Sponsors Link

12 Tips Liburan Murah ke Korea Selatan Wajib Diketahui

Sponsors Link

Annyeong haseyo. Widih, udah kayak orang Korea belum? Apa Anda sedang merencanakan untuk liburan ke Korea Selatan? Kali ini, kami akan memberikan tips liburan ke Korea Selatan dengan mengeluarkan uang seminimal mungkin. Walaupun uang yang dikeluarkan sedikit, tapi tidak mengurangi keseruan liburan Anda kok. Berikut tips-tips dari kami:

ads

1. Cari promo tiket murah

Sebenarnya, banyak sekali rute yang menawarkan rute langsung ke Korea Selatan. Namun, seringkali harga tiket yang ditawarkan tidak murah. Nah, ada solusi terbaik untuk bisa pergi ke Korea Selatan dengan harga tiket murah. Caranya, Anda cari promo tiket murah ke Korea Selatan di internet. Ada beberapa situs perjalanan yang memiliki promo tiket murah di saat tertentu. Selain itu, Anda juga bisa memilih rute termurah dengan cara mencari rute transit. Seringkali, rute termurah justru terdapat pada rute yang membutuhkan transit, seperti Jakarta – Kuala Lumpur – Seoul. Anda juga bisa memanfaatkan promo tiket pulang pergi yang biasanya lebih murah ketimbang membeli tiket satu-satu.

Saran kami, coba cari rute murah menuju Korea sejak 19 minggu sebelum liburan. Karena biasanya, harga tiketnya bisa jauh lebih murah ketimbang membeli dalam waktu menjelang keberangkatan.

2. Cari Penginapan? Numpang Aja di Rumah Orang

Loh, ga salah numpang di rumah orang? Tenang, sekarang kan sudah zamannya internet. Ternyata, ada sebuah situs yang bernama Couchsurfing yang merupakan situs komunitas untuk wisatawan. Melalui situs ini, Anda bisa menemukan orang-orang dari seluruh dunia yang membuka rumahnya untuk wisatawan secara gratis. Yup, Anda tidak salah baca, Gratis!

Anda cukup mendaftarkan diri Anda di situs tersebut, lalu lengkapi profil diri Anda agar pemilik rumah dapat mengenal baik Anda saat tiba di rumahnya. Eitsss, jangan hanya memanfaatkan gratisannya saja yah. Tujuan utama dari situs ini adalah membuat jalinan pertemanan di seluruh dunia dengan cara berbagi tempat tinggal untuk wisatawan. Selain bisa mendapatkan tempat tinggal secara cuma-cuma, Anda juga dapat menambah teman baru di Korea Selatan. Mantap kan?

3. Coba Jjimjilbang

Apaan tuh Jjimjilbang? Jjimjilbang adalah tempat pemandian umum di Korea Selatan. Harga masuk ke tempat ini bervariasi, antara 6.000-14.000 WON. Selain mandi, Anda sebenarnya bisa bermalam di sini. Kok bisa? Karena tempat ini selalu buka 24 jam. Tetapi, jika Anda ingin mencoba bermalam di sini, kami sarankan untuk mencobanya cukup semalam saja. Selain karena loker yang disediakan berukuran kecil, Anda juga harus tidur di lantai dengan kondisi banyak orang.

Baca juga:

4. Hostel

Hostel atau guesthouse adalah pilihan tempat bermalam terbaik bagi Anda yang ingin liburan ke Korea Selatan dengan biaya terbatas. Kini, sudah banyak hostel dan guesthouse yang buka di Korea Selatan. Harganya pun bervariasi. Untuk kamar dengan kapasitas 8 -10 orang (tentu saja Anda harus berbagi kamar yah, bukan jadi milik sendiri hehe), harganya berkisar antara 100 sampai 200 ribu Rupiah. Sedangkan untuk kamar yang lebih privasi, harganya berkisar antara 300 sampai 700 ribu Rupiah. 

Sponsors Link

Nah, di sini Anda dapat menemui para pelancong dari negara lain yang mungkin bisa ajak ngobrol. Lumayan kan untuk menambah jalinan pertemanan?

5. Makanan Pinggir Jalan

Untuk Anda yang dananya terbatas, mau tidak mau Anda harus menghemat juga anggaran untuk membeli makanan. Tenang, di Korea Selatan banyak kok penjual makanan pinggir jalan yang menyediakan aneka makanan lezat. Mulai dari “Kimbap Cheonguk”, sebuah waralaba tempat makan di Korea Selatan yang menjual aneka makanan Korea dengan harga di bawah 5.000 WON. Selain itu, Anda juga bisa ke penjual satu jenis makanan yang ada di gang-gang kecil. Untuk Anda yang Muslim, pastikan sebelum memesan makanan, tanyakan menu yang tidak mengandung daging babi kepada penjualnya.

Atau kalau mau benar-benar terbebas dari rasa khawatir akan kandungan daging babi dalam makanan yang dijual di Korea Selatan, Anda bisa mengunjuni restoran vegetarian yang tersebar lebih luas di Korea Selatan. Mengapa bisa lebih luas? Ternyata gaya hidup vegetarian ini juga didukung oleh biksu-biksu Buddha. Sehingga persebarannya cukup luas.

6. Sesuaikan Transportasi Umum yang Digunakan

Korea Selatan memiliki beberapa ragam transportasi umum, seperti subway (kereta bawah tanah), bus, dan taksi. Untuk pelancong seperti Anda, Pemerintah Korea Selatan telah menyediakan sebuah kartu khusus untuk biaya transportasi publik di sana, namanya Seoul City Plus Pass. Dengan kartu ini, Anda bisa mendapatkan berbagai diskon untuk masuk tempat wisata dan diskon 5% untuk tiket Seoul City Tour Bus (bus khusus turis) yang hanya berhenti di tempat wisata tertentu.

Atau Anda bisa menggunakan T-Money, kartu transportasi umum yang keunggulannya lebih sedikit daripada kartu khusus turis di atas. Meskipun begitu, Anda bisa menggunakan kartu ini untuk menaiki transportasi umum di Korea Selatan.

ads
Saran dari kami, jika Anda ingin ke suatu tempat di Korea Selatan yang membutuhkan 2 sampai 3 kali transit di stasiun subway, sebaiknya naik taksi saja. Alasannya karena harga tiket subway atau bus tidak bisa dibilang terjangkau untuk perjalanan semacam itu. Lagipula, tarif taksi di sana cukup terjangkau kok. Oh iya, Anda juga bisa menggunakan kedua jenis kartu ini untuk belanja di beberapa convenient store di Korea Selatan.

7. Kunjungi Korean Tourism Office

Pemerintah Korea Selatan menyediakan sebuah tempat dimana menyediakan informasi wisata di Korea Selatan dan beberapa kegiatan menarik untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak soal Korea. Di sini, Anda bisa mengikuti kelas kaligrafi dan kerajinan khas Korea Selatan, bermain permainan tradisional Korea, juga bisa berfoto seru dengan memakai pakaian tradisional Korea. Yang membuatnya menarik, Anda bisa melakukan semua kegiatan tersebut dengan gratis.

Baca juga:

8. Goodwill Guide

Nah, Pemerintah Korea Selatan juga memiliki program khusus untuk pariwisata, yaitu Goodwill Guide. Melalui program ini, Anda akan dipandu oleh relawan-relawan yang juga sedang belajar untuk mengasah kemampuan bahasa asing mereka dan juga sebagai ajang pertukaran budaya. Cara untuk mengikuti program ini, Anda cukup mendaftarkan e-mail permintaan kepada mereka pada waktu sebelum keberangkatan Anda. Nanti, Anda ikuti petunjuk yang diberikan oleh mereka.

9. Cari Promo Belanja

Pergi liburan ke luar negeri, jika tidak mencoba belanja di negara tujuan rasanya ada yang kurang. Tapi, kan budget yang dimiliki terbatas? Nah, ternyata Anda bisa mendapatkan e-coupon (kupon elektronik) untuk mendapatkan diskon belanja dan potongan biaya tiket masuk tempat-tempat wisata. Menariknya, Anda tidak perlu daftar untuk mendapatkan kupon-kupon ini. Cukup download saja kuponnya sebelum berangkat.

10. Dapat Sampel Make Up di Myeong Dong

Myeong Dong adalah surganya orang-orang di Seoul dalam urusan belanja. Di sana, Anda akan menemukan deretan toko, dari toko merk terkenal sampai lapak-lapak kecil di pinggir jalan. Produk yang dijual di sana pun beraneka ragam, mulai dari baju, sepatu, bahkan jajanan. Mayoritas yang dijual di sini adalah make up. Alasannya karena iIndustri make up di Korea Selatan sekarang ini sedang berkembang. Anda bisa mendapatkan produk dari merk-merk terkenal dengan harga yang jauh lebih murah daripada di Indonesia.

Tips kali ini tidak akan membahas mengenai cara berbelanja murah di tempat ini, karena sebenarnya Anda bisa mendapatkan make up asli Korea dengan harga 0 WON alias gratis. Kok bisa? Jadi, saat Anda berkunjung ke sana, Anda akan menerima sampel make up yang disodorkan pegawai toko. Itu baru terjadi di depan toko. Ceritanya akan berbeda lagi jika Anda sudah masuk toko dan bertanya-tanya sedikit di toko tersebut. Saran kami, buang rasa malu Anda untuk mendapatkan peraltan make up gratis di sini, walaupun hanya sebatas sampel hehe.

Baca juga:

Sponsors Link

11. Cari Internet Gratis

Beberapa waktu lalu, Korea Selatan berada di peringkat pertama negara yang memiliki kecepatan koneksi internet yang tinggi. Ingin merasakannya? Anda bisa memanfaatkan fasilitas wi-fi gratis yang disediakan oleh Kota Seoul. Di kota ini terdapat kurang lebih 10.000 titik WiFi Hotspot yang bisa digunakan secara gratis. Anda pun tidak akan menemui hal ribet seperti login dan mendaftarkan diri Anda dulu saat menggunakan fasilitas ini. Tips ini cocok bagi Anda yang ingin tetap stay up to date selama liburan ke Korea Selatan.

12. Gunakan Kartu Kredit

Tips ini dapat Anda gunakan jika Anda sudah kehabisan uang tunai. Di Korea Selatan, sebaiknya Anda tidak menarik uang di ATM, karena biaya administrasi tarik tunai di ATM luar negeri cukup besar, antara Rp 80.000 sampai Rp 100.000. Lebih baik manfaatkan kartu kredit ketika berbelanja di tempat yang menyediakan jenis pembayaran dengan kartu kredit karena tidak ada biaya tambahan yang ditarik, kecuali biaya dari kartu kredit itu sendiri. Tentu saja, siapkan dana untuk melunasi utang kredit Anda setelah liburan.

Demikian tips-tips liburan murah ke Korea Selatan yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga tips-tips dari kami dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang merencanakan liburan ke Korea Selatan. Selamat berlibur!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 10th, September 2017 / 13:07 Oleh :
Kategori : Tips Wisata