Sponsors Link

15 Tips Liburan Akhir Tahun Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Akhir tahun yang identik dengan waktu berlibur memang waktu yang paling pas untuk berlibur. Meninggalkan sejenak rutinitas sehari-hari dengan menyegarkan diri dengan beribur di akhir tahun sangat pas dilakukan. Meskipun liburan ini dilakukan di akhir tahun dan masih sangat lama, anda tetap harus menyiapkan segalanya dengan matang.

ads

Berikut tips liburan akhir tahun yang perlu dipersiapkan :

  1. Susun persiapan dari sekarang

Meskipun liburan akhir tahun masih sangat lama, semua persiapan liburan mulai dari booking tiket hingga penginapan layak anda lakukan mulai dari sekarang. Persiapan yang matang tentunya membuat perjalan wisata anda lancar.

Baca juga:

  1. Tentukan budget

Pastinya, budget atau anggaran untuk wisata harus ditentukan jauh-jauh hari, ya. Setelah menentukan destinasi wisata termasuk tiket masuknya, transportasi, penginapan, biaya makan, hingga budget oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat di rumah. Hitung dan perhatikan baik-baik total budget yang perlu anda persiapkan dan pastikan agar waktu liburan nanti pengeluaran anda lebih besar dan budget yang di rencanakan sebelumnya.

  1. Destinasi wisata

Destinasi wisata adalah poin penting yang harus anda tentukan jauh-jauh hari. Dengan menyesuaikan budget yang anda sediakan dan destinasi wisata yang menarik dan belum pernah anda kunjungi, dijamin liburan anda akan semakin mengesankan. Setelah memilih destinasi wisata, jangan lupa untuk mengunpulkan informasi tentang tempat tersebut, mulai dari visa, paspor, makanan, tiket masuk wisata dan sebagainya.

  1. Tiket murah

Rajin-rajinlah mencari harga murah yang ditawarkan oleh pihak transportasi, khususnya bagi anda yang menggunakan transportasi udara. Harga promo yang ditawarkan maskapai penerbangan maupun alat transportasi lainnya memang membuat kita harus rajin mengamati harganya, namun semua itu terbayar dengan kenyamanan pelayanan dan harga yang kita dapat.

Baca juga:

  1. Beli tiket pergi-pulang sekaligus

Dengan membeli tiket pergi-pulang sekaligus, pihak perusahan penyedia jasa transport biasanya memberikan penawaran harga khusus yang tentunya lebih murah untuk pembelian tiket pergi-pulang sekaligus. Dengan membeli tiket PP sekaligus, anda mendapatkan paket harga yang lebih murah dan menghemat waktu dan tenaga anda untuk booking tiket lagi saat akan pulang nanti.

Sponsors Link

  1. Susun itinerary

Setelah semua persiapan mulai dari tiket transportasi, penginapan hingga penentuan anggaran dana, jangan lupa pula menyusun itinerary liburan anda sehingga anda tidak kebingungan begitu anda sampai di tempat tujuan. Menyiapkan itinerary tentunya membuat perjalanan anda menjadi lebih lancar, teratur dan menyenangkan.

Namun, lain halnya jika anda berlibur menggunakan jasa agen tour and travel. Poin menyusun itinerary ini bisa anda hapus dari daftar persiapan liburan anda.

Baca juga:

ads
  1. Pilih akomodasi dan transportasi

Segera lakukan booking online saat anda sudah menetukan destinasi wisata dan mendapatkan tiket promo yang tentunya lebih murah dan nyaman. Hal ini harus anda lakukan jauh-jauh hari ya untuk menghindari kehabisan tiket dan sebagainya. Tentukan juga akomodasi apa saja yang hendak anda pakai saat berada di kota atau tempat tujuan. Jika anda menggunakan mobil pribadi untuk menuju tempat wisata tentunya poin ini bisa anda hapus dari daftar persiapan ya.

  1. Asuransi perjalanan

Seringkali asuransi perjalanan ini disepelekan oleh traveller, padahal di bandara saja telah memasukkan asuransi perjalanan sebagai opsi untuk penumpangnya. Asuransi ini meliputi biaya kecelakaan, pengobatan darurat, pemulangan jenazah, perawatan anak, evakuasi medis dan kunjungan duka. Selain itu, asuransi perjalanan ini mengkover biaya kehilangan dan keursakan garansi maupun perlindungan untuk berbagai kendala saat liburan termasuk jadwal pesawat yang terpaksa delay.

  1. Obat-obatan

Kesehatan penting dijaga selama liburan, jangan sampai kita sudah mempersiapkan semuanya namun pada hari-H kita tidak dapat pergi berlibur karena sakit atau sakit selama perjalanan. Maka dari itu, jagalah kesehatan anda sebelum pergi dengan mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup hingga membawa berbagai obat-obatan sesuai kebutuhan anda seperti paracetamol, p3k, minyak kayu putih, obat anti mabuk dan sebagainya.

Baca juga:

  1. telepon darurat

saat anda pergi ke tempat baru, upayakan untuk menyimpan beberapa nomor penting sebagai telepon darurat. Misalnya nomor telepon polisi dan rumah sakit di kota tersebut. Apalagi jika anda berlibur ke luar negeri, hal ini mutlak anda lakukan, carilah informasi nomor telepon kepolisian, rumah sakit bahkan kedutaan besar.

  1. Berburu tiket di shoulder season

Shoulder season merupakan waktu pertengahan antara low season dan high season. Meskipun harga tiket di tentukan oleh masing-masing pihak penyedia transportasi, namun biasanya harga tiket di waktu shoulder season  ini dijual lebih murah dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya terutama saat high season.

  1. Penerbangan malam

Selain mengurangi pengeluaran untuk bermalam di hotel dengan menggantinya dengan bermalam dipesawat (berlaku juga untuk bis, kereta maupun kendaraan lain), harga tiket yang ditawarkan pesawat justru lebih murah saat anda memilih penerbangan malam atau jadwal terbang lebih dari jam 2 siang.

Sponsors Link

  1. Persiapan untuk menjaga keselamatan diri selama liburan

Cari informasi tentang kejahatan yang bisa timbul sewaktu-waktu di tempat tujuan liburan anda, misalnya kejahatan dalam bentuk berbagai penipuan maupun pencurian. Selain itu,  usahakan untuk tidak mengenakan perhiasan secara mencolok dan membawa uang cash secukupnya saja. dan pastikan surat-surat penting dan sebagainya anda simpan di tempat yang aman.

  1. Pilih tanggal liburan di hari kerja

Waktu liburan di akhir pekan maupun saat liburan membuat harga tiket, penginapan dan sebagainya membumbung tinggi. Untuk itu sangat menguntungkan bagi anda yang memilih berlibur di hari kerja dan sekolah. Pilih tanggal beberapa hari lebih awal dari jadwal liburan. Selain tidak berebut tiket dengan orang lain, harganya pun lebih terjangkau.

  1. Urus visa dan paspor beberapa bulan sebelum berangkat

Jika anda hendak memilih liburan ke luar negeri, tentunya paspor hingga visa mutlak anda butuhkan sebagai identitas diri anda selama di sana. Untuk mengurus pembuatan dua hal penting ini, kita membutuhkan waktu yang lebih lama. Sehingga pengurusan paspor dan visa baiknya anda lakukan beberapa bulan sebelum keberangkatan. Selain itu, memilih negara tujuan yang tidak mewajibkan pemakaian visa juga layak dipertimbangkan sebagai tujuan wisata anda agar sehingga tidak menyulitkan anda dengan membuat visa.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 06th, September 2017 / 05:18 Oleh :
Kategori : Persiapan