Sponsors Link

20 Tips Wisata ke Bali untuk Pemula yang Harus Diperhatikan

Sponsors Link

Bali merupakan sebuah provinsi yang sudah sangat terkenal sejak dahulu kala sebagai lokasi wisata andalan Indonesia. Bahkan orang luar negeri lebih dulu mengetahui Bali daripada Indonesia pada umumnya. Tentu saja Bali menjadi sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi, termasuk oleh wisatawan domestik.

ads

Jika kamu ingin berkunjung ke Bali untuk pertama kalinya, mungkin yang ada di benakmu adalah tips-tips wisata ke sana. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips wisata ke Bali yang berisi hal-hal yang harus diutamakan dan hal-hal yang harus dihindari agar wisatamu menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga:

Tips Wisata ke Bali

Saat berwisata ke Bali, ada banyak hal yang harus diutamakan. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Rencanakan liburanmu dengan sebaik-baiknya

Perencanaan wisata adalah hal yang harus dilakukan, baik jika itu wisatanya dekat ataupun jauh. Rencanakan transportasi menuju lokasi, transportasi selama berada di Bali, serta di mana akan menginap. Tentukan juga objek wisata mana saja yang akan dikunjungi. Selain itu, berapa lama berada di sana juga perlu diketahui untuk menyesuaikan dengan biaya.

2. Sesuaikan dengan kondisimu

Jika kamu memiliki waktu luang yang banyak, tentu saja bepergian secara mandiri tanpa terikat dengan waktu bisa dilakukan. Namun jika waktu liburanmu sangat singkat, maka lebih baik menyewa jasa travel atau agen perjalanan agar waktu dan biaya menjadi lebih efektif dan efisien.

3.  Bawa uang tunai

Walau Bali merupakan sebuah daerah yang sudah berkembang dengan baik, seringkali objek wisata yang didatangi adalah objek wisata yang berada jauh dari pusat kota. Beberapa objek wisata tersebut tidak memiliki mesin ATM. Oleh karena itu, selalu bawa uang tunai yang cukup.

4. Sesuaikan objek wisata sesuai minatmu

Yang perlu diketahui adalah Bali tidak hanya memiliki Kute dan Sanur. Ada banyak objek wisata yang bisa dipilih. Jika kamu suka pegunungan, maka lebih baik memilih objek wisata di daerah Bedugul. Atau bisa juga mencari objek wisata di kawasan Singaraja. Jika suka wisata wahana dan edukasi, datang saja ke objek wisata seperti Bird Bali Park dan sejenisnya. Jika suka wisata olahraga air, kamu bisa berkunjung ke Tanjung Benoa. Sesuaikan objek wisata sesuai dengan minatmu agar liburanmu berkesan.

Sponsors Link

5. Hargai budaya setempat

Bali terkenal sebagai pulau yang berbudaya. Budaya di sana cukup berbeda dengan budaya di daerah lain. Hargai budaya mereka. Tetaplah berlaku ramah dan sopan pada penduduk asli Bali. Jangan berbuat seenaknya.

Baca juga:

6. Hindari musim ramai liburan

Jika kamu ingin berkunjung ke Bali, sebisa mungkin cari tanggal dimana Bali tidak banyak dikunjungi. Jangan berkunjung saat musim liburan, karena semua tempat akan penuh. Selain itu, semua tempat juga akan menaikkan harga. Jika terpaksa harus datang saat musim liburan, carilah objek wisata yang belum terlalu populer agar mendapatkan kenyamanan saat berwisata.

7. Bawa perlengkapan yang lengkap

Selalu bawa semua perlengkapan secara lengkap, sampai ke hal yang paling kecil. Bawa juga obat-obatan agar perjalanan bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi jika harus menempuh perjalanan darat dan perjalanan laut.

ads

8. Beli makanan secara wajar

Jika kamu suka berwisata kuliner, Bali menjadi satu lokasi yang tepat. Di sana ada banyak sekali makanan tradisional maupun makanan internasional yang bisa ditemui. Namun, selalu belilah makanan secara wajar. Beberapa makanan di Bali sangatlah mahal. Sebaiknya cek juga harga makanan agar tidak ada penyesalan.

9. Menawar harga

Jika ingin berbelanja, jangan lupa untuk selalu menawar harga. Terutama di pasar-pasar tradisional seperti Sukowati. Wajib hukumnya untuk menawar harga.

10. Patuhi peraturan di objek wisata

Beberapa objek wisata memiliki peraturan yang sesuai dengan tradisi mereka. Ada peraturan yang melarang wanita yang sedang menstruasi untuk masuk. Ada yang melarang pakaian terlalu mini. Sebaiknya patuhi peraturan tersebut. Jangan pernah melanggarnya.

Hal hal yang Harus Dihindari

Selain bebrapa hal yang harus diutamakan tersebut, ada beberapa hal yang harus dihindari saat berwisata ke Bali. Berikut penjelasannya.

1. Jangan menyentuh, menginjak, atau melangkahi sesajen

Di Bali ada banyak sekali sesajen yang akan ditemui. Entah itu di toko, pasar, pantai, dan yang lainnya. Sebaiknya jangan menyentuh sesajen yang ada. Apalagi menginjak atau melangkahinya. Jika tidak, maka kamu mungkin akan mendapatkan masalah.

2. Jangan sembarangan masuk ke tempat suci

Bali yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu memiliki tempat ibadah bernama pura. Ada banyak pura atau tempat suci yang tersebar di Bali, termasuk tempat-tempat wisata. Jangan masuk ke sana sembarangan. Bertanyalah terlebih dahulu pada penjaga objek wisata atau tour guide yang ada.

3. Jangan berwisata saat Nyepi

Nyepi adalah hari raya khas warga Bali. Saat Nyepi, ada banyak sekali pantangan yang harus dipatuhi oleh setiap orang yang datang ke sana. Oleh sebab itu, agar lebih aman, lebih baik jangan berwisata ke Bali saat Nyepi.

4. Jangan melanggar rambu-rambu

Di setiap objek wisata tentu ada rambu-rambu yang harus dipatuhi. Di pantai, biasanya ada bendera peringatan atau batas wisatawan boleh berenang. Jangan melanggar rambu-rambu tersebut jika ingin selamat.

Baca juga:

5. Jangan buang air di sembarang tempat

Khusunya untuk para pria, jangan sembarangan buang air kecil saat berwisata ke Bali. Karena bisa jadi di tempat tersebut ada sesajen yang tersembunyi. Lebih baik tetap carilah toilet umum untuk buang air.

6. Jangan menyentuh kepala warga Bali asli

Warga Bali percaya jika kepala adalah anggota tubuh yang paling tinggi kedudukannya. Kepala tidak boleh disentuh sembarangan oleh orang lain. Sebaiknya, jangan sampai bermasalah dengan warga Bali asli dengan menyentuh kepala mereka.

7. Jangan mengumpat saat ada upacara adat

Mungkin banyak wisatawan yang tidak sengaja terjebak di sebuah upacara adat. Bisa jadi jalanan macet karena ada iring-iringan warga yang lewat. Jangan mengumpat atau memaki. Walau kamu sedang terburu-buru, lebih baik tetap diam dan tenang. Hormati mereka, karena kamu hanyalah pendatang.

Sponsors Link

8. Jangan berjalan di depan orang yang sedang beribadah

Sama halnya dengan upacara adat, mungkin tidak disengaja wisatawan akan berpapasan dengan kelompok orang yang beribadah di depan pure. Jika kamu mendapati kondisi yang demikian, sebaiknya jauhi mereka. Jangan berjalan di depan mereka.

9. Jangan berdiri lebih tinggi dari orang yang sedang bersembahyang

Jangan duduk atau berdiri lebih tinggi dari mereka yang bersembahyang di pure. Jika kamu tidak sengaja mendapati ada warga yang beribadah, dan kamu berada di lokasi yang lebih tinggi, maka turun atau menjauhlah.

10. Saat sedang mengambil gambar upacara adat, jangan gunakan flash

Banyak orang yang mungkin ingin mengabadikan suasana upacara adat. Hal itu boleh saja dilakukan. Namun lebih baik jangan menggunakan flash, karena itu akan mengganggu ibadah mereka.

Baca juga:

Itulah beberapa tips wisata ke Bali yang perlu diperhatikan. Selamat berlibur dan semoga liburanmu di Bali menyenangkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 17th, July 2017 / 05:17 Oleh :
Kategori : Tips Wisata