Sponsors Link

20 Tips Wisata ke Jogja ala Backpacker Murah

Sponsors Link

Jogja menjadi sebuah tujuan wisata yang sangat populer sejak dulu. Di Jogja memang ada banyak sekali objek wisata yang bermunculan dan semakin berkembang dari hari ke hari. Selain itu suasana Jogja sebagai kota budaya di Pulau Jawa juga menjadi sebuah karakteristik unik. Suasana malam Jogja juga pasti membuat wisatawan rindu. Tidak heran jika banyak wisatawan ingin kembali ke Jogja untuk mengeksplor sisi lain Jogja di kemudian hari.

ads

Jika kamu berniat berwisata ke Jogja, namun kamu baru pertama kali datang ke sana, tidak usah cemas. Warga Jogja yang ramah akan membuatmu lebih merasa aman. Selain itu, kamu perlu menyimak tips wisata ke Jogja berikut ini agar perjalanan selama di Jogja bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Baca juga:

1. Tentukan tujuan wisata

Sebelum datang ke Jogja, ada baiknya kamu menentukan terlebih dulu objek wisata mana saja yang ingin dikunjungi. Jangan sampai setelah tiba di Jogja, kamu malah kebingungan akan pergi ke mana. Hal ini penting, karena di Jogja ada banyak sekali objek wisata, mulai dari wisata di tengah kota hingga wisata di alam bebas Jogja. Tentukan tujuan wisata sesuai dengan minatmu. Jangan sampai wisata justru menjadi kegiatan yang tidak cocok dengan keinginanmu.

2. Tentukan cara berwisata

Kamu bisa memilih akan berwisata dengan cara apa selama di Jogja. Ingin wisata murah ala backpacker, atau justru wisata eksklusif ala turis-turis bule? Atau bisa juga dengan ikut program wisata lewat agen-agen perjalanan yang sudah kamu pesan sebelumnya. Tentukan sebelum berwisata agar perjalananmu terkonsep dengan baik.

3. Siapkan kendaraan yang sesuai

Untuk pergi ke Jogja, kamu bisa datang dengan bus, kereta api, atau pesawat terbang. Atau kamu juga bisa naik kendaraan pribadi untuk menuju Jogja. Siapkan kendaraan yang sesuai dengan kondisi. Jika memang akan naik kendaraan umum, pesan tiketnya jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

4. Naik trans Jogja

Jogja semakin berkembang dengan baik. Saat ini sudah ada transportasi umum berupa bus kota trans Jogja. Trans Jogja bisa membantu wisatawan berkeliling dengan biaya murah. Ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi dengan trans Jogja. Bahkan trans Jogja juga bisa diakses dari bandara.

5. Jangan makan di Malioboro

Jika kamu sedang berwisata murah, lebih baik jangan berwisata kuliner di Malioboro karena harg makanan di sana terbilang cukup mahal. Bahkan beberapa angkringan mematok harga yang sangat mahal. Makanlah di tempat lain yang tidak begitu dekat dengan Malioboro. Tapi jika kamu tidak keberatan, silakan makan di kawasan tersebut.

Sponsors Link

6. Pilih penginapan yang sesuai

Jika ingin menginap, pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget. Banyak penginapan yang mudah didapatkan di Jogja. Ada penginapan yang murah. Penginapan yang mahal juga banyak. Pilih penginapan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Baca juga:

7. Beli oleh-oleh seperlunya

Walau Jogja merupakan lokasi yang tepat untuk berbelanja, lebih baik berbelanja secukupnya saja. Namun jika kamu memang suka belanja, berbelanja sepuasnya juga dipersilakan. Namun lihat budget yang ada di dompet. Jangan sampai kehabisan uang.

8. Tentukan budget wisata

Jika berwisata ke Jogja, jangan lupa tentukan target pengeluaran. Jangan sampai pengeluaran melebihi target yang diharapkan, karena itu artinya kegiatan wisatamu sudah terlalu boros. Cari cara supaya keuangan selama wisata tetap aman. Karena tujuan wisata bukan untuk menghamburkan uang, melainkan untuk mendapatkan pengalaman berharga.

ads

9. Mampir kawasan kampus

Jogja adalah kota pelajar yang memiliki banyak universitas dan kampus terkenal. Tidak ada salahnya mampir ke kawasan kampus saat liburan ke Jogja. Di kawasan tersebut pasti ada banyak tempat makan yang murah dan enak karena berada di dekat kawasan kost mahasiswa.

10. Berwisata sesuai rute

Berwisatalah sesuai rute. Jika ingin berwisata di tengah kota, maka kawasan Malioboro dan Keraton menjadi pilihan utama karena masih berada pada satu rute. Jika ingin berwisata ke selatan Jogja, maka berwisatalah ke kawasan pantai dan carilah pantai yang masih searah rutenya. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya.

11. Bawa uang receh

Di Jogja ada banyak sekali musisi jalanan, terutama di kawasan Malioboro. Jika ingin menghabiskan waktu dengan nongkrong di Malioboro, siapkan uang receh untuk memberi upah pada musisi jalanan, karena akan banyak pengamen jalanan yang datang silih berganti.

Baca juga:

12. Bawa topi / payung

Jogja adalah kawasan yang cukup panas. Apalagi jika berkunjung saat siang hari. Untuk berjaga-jaga bawalah selalu topi atau payung. Hal ini akan menghindarkan sinar matahari yang terlalu panas dan menyilaukan. Dengan begitu, kegiatan wisata akan berjalan lebih lancar.

13. Jangan jajan sembarangan

Walau kamu sangat suka berwisata kuliner, jangan jajan sembarangan di kota orang. Lebih baik menata pola makan walaupun saat sedang berwisata. Semua itu untuk menghindari risiko gangguan pencernaan selama berwisata. Bayangkan saja jika kamu terserang diare saat berwisata. Tentu hal tersebut akan sangat mengganggu, bukan?

14. Jangan buru-buru tidur

Suasana malam Jogja sangatlah berbeda. Jika berwisata ke Jogja, lebih baik jangan buru-buru mampir ke penginapan ketika malam hari. Apalagi jika penginapanmu ada di sekitar Malioboro. Nikmati dulu suasana malam Jogja. Ada banyak spot yang bisa didatangi saat malam hari di Jogja, terutama Malioboro.

15. Berwisata di musim kemarau

Karena berwisata ke Jogja sebagian besar adalah jenis wisata citytour, ada baiknya berkunjung saat musim kemarau. Karena saat musim hujan, kegiatan wisata akan terganggu jika sewaktu-waktu terjadi hujan lebat. Selain itu, berwisata saat musim kemarau di objek wisata alam juga akan memberikan pemandangan yang lebih indah daripada saat musim hujan.

16. Hindari musim liburan

Jogja yang merupakan kota wisata akan selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang dari banyak daerah. Hindari musim liburan untuk mendapat suasana wisata yang lebih tenang dan kondusif untuk berwisata. Apalagi jika kamu tidak terlalu suka keramaian.

17. Sewa kendaraan untuk berkeliling

Jika tidak memiliki kendaraan pribadi dan ingin mengunjungi objek wisata yang tidak bisa dijangkau oleh trans jogja, maka sewalah kendaraan untuk berkeliling. Biasanya pihak penginapan juga menyewakan kendaraan roda dua bahkan roda empat untuk tamunya.

Sponsors Link

18. Menawar harga

Saat berbelanja di Jogja, selama bisa menawar harga, maka tawarlah harga tersebut. Itu akan menguntungkanmu secara finansial. Apalagi untuk kawasan belanja yang tidak memasang label harga pada barang dagangannya. Tentu penjual akan melayani tawar menawar harga.

Baca juga:

19. Bawa baju ganti tambahan

Selalu bawa baju ganti tambahan untuk berjaga-jaga saat berwisata di Jogja karena kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi nanti. Bisa saja hujan turun walau sedang musim kemarau. Atau bisa saja rencana wisata yang sebelumnya hanya untuk citytour berpindah haluan menuju pantai.

20. Apresiasi seniman jalanan

Jika berkunjung ke Malioboro saat malam hari, akan ada banyak seniman jalanan dari berbagai komunitas. Bukan hanya pengamen saja, ada beberapa seniman lain yang mempertunjukkan kemampuan mereka. Maka, tidak ada salahnya jika wisatawan mengapresiasi karya mereka.

Demikianlah beberapa tips wisata ke Jogja yang bisa diikuti untuk berwisata di Jogja dan sekitarnya. Semoga perjalananmu menyenangkan. Selamat berlibur di Jogja.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 17th, July 2017 / 07:34 Oleh :
Kategori : Tips Wisata