Sponsors Link

17 Perlengkapan Rekreasi Sekolah Wajib Dibawa

Sponsors Link

Rekreasi sekolah atau bisa disebut study tour adalah salah satu media belajar luar sekolah yang mengajak para siswa untuk berinteraksi secara langsung dengan budaya setempat, menambah pengetahuan dan wawasan, meningkatkan ketangkasan dan keterampilan siswa, teman baru, dan menikmati suasana baru di tempat tersebut, bahkan mengenal salah satu Universitas tertentu bagi murid-murid SMA yang sebentar lagi menjadi mahasiswa.

ads

Karena rekreasi sekolah umumnya memakan waktu setengah hari hingga seharian bahkan menginap, kamu perlu menyiapkan beberapa perlengkapan rekreasi sekolah yang kamu butuhkan saat di perjalanan. Kamu bisa membawa tas ransel untuk menampung semua barang-barang wajibmu dan tas kecil untuk sekedar menaruh ponsel dan dompet. Saat mengikuti rekreasi sekolah, kamu juga belajar bertanggung jawab untuk menjaga semua barang-barang yang kamu bawa agar tidak hilang.

Berikut tips untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri sebelum berangkat mengikuti rekreasi sekolah:

  1. Packing

Packing harus dilakukan H-2 atau H-3 agar kamu bisa memikirkan barang apa saja yang kamu perlukan dan bawa. Sebaiknya jangan dilakukan pada H-1 agar tidak terburu-buru dang menghindari kelupaan membawa barang yang penting kamu bawa.

  1. Uang saku secukupnya

Uang saku secukupnya sangat penting disiapkan. Terlebih jika kita tidak tahu atau mengenal tempat yang didatangi apakah tersedia ATM atau apakah toko terdekat menerima pembayaran menggunakan kartu. Namun sebaiknya jangan membawa uang berlebih untuk mengindari kejahatan, ya.

  1. Uang receh

Uang receh seperti koin atau pecahan seribu dan dua ribuan sebaiknya juga dipersiapkan untuk sekedar berjaga-jaga. Misalnya untuk diberikan ke pengemis yang menghampiri kita, atau membeli minuman atau camilan.

  1. Baju ganti seperlunya

Membawa baju seperlunya juga perlu dipertimbangkan. Selain agar kita tidak kesulitan membawa dan menata terlalu banyak baju, ruang untuk membawa oleh-oleh di dalam tas pun tersedia lebih banyak. Sesuaikan baju ganti dengan medan rekreasi yang akan didatangi. Misal, jika pergi di daerah dingin atau pegunungan, bawalah kaus kaki dan baju tebal. Namun jika pergi ke daerah pesisir bawalah kacamata dan kaus tipis.

  1. Alat komunikasi

Membawa alat komunikasi semisal ponsel juga penting, namun bijaklah dalam menggunakannya dan menyimpannya. Jangan sampai membawa ponsel malah menimbulkan tindak kejahatan yang akan merugikan kita dan orang-orang disekitar kita. Simpan nomor guru, tour guid, kantor polisi terdekat (bisa dicari di google atau bertanya dengan masyarakat lokal) di dalam ponselmu.

Sponsors Link

Baca juga:

  1. Kamera jika perlu

Membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen tentu tidak boleh ketinggalan, bukan? Karena dengan kamera, kita bisa mengabadikan kenangan pengalaman saat melakukan rekreasi sekolah. Kamera yang kamu bawa tidak perlu terlalu mahal. Cukup kamera pocket atau kamera ponsel kamu saja, simpel dan mudah dibawa.

  1. Bekal makanan dan minuman

Selain lebih hemat, membawa bekal makanan dan minuman sendiri juga dijamin lebih sehat dan tidak membuatmu repot. Siapkan bekal makanan dikotak makanmu dan sebotol air minum jika perjalanan rekreasi sekolah berlangsung seharian, kamu bisa membawa bekal makanan yang tidak mudah basi.

  1. Makanan kecil seperlunya

Agar tidak memotong uang jajanmu, kamu perlu membawa makanan kecil dari rumah. Membawa makanan kecil juga efektif untuk menahan rasa lapar selama di dalam bis. Siapkanlah bahan makanan yang memiliki standar gizi yang cukup untuk tubuh kita, seperti kacang-kacangan, susu, cracker dan sebagainya. Namun bawalah secukupnya saja agar kamu tidak kerepotan membawanya dan tasmu tidak terlalu berat.

ads
  1. Obat-obatan

Membawa obat-obatan wajib hukumnya saat mengikuti kegiatan rekreasi sekolah, terutama bagi kamu yang membutuhkan jenis obat-obatan tertentu. Bawalah antimo, minyak kayu putih, plester, obat mag, dan berbagai perlengkapan P3kmu yang akan siap sedia kamu pakai kapanpun kamu butuh.

  1. Bank daya

Bank daya atau power bank mutlak di bawa karena akan lebih ringkas daripada membawa charger  kemanapun. Bank daya juga akan memudahkanmu untuk mengisi baterai saat kamu kehabisan baterei dan berada di kawasan wisata alam atau tempat yang tidak memungkinkanmu untuk mengecharge semua alat elektronikmu.

  1. Peralatan mandi

Bawalah peralatan mandi secukupnya. Cukup bawa sampo sachet (lebih baik), handuk kecil, sabun mandi, odol, sikat gigi kecil, parfum, deodoran dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain peralatan mandi, bawalah peralatan makeup secukupnya saja, cukup pelembab wajah, tubuh, dan bibir, dan cologne.

baca Juga:

  1. Sandal jepit dan sepatu sport

Sandal jepit sangat dibutuhkan meskipun terlihat sepele. Kita bisa menggunakan sandal jepit saat akan berwudhu, mandi, berjalan-jalan santai, dan sebagainya.

  1. Sepatu

Pilihlah sepatu yang nyaman dan cocok dipakai semisal sepatu sport / sneaker, atau apapun yang membuatmu nyaman.

Baca juga:

  1. Kacamata atau jaket

Kacamata sangat penting di bawa jika destinasi rekreasinya di candi ataupun di pantai. Penggunaan kacamata ini ampuh untuk menghalau debu, melindungi dari cahaya matahari dan juga sebagai fashion item.

Dan jika kamu mendatangi wilayah yang dingin, jangan lupa membawa jaket demi kenyamananmu dan melindungimu agar tetap merasa hangat. Jika perlu bawalah payung untuk siap sedia saat hujan.

  1. Peralatan ibadah

Bagi kamu yang muslim, membawa peralatan ibadah itu wajib ya,karena harus beribadah 5 kali sehari. Memang di masjid dan musholla akan disediakan peralatan ibadah namun pastinya akan menyita waktu ketika harus ngantri.

Baca juga:

  1. alat dokumentasi

alat dokumentasi seperti kamera untuk mengabadikan gambar dan video juga perekam suara juga perlu kamu bawa. selain itu bolpoin dan buku catatan juga sebaiknya kamu persiapkan jika kamu perlukan.

17.Barang-barang kecil lain yang diperlukan.

Selain barang-barang penting yang disebutkan di atas, berikut barang-barang kecil lain yang juga diperlukan: headset/earphone yang kamu perlukan saat musik yang diputar di bus bukan musik favoritmu atau bisa digunakan saat kamu butuh ketenangan dengan caramu sendiri, sleeping mask agar dapat tidur kapanpun di bis saat lampu bis tidak dimatikan, permen selain menjadi snack juga bisa sebagai penyegar nafas, kaus kaki diperlukan saat kamu berada di tempat yang dingin, neck pillow agar lebih nyaman, tissue basah dan kering. Tissue kering untuk menghapus keringan yang mengucur di kening maupun tisu basah sebagai alat pembersih serba guna. Jam tangan, buku, sarung tangan, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 18th, August 2017 / 09:30 Oleh :
Kategori : Persiapan