Sponsors Link

12 Wisata Edukasi di Jakarta yang Wajib di Kunjungi

Sponsors Link

Setiap manusia tentu akan sibuk dengan segala macam rutinitas hariannya. Setiap hari harus bekerja dengan banyak tekanan dan target, pasti hal tersebut bisa membuat kita merasa stress dan lelah. Jika kita saja merasa stress dan lelah, apalagi anak-anak kita yang setiap hari sekolah dan harus berusaha mengerti pelajaran di kelas. Anak-anak setiap hari pasti perlu berpikir, dan untuk berpikir pasti membutuhkan tenaga serta membuat mereka lelah. Oleh sebab itu kita sebagai orang tua harus pandai mengatur jam anak, mulai dari jam belajar, jam istirahat dan bahkan jam bermain anak-anak setiap harinya.

ads

Ketika anak libur orang tua bisa mengajak mereka untuk berlibur, misalnya saja bermain di taman, berwisata alam dan bahkan wisata edukasi. Sebagian orang tua lebih banyak memilih mengajak anaknya untuk pergi ke tempat wisata edukasi, karena disana anak akan bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan. Sebagai orang tua modern kita harus selalu update tentang hal-hal baru mengenai kebutuhan anak, misalnya update tentang wisata edukasi yang terdekat. Dan berikut ini adalah daftar 12 tempat wisata edukasi yang ada di Kota Jakarta, serta bisa dikunjungi pada saat weekday ataupun weekend.

Baca juga :

1. Taman Mini Indonesia Indah

Jika ingin memberikan wisata edukasi pada anak-anak, tapi rasanya enggan untuk pergi jauh bahkan keluar kota maka TMII adalah tempat yang sangat cocok. Disini anak-anak bisa bermain sesuka hati mereka, bahkan belajar tentang banyak hal tentang ilmu sosial, ilmu sains, ilmu biologi dan mereka juga akan diajarkan tentang kebudayaan. Tidak hanya bermain dan edukasi, tapi mereka juga bisa menikmati keindahan alam yang begitu menyenangkan dan menyejukkan mata. Wisata budaya yang ada disini mengajarkan tentang keragaman adat, budaya dan seni dari Indonesia.

Misalnya saja seperti rumah adat, pakaian adat dan juga sejarah yang pernah ada dalam beberapa daerah di Indonesia. Anak-anak bisa datang dan masuk dalam rumah adat tersebut, bahkan mereka juga bisa belajar kepada penjaga setiap rumah adat yang ada di TMII. Ketika masuk dalam rumah adat mereka juga akan disuguhi bagaimana bentuk dan desain dari pakaian adat dari setiap daerah di Indonesia. Misalnya saja seperti rumah adat Aceh, rumah adat Bali, rumah adat Kalimantan, rumah adat Sulawesi, rumah adat Papu dan bahkan ada juga tempat beribada semua umat agama di Indonesia. Tidak hanya tentang rumah adat, anak-anak juga bisa menikmati berbagai macam pertunjukkan seperti Snow Bay, Theater Keong Mas, Musik dan lain sebagainya. TMII juga menyuguhkan musium yang sangat menarik, seperti musium untuk perangko misalnya.

  • Nama Tempat Wisata : TMII (Taman Mini Indonesia Indah )
  • Alamat : Ceger, Cipayung, DKI Jakarta
  • Harga Tiket  Masuk: Rp. 10.000,-
  • Jam Buka : 07.00 – 22.00 WIB
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Baca Juga :  Pantai Balekembang

2. Kidzania Jakarta

Setiap anak dilahirkan di dunia ini dengan penuh keberkahan, dan tentu dengan masa depan yang berbeda-beda juga. Setiap anak yang cerdas pasti memiliki sebuah cita-cita, baik itu menjadi dokter, pilot, guru dan lain sebagainya. Tentu hal ini akan sangat menyenangkan saat anak-anak memiliki kesempatan bermain dalam peran tersebut, dan bahkan pengalaman tersebut akan mereka ingat sepanjang masa. Jika ingin putra putri kita memiliki pengalaman yang seru, dan menjalani aktivitas seperti apa yang mereka cita-citakan di Kidzania.

Kidzania adalah tempat bermain dan belajar yang mengusung tema profesi, dan tempat ini mirip sekali dengan tempat bermain anak yang ada di luar negeri. Disini anak-anak bisa memilih profesi apa yang ingin mereka jalani dimasa depan. Dan mereka juga bisa menggunakan kostum alias pakaian sesuai dengan profesi yang dipilih. Jika takut si anak melakukan kesalahan kita tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, karena setiap arena bermain di Kidzania didampingi oleh kakak-kakak yang professional.

Kidzania memiliki 4 area utama seperti Airport, area ini yaitu area pintu masuk pesawat untuk menuju ke Kidzania. Sedangkan yang kedua yaitu Pusat Kota, dan disini terdapat banyak sekali aktivitas yang dilakukan. Setelah itu Pingiran Kota yang ada banyak sekali lokasi perindustrian dengan berbagai jenis pabrik. Jika anak masih belum bisa bermain dalam profesi pekerjaan maka disini ada Area Balita, yaitu area hanya boleh dimasuki untuk anak usia kurang dari 4 tahun.

  • Nama Tempat Wisata : Kidzania
  • Alamat : Sudirman Central Business District, Pacific Place Lt. 6- 601, Senayan, DKI Jakarta
  • Harga Tiket : Rp. 50.000,- hingga Rp. 250.000,-
  • Jam Buka : Weekday : 09.00 – 16.00 WIB / Weekend : 09.00 – 20.00 WIB
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

3. Taman Impian Jaya Ancol

Tempat wisata edukasi yang selanjutnya adalah Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Disini anak-anak bisa berwisata, bermain sambil belajar bersama teman-teman atau keluarganya. Taman Impian Jaya Ancol adalah tempat yang tepat untuk mengajak anak berekreasi, karena disini anak-anak bisa bermain sambil belajar tanpa ada rasa bosan dan terpaksa. Tidak hanya anak-anak saja yang bisa berwisata sambil belajar disini, tapi kita sebagai orang dewasa juga bisa berwisata sambil belajar di Taman Impian Jaya Ancol.

Pada umumnya anak-anak akan lebih sering dibawa ke tempat akuariun laut raksasa atau yang biasa disebut Seaworld. Ditempat ini mereka bisa mengenal lebih dari 4.000 jenis ikan, bahkan ditempat ini terdapat 300 spesies hiu dengan berbagai macam ukuran.

  • Nama Tempat Wisata : Taman Impian Jaya Ancol
  • Alamat : Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Pademangan, DKI Jakarta
  • Harga Tiket : Weekday  Rp. 25.000,- / Weekend : Rp. 25.000,-
  • Jam Buka : Weekday : 10.00 – 18.00 WIB / Weekend : 10.00 – 20.00 WIB
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Baca Juga : Tempat Wisata di Sumatera Utara

ads

4. Samudra Dolphin Park Ancol

Wisata edukasi berikutnya adalah Samudra Dolphin Park Ancol, tempat ini juga berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol. Disini anak-anak bisa belajar mengenal banyak hewan, dan bahkan mereka juga bisa bermain bersama hewan laut. Tidak hanya bermain dengan hewan, anak-anak bisa mengerti berbagai macam jenis hewan laut mamalia dan mana yang bukan mamalia. Tentu hal tersebut akan sangat menyenangkan bagi mereka, tempat ini buka setiap hari dan ramai pada saat akhir pekan serta hari libur lainnya.

Di Samudra Dolphin Park Ancol juga ada banyak atraaksi menarik yang dibintangi berbagai macam hewan, dan pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan para satwa lucu ini. Samudra Dolphin Park Ancol memiliki wahana utama dengan berbagai macam keunggulan, misalnya saja seperti Taman Surga Burung, Aneka Satwa, Cinema 4D, Ubur-Ubur, Boto-Boto. Jika ingin datang kesini bersama anak-anak ke Samudra Dolphine Park Ancol, sebaiknya datanglah pagi-pagi agar bisa menyesuaikan jadwal pertunjukkan yang ada di tempat wisata edukasi ini.

  • Nama : Samudra Dolphine Park Ancol
  • Alamat : Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Pademangan, DKI Jakarta
  • Harga Tiket : Weekday : Rp. 25.000,- / Weekend : Rp. 25.000,-
  • Jam Buka : 06.00 – 18.00 WIB
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Gunung Kidul

5. Ocean Ecopark Ancol

Wisata edukasi yang juga cukup terkenal di Jakarta adalah Ocean Ecopark Ancol. Ditempat wisata ini anak-anak bisa bermain sambil belajar, disini anak-anak juga menikmati belajar tanpa ada paksaan atau terpaksa. Anak-anak bisa menikmati petualangan yang menyenangkan dan aman tentunya, selain itu anak-anak akan mendapatkan banyak pengetahuan yang berguna dimasa depan. Ecopark terbagi menjadi banyak zona, misalnya saja zona Eco Nature, Eco Energy, Eco Care dan Ancol Eco Park.

Pada umumnya wisata edukasi anak mungkin dianggap hanya khusus untuk anak-anak saja, namun ternyata orang dewasa juga bisa ikut menikmati bermain sambil belajar di Ocean Ecopark Ancol ini. Jika kita ingin membawa anak-anak kesini, sebaiknya persiapkan dari jauh hari. Selain itu berangkatlah pada jam yang tepat, agar anak-anak bisa mengikuti dan menikmati kegiatan yang ada di Ocean Ecopark Ancol tersebut.

  • Nama Tempat Wisata : Ocean Ecopark Ancol
  • Alamat : Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Pademangan, DKI Jakarta
  • Harga Tiket : Weekday : Rp. 25.000,- / Weekend : Rp. 25.000,-
  • Jam Buka : 06.00 – 18.00 WIB
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

6. Dufan (Dunia Fantasi)

Tempat wisata edukasi berikutnya adalah Dufan alias Dunia Fantasi, yang terletak di ibu kota Indonesia yaitu Jakarta. Disini anak-anak bisa mengikuti dan menikmati segala kegiatan yang ada didalamnya. Jika ingin anak-anak kita tercinta merasakan asiknya bermain di Disneyland tanpa keluar negeri, maka Dufan adalah tempat yang cocok untuk mereka bermain dan belajar. Disini anak-anak bisa bermain berbagai macam wahana, misalnya saja wahana arum jeram. Wahana arun jeram merupakan salah satu wahana yang mampu memacu kekompakkan anak-anak. Di wahana ini anak-anak diajarkan untuk bisa saling bekerjsama, menjaga kesimbangan dan rasa percaya diri tentunya.

Di tempat wisata Dufan ini tidak hanya menyuguhkan permainan arum jeram saja, tapi juga Hysteria, Tornado, Bom-Bom Car dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya permainannya saja yang menyenangkan, tapi Dufan juga memiliki beberapa zona pembagian wilayah seperti Jakarta Tempo Dulu, Asia, Yunani, dan beberapa zona yang lainnya. Jika ingin mengajak anak-anak kesini, maka sebaiknya kita berangkat lebih awal, berangkatlah lebih pagi agar anak-anak bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang ada disini.

  • Nama Tempat Wisata : Dufan ( Dunia Fantasi )
  • Alamat : Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Pademangan, DKI Jakarta
  • Harga Tiket : Weekday : Rp. 25.000,- / Weekend : Rp. 25.000,-
  • Jam Buka : Weekday : 10.00 – 18.00 WI / Weekend : 10.00 – 20.00 WIB
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Baca Juga : Tempat Wisata di Sumatera Utara

7. Pinisi Science and Edutaiment Park

Lokasi wisata edukasi yang berikutnya adalah Pinisi Science and Edutaiment Park, lokasi ini cukup mudah dijangkau. Disini anak-anak bisa bermain sambil belajar berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia. Pinisi Science and Edutaiment Park memiliki berbagai macam wahana, misalnya seperti Crousel, Becak Mini, Flying Fox, Wall Climbing, 4D Simulator dan berbagai macam wahana lainnya.

Tidak hanya untuk anak-anak saja wahana yang ada di Pinisi Science and Edutaiment Park ini, karena disini terdapat zona Balita. Zona Balita adalah tempat dimana hanya balita atau batita saja yang bisa bermain disini. Disini zona balita dinamakan Toodler Area, dimana anak usia dibawah 5 tahun saja yang bisa bermain disini. Toodler Area yang ada dalam Pinisi Science and Edutaiment Park, dapat membantu ada dalam merangsang motoriknya juga ketangkasan dalam beraktivitas. Selain itu setiap wahana yang ada disini mampu menampung hingga 20 anak dalam satu wahana.

  • Nama Tempat Wisata : Pinisi Science and Edutaiment Park
  • Alamat : Pasaraya Blok M, Gedung B Lantai 8, 9 dan 10 – Jl. Iskandarsyah II/2 Kebayoran Jakarta 12160
  • Harga Tiket : Rp. 75.000,- hingga Rp. 140.000,-
  • Jam Buka : Weekday  10.00 – 17.00 WIB / Weekend 10.00-19.00
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Baca Juga : Air Terjun di Indonesia

8. Kebun Binatang Ragunan

Jika ingin mengajak anak berlibur dan belajar dalam waktu yang bersamaan, maka disinilah tempatnya. Kebun Binatang Ragunan Jakarta merupakan salah satu taman satwa yang cukup populer di Indonesia, tidak heran jika cukup banyak sekali wisatawan yang datang kesini. Tidak hanya wisatawan lokal saja, bahkan banyak juga wisatawan asing yang sengaja datang kesini untuk melihat berbagai macam satwa. Disini anak-anak bisa belajar tentang jenis hewan, bahkan mereka juga akan belajar tentang bagaimana ciri hewan ominvora, carnivora dan herbivora.

Tentu dengan begitu anak-anak akan lebih senang dan bisa menangkap informasi lebih dalam. Tidak hanya mengenal berbagai macam satwa, anak-anak juga bisa belajar tentang berbagai macam flora yang ada di Ragunan ini. Untuk masalah kemanan yang disini kita tidak perlu begitu khawatir, karena disini ada banyak sekali petugas alias pawang hewan yang bisa mengamanan kondisi sekaligus situasi di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta.

  • Nama : Kebun Binatang Ragunan
  • Alamat : Jl. Harsono No.1, Ps. Minggu, DKI Jakarta
  • Harga Tiket : Dewasa : Rp. 4.000,- / Anak anak : Rp. 3.000,-
  • Jam Buka : 07.00 – 16.00 WIB
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

9. Planetarium

Mengajak anak berlibur serta bermain dan belajar dalam satu waktu, kini bukan menjadi hal yang mustahil.  Kini kita bisa mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar di Planetaria. Planetaria adalah sebuah tempat bermain sekaligus belajar tentang benda apa yang ada di langit. Disini anak-anak bisa belajar tentang apa itu planet, apa itu bintang, asteroid, angkasa, bulan, matahari atau lebih tepatnya belajar tentang tata surya.

Anak-anak bisa melihat pertunjukan teater bintang, dan mereka bisa datang kesini bersama sahabat, saudara atau bahkan orang tua. Planetarium ini didirikan oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayan Provinsi DKI Jakarta dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM, sebagai layanan pendidikan, sebagai pusat pengetahuan masyarakat dan kemajuan manusia pada umumnya.

  • Nama Tempat Wisata : Planetarium
  • Alamat : Jl. Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10330, Indonesia
  • Harga Tiket : Anak-anak Rp. 7.000,- / Orang Dewasa Rp. 12.000,-
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
Sponsors Link

10. Museum Wayang

Museum wayang merupakan salah satu tempat wisata yang mengedukasi anak-anak. Kita bisa mengenalkan pada anak sejak dini tentang apa itu wayang, dari mana asal wayang dan apa fungsi dari wayang. Museum ini di resmikan sekitar tahun 1975 oleh pemerintah, dan hingga kini digunakan sebagai museum wayang. Kita bisa membawa anak-anak datang ke museum wayang, sebaiknya berikan pengertian pada anak-anak apa tujuan kita membawanya ke museum tersebut.

Selain itu di museum ini terdapat berbagai macam wayang dan tentunya dari banyak daerah. Wayang yang ada di museum ini berasal dari Indonesia, Malaysia, Cina, Thailand, Suriname, Vietnam, Kamboja, Perancis dan India. Selain berbagai macam wayang, di museum ini juga terdapat satu set alat music gamelan. Anak-anak bisa mengenal apa itu gamelan, bagaimana bentuk dan apa fungsi dari alat music gamelan. Dengan mengajak anak-anak datang ke museum ini, kita bisa mengajarkan mereka tentang kebudayaan Indonesia dan bahkan negara lain.

  • Nama Tempat Wisata : Museum Wayang
  • Alamat : Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.7, Tamansari, Pinangsia, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110
  • Harga Tiket : Rp. 5.000,-
  • Jam Buka : Weekday 09:00 – 15:00 / Weekend 09.00 – 20.00
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Baca Juga : Wisata Pulau SeribuTempat Wisata di Sumatera Utara

11. Sea World Ancol

Mengajak anak berwisata sambil belajar tentang hal baru, adalah sesuatu yang akan menyenangkan dan bermanfaat. Kita bisa datang ke Sea World atau dunia bawah lauut, lokasi dari tempat wisata ini masih berada dalam kawasan Ancol. Disini anak-anak bisa mengenal berbagai jenis hewan laut, dan jumlah dari hewan laut yang berada di tempat ini sekitar 4.000 jenis. Tidak hanya tentang jenis hewan laut saja, disini anak-anak juga bisa melihat 300 spesies hiu.

Suasana yang ada disini seperti gua atau terowongan yang ada dibawah laut. Dan bagian atas dari terowongan ini berlapiskan kaca dengan diameter yang begitu tebal. Terowongan bawah laut ini memiliki panjang sekitar 80 meter, dengan 500 juta liter air laut asli. Dengan mengajak anak-anak kesini akan memberikan mereka pengalaman yang baru, selain itu akan bertambah juga pengetahuan anak tentang apa saja jenis hewan laut yang ada di Sea World.

  • Nama Tempat Wisata : Sea World Ancol
  • Alamat : Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Pademangan, DKI Jakarta
  • Harga Tiket : Weekday : Rp. 25.000,- / Weekend : Rp. 25.000,-
  • Jam Buka : Weekday : 10.00 – 18.00 WIB / Weekend : 10.00 – 20.00 WIB
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
Sponsors Link

12. Bricks 4 Kidz

Arena wisata edukasi yang selanjutnya adalah Bricks 4 Kidz, tempat bermain sekaligus belajar ini memiliki banyak sekali bagi anak-anak. Disini anak-anak bisa bermain Lego dan menyusunnya menjadi sesuatu yang mereka pikirkan atau inginkan. Menggunakan Lego sebagai mascot permainan disini bukanlah hal yang salah, karena dengan bermain Lego otak anak akan terangsang. Tidak hanya otak anak saja yang terangsang, tapi gerak motorik, kepekaan dan ketelitian anak juga dilatih dengan bermain Lego.

Disini anak-anak tidak bermain Lego sendirian, karena pasti ada banyak anak lain di Bricks 4 Kidz. Anak-anak bisa menemukan teman baru, pengalaman baru, dan tentu dengan bimbingan kakak-kakak yang bertugas menjaga mereka. Orang tua tidak perlu khawatir jika mengajak anak untuk bermain disini, karena lokasi Bricks 4 Kidz terbilang cukup aman.

  • Nama Tempat Wisata : Bricks 4 Kidz
  • Alamat : Jl.Benda Raya No.5, Kemang – Jakarta Selatan 12560, Indonesia / Ruko Galeri Niaga Mediterania II Jl. Pantai Indah Utara 2 Blok J, No. 8B Jakarta Utara 14460
  • Harga Tiket : Rp. 80.000 – Rp. 200.000,-
  • Jam Buka : Senin-Sabtu jam  09.00 – 18.00 WIB ( libur di hari minggu, dan hari besar lainnya )
  • Akses : Lokasi wisata bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Kali ini sudah tahu bukan, apa saja wisata edukasi yang ada di Jakarta dan bisa kita kunjungi bersama anak-anak saat weekday ataupun weekend. Kita hanya tinggal menentukan tempat wisata mana yang cocok untuk buah hati kita. Selain itu tentu perhatikan informasi lengkap seperti harga tiket, alamat, dan jam buka dari tempat wisata yang akan dikunjungi. Berikan waktu pada anak mengeksplorasi kemampuannya, dan tentu pastikan jika mereka dalam pengawasan yang aman.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 27th, March 2017 / 18:20 Oleh :
Kategori : Wisata Edukasi