Sponsors Link

30 Tips Wisata ke Singapura Pertama Kali

Sponsors Link

Singapura adalah salah satu negara tetangga Indonesia yang mudah dijangkau. Selain dekat, ada banyak objek wisata yang menjadi alternatif wisata luar negeri yang menjanjikan pengalaman berharga. Bagi kamu yang ingin berwisata ke sana, simak beberapa tips wisata ke Singapura berikut ini.

ads

Baca juga:

1. Lakukan persiapan wisata

Setiap wisata haruslah dipersiapkan secara matang. Termasuk berwisata ke Singapura. Siapkan seluruh rencana wisata dengan baik sebelum berwisata ke sana.

2. Bawa perlengkapan sesuai

Perlengkapan yang dibawa haruslah sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Sesuaikan saja dengan waktu perjalanan. Siapkan ruang untuk membawa oleh-oleh karena pergi dengan pesawat tentu terbatasi oleh volume bagasi.

3. Cari tiket promo

Banyak wisatawan ke Singapura yang suka mencari tiket pesawat atau paket perjalanan promo. Hal ini tentu akan membantu wisatawan menghemat biaya perjalanan.

4. Bisa juga dari Batam

Akses ke Singapura juga bisa dilakukan dari Batam. Seperti yang diketahui, Batam dan Singapura memang sangat dekat.

5. Tentukan objek wisata

Sebelum berwisata tentukan objek wisata mana saja yang akan didatangi. Hal ini akan membuatmu tahu biaya dan rute perjalanan yang harus dilalui.

6. Sesuaikan dengan budget

Dengan melakukan persiapan matang, kamu akan tahu rentan biaya perjalanan yang diperlukan. Lalu, sesuaikan perkiraan biaya tersebut dengan perjalanan di Singapura nanti. Siapkan juga cadangan uang untuk berjaga-jaga.

7. Mengisi kartu imigrasi

jika bepergian dengan pesawat, jangan lupa untuk selalu mengisi kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan. Hal ini penting karena wisatawan termasuk orang asing. Selain itu, isi kartu dengan lengkap. Hal ini akan memudahkan proses masuk dan keluarnya penumpang ke atau dari bandara. Sebisa mungkin, bawa juga bolpoin di dalam tas untuk mempermudah kebutuhan tulis menulis. Bolpoin adalah benda kecil yang jarang teringat, namun peranannya sangat penting.

Baca juga:

Sponsors Link

8. Ambil peta dan brosur

Cari Tourism Information Center atau rak di bandara yang menyediakan peta dan brosur wisata. Keberadaan keduanya akan sangat membantu perjalanan selama berwisata di Singapura. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah menemukan objek wisata yang ingin dikunjungi.

9. Peta transportasi umum

Mungkin semua objek wisata Singapura bisa dicapai dengan transportasi umum. Ambil juga peta transportasi umum, baik bus ataupun kereta. Pelajari peta tersebut untuk mengetahui di stasiun mana kamu harus berhenti atau harus berpindah kendaraan. Hal ini akan meminimakan risiko tersesat.

10. Bawa botol air minum

Berwisata di Singapura berbeda dengan Indonesia. Di Singapura, harga air minum terbilang mahal. Untuk menghemat biaya, bawa air minum sendiri. Cara ini akan bisa menghemat beberapa dollar. Akumulasikan saja beberapa dolar itu untuk biaya transportasi.

ads

11. Bawa tissue basah

Orang indonesia adalah orang yang selalu terbiasa dengan air, termasuk dalam menggunakan toilet. Hampir semua warga Indonesia tidak terbiasa dengan toilet kering. Sedangkan di Singapura, hampir semua toilet adalah jenis toilet kering. Maka, selalu bawa tissue basah untuk mengantisipasi permasalahan toilet ini.

12. Saat berada di loket imigrasi

Orang Indonesia yang berwisata ke Singapura tidak perlu membayar visa. Namun, diperlukan sebuah prosedur di loket imigrasi. Saat berada di sana, jangan memainkan gadget atau memotret. Tertiblah dan tunggu nomor antrian dengan tenang. Saat ditanya oleh petugas, jawab semua pertanyaan dengan jujur dan lancar. Tidak harus menggunakan bahasa Inggris. Bisa juga dengan menggunakan bahasa Indonesia.

13. Jalur di bandara

Ada beberapa terminal di bandara Singapura yang terhubung dengan monorel (MRT). Jika kamu tiba di terminal 1 dan ingin menuju terminal 2, naik saja MRT yang ada di sana.

14. Beli Kartu EZ Link / Tourist Pass

Salah satu kemudahan transportasi di Singapura adalah adanya kartu EZ Link, yaitu kartu untuk naik kendaraan umum seperti kereta dan bus. Dengan kartu itu transaksi dan mobilitas bisa dilakukan dengan mudah. Bisa juga digunakan untuk membeli minuman kaleng di mesin. Kamu juga bisa membeli Tourist pass yang lebih praktis. Kamu bida berwisata dengan bebas seharian tanpa harus isi ulang.

15. Di stasiun MRT

Tidak jauh berbeda dengan stasiun kereta di Jakarta, selalu berhati-hatilah saat berada di dalam stasiun. Lihat rambu-rambu dan selalu teliti jalur MRT yang akan dinaiki. Jika MRT sudah tiba, jangan masuk terburu-buru. Santai saja. Jangan berdiri terlalu dekat dengan pintu yang tertutup otomatis. Cari posisi ternyaman untuk menikmati perjalanan.

16. Jangan merokok di MRT

Saat berada di dalam MRT, patuhi semua peraturan. Salah satunya jangan merokok. Jika ketahuan, kamu bisa dikenakan denda. Tentu kamu tidak ingin berurusan dengan hukum di negara orang, bukan?

17. Berdiri di sisi kiri di eskalator

Saat naik eskalator, berdirilah di sisi kiri eskalator karena sisi kanan eskalator hanya diperuntukkan orang yang sedang terburu-buru. Jika kamu memang hanya ingin menggunakan eskalator seperlunya dan tidak buru-buru, jangan berdiri di sisi kanan eskalator karena itu akan sangat mengganggu orang lain.

18. Tidak perlu naik lift

Selama berada di Singapura, jika ada tangga dan eskalator, urungkan niat untuk naik lift. Biasanya lift di Singapura hanya dipergunakan oleh wanita hamil, manula, atau orang sakit (berkebutuhan khsusus). Jika kamu merasa bukan sebagai orang yang butuh untuk naik lift, naik eskalator saja sudah cukup.

Baca juga:

19. Tidak duduk di reserved seat

Ketika hendak naik MRT ketahuilah bahwa di dalam MRT ada sebuah seat kosong yang disebut reserved seat. Fungsinya adalah untuk ruang duduk bagi orang yang membutuhkan seperti ibu hamil, manula, atau orang berkebutuhan khusus. Jadi, jangan sekali-kali duduk di tempat itu jika kamu memiliki rasa empati yang tinggi.

20. Naik bus umum

Di Singapura ada dua jenis bus umum, yaitu SMRT dan SBS. Untuk naik bus, transaksi bisa dilakukan dengan kartu EZ Link yang sudah dibeli. Bisa juga dengan uang tunai. Namun selalu siapkan uang pas karena penumpang tidak akan diberi kembalian jika membayar dengan uang lebih.

21. Naik taksi

Taksi di Singapura sangat mahal. Jika tidak terlalu butuh, lebih baik jangan naik taksi. Namun jika memang ingin naik taksi, naiklah dari spot-spot resmi dimana taksi memang boleh berhenti. Jangan naik taksi dari sembarang tempat, karena sudah pasti taksi tidak akan mau berhenti selain di tempat yang seharusnya.

22. Banyak jalan kaki

Pakailah alas kaki yang nyaman saat berwisata ke Singapura. Jangan manja. Di negeri tersebut bukan tempatnya orang manja yang kemana-mana harus naik kendaraan. Justru dengan jalan kaki bisa didapatkan pengalaman yang berbeda.

23. Cara menyeberang jalan

Sama seperti negeri maju lainnya, menyeberang jalan di Singapura bisa dilakukan di zebra cross, jembatan penyeberangan, atau jembatan bawah tanah. Selalu patuhi rambu lalu lintas di jalanan.

24. Rekomendasi penginapan

Wisatawan yang ingin melakukan citytour bisa memesan penginapan di dekat stasiun MRT atau halte bus. Wisatawan yang gemar belanja bisa memesan penginapan di kawasan Orchard. Untuk backpacker biasanya penginapan di area bugis, litlle india, atau lavender yang paling murah.

25. Patuhi semua peraturan

Negara maju seperti Singapura seringkali memasang CCTV di sepanjang jalan atau di spot-spot penting kota. Maka, selalu patuhi peraturan yang ada. Jika tidak, bisa jadi kamu akan dikenakan denda.

Baca juga:

Sponsors Link

26. Cuaca tropis

Singapura adalah negara Tropis seperti Indonesia. Sehingga sellau gunakan pakaian yang sesuai dengan cuaca yang ada. Bila perlu bawa topi dan payung kecil di dalam tas untuk berjaga-jaga.

27. Makanan minuman halal

Jika kamu adalah orang muslim dan ingin mencari makanan halal, tidak usah cemas karena di Singapura ada banyak sekali tempat makan halal. Cari referensi tempat makan yang berjargon “no pork”.

28. Colokan listrik

Perbedaan utama Singapura dan Indonesia salah satunya adalah dari colokan listriknya. Singapura menghendaki colokan listrik dengan kaki tiga. Jadi, siapkan converter yang sesuai agar gadget mu bisa dipergunakan dengan semestinya.

29. Bawa tas yang nyaman

Saat berjalan-jalan di Singapura bawa tas kecil yang nyaman. Bisa tas selempang atau tas punggung. Bawa tas yang tidak membuat sakit punggung.

30. Siapkan dokumen untuk pulang

Saat hendak pulang, selalu siapkan dokumen yang diperlukan mulai dari paspor hingga dokumen lainnya. Lengkapi semua keperluan agar bisa mendapatkan kelancaran saat pulang.
Itulah beberapa tips wisata ke Singapura. Selamat berlibur. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 18th, July 2017 / 02:44 Oleh :
Kategori : Tips Wisata