisata ala backpacker. Sudah siap menjinjing tas ranselmu dan memulai petualangan baru?

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 21st, July 2017 / 03:56 Oleh :
Kategori : Tips Wisata