Sponsors Link

24 Pulau di Sumatera Utara, Barat dan Selatan

Sponsors Link

Indonesia adalah sebuah Negara yang terdiri dari gugusan pulau-pulau dengan berbagai ukuran. Pulau-pulau tersebut dihuni oleh penduduk dengan berbagai suku dan bahasa. Adapula beberapa pulau tak dihuni oleh manusia dan hanya menjadi tempat tinggal bagi para binatang-binatang.

ads

Gugusan pulau-pulau yang membentuk Negara Indonesia termasuk di pulau Sumatera. tersebut memiliki keindahan panorama alam yang sangat mempesona. Oleh karena pesonanya yang sangat indah tersebut, saat ini beberapa pulau di Indonesia dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai destinasi wisata alam yang kemudian juga jadi sangat terkenal dan fenomenal hingga ke mancanegara. Sebut saja seperti pulau bali, pulau weh, pulau Belitung sampai pulau-pulau kecil lainnya seperti pulau tidung, pulau oar dan masih banyak lagi.

Pulau Terindah di Indonesia

Karena terlalu banyak pulau-pulau dengan pemandangan yang indah di Indonesia maka artikel kali ini akan membatasi hanya ulasan mengenai pulau-pulau terindah yang ada di Sumatera. Berikut ini adalah Pulau di Sumatera yang bisa kalian kunjungi untuk perjalanan liburan dengan pengalaman yang sangat berkesan dan tak terlupakan.

1. Pulau Weh

Pulau Terindah di Indonesia - Pulau Weh

Pulau ini merupakan sebuah pulau yang terletak di ujung barat Pulau Sumatera, Indonesia. Di sinilah tempat titik nol Indonesia berada. Pulau ini merupakan salah satu pulau vulkanik kecil yang dimiliki Negara Indonesia dengan sejumlah asset daerat yang sangat indah dan banyak menarik hati para wisatawan hingga ke mancanegara. Sebut saja seperti Pantai Iboih yang terkenal dengan keindahan pesona alam bawah lautnya. Berikut yang harus diperhatikan dalam menuju tempat destinasi pulau weh:

  • Untuk mengunjungi pulau ini kalian bisa menempuh perjalanan dari Jakarta menuju ke Aceh menggunakan Pesawat terbang dengan harga sekitar 600 ribuan. (Baca juga: Tempat Wisata Di Pekanbaru)
  • Setelah sampai turun di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, lalu lanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue dengan menggunakan kendaraan umum yang disesuaikan dengan budget perjalanan kalian seperti taksi, damri, motor, becak ataupun menggunakan kendaraan khas aceh yakni labi-labi.
  • Jika sudah sampai di Pelabuhan Ulee Lheue, lanjutkan lagi perjalanan kalian dengan menyeberang menuju ke Pelabuhan balohan menggunakan kapal feri ataupun kapal cepat.
  • Jika sudah berhasil turun di pelabuhan balohan artinya kalian sudah sampai di pulau weh dan kalian bisa jelajahi seluruh tempat-tempat wisata di sana sampai sepuas hati. (Baca juga: Tempat Wisata di Asia Tenggara)

Baca Juga:

2. Pulau Belitung

Sponsors Link

Pulau Terindah di Indonesia - Pulau Belitung

Pulau Belitung adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai timur Pulau Sumatera. Pulau ini menjadi sangat fenomenal karena pernah dijadikan sebagai tempat syuting Film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Film ini sangat meledak di pasaran dan dinikmati oleh hampir semua masyarakat Indonesia hingga pulau Belitung ini mendapat julukan sebagai “Pulau Laskar Pelangi” karena kefenomenalan film tersebut, sebagai berikut beberapa keindahannya:

  • Menginjakkan kaki di tanah pulau Belitung, kalian akan disambut oleh batu-batu granit yang berbaris dan berkilat-kilat diterpa sinar matahari dengan indahnya di sepanjang garis pantai.
  • Hal inilah yang menjadikan pulau Belitung sangat banyak mengundang wisatawan untung mampir dan ikut menikmati keindahan “surga” alam yang tersuguh di pulau Belitung. (Baca juga: Wisata Kuliner Medan)

Baca juga: Tempat Wisata yang Banyak Dikunjungi Turis Asing – Tempat Wisata Ekstrim di Indonesia

3. Pulau Karimunjawa

Pulau Terindah di Indonesia - Pulau Karimunjawa

Pulau di Sumatera adalah pulau Karimunjawa terkenal dengan Pesona Taman Lautnya yang kini semakin dikembangkan dan banyak digemari oleh wisatawan nusantara maupun wisatawan dari mancanegara. Pulau dengan luas wilayah sekitar 1.500 hektar ini berada di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, sebagai berikut beberapa yang bagus pada keindahannya:

  • Ada begitu banyak tempat-tempat wisata yang menghiasi kecantikan pulau ini seperti Pulau Menjangan Besar yang sangat terkenal sebagai tempat penangkaran hiu dan Pulau Menjangan Kecil yang terkenal dengan keindahan terumbu karang serta ikan warna warni yang bergerak-gerak dengan indahnya di bawah lautan.
  • Selain dari kedua pulau tersebut, masih banyak pulau-pulau indah lain yang terdapat di pulau karimunjawa ini, jumlahnya diketahui mencapai 27 pulau walaupun yang dihuni oleh manusia hanya lima pulau saja. 
  • Selain memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, pulau ini juga memiliki kehidupan masyarakat yang kaya akan nilai-nilai luhur adat istiadat yang sangat menarik. (Baca juga: Spot Foto di Jakarta)

4. Pulau Mentawai

ads

Pulau Terindah di Indonesia - pulau mentawai

Pulau Mentawai sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona. Pulau mentawai mempunyai keindahan yang unik, yang perlu kalian ketahui sebagai berikut:

  • Banyak satwa endemic mulai dari hewan-hewan yang biasa kita temui sampai hewan-hewan hampir punah yang dilindungi pemerintah seperti Beruk Mentawai, Monyet Ekor Babi, Tupai kasturi, Tupai terbang sipora, tupai terbang siberut dan masih banyak lainnya.  (Baca juga: Tempat Wisata di Palembang)
  • Jika berminat berkunjung ke Pulau mentawai ini kalian bisa menempuh perjalanan dengan menyeberangi laut menggunakan kapal motor yang bisa kalian sewa seharga 105 ribu rupiah hingga 125 ribu rupiah.
  • Selain dengan kapal motor kalian juga bisa menggunakan transportasi udara yang waktu tempuhnya lebih cepat namun dengan harga yang jauh lebih mahal. (Baca juga: Makanan Khas Sunda di Bandung)

5. Pulau Berhala (Sumatera Utara)

Pulau Terindah di Indonesia - pulau berhala

Pulau Berhala adalah sebuah pulau yang berada di Sumatera Utara dengan luas mencapai 2,5 kilometer persegi. Pulau ini dimanfaatkan sebagai tempat penangkaran penyu dan dihiasi keindahan pemandangan yang eksotis. Secara geografis, pulau ini berada dalam wilayah Berau, Medan yang merupakan pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Filipina. (Baca juga: Tempat Wisata di Brebes)

Saat ini pulau Berhala dijaga ketat oleh mariner karena pulau yang terletak di wilayah Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergei) ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang rawan direbut bangsa lain ataupun terjadi hal-hal illegal berkaitan dengan kenegaraan. (Baca juga: Tempat Wisata di Madiun)

Baca juga:

6. Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat

Pulau Terindah di Indonesia - Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat

Pulau di Sumatera adalah Pulau sikuai terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbenamnya yang sangat eksotis dan menawan dari atas puncak pulaunya. Untuk mengunjungi pulau ini kalian bisa melakukan rute perjalanan yang dilakukan melalui Pelabuhan Muara dengan menggunakan perahu nelayan yang bisa kalian sewa ataupun dengan menggunakan speedboat supaya lebih cepat namun memang harganya lebih mahal.

Memasuki wilayah pulau sikuai ini kalian bisa melakukan banyak aktivitas seru untuk menghibur diri dari kepenatan rutinitas yang monoton. Seperti menikmati suasana pantai, berenang, snorkeling, diving ataupun trekking di area perbukitan dengan beragam suguhan eksotisme pemandangannya yang sangat menawan. (baca juga: Wisata Raja Ampat Papua Barat)

7. Pulau Pahawang

Sponsors Link

Pulau Terindah di Indonesia - pulau bahawang

Pulau Pahawang memiliki kekayaan alam berupa Terumbu karang yang cantik dan ikan dengan aneka warna yang bergerak-gerak menciptakan pemandangan yang menakjubkan keindahannya. Selain petualangan ekowisata, di pulau bintan ini kalian juga bisa merasakan suasana sejarah yang kental dari peradaban terdahulu yang sampai sekarang dijaga dengan baik sisa-sisa sejarahnya. (Baca: Wisata Kuliner Palembang)

Di dekat makam sepasang kekasih tersebut ditumbuhi sebuah pohon besar yang dipercaya jika siapapun yang dapat mengukir namanya dan kekasihnya di pohon ini maka mereka akan menikan dan menjadi pasangan suami istri yang langgeng sampai tua. Terletak di kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia. Pulau ini disebut-sebut sebagai surga barunya para diver karena kekayaan alam bawah lautnya yang cantik tersebut. (Baca juga: Tempat Wisata di Manado) (Baca juga: Tempat Wisata di Purwakarta)

Selain dari pulau-pulau tersebut, masih banyak pulau lainnya yang terdapat di Indonesia seperti:

  1. Pulau Enggano.
  2. Pulau Bintan Riau.
  3. Pulau Sibandang.
  4. Pulau Poncan.
  5. Pulau Unggeh.
  6. Pulau Murshala.
  7. Pulau Nias.
  8. Pulau Tolping.
  9. Pulau Tao.
  10. Pulau Pagang.
  11. Pulau Mandeh.
  12. Pulau Pamsumpahan.
  13. Pulau Sawo.
  14. Pulau Pandan.
  15. Pulau Air.
  16. Pulau Sibunta.
  17. Pulau Bindalang.

Demikianlah pembahasan mengenai 60 Pulau Terindah di Indonesia ini semoga artikel ini memberi manfaat positif bagi pembaca sekalian. Semoga dengan kalian tahu ada banyak pulau terindah di Indonesia semoga kalian bisa wisata di masing-masing pulau tersebut.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 21st, July 2017 / 07:37 Oleh :
Kategori : Wisata Alam