Sponsors Link

10 Tips Wisata ke Korea Selatan Murah dan Menyenangkan

Sponsors Link

Berwisata ke negeri K-Pop memang dambaan bagi banyak orang. Selain karena menggemari K-Pop, makanan dan paduan sisi modern dan tradisional yang ditawarkan oleh negara tersebut memang membuat banyak orang kepincut. Apakah kamu salah satu dari calon traveler yang sedang merencanakan liburan ke KorSel dan sedang mengumpulkan informasi untuk berwisata hemat di sana? Yuk, intip tips beserta estimasi harga terendah tahun ini dari kami.

ads
  1. Persiapkan Paspor dan Visa

Paspor adalah benda penting perlu kamu persiapkan dan selalu kamu bawa saat bepergian ke Korea Selatan sebagai identitasmu selama di sana. Jika belum punya, segera datangi kantor imigrasi atau jika sudah punya pastikan untuk mengecek tanggal kadaluarsanya.

Visa sama pentingnya dengan paspor jika kamu ingin datang ke Korea karena negara tersebut mewajibkan kita membawa visa saat berada di sana. Lama pembuatan visa Korea sendiri kurang lebih 5 hari kerja dan waktu pengambilannya hanya bisa dilakukan pada jam 13.30 hingga 16.30 saja.  sedangkan biaya pembuatannya bervariasi dan tidak bisa refund bila terjadi pembatalan. Berikut gambaran harganya (harga bisa berubah jadi tetaplah update ya):

  • Single visa (kurang dari 9 hari): IDR 554.000
  • Single Visa (lebih dari 9 hari) : IDR 840.000
  • Multiple Visa (kunjungan berkali-kali dalam kurun 3 tahun) : IDR 1.260.000
  • Double Visa (2 kali masuk dalam kurun 6 bulan) : IDR 980.000

Beberapa persyaratan pembuatan visa yang perlu kamu perhatikan yaitu: fotokopi paspor dan aslinya (halaman identitas beserta cap negara yang pernah dikunjungi), formulir aplikasi visa, 1 pas foto, foto kartu keluarga, surat keterangan bekerja, surat keterangan pelajar (jika masih berstatus siswa atau mahasiswa), fotokopi bukti keuangan (buku tabungan dan slip gaji), lampiran form pajak 1721.

baca juga:

  1. Berburu Penerbangan Murah

Berburulah promo tiket pesawat. Jika perlu ikutlah berlangganan email promosi dari maskapai. Jika beruntung kamu bisa terbang ke Korea Selatan dengan harga tiket sekitar 2jutaan untuk perjalanan pulang pergi

  1. Uang lokal

Korea Selatan memakai won sebagai mata uangnya. Meskipun kamu membawa uang elektrik berupa kartu kredit, kamu tetap perlu menyiapkan uang tunai untuk sekedar berjaga-jaga. Menukar rupiah dengan won saat masih di Indonesia sangat direkomendasikan daripada kamu kebingungan menukar rupiah di sana. Saat ini, 1 won senilai dengan 11.880 IDR.

Sponsors Link

  1. Akomodasi dan transportasi lokal Hemat

Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, kamu bisa memakai T-Money yang bisa kamu pakai untuk transportasi umum keliling kota Seoul sekaligus mendapat diskon 10 persen tiap transaksi. Kamu juga bisa memakainya untuk berbelanja di beberapa toko di sana.

Selain itu, berjalan kaki juga lumrah dilakukan warga Korsel, kamu bisa coba juga. Murah dan menyehatkan belum lagi suasana kota-kota Korea Selatan yang cantik.

baca juga:

  1. Penginapan Murah

Pemesanan tempat menginap sebaiknya di urus jauh-jauh hari. Rajin-rajinlah berburu hotel murah di berbagai situs reservasi hotel terutama saat malam hari saat orang-orang terlelap. Untuk yang lebih murah dari hotel, kamu bisa memilih hostel yang harganya sekitar Rp 170.000an untuk tipe asrama yang biasa dipakai para backpacker.

ads

Kalau ingin lebih nekat dengan menekan biaya penginapan jadi IDR 0, kamu bisa numpang di rumah salah satu warga sambil mengenal budaya mereka lebih dekat. Ikutlah beberapa komunitas pecinta wisata seperti Couchsurfing dan AirBnB lalu daftarkan dirimu disana dan buatlah profil online sejelas mungkin untuk menemukan orang lokal yang bersedia menerima kamu selama di Korea Selatan. Kirim email perkenalan dengan sopan pada mereka.

  1. Makanan

Yang suka menonton drama Korea pasti sering ngiler ya dengan makanan lokal mereka. Tetapi lakukan dulu riset kecil-kecilan dimana bisa mendapatkan makanan khas yang enak dan murah. Jika kamu datang ke Seoul, sempatkan untuk mampir di warung-warung kecil semacam kaki lima kalau di Indonesia, selain cita rasa yang otentik, harganya pun pastinya lebih murah dari rumah makan yang tempatnya lebih cozy. Budget makanannya sekitar 3.000-9.000 won perhari untuk tiga kali makan. Jadi, budget makanmu sekitar 700.000 IDR selama seminggu/tiga kali makan sehari.

  1. Objek wisata

Korea Selatan mempunyai banyak sekali tempat wisata, baik alam maupun buatan. Selain itu, objek wisatanya banyak yang murah (untuk ukuran biaya masuk wisata ke luar negeri ya) bahkan gratis loh. Misalnya mengunjungi Changdeokgung , kamu cukup mengeluarkan budget sekitar 3.000 won atau 35.000 IDR saja. oh, iya. 3.000 won itu budget minimal untuk objek wisata berbayar.

baca juga:

  1. Pusat perbelanjaan

Berbelanja juga merupakan salah satu alasan berkunjung ke Negeri Ginseng satu ini bukan? Disana banyak sekali destinasi pusat perbelanjaan seperti di pusat perbelanjaan Korsel sekaligus tempat syuting drama Fashion King di Dongdaemun market, Bukcheon Hanok Village, Gyeongbokgung Palace, souvenir tradisional Korea di Insadong, pusat kosmetik dan barang bermerk di Myeongdong, dan pasar tradisional dan tertua di Korsel di Namdaemun.

  1. Bawa Barang Seperlunya

Mengemas barang atau packing  bisa menjadi hal yang tricky bagi para traveller. Kamu haru memikirkan matang-matang barang apa saja yang benar-benar kamu butuhkan. Pertama, pertimbangkan dulu berapa lama kamu akan di Korea Selatan dan musim apa yang terjadi saat kamu ada di sana. Dengan begitu kamu bisa mengira-ngira berapa pakaian yang perlu kamu bawa. Kedua, kemaslah keperluan mandi (Seminimal mungkin, seperti sabun, sikat, odol dan sampo sachet. Kalau bisa bawa sabun cair yang bisa dipakai untuk bersampo juga) dan makeup (jika perlu) dalam wadah-wadah mini lalu masukkan ke ziplock bag yang di dobel buat antisipasi kalau wadahmu bocor, sepatu yang bisa dipakai di segala medan, satu ziplock bag  lagi untuk memasukkan kamera, ponsel, dan barang elektronik lainnya.

baca juga:

  1. Itinerary

Setelah menyiapkan semuanya mulai dari Visa dan paspor hingga memutuskan barang apa saja yang perlu dibawa, kini saatnya kamu membuat itinerary sebelum terbang kesana. Sesuaikan budget kamu dengan tempat-tempat yang hendak kamu kunjungi dan juga oleh-oleh seperti apa yang akan kamu bawa dari sana. Selamat berwisata!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 09:21 Oleh :
Kategori : Tips Wisata