Sponsors Link

20 Persiapan Liburan ke Korea Selatan Wajib Tahu

Sponsors Link

Korea merupakan salah satu negara yang pasti diimpikan banyak orang untuk dikunjungi sewaktu liburan. Liburan di Korea tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dan tidak mungkin untuk dilupakan. Apalagi untuk para penggemar K-pop, tentu negara ini pasti dijadikan tempat wisata impian.

ads

Namun, untuk berlibur ke luar negeri, tentu saja ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Termasuk untuk pergi ke Korea. Untuk kamu yang berencana berlibur ke Korea, simak beberapa persiapan liburan ke Korea berikut ini agar perjalananmu berbuah manis.

Baca juga:

Persiapan Liburan ke Korea

1. Paspor

Sebelum berwisata ke luar negeri, ke manapun itu, hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah paspor. Paspor merupakan sebuah dokumen penting dalam hal imigrasi yang harus dibawa. Untuk membuat paspor tentu ada beberapa dokumen serta biaya yang harus dikeluarkan. Sebaiknya persiapkan paspor dari jauh-jauh hari, karena proses pembuatan paspor tidak bisa cepat. Butuh menunggu beberapa hari bahkan beberapa minggu.

2. Visa

Sama halnya dengan paspor, untuk berlibur ke Korea diperlukan visa. Visa merupakan sebuah izin untuk memasuki sebuah negara. Untuk visa, sebaiknya diurus maksimal sebulan sebelum keberangkatan. Biasanya proses pembuatan visa ini memakan waktu 14 hari kerja. Biaya membuat visa juga berbeda-beda. Untuk visa ke Korea biasanya harga pembuatannya Rp 600.000 hingga Rp 800.000. Jika mengurus ke kedutaan besar Korea, harganya pasti lebih murah. Untuk membuat visa, siapkan segala dokumen yang dibutuhkan agar proses cepat diterima.

3. Mata uang

Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan selama berwisata di luar negeri adalah mata uang. Korea Selatan yang memiliki mata uang Won tentu saja tidak akan menerima transaksi dengan mata uang rupiah. Oleh karena itu wisatawan harus menukar mata uang tersebut. Penukaran bisa dilakukan di Money Changer. Namun jika selama di Korea kehabisan uang Won, wisatawan bisa mengambil uang di ATM yang berlogo Indonesia (mastercard, visa, atau cirrus).

Baca juga:

4. Pelajari transportasi

Jika wisatawan berwisata sendirian, alias tidak mempergunakan jasa agen perjalanan, ada baiknya mempelajari sistem transportasi sebelum berangkat ke Korea. Di sana wisatawan bisa bebas menggunakan transportasi umum yang sudah tertata dengan sangat baik. Wisatawan bisa naik subway ataupun bus. Ketahui juga jalur-jalur subway dan bus, lalu sesuaikan dengan lokasi wisata yang akan dituju.

Sponsors Link

5. Persiapkan fisik

Saat berlibur ke Korea, persiapkan fisik yang kuat. Sebaiknya berolahraga kecil-kecilan sebulan sebelum berangkat. Tujuannya untuk memperkuat fisik dan beradaptasi dengan perjalanan panjang yang nanti akan dilakukan. Selama berada di Korea, wisatawan dituntut untuk banyak-banyak berjalan kaki. Bahkan untuk berpindah jalur saat hendak naik subway pun jalan kaki bisa mencapai 30 sampai 40 menit. Maka dari itu, jangan manja saat berlibur. Dan persiapkan fisik dengan baik sebelum ke Korea.

6. Pelajari musim

Tidak lucu jika berangkat ke Korea pada saat musim dingin, namun baju yang dibawa adalah baju musim panas. Itu namanya bunuh diri. Maka dari itu, pelajari dahulu musim dan jangka waktu musim tersebut. Sesuaikan dengan jadwal keberangkatan wisata kamu ke Korea untuk mempersiapkan segala keperluan dan pakaian yang tepat.

  • Musim dingin: Desember – Februari
  • Musim semi: Maret – Mei
  • Musim panas: Juni – Agustus
  • Musim gugur: September – November

7. Informasi makanan halal

Di Korea yang mayoritas beragama non-muslim, tentu akan sangat susah menemukan makanan halal. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan risiko yang akan ditemui di Korea, terutama dalam masalah makanan halal. Sebaiknya cari informasi dulu mengenai tempat makan yang menyediakan makanan halal. Hal ini akan sangat membantu selama perjalanan.

Baca juga:

ads

8. Persiapan makanan ringan

Untuk wisatawan yang suka camilan, sebaiknya bawa camilan dari Indonesia saja, karena harga camilan di Korea untuk jenis yang mirip dengan camilan di Indonesia harganya bisa mencapai 5 kali lipat. Selain itu, camilan di Korea juga kebanyakan tidak halal.

9. Persiapan obat-obatan

Sebelum berlibur ke Korea, selalu persiapkan obat-obatan yang cukup, karena kita tidak akan pernah tahu apakah kondisi cuaca di Korea cocok untuk tubuh kita. Apalagi jika datang di saat musim dingin yang suhu udaranya sangat dingin. Untuk mengatasi itu, selalu persiapkan obat-obatan untuk perjalanan.

10. Persiapan asuransi

Jika dibutuhkan, wisatawan yang ingin berwisata ke Korea bahkan bisa mengurus asuransi wisata. Banyak backpacker yang membekali diri dengan asuransi ketika berwisata ke luar negeri, termasuk Korea Selatan.

11. Persiapan tiket pesawat

Carilah tiket pesawat murah. Sebaiknya pesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Jangan terlalu mendadak dalam mencari tiket pesawat. Selain risiko kehabisan kursi, risiko harga juga lebih mahal.

12. Persiapan penginapan

Setelah memastikan jadwal keberangkatan dari tiket pesawat yang sudah didapatkan, berusahalah mendapatkan penginapan. Cari penginapan dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan penginapan. Apalagi jika kamu berkunjung saat musim ramai liburan.

Baca juga:

13. Persiapan itinerary

Buat itinerary atau jadwal perjalanan secara lengkap. Sebisa mungkin, tulis juga tujuan wisata yang akan dikunjungi pada itinerary. Jangan menyepelekan itinerary, karena itinerary akan sangat membantu keberhasilan sebuah wisata.

14. List barang bawaan

Sebelum packing, buat daftar barang bawaan tang wajib dibawa. Hal ini akan membantu mengingat barang bawaan saat berangkat dan sebelum pulang, agar tidak ada benda yang tertinggal.

15. Prediksi budget liburan

Sebelum berangkat, prediksi juga budget liburan. Prediksi budget liburan itu bisa didapatkan dari itinerary yang sudah dibuat.

16. Persiapkan makanan instan

Karena harga makanan di Korea mahal dan sulit sekali mencari makanan halal, ada baiknya wisatawan membawa makanan sendiri dari Indonesia. Jika perlu, bawalah makanan yang instan atau mudah dimakan dengan tanpa pengolahan yang lama. Misalnya abon, nuget, sarden kaleng, bakso, dan sebagainya.

17. Persiapan internet

Di Korea memang ada banyak sekali wifi yang bisa diakses secara gratis. Namun ternyata, kecepatan wifi gratis itu tidak bisa diandalkan. Untuk memenuhi kebutuhan internet selama berwisata di Korea, persiapkan internet tersebut. Wisatawan bisa menyewa wifi portable, atau bisa juga dengan membeli sim card baru.

18. Mencari voucher diskon

Tidak ada salahnya berusaha untuk mencari voucher diskon masuk tempat wisata sebelum berangkat ke Korea. Saat ini bahkan ada banyak voucher wisata virtual yang bisa memberikan potongan harga masuk tempat wisata. Walau biasanya voucher diskon hanya bisa menghemat Rp 20.000 saja, namun hal itu pasti akan sangat membantu menekan budget wisata.

19. Download aplikasi yang dibutuhkan

Ada banyak aplikasi yang bisa diunduh untuk memudahkan wisatawan mengenali Korea. Misalnya aplikasi yang menunjukkan jalur-jalur subway di Korea, aplikasi translator bahasa, dan aplikasi lainnya. Hal ini mungkin sering dilupakan banyak orang, padahal aplikasi semacam itu akan sangat membantu.

20. Packing

Persiapan terakhir adalah packing. Kemas barang bawaan serapi dan sehemat mungkin. Jangan sampai ada barang yang tertinggal, karena wisata ke Korea tidak bisa dilakukan dengan baik jika ada barang yang tertinggal.

Baca juga:

Sponsors Link

Tips dan Budget Liburan di Korea

1. Membeli T-Money card

T-money card merupakan kartu perjalanan di Korea untuk naik subway dan bus. Harga T-money card ini adalah sekitar 3.000 won (atau sekitar Rp 35.000). Kartu ini bisa diisi ulang selama melakukan perjalanan di Korea.

2. Bawa minuman

Selama berjalan-jalan di Korea, ada baiknya membawa minuman sendiri di tumblr atau botol minuman. Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya jajan, karena harga minuman di Korea juga tidak semurah di Indonesia.

3. Harga makanan

Biaya hidup di Korea Selatan tidaklah sama dengan Indonesia. Sebut saja untuk makanan termurah di Korea Selatan yang biasanya setara dengan Rp 60.000 hingga Rp 70.000 per satu kali makan. Jika diasumsikan satu hari makan tiga kali, berarti biaya makan dalam satu hari berkisar antara Rp 180.000 hingga Rp 210.000. Namun biasanya porsi makanan di Korea cukup besar, sehingga makanan bisa dibagi dua dengan partner perjalanan. Hal itu akan lebih menghemat biaya.

4. Harga transportasi

Untuk transportasi di Korea Selatan, wisatawan biasanya disarankan untuk mempersiapkan budget sebesar Rp 100.000 per harinya agar bisa berkeliling di Korea seharian. Wisatawan bisa naik subway (kereta cepat) atau bus kota dengan harga sekian.

5. Harga masuk tempat wisata

Tempat wisata yang dituju tentulah tidak bisa gratis, kecuali jika hanya ingin singgah di taman-taman kota saja. Harga tiket masuk tempat wisata di Korea bermacam-macam, tergantung tempat wisata yang akan dikunjungi. Biasanya rentan harga tiket untuk masung tempat wisata di Korea antara 8.000 won hingga 50.000 won. Atau setara dengan Rp 95.000 hingga Rp 600.000.

Demikianlah beberapa persiapan liburan ke Korea yang perlu diketahui. Semoga perjalanan wisatamu menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan perjalanan dengan matang. Selamat berlibur.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 24th, July 2017 / 05:09 Oleh :
Kategori : Persiapan