Sponsors Link

18 Tempat Wisata yang Cocok untuk Backpacker

Sponsors Link

Indonesia kaya akan obyek wisata yang menarik. Terkadang kita ingin berwisata ke suatu tempat di Indonesia, tetapi terbentur masalah biaya. Nah, bagi anda yang ingin liburan ke aneka tempat menarik dengan biaya murah, solusinya adalah wisata ala backpacker. Ramah kantong dan bisa menikmati keindahan destinasi wisata tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

ads

Berikut adalah beberapa tujuan wisata yang pas buat para backpacker, yaitu;

  1. Bali

baliTempat wisata di bali menjadi salah satu dambaian para wisatawan. Destinasi wisata Pulau Dewata patut masuk daftar liburan backpacker. Pulau Bali adalah satu tujuan wisata yang sangat popular di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara.

Sebagian besar tempat wisata di Bali dapat menjadi tujuan wisata para backpacker. Contohnya, Pantai Kuta, Nusa Dua, Gianyar, Pura Besakih, Danau Batur, Jimbaran, Tampak Siring, Sanur, dan sebagainya.

Yang lebih menyenangkan lagi, kini sudah ada bus trans sarbagita sebagai sarana transportasi keliling tempat menarik di Pulau Bali. Berwisata di Pulau Dewata sangat menyenangkan, karena alamnya yang mempesona dan kaya akan budaya.

  1. Karimun Jawa

karimun jawaKarimun Jawa yang berlokasi di Jepara, Jawa Tengah, menjadi salah satu tempat terkenal dan favorit bagi para wisatawan khususnya backpacker.

Pantai yang indah dan eksotis dengan pemandangan bawah laut yang tak kalah cantik ditambah biaya yang murah. Semuanya bisa kita temukan di tempat ini.

Wisata karimun jawa sangat di minati oleh para kaula muda, sebab wisata yang dominan dengan laut ini memiliki keindahan bawah laut yang cukup memukau, sehingga para wisatawan betah berlama-lama dan kembali ke tempat ini.

  1. Lombok

lombokPulau Lombok, satu lagi yang menjadi favorit backpacker. Untuk mencapai Pulau Lombok, dari Bali kita bisa naik ferry dengan jarak tempuh selama 4 jam dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 40.000,-.

Beberapa tempat yang bisa kita singgahi ketika berlibur di pulau ini antara lain, Pantai Senggigi, Batu Layar, Batu Bolong, Pantai Sekotong, Pulau Gili, Rinjani, Air Terjun Sendang Gila, Gili Nangu, Tamana Nardama, dan sebagainya.

(baca juga: tempat wisata di lombok)

  1. Pulau Komodo

Pulau komodoNama pulau yang diambil dari nama satwa yang hanya ada di pulau tersebut, sangat pas bagi anda yang ingin melakukan wisata backpacker sembari berpetualang. Ya, seperti di film jurrasick park itu, lho.

Pulau Komodo, temasuk salah satu keajaiban dunia. Di sini kita bisa menemui kadal raksasa. Akan tetapi harus tetap berhati-hati karena air liurnya yang mengandung banyak bakteri. Jadi kalau tergigit kadal raksasa ini, bisa sangat membahayakan diri kita.

Dan pulau komodo ini termasuk tempat wisata ekstrim di Indonesia yang patut untuk dicoba.

  1. Tanjung Pinang

tanjung pinangDi sini kita dapat menikmati berbagai suguhan dari budaya melayu yang unik dan menarik. Berbagai masakan khas melayu dengan wisata yang indah sangat pas untuk wisata backpacker.

Tanjung pinang adalah ibukota dari kepulauan riau, yang berada di pulau bintan. Wisata tanjung pinang memang belum sebooming wisata laut lainnya, namun memiliki keberagaman tempat-tempat indah yang menjadi ikon wisata di kepulauan riau.

Untuk itu, wisata laut di kawasan ini lebih dominan sebab berada di kawasan pulau dan internasional, seperti akses mudah ke malaysia dan singapore, dan wisata-wisata menarik lainnya seperti pantai trikora, pulau penyengat dan pulau bintan.

  1. Palembang

palembangBanyak obyek wisata menarik yang ada di Palembang. Di kota empek-empek ini terdapat sisa Kerajaan Sriwijaya dan Jembatan Ampera yang sangat cantik.

Selain berwisata budaya, kita dapat juga melakukan penjelajahan di Sungai Musi menggunakan perahu. Kalau mau kulineran, bisa makan di bawah Jembatan Ampera.

Kota palembang terkenal dengan kuliner khas ikan air tawar yang memiliki keberagaman dalam pengolahannya, tak heran jika makanan khas palembang banyak di jumpai dimanapun sebab telah memikat hati siapa saja yang telah mencicipinya.

ads

  1. Pulau Alor

pulau alorPulau yang terdapat di ujung nusantara ini mempunyai pantai yang mempesona dan masih asli. Terumbu karangnya masih sangat terawat dan destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan. Ini adalah pulau yang mempunyai julukan surge tersembunyi.

Wisata pulau alor ini berada di ujung timur, di kepulauan nusa tenggara timur, yang di batasi oleh laut flores. Tempat wisata ini memiliki keindahan laut yang juga di hiasi pemandangan gunung.

Karena pulau alor terdapat di perbatasan pulau-pulau lainnya, seperti maluku tenggara barat, selat lomblen, dan selat ombay dan timor leste.

  1. Malang

malangPara backpacker pasti senang berada di Kota Malang. Pemandangan hijau memukau mata, disertai dengan perkebunan apel yang membentang di sana-sini. Termasuk gunung Bromonya, wisata yang pas bagi backpacker yang suka tantangan.

Malang yang menjadi bagian dari jawa timur ini, mendapat julukan sebagai kota bogornya jawa timur, sebab kota ini cukup sejuk dan terdapat banyak pegunungan layaknya puncak di jawa barat.

(baca juga: tempat wisata di malang)

  1. Yogyakarta

yogyakarta_2Yogyakarta yang mempunyai julukan Kota Gudeg ini cocok untuk wisata para backpacker karena selain terdapat beragam wisata (mulai dari wisata alam, religi, belanja, kuliner, dan sebagainya) liburan di sini juga tidak menguras kantong.

Kita bisa menjelajahi kota sepuasnya dengan biaya yang murah. Apalagi sekarang sudah ada trans jogja, sejenis trans jakarta dengan harga sangat terjangkau. Jadi tidak perlu khawatir kantong bolong, deh.

Tempat Wisata untuk Backpacker di Jakarta


1. Monas

Salah satu destinasi wisata terkenal di Jakarta adalah Monumen Nasional atau Monas. Biaya yang terjangkau serta keindahan tugu yang puncaknya terdapat lidah api yang menyala dengan bebalut emas ini lokasinya sangat strategis. Jadi bisa dijangkau dengan mudah dari mana saja.

Di dalam monas juga terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia, tepatnya berada pada kedalaman 3 meter di bawah tugu Monas tersebut. Kawasan wisata ini patut dikunjung para wisatawan backpacker karena biayanya terjangkau dan nilai tambahnya, bisa melihat keindahan ibukota dari puncak tugu.


2. Kota Tua

Kota Tua merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang patut dikunjungi ketika berlibur ke Jakarta. Di sini banyak terdapat peninggalan masa lalu. Beberapa bangunan yang juga bisa kita kunjungi antara lain, Toko Merah dan Museum Fatahillah. Mencicipi ragam kuliner di Kota Tua pun tak boleh dilewatkan.

Lezatnya aneka makanan khas betawi seperti kerak telor, gado-gado, serta soto betawi memanjakan lidah anda. Tidak perlu khawatir dengan dompet anda. Semua bisa kita nikmati dengan biaya yang tak menguras kantong, kok.


3. Dufan

Dunia Fantasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dufan adalah salah satu bagian dari Ancol Dreamland. Kita dapat menikmati berbagai wahana permainan dengan teknologi tinggi tanpa membuat kantong kempis.


4. Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata yang satu ini selain cocok bagi anda yang ingin wisata backpacker juga sangat pas mengajak buah hati melihat aneka satwa di Kebun Binatang Ragunan. Ya, melihat satwa yang langka atau belum pernah kita lihat sebelumnya pasti dapat menambah wawasan kita.


5. Taman Mini Indonesia Indah

Belum ke Jakarta kalau tak berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih dikenal dengan TMII. Di sini kita dapat menikmati berbagai wahana menarik, seperti, kereta gantung, kolam renang Snow Bay, Taman Ria Atmaja, dan Taman Among Puro. Berkeliling di Taman Mini serasa menjelajah nusantara, karena di sini pun terdapat bangunan rumah adat dari seluruh Indonesia.


Tempat Wisata untuk Backpacker di Yogyakarta


1. Malioboro

Siapa yang tak kenal dengan Malioboro. Salah satu jalan yang paling terkenal di Yogyakarta. Di sinilah surganya belanja kota gudeg. Karena semua tersedia, mulai dari barang-barang kerajinan, souvenir, aksesoris, sampai dengan makanan lezat, semua ada. Tak perlu khawatir dengan biaya, harga barang di sini sangat variatif, mulai dari yang recehan sampai ratusan ribu. Pokoknya cocok untuk backpackeran.


2. Taman Sari

Tempat wisata yang satu ini lebih dikenal dengan nama Istana Air Taman Sari (water castle). Dahulu Taman Sari merupakan tempat mandinya sultan beserta para putri dan selir-selir. Ketika masuk, kita akan disambut dengan kolam-kolam pemandian berbentuk persegi panjang dengan tembok bercat krem.

Selain kolam pemandian, di seberang juga masih ada bangunan lain yang termasuk dalam situs Taman Sari, pemandangan di dalam bangunan sangat menakjubkan karena dulu difungsikan sebagai masjid. Kita bisa mengambil foto di manapun dan bisa menyewa jasa tour guide. Tenang, biaya masuk cukup murah, kok. Dan sewa tour guidenya juga cukup memberi imbalan sukarela.


3. Taman Lampion

Taman Lampion atau Lantern Park ini pas untuk wisata backpacker malam hari di Yogyakarta. Di sini terdapat bermacam lampion dengan beragam bentuk yang unik dan indah. Ada lampion kereta api, aneka binatang laut, lampion tokoh idola dari korea pun ada. Yang suka jepret-jepret, jangan lupa datang kemari, ya.


4. Prambanan

Salah satu wisata yang terkenal di Yogyakarta dengan kemegahannya adalah candi Prambanan. Fasilitas di sini sudah lengkap dan satu lagi yang menarik adalah pertunjukan sendra tari ramayana yang dimulai pada jelang malam hari (kurang lebih pukul 19.00), benar-benar membuat kita terpana.


Tips Wisata Backpacker

  1. Siapkan kamera untuk memotret

Bagi backpacker foto adalah oleh-oleh utama. Karena kita berwisata ala backpacker, tidak perlu membeli oleh-oleh yang harganya mahal. Cukup beli cinderamata di tempat-tempat yang murah dan jika budget tidak cukup, cobalah untuk menawar. Jika beruntung pasti akan mendapat oleh-oleh yang diinginkan. Oh, ya, simpan foto-foto liburan dengan baik sebagai dokumentasi liburan ala backpacker anda.

  1. Pakaian dan alas kaki harus nyaman

Pilihan pakaian harus nyaman dan alas kaki pun demikian. Kenyamanan adalah yang utama bagi para backpacker, bukan gaya. Jadi lebih baik pilih pakaian yang mudah menyerap keringat dan cepat kering. Karena backpacker akan lebih banyak menggunakan kendaraan umum dan berjalan kaki. Siapkan juga pakaian yang sesuai dengan cuaca di obyek wisata yang dituju. Untuk alas kaki, sebaiknya jangan pakai yang baru karena rawan lecet.

  1. Kuliner jalanan

Kuliner jalanan tentunya lebih murah bila dibandingkan dengan makan di restoran. Maka ini sangat cocok bagi para backpacker. Tetapi harus tetap perhatikan kebersihan makanan, ya. Cari referensi kuliner jalanan di internet atau bisa juga membeli makanan instant dan memasaknya sendiri.

  1. Pilih tempat wisata murah, jarang dikunjungi, tetapi memiliki daya tarik

Satu prinsip bagi para wisatawan backpacker adalah biaya yang murah, termasuk transportasinya. Jadi perlu waktu lama untuk mencari tempat seperti itu. Akan lebih baik jika tempat itu jarang dikunjungi turis, jadi perjalanan kita terasa istimewa dan berbeda dengan orang lain.

  1. Buku panduan

Buku panduan dan peta sangat penting jika kita melakukan perjalanan khususnya keluar negeri. Pilih buku panduan yang lengkap dan terpercaya.

  1. Bawalah perlengkapan penting

Backpacker adalah bepergian dengan membawa satu ransel saja tanpa koper-koper ukuran besar yang tentunya sangat merepotkan di perjalanan. Jadi pilih barang yang penting saja dan bawa pakaian yng cepat kering, cukup beberapa potong. Jangan lupa sisakan sedikit tempat untuk oleh-oleh.

Sponsors Link

  1. Penting membuat rencana sebelum melakukan perjalanan

Ya, rencana perjalanan sangat penting sebelum melakukan wisata murah. Kita dapat membuat anggaran pengeluaran, mencari referensi penginapan murah, kuliner, obyek wisata yang tepat, dan lain-lain. Dengar juga pengalaman orang lain yang sudah berlibur ke tempat wisata itu sebelumnya agar kita tahu apa saja yang harus dipersiapkan.

  1. Cari transportasi jauh-jauh hari

Khusus backpacker yang hendak melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara atau pesawat, sebaiknya booking dari jauh hari supaya dapat harga tiket murah.

  1. Menginap di rumah kawan

Menginap di rumah teman bisa jadi pilihan untuk menghemat pengeluaran hotel. Tetapi selama berada di rumahnya kita harus jaga etika dan tak boleh merepotkan, apalagi bila ia harus mengeluarkan uang untuk kita. Bawakan oleh-oleh untuknya dan jangan lupa pastikan dari jauh hari tentang rencana anda menginap di rumahnya untuk mendapat kepastian.

  1. Memilih jalur darat

Jalur darat menjadi pilihan utama bagi backpacker karena harga yang tergolong murah dan bonus pemandangan indah yang bisa kita lihat sepanjang jalan. Kecuali jika di tempat wisata tersebut tidak aman menggunakan jalur darat, bisa pertimbangkan transportasi lainnya.

Sebetulnya setiap kota memiliki tempat wisata yang cocok bagi para backpacker. Apa salahnya backpackeran, wisata murah tanpa membuat kantong bolong. Dapat pengalaman menarik, refreshing, dan tentunya menciptakan kepuasan tersendiri.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 03rd, January 2016 / 14:41 Oleh :
Kategori : Tips Wisata