12 Tips Wisata ke Australia Hemat


Pernah berpikir untuk mengunjungi Australia? Yuk, sama-sama mempersiapkan perjalanan wisata ke Australia dengan memperlajari mata uangnya, cara menelepon, berbelanja, menjaga diri selama disana, hingga tips wisata ke Australia :

  1. Visa

Visa adalah salah satu hal wajib yang perlu anda persiapkan jika berencana terbang ke Australia. Beberapa orang beranggapan mengurus visa ke Aussie gampang, ada juga yang mengatakan susah. Jawaban orang mungkin akan berbeda-beda ya. Tergantung ketentuan yang ditetapkan. Jika kamu punya satu atau lebih visa ke luar negeri sebelumnya, kemungkinan mengurus visa Australia akan lebih mudah meskipun hal ini tidak menjamin.

Jika kamu belum pernah mengurus visa Aussie, berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk dicantumkan:

  • formulir permohonan visa
  • biaya permohonan visa
  • paspor asli dan fotokopinya (yang di fotokopi bagian yang memuat biodata, halaman visa beserta cap imigrasi) untuk di legalisir oleh petugas VFS beserta
  • 1 lembar pas foto
  • fotokopi KTP dan kartu keluarga
  • Surat bukti bekerja (surat lama bekerja, slip gaji, dan surat bertugas jika ada)
  • Surat sponsor (jika ada)
  • bukti keuangan (seperti rekening bank)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Visa Australia, silahkan datang ke web VFS Australia untuk Indonesia.

  1. Perjalanan: Penerbangan dan transportasi

Berikut beberapa tips saat melakukan penerbangan ke Australia:

  • Rencanakan perjalan jauh-jauh hari untuk memburu tiket promo tentunya. Dari Indonesia ke Australia, kamu bisa memilih Air Asia sebagai pilihan karena harga tiketnya yang lumayan lebih murah. Saat sampai di Australia, untuk penerbangan domestik murah kamu bisa cek harga JetStar atau Tiger Air.
  • Beli bagasi tambahan saat pulang untuk oleh-oleh dan belanjaan dari Aussie.
  • Karena pemeriksaan imigrasi yang ribet, sebaiknya jangan membawa makanan agar aman, terumatama makanan yang basah dan bau menyengat seperti rendang atau durian.
  • untuk menghemat waktu dan biaya penerbangan, carilah tiket penerbangan malam, karena penerbangan malam harganya lebih murah dan memangkas biaya menginap anda di hotel.

Saat sampai di Australia, dari Bandara ke kota kamu bisa pakai Sky Bus seharga AUD18, namun disarankan langsung beli pulang pergi saja karena lebih hemat seharga AUD 30. Untuk berkeliling kota, kamu bisa menggunakan city circle tram yang gratis, lumayan kan.  Apaagi alat transportasi publik ini menjangkau spot-spot yang layak didatangi turis seperti Flinders St, State Library of Victoria, dan seterusnya.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Hotel Backpacker

Untuk mencari tempat menginap murah, sebaiknya kamu memilih hotel backpacker dengan sistem asrama yang kisaran harganya cukup murah yaitu AUD 30 hingga AUD 35 per kasur. Beberapa hostel yang layak kamu jadikan referensi yaitu GreenHouse Backpacker (Melbourne), Sydney Central YHA (Sydney), The Emperor’s Crown Backpacker (Perth).

  1. Mata uang: Dolar Australia (AUD)

Mata uang Australia adalah Dolar Australia (AUD), jadi kamu bisa persiapkan AUD dengan menukar beberapa rupiah ke bank atau tempat menukar uang lainnya. Bawalah beberapa lembar uang AUD di dompet untuk sekedar berjaga-jaga. Kartu kredit yang paling umum diterima di Australia adalah American Express, Bankcard, Diners Club, MasterCArd, Visa, JCB. Oh iya, nilai tukar rupiah AUD dan IDR saat ini berkisar di 11.000,-.

ads
  1. Bahasa

Bahasa resmi Australia adalah bahasa Inggris, namun tidak menutup kemungkinan penduduknya bisa berbicara bahasa lainnya karena beragam imigram yang masuk ke Australia dengan bahasa dan budaya yang berbeda-beda.

  1. Pajak barang dan jasa

Barang dan jasa di Australia dikenakan pajak tersendiri (GST) sebesar 10 persen. Jika kamu berbelanja sebesar AUD$300 di satu toko, kamu akan dikenai pajak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai GST, silakan mengunjungi situs online pemerintah Australia dia Tourist Refund Scheme.

Baca juga:

  1. Menawar dan memberi tip

Saat berada di Australia, hotel dan restoran umumnya tidak memasukkan tip pada tagihan anda, namun saat berada di restoran mewah, pelayan biasanya diberi tip sebesar sepuluh persen saat membayar tagihan anda. Namun jumlah tip tetap kamu yang menentukan, boleh kurang atau lebih.

  1. Tempat belanja

Untuk tempat belanja, di Aussie banyak  toko serba ada, mal dan toko oleh-oleh. Jam buku di masing-masing toko berbeda-beda tergantung tiap daerah. Biasanya toko-toko di dekat tempat wisata akan buka sampai jam 6 sore. Kamu juga bisa belanja sampai larut malam setiap hari kamis dan jumat di beberapa negara bagian yang berbeda.

Tenang saja, di Australia, kamu sebagai konsumen dilindungi pemerintah dibawah undang-undang perlindungan konsumen Australia untuk menjamin kamu semua dilayani dengan adil oleh semua toko. Dan saat belanja di Aussie, sistem tawar menawar tidak lazim dilakukan ya.

Baca juga:

  1. Nomor darurat

Untuk sekedar berjaga-jaga, catatlah nomor 000 sebagai nomor telepon darurat polisim, ambulan dan pemadam kebakaran selama di Australia.

  1. Stopkontak universal

Arus listrik warga Australia adalah 220-240 volt, AC 50 Hz. Bentuk stopkontak yang dipakai pun berbeda dari bentuk stopkontak yang biasa kita pakai. Orang Australia memakai stopkontak yang memiliki tiga pin, sehingga kamu mungkin memerlukan adaptor. Atau bawalah stopkontak universal yang biasa di bawa oleh backpacker .

  1. Layanan pos dan komunikasi

Untuk melakukan sambungan telepon di Australia, kamu akan dikenakan biaya AUD$0,050 untuk panggilan lokal dari telepon umum. Jika kamu memakai ponsel, biaya panggilan interlokal maupun internasional bisa dihitung tergantung waktu saat kamu telepon. Umumnya sinyal jaringan mudah ditemukan diseluruh wilayah Australia meskipun mungkin kamu akan mendapati keterbatasan sinyal di beberapa daerah terpencil. Untuk akses internet, kamu bisa mendapatkannya di warnet, penginapan dan perpustakaan.

Kantor pos di Australia buka dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore, pada hari Senin sampai Jumat, namun sebagian kantor pos akan tetap buka pada Sabtu pagi. Dan melalui kantor pos ini kamu bisa mengirim dan menerima surat di seluruh Australia.

Baca juga:

  1. Kemudahan untuk yang Berkebutuhan Khusus

Bagi kamu yang berkebutuhan khusus, Australia menyediakan berbagai perjalanan dengan layanan dan tawaran khusus untuk memudahkan akses perjalanan kamu. Jika kamu pergi ke Australia menggunakan biro perjalanan, sampaikan hal ini pada mereka namun jika kamu bepergian solo atau backpacker, kamu bisa menggali informasi dengan mengunjungi NICAN atau AustraliaFOrAll.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 31st, July 2017 / 08:51 Oleh :
Kategori : Tips Wisata