11 Tips Wisata ke Hongkong Murah dan Hemat


Berlibur di luar negeri tentunya membutuhkan persiapan yang sangat matang dan berbeda. Kita harus yakin persiapan yang kita lakukan sebelum berangkat tidak akan membuat kita kebingungan setelah mendarat disana.

Untuk berkunjung ke negara asal Bruce Lee ini, sebaiknya kamu harus mengetahui hal-hal dasar seperti mempersiapkan bahasa dasar yang dipakai sehari-hari, jenis toilet yang digunakan, mata uang, hotel murah, mata uang, hingga bagaimana cara berbelanja selama disana. Berikut tips wisata ke Hongkong :

  1. Visa Hongkong. Ada beberapa jenis visa yang di tawarkan dengan biaya pembuatan sekitar IDR 300.000an. berikut rincian biaya visa Hong Kong:
    • Visa biasa : IDR 326.776
    • Visa transit : IDR 171.977
    • Izin masuk sekali : IDR 326.776
    • Izin masuk berkali-kali (selama 1 tahun) : IDR 709
    • Izin masuk berkali-kali (selama 3 tahun) : IDR 1.341.418
  2. Penerbangan

Umumnya kamu cukup menyiapkan sekitar 3juta rupiah untuk biaya penerbangan pergi-pulang dengan maskapai Garuda Indonesia, Malaysia Airlines ataupun Singapore Airline. Untuk memangkas biaya penerbangan, anda bisa memilih AirAsia, Jetstar, Tiger Airways atau Cebu Pacific tentunya dengan kenyamanan yang berbeda. Penduduk Hongkong memakai mata uang Yuan.

  1. Hati-hati dengan barang KW

Akan terasa kurang jika berkunjung ke Hongkong namun tidak berbelanja, bukan? Hongkong dipenuhi dengan pertokoan dengan barang-barang berkualitas dan bermerk namun memiliki harga yang miring. Sehingga membuat banyak turis yang menceritakan bagaimana asiknya mereka berbelanja di Hongkong. Namun, anda perlu meneliti benar-benar sebelum membeli barang, ya.

Meskipun kamu akan dimanjakan dengan banyaknya barang bermerk dan bagus, anda tetap wajib mengecek keaslian barang tersebut, karena banyak sekali barang KW dengan merk dan kualitas yang menyerupai barang originalnya. Pastikan anda mengetahui ciri-ciri barang asli yang ingin anda beli, sehingga bisa meneliti keaslian barang tersebut sebelum membayar.

Sekedar informasi tambahan, terdapat dua toko yang keaslian barang terjamin dan harga terbaik di Hongkong yaitu toko Fortress dan toko Broadway.

Baca Juga:

  1. Disiplin selama di Hongkong

Hongkong adalah salah satu kota yang sangat ketat dan memiliki peraturan yang jelas. Pastikan anda merokok ditempat yang disediakan jika tidak ingin terkena denda. Penumpang kendaraan umum dilarang keras makan atau minum selama berkendara jika tidak, anda akan diturunkan dari kendaraan umum jika kedapatan sedang makan dan minum. Berdirilah di sisi kanan eskalator jika anda tidak sedang terburu-buru, namun jika terburu-buru, berlarilah di sisi kiri eskalator. Saat mengantre bersama penduduk Hongkong lainnya, mengantrilah dengan baik dan tenang, jangan sesekali mencoba memotong antrian ya!

Sponsors Link

  1. Bahasa

Penduduk Hongkong memakai bahasa Mandarin Kanton. Karena sebagian besar penduduk lokal tidak bisa berbahasa Inggris, selama di Hongkong, ada baiknya jika mempersiapkan beberapa bahasa yang mungkin bisa anda gunakan sehari-hari seperti berikut:

  • Em koi: terimakasih atau tolong
  • Em koi sai: terimakasih banyak
  • Em yeu: tidak mau
  • Em hai: bukan
  • Em citou: saya tidak tahu
  • Pongo em koi: tolong bantu saya
  • Mai : beli
  • Tang yat can: tunggu sebentar
  • Keto a: berapa

Baca juga:

  1. Tisu basah

Sebagian besar, jenis toilet di Hongkong adalah jenis toilet kering. Untuk para traveller yang tidak terbiasa menggunakan toilet kering, maka wajib membawa tisu basah atau bahkan sebotol air untuk membersihkan setelah buang air.

ads
  1. Mengemas Barang

Sebelum mengemas barang yang dibawa ke Hongkong, pastikan kamu mengetahui jenis musim apa yang kamu hadapi selama disana. Apakah kamu perlu membawa jaket tebal ataukah baju-baju tipis?. Selain mempersiapkan jenis baju yang dipakai selama disana, sebaiknya bawalah peta. Terutama jika perjalanan ini pertama kali kamu lakukan. Hongkong yang berbentuk kepulauan penuh dengan bangunan dan jalur MTR, jadi bawalah peta Hongkong yang bisa kamu dapatkan di booth Hongkong Tourism Board di berbagai area publik seperti bandara, terminal Ferry dan MTR. Dengan peta tersebut kamu akan tahu arah jalur MTR, tempat berbelanja dan juga tempat rekreasi alam dan budaya.

baca juga:

  1. Transportasi Lokal

Untuk akomodasi, penduduk Hongkong menggunakan MTR, bus, Ferry, dan tram (hanya tersedia di HK Island).

  1. MTR

Semua jalur MTR mengcover seluruh wilayah kota Hongkong.  Untuk menggunakan MTR, kamu perlu memiliki Octopus Card yang bentuk dan fungsinya mirip dengan Oyster Card di London atau Ez-Link milik Singapura. Kamu bisa mendapatkannya di semua stasiun MTR dan bisa di refund. Selain dipakai untuk menggunakan MTR, kartu Octopus ini juga bisa dipakai untuk naik Bis, Tram dan kapal Ferry, bahkan alat pembayaran di beberapa toko.

2. Bus

Selain MTR, pemerintah Hongkong juga menyediakan bis kota yang nyaman dan bersih. Untuk mempelajari rute bis kota, kamu cukup pelajari papan rute dan stop beserta tarifnya bis di tiap halte. Untuk biayanya, semakin dekat halte kita dengan terminal bis, maka biayanya makin murah.

3. Ferry

Star Ferry adalah nama kapal Ferry yang tersedia di Hongkong dan dipakai untuk sarana menyeberang dari Kowloon/TST ke Central atau Wanchai. Diantara pilihan transportasi lainnya, Ferry ini memiliki tarif paling murah dengan waktu tempuh paling lambat.

4. Tram

Jika ingin naik alat transportasi klasik di Hongkong, cobalah naik Tram. Kamu bisa masuk dari pintu belakang kemudian membayar dan keluar dari pintu depan.

Sponsors Link

  1. Penginapan

Umumnya, penginapan di Hongkong berbentuk hotel dan bisa anda booking online di Agoda.com, Booking.com dan sebagainya, jadi persiapkan bookingan kamar hotel beberapa waktu sebelum berangkat untuk berburu promo. Sebagai referensi tambahan, kami sarankan untuk memilih hotel di district Kowloon seperti TST, Mongkok, Jordan maupun di Hongkong Island seperti Central, Wangchai, Northpoint, Causeway Bay karena lebih murah serta akses MRT dan bis yang mudah dijangkau.

  1. Destinasi wisata

Berikut beberapa destinasi wisata yang layak dikunjungi: Ngong Ping/Giant Buddha, Victoria Peak, Laser Show di Victoria Harbour, Disneyland, Ocean Park, dan Sky100 Hongkong Observation Deck.

Baca juga:

  1. Persiapan sim card Hongkong

Selama di Hongkong, belilah kartu SIM lokal sebagai sarana komunikasi anda. Discover Hongkong Tourist SIM card adalah yang paling recommended dan bisa kamu dapatkan di HK Airport. Saat mendarat di Airport ini, carilah toko 1010 untuk membeli kartu SIM dengan operator CSL dengan kuota 5GB selama 8 hari (4G).

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 10th, August 2017 / 03:33 Oleh :
Kategori : Tips Wisata