Sponsors Link

20 Persiapan Liburan ke Jogja (#Anda Wajib Mempersiapkan)

Sponsors Link

Jogja merupakan salah satu daerah yang cukup sering dijadikan jujugan wisata dalam negeri maupun wisatawan dari luar negeri. Mengunjungi Jogja merupakan salah satu kewajiban bagi para traveler. Wajar saja, karena Jogja merupakan lokasi wisata yang lengkap. Semua hal ada di Jogja. Ada wisata bidaya, wisata alam, dan juga wisata perkotaan yang bisa dikunjungi. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Jogja, berikut ini beberapa persiapan liburan ke Jogja yang bisa dilakukan.

ads

Baca juga:

1. Ketahui cara berwisata

Siapapun yang akan berwisata, wajib kiranya mengetahui cara perjalanan yang akan dilakukan. Tentukan apakah kamu akan mengunjunhi Jogja dengan cara backpacker, flashpacker, atau wisata dengan mewah. Karena hal ini pasti mempengaruhi persiapan wisata yang perlu dilakukan.

2. Siapkan tiket perjalanan

Sebelum berwisata, setelahenentukan cara dan waktu wisata, segera siapkan tiket perjalanan. Jika ingin naik kereta, maka beli tiket kereta dari jauh-jauh hari. Jika ingin naik pesawat, pesan tiket pesawat dari jauh hari agar mendapatkan harga yang lebih murah. Hal ini akan membantu kelancaran perjalanan ke Jogja.

3. Rencanakan penginapan

Jika ingin menginap di Jogja, tentukan penginapan mana yang akan digunakan atau dipesan. Di Jogja ada banyak sekali penginapan dan juga hotel. Jika sudah mendapatkan tempat yang sesuai, segera booking sebelum kehabisan.

4. Ketahui sarana transportasi

Terutama untuk backpacker, ketahui sistem transportasi di Jogja. Kamu bisa naik ttans Jogja untuk berkeliling. Namun trans Jogja hanya bisa menjangkau daerah di tengah kota. Untuk berkelana ke pinggiran Jogja, lebih baik menyewa kendaraan.

5. Tentukan objek wisata

Sebelum berangkat, persiapan liburan ke Jogja juga wajib mempersiapkan objek wisata apa saja yang akan dikunjungi. Sebisa mungkin pilih objek wisata yang benar-benar sesuai dengan minat dan selera. Pilih juga objek wisata yang aksesnya terjangkau dengan rute yang jelas.

Baca juga:

6. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai objek wisata yang akan dituju. Apalagi untuk kamu yang tidak menyewa jasa tour guide atau agen perjalanan. Informasi sangat penting untuk memperlancar kegiatan selama wisata.

Sponsors Link

7. Buat itinerary

Setelah mencari informasi, tentukan itinerary atau jadwal rencana kunjungan. Jadwal ini penting karena bisa membantu menstrukturkan jadwal perjalanan, waktu makan, sampai waktu ibadah. Sebisa mungkin jangan cuek dengan jadwal wisata, karena semua orang tentu ingin waktu wisatanya bisa dilakukan dengan efektif.

8. Perkirakan budget

Setelah membuat itinerary, perkirakan budget. Budget bisa dihitung dari tiket masuk objek wisata, biaya makan, dan biaya transportasi. Hitung perkiraan budget wisata agar bisa menentukan jumlah uang tunai yang harus dibawa. Jika perlu, bawa uang tunai berlebih untuk berjaga-jaga.

9. Catat perlengkapan yang harus dibawa

Setelah jadwal dan budget matang, segera catat segala keperluan yang perlu dibawa saat berwisata. Catatan itu berfungsi agar saat packing tidak ada benda yang tertinggal.

10. Persiapkan barang bawaan sesuai catatan

Setelah membuat list barang bawaan, segera siapkan semua barang yang dibutuhkan. Jangan sampai ada barang yang tertinggal.

Baca juga:

ads

11. Jangan lupa membawa obat

Obat itu sangat penting. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu mempersiapkan obat selama perjalanan nanti. Jenis obat yang perlu dibawa adalah obat P3K dan juga obat pribadi. Obat P3K bisa berisi obat gosok, obat diare, obat demam, dan obat flu. Sedangkan obat pribadi lebih kepada obat untuk penyakit pribadi seperti obat asma atau obat alergi. Tujuan membawa obat adalah untuk berjaga-jaga. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang ada di depan nanti.

12. Bawa gadget sesuai kebutuhan

Era modern memang menjadikan gadget sebagai salah satu kebutuhan wajib yang harus dibawa orang, bahkan ketika berlibur. Namun membawa gadget yang terlalu berlebihan malah akan membuat perjalanan wisata terlalu ribet. Oleh karena itu, bawa gadget sesuai kebutuhan saja. Jikapun harus membawa gadget berlebihan, pastikan masih ada cukup banyak ruang untuk packing nanti.

13. Jalur trans Jogja

Terutama untuk pada backpacker, sebelum berwisata ke Jogja ada baiknya mengunduh terlebih dahulu jalur trans Jogja. Selain itu, perlu juga untuk mempelajari pola atau alur dari trans Jogja itu sendiri. Tandai lokas-lokasi penting yang bisa dijadikan acuan agar tidak tersesat. Misalnya stasiun ketibaan, area Malioboro, atau halte-halte yang dekat dengan tempat wisata tertentu.

14. Tiket pulang

Pastikan juga bahwa kamu sudah memiliki tiket pulang. Apalagi jika kamu berwisata di hari ramai liburan. Jangan sampai kamu terombang-ambing di jalanan hanya karena lupa memesan tiket pulang. Lebih baik memesan tiket pergi dan pulang sekaligus untuk memastikan ketersediaan tiket untuk pulang.

15. Persiapkan fisik

Persiapan fisik juga sangat diperlukan. Apalagi jika kamu berencana mengelilingi Jogja seharian. Terutama untuk para backpacker yang dituntut untuk banyak-banyak berjalan kaki. Tentu fisik yang kuat sangat diperlukan. Jaga selalu kesehatan dan jangan lupa untuk berolahraga ringan sebelum berlibur. Hal itu akan sangat membantu.

Baca juga:

16. Cek kondisi kendaraan (jika membawa kendaraan sendiri)

Jika kamu berencana membawa kendaraan sendiri, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi fisik kendaraan. Apalagi jika jarak yang ditempuh sangat panjang. Cek kendaraan tersebut akan membantu mengurangi risiko yang lebih besar. Jangan sepelekan kegiatan ini, karena keselamatan itu lebih penting dari segalanya.

17. Belajar bahasa Jawa

Untuk wisatawan yang tidak bisa Bahasa Jawa, ada baiknya belajar Bahasa Jawa sebelum berlibur ke Jogja. Walau bahasa yang dipelajari hanya bahasa-bahasa sederhana, seperti ucapan maaf, permisi, atau terima kasih, hal ini bisa dipraktekkan untuk lebih bisa mendekatkan diri dengan suku Jawa yang tinggal di Jogja.

18. Siapkan rencana B

Walau rencana sudah dipersiapkan dengan sangat matang, ada kalanya ketika pelaksanaannya ada hambatan atau perubahan rencana secara tiba-tiba. Maka dari itu, selalu siapkan rencana B atau rencana alternatif agar kegiatan wisata bisa berjalan sesuai dengan rencana yang dijalankan. Misalnya jika tidak ada kendaraan yang bisa disewa untuk berkeliling Jogja, maka datangi saja objek wisata yang masih terjangkau oleh trans Jogja. Atau bisa juga dengan menyiapkan rencana alternatif lainnya.

Sponsors Link

19. Bawa payung kemana-mana

Selama berlibur usahakan untuk membawa payung. Payung merupakan salah satu senjata yang ampuh untuk melindungi diri dari hujan. Payung juga menjadi alternatif yang baik untuk melindungi diri dari terik matahari. Jogja merupakan sebuah daerah yang berada di Pulau Jawa. Seperti daerah lainnya di Pulau Jawa, Jogja juga memiliki musim. Namun musim di daerah tropis bisa diatasi dengan membawa payung. Maka dari itu jangan lupa untuk membawa payung saat berlibur.

20. Packing dengan rapi

Setelah semua persiapan dilakukan dengan baik, salah satu kegiatan yang tidak boleh disepelekan adalah packing. Sebisa mungkin lakukan packing dengan teknik yang benar dan rapi. Tujuannya untuk menghemat ruang di dalam tas. Packing yang rapi juga akan membuat barang bawaan terasa lebih ringan. Oleh karena itu, jangan sepelekan masalah packing.

Demikianlah beberapa persiapan liburan ke Jogja yang wajib diperhatikan. Selalu persiapkan liburanmu dengan matang. agar perjalanan wisata bisa menyenangkan. Jangan lupa ajak partner wisatamu untuk mempersiapkan diri dengan baik juga. Selamat berlibur dan semoga liburanmu menyenangkan. Ingat selalu bahwa keselamatan adalah yang paling utama.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 27th, July 2017 / 07:51 Oleh :
Kategori : Persiapan