20 Tips Wisata ke Lombok Ala Backpacker yang Seru dan Murah


Lombok merupakan salah satu kawasan wisata yang saat ini menjadi kian ramai dikunjungi. Ada banyak objek wisata baru yang bermunculan di Lombok. Lombok juga menjadi salah satu alternatif wisata internasional setelah Bali. Banyak juga turis internasional yang datang dari banyak negara. Objek wisata di Lombok memang sangat lengkap, mulai dari wisata budaya, wisata adat, wisata perkotaan, hingga wisata alam. Lombok juga terkenal akan wisata pendakian yang terkenal, yaitu dengan adanya gunung Rinjani yang disebut-sebut sebagai gunung tercantik di Indonesia.

Lombok juga terkenal dengan wisata laut dan pantainya yang sangat indah. Ada juga beberapa pulau kecil yang disebut gili yang bisa diseberangi. Selain Gili Trawangan, ada Gili lainnya yang juga sangat indah. Berwisata ke Lombok tentu akan sangat menyenangkan dengan banyak pilihan wisatanya. Jika kamu ingin ke sana, simak beberapa tips wisata ke Lombok berikut ini.

Baca juga:

1. Tentukan tujuan wisata

Lombok memiliki banyak sekali objek wisata, mulai dari desa adat, pantai, pulau kecil, hingga gunung dan pegunungan. Oleh sebab itu, sebelum datang, pastikan objek apa saja yang akan dituju. Buat daftarnya untuk acuan wisata. Sesuaikan dengan selera wisatamu. Jika berwisata dengan teman atau keluarga, pastikan semuanya setuju dengan daftar objek wisata tersebut.

2. Tentukan cara berwisata

Tentukan konsep wisatamu, apakah akan mengunjungi Lombok dengan cara backpacker, flashpacker, atau justru seperti turis eksklusif. Hal ini juga akan membantumu mempersiapkan segala kebutuhan berwisatamu. Selain itu, perlengkapan yang akan dibawa juga bisa disesuaikan dengan cara berwisatamu.

3. Siapkan kendaraan yang sesuai

Lombok bisa diakses dengan banyak moda transportasi, mulai transportasi darat, laut, maupun udara. Tentukan jenis kendaraan yang sesuai untuk menuju Lombok. Jika kamu berdomisili di Bali, maka perjalanan darat dan laut akan lebih murah. Namun jika kamu berdomisili di daerah yang jauh dari Lombok, tentu saja moda transportasi udara lebih efektif.

4. Siapkan kondisi fisik

Kebanyakan wisatawan yang menuju Lombok adalah wisatawan yang datang dari banyak daerah. Jika kamu berasal dari daerah yang cukup jauh, maka kondisi fisik yang prima pasti dibutuhkan. Apalagi saat berwisata biasanya akan digunakan pula transportasi laut untuk menyeberang ke gili. Jangan sampai mabuk mengganggu perjalanan hanya karena kurang mempersiapkan kesehatan fisik. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan yang diperlukan seperti PPPK dan juga obat pribadi.

Sponsors Link

5. Menginap secara gratis

Backpacker pasti akan sangat terbantu dengan adanya penginapan gratis di Lombok. Ya, di Lombok saat ini ada sebuah rumah singgah yang bisa dijadikan tempat menginap secara gratis. Hal ini pasti akan sangat membantu menghemat biaya perjalanan. Carilah informasi penginapan gratis atau rumah singgah tersebut jika memang tertarik.

Baca juga:

6. Pilih hotel yang sesuai

Tips Wisata ke Lombok, Jika tidak ingin menginap secara gratis, masih ada banyak penginapan dan juga hotel yang bisa disewa. Usahakan menginap di hotel yang sesuai dengan budget dan tujuan wisata agar perjalanan menjadi lebih efektif dan efisien. Jangan lupa juga untuk memesan penginapan dan hotel dari jauh-jauh hari. Apalagi jika kamu berwisata saat musim liburan.

ads

7. Beli oleh-oleh seperlunya

Lombok menjanjikan wisata belanja yang pasti menarik hati. Namun jangan terlalu boros dalam berbelanja. Beli oleh-oleh seperlunya saja. Sebisa mungkin, beli oleh-oleh yang tidak ada di tempat lain, seperti tenun Lombok atau aksesoris yang benar-benar khas Lombok. Karena di Lombok ada banyak oleh-oleh yang sebenarnya bisa didapatkan di tempat lain. Carilah oleh-oleh yang unik.

8. Tentukan budget wisata

Sebelum berangkat, cari referensi sebanyak-banyaknya mengenai budget atau biaya selama wisata. Tentukan budget yang sesuai dengan targetmu. Jangan sampai budget liburan melebihi target. Jangan jadikan wisatamu menjadi kegiatan yang terlalu menghambur-hamburkan uang.

9. Mampir desa adat

Salah satu potensi wisata di Lombok adalah desa adat. Percuma mengeksplor Lombok jika tidak mampir ke desa adat. Cobalah mampir ke desa adat dan temukan wawasan baru di sana. Salah satu desa adat yang terkenal adalah Desa adat di kaki gunung Rinjani.

10. Berwisata sesuai rute

Berwisata sesuai rute akan menjadikan wisata menjadi lebih efektif dan efisien. Jika ingin berwisata di daerah Sembalun, maka carilah objek wisata yang sesuai dengan rute, misalnya perbukitan atau air terjun. Begitu pula jika ingin berwisata ke kawasan Gili. Cari objek wisata yang searah dengan rute perjalanan.

Baca juga:

11. Jangan buru-buru pulang

Lombok terlalu luas untuk dieksplor dalam waktu singkat. Lebih baik usahakan berwisata di Lombok dilakukan dalam beberapa hari. Jangan buru-buru pulang. Oleh karena itu, usahakan mengambil cuti yang cukup untuk mengeksplor Lombok agar tidak ada kerugian di perjalanan.

12. Bawa topi / payung

Topi dan payung akan sangat membantu perjalanan. Di manapun wisatawan berada, topi dan payung akan melindungi kepala dari sengatan matahari yang seringkali membuat pusing kepala. Topi dan payung juga akan membuat wisatawan bebas beraktifitas di bawah terik matahari.

13. Jangan jajan sembarangan

Lebih baik tetap menjaga kesehatan makanan yang dimakan selama berwisata ke Lombok. Semua itu untuk menjaga kondisi pencernaan. Jangan sampai diare hanya karena jajan sembarangan. Hal itu akan membuat wisata menjadi tidak nyaman.

14. Belajar berenang / surfing dulu

Jika tujuan berlibur ke Lombok adalah untuk mengeksplor alam pantai dan keindahan bawah laut, ada baiknya belajar berenang atau surfing dulu sebelum berwisata. Hal ini akan menguntungkan selama wisata nanti sehingga kegiatan eksplor alam bawah laut bisa dilakukan dengan baik dan lancar.

15. Berwisata di musim kemarau

Keindahan Lombok akan bisa didapatkan secara maksimal jika berwisata saat musim kemarau. Saat musim hujan, wisata bisa jadi terganggu. Apalagi wisata di pulau kecil atau pantai. Selain itu, objek wisata alam akan terlihat lebih menawan pemandangannya jika didatangi di hari yang cerah.

16. Hindari musim liburan

Walau Lombok tidak pernah sepi, menghindari musim liburan akan sedikit membantu untuk menciptakan kesan privasi yang tinggi. Berwisata saat musim liburan akan tidak nyaman dan bisa jadi harga beberapa objek wisata meningkat saat musim liburan.

17. Sewa kendaraan untuk berkeliling

Jika tidak memiliki kendaraan dan tidak ikut dalam program dari agen perjalanan, ada baiknya menyewa kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Tentu membawa kendaraan sendiri akan lebih membantu.

18. Menawar harga

Saat berbelanja, ada baiknya menawar harga. Apalagi untuk wisata belanja di pasar yang tidak terdapat label harga di barang dagangannya. Tentu harga oleh-oleh yang murah akan menguntungkan.

19. Bawa baju ganti tambahan

Berwisata di Lombok tidak bisa ditebak arahnya. Bisa jadi ada perubahan rencana selama berwisata. Misalnya objek wisata bisa bertambah atau kunjungan wisata yang bisa bertambah lama. Tidak ada salahnya membawa baju ganti.

Sponsors Link

20. Datang saat festival Bau Nyale

Berwisata di Lombok akan lebih lengkap rasanya saat ada festival. Cek dulu jadwal festival Bau Nyale agar wisata di Lombok bisa lebih berkesan.

Baca juga:

Demikianlah beberapa tips wisata ke Lombok yang bisa dijadikan referensi wisata. Apapun objek wisatanya, kapanpun waktu berwisata, persiapkan rencana liburan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada ketidaknyamanan hanya karena salah merencanakan perjalanan. Semoga bermanfaat. Semoga liburanmu di Lombok menyenangkan. Selamat berlibur.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 18th, July 2017 / 02:58 Oleh :
Kategori : Tips Wisata