Sponsors Link

9 Tips Wisata Hemat ke Bali dan Murah

Sponsors Link

Siapa yang tak kenal Bali si pulau Dewata? Bali memang terlalu cantik untuk tidak dikenal. Tidak dapat dipungkiri jika Bali adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia dan menjadi idaman tempat wisata baik turis domestik maupun turis mancanegara. Selain kecantikan alam yang didominasi oleh pantai-pantai indah, Bali juga terkenal oleh adatnya yang klasik dan tetap terjaga bahkan di masa modern seperti saat ini. Selain itu Bali selalu ramai kecuali pada hari raya Nyepi. Menarik bukan?

ads

Tapi sayangnya karena harga berbagai kebutuhan di Bali terkesan mahal, kamu jadi urung mengunjungi Bali karena harus mematok budget besar. Jika kamu berencana liburan ke Bali pertama kali dengan dana minim tetapi kepuasan wisata maksimal, beberapa tips wisata hemat ke bali berikut layak kamu simak:

  1. Persiapkan anggaran dana

Mempersiapkan anggaran dana adalah hal yang paling penting sebelum merencanakan pergi berlibur. Rencanakan berapa dana yang kamu butuhkan dan pastikan selama berlibur kamu tidak tergoda untuk membuat pengeluaran liburan diluar budget anggaran dana. Agar pos danamu aman, pisahkan dana akomodasi dengan berbagai dana untuk makan dan membeli oleh-oleh. Jangan lupa bawa uang cash seperlunya di dompet ya.

Setelah anggaran dana siap, rencanakan initiery simpel untuk liburan kamu selama di Bali.

  1. destinasi

Bali memiliki banyak objek wisata tak terhitung semakin jumlah wisatawan yang semakin bertambah. Beberapa destinasi wisata yang layak kamu datangi selama di Bali adalah Pasar Sukawati untuk membeli beberapa souvenir khas Bali dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan berbagai toko souvenir yang kamu temui di pinggir jalan selama di Bali. Selain pasar Sukawati, kamu juga bisa kunjungi pasar Tanah Lot atau pasar Kumbasari.

Selain berburu souvenir oleh-oleh, beberapa pantai yang sayang jika tidak kamu singgahi yaitu:  pantai Sanur, Pantai Batu, Pantai Kuta, dst.

baca juga:

  1. Transportasi

Umumnya menggunakan taksi bandara adalah pilihan yang paling mudah saat kita baru saja tiba di Bali untuk ke hotel. Penghitungan tarif taksi bandara Ngurah Rai biasanya tidak berdasarkan argo meter taksi tetapi daerah tujuan. Sebisa mungkin hindari dijemput dari bandara, karena alternatif ini yang paling mahal.

Jika ingin langsung menuju objek wisata, lebih baik menyewa mobil rental + sopir dan bahan bakar sebelum ke hotel. Cara ini lebih murah.

Sponsors Link

  1. Jadwal keberangkatan

Jadwal keberangkatan untuk liburan ke Bali juga perlu dipertimbangkan masak-masak. Karena seperti yang sudah diketahui, Bali tidak pernah sepi. Tetapi meskipun demikian, Bali dikenal dengan dua jenis musim liburan yaitu low season (musim tidak padat pengunjung) and high season (musim padat pengunjung), lebih di sarankan untuk pergi ke Bali di musim tidak padat pengunjung karena biasanya akan ada banyak diskon menanti. Selain itu, disarankan juga untuk terbang liburan ke Bali saat Kemarau agar tidak terganggu oleh hujan saat anda ingin bermain di pantai dan berbagai objek wisata lainnya.

baca juga:

  1. Persiapan Tiket

Persiapkan tiket jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat ke Bali dan tekunlah mengecek berbagai situs travel untuk membeli tiket pesawat hingga kamu mendapatkan harga tiket pesawat yang paling murah.

Hindari membeli tiket keberangkatan pada saat Bali memasuki musim padat pengunjung yang terjadi pada akhir pekan, hari raya, tahun baru dan libur sekolah, karena selain akan penuh sesak, semua harga mulai dari makan, penginapan dan tiket sudah pasti naik.

ads

Agar dana untuk membeli tiket pesawat semakin menipis, usahakan untuk membeli tiket pesawat untuk penerbangan malam hari karena akan lebih murah dari penerbangan siang hari.

  1. Penginapan

Mencari penginapan juga perlu disesuaikan dengan dana yang kita sediakan dan sebisa mungkin carilah hotel yang murah atau barangkali jika beruntung, kamu bisa  mendapatkan hotel kualitas ekslusif dengan harga miring jika kamu mendapatkan diskon atau promo. Jadi jangan malas cek di berbagai situs booking hotel yah.

Di Bali, tempat menginap yang populer adalah di kawasan Kuta, Seminyak, Sanur dan Ubud. Tetapi penginapan disekitar jalan Poppy Lane dan Legian terkenal dengan harga sewa yang lebih miring dibandingkan penginapan di kawasan lainnya. Harga sewa yang ditawarkan umumnya sekitar 100.000 sampai 350.000 rupiah, dan biasanya pemilik akan memberikan potongan harga jika kamu menginap tiga hari atau lebih berturut-turut.

baca juga:

  1. Menyewa Sepeda Motor

Saat kamu sudah sampai di Bali, sebisa mungkin minimalkan dana untuk akomodasi. Jika objek wisata tujuanmu dekat dengan penginapanmu lebih baik berjalan kaki, tetapi jika lumayan jauh, ada baiknya kamu sewa sepeda motor untuk menuju objek wisata tujuanmu dengan bantuan GPS sembari menikmati suasana Bali. Pertimbangan lainnya, menyewa sepeda motor seharian lebih hemat dibandingkan kamu bepergian menggunakan travel atau taksi.

Harga sewa sepeda motor di Bali kurang lebih 70.000 rupiah/1 hari. Namun jika kamu berlibur ke Bali bersama keluarga atau sahabat-sahabat, lebih baik menyewa mobil dengan kisaran harga 400.000-500.000/10 jam atau jika anda bisa menawar dan menemukan harga terbaik anda bisa menyewa mobil 400.000 beserta sopir dan bahan bakar selama 12 jam.

  1. Makan di warung ala backpacker

Urusan perut terkadang menjadi salah satu faktor dana pengeluaranmu melewati batas dana yang semula kamu tetapkan. Maka, berbijaklah memilih tempat makan mewah. Gaya makan para backpacker misalnya bisa kamu contoh. Saat berjalan disepanjang jalanan Bali, carilah warung makan terdekat yang berbentuk rumahan dan banyak para backpakcernya.

Kalau mau irit seirit-iritnya, mie instan andalannya.

baca juga:

  1. Catatan: Jangan menginjak Banten

Berburu berbagai foto candi mungkin juga akan kamu lakoni saat di Bali. Selain murah meriah dan hanya berjalan kaki, objek foto yang kamu dapatkan pastinya akan unik. Tetapi perlu diingat, hati-hati saat melangkah dan jangan sampai menginjak banten atau sajen berupa bunga atau persembahan lainnya di canang sari (wadah janur).

Lalu bagaimana jika tidak sengaja menginjaknya saat kamu berjalan? Cukup ucapkan kata ‘maaf’ dan pastikan tidak terulang lagi. Hindari juga berjalan atau memfoto di depan orang yang sedang sembayang, dan untuk perempuan yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan untuk memasuki pura.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 23rd, July 2017 / 09:16 Oleh :
Kategori : Tips Wisata