Sponsors Link

Pantai Tanjung Pasir Tangerang Banten – Lokasi dan Fasilitas

Sponsors Link

Pantai Tanjung Pasir merupakan salah satu pantai di Tangerang yang cukup populer di Indonesia, khususnya untuk masyarakat Tangerang dan sekitarnya. Pantai ini merupakan pantai yang cukup sering dikunjungi dan merupakan salah satu pantai paling ramai saat waktu liburan atau akhir pekan. Hal yang menjadi daya tarik pantai ini adalah harga tiket masuknya yang mudah dan kelengkapan fasilitas yang ditawarkannya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penjelasan di bawah ini.

ads

Keindahan Pantai Tanjung Pasir

Keindahan Pantai Tanjung Pasir TangerangPantai Tanjung Pasir Tangerang ini berlokasi di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, Jawa Barat. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang juga menyebutnya sebagai Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga. Mengapa di sebut demikian? Karena jika dilihat dari atas, objek wisata ini akan terlihat sebagai tanjung, yaitu daratan yang menjorok ke laut. Sedangkan, di bagian ujung tanjung terdapat teluk atau lautan yang menjorok ke daratan. Hal inilah yang menjadikan Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga begitu unik jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Indonesia.

Keindahan pantai ini bisa dilihat dari pemandangan yang luas dengan pantai yang memiliki pasir halus berwarna putih bersih. Tidak seperti pantai lain yang hanya terlihat garis horizon lautnya jika dilihat dari kejauhan, hamparan pasir putih di sekitar pantai ini bahkan terlihat hingga ke daratan yang jauh dari garis pantai. Dengan luasnya pantai ini, maka wisatawan bisa bebas bermain dan menghabiskan waktu di bibir pantai.

Di tepi pantai juga ada banyak pohon hijau yang tumbuh subur dan menambah suasana tenang dan sejuk untuk pantai ini. Hal ini yang juga banyak menarik minat wisatawan karena mereka bisa berteduh dari teriknya sinar matahari saat berada di sana. Kondisi ini mungkin cukup berbeda dengan pantai lain di Tangerang, Banten yang lainnya.

Baca juga:

Akses dan Harga Tiket Masuk

Dari Tangerang pusat, pantai ini memiliki jarak sekitar 25 kilometer dan bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk akses yang paling mudah menuju pantai ini adalah melalui pintu belakang bandara (M1). Ikuti saja jalan menuju ke utara, yaitu ke Kampung Melayu. Dari Kampung Melayu, ambil belokan ke kanan dan cari plang penunjuk arah Tanjung Pasir. Ikuti terus arah yang ditunjukkan oleh papan penanda itu. Jalan yang harus dilewati adalah jalan perkampungan yang cukup sempit. Namun hanya jalan itu yang bisa dilewati untuk sampai di pantai.

Sponsors Link

Jika wisatawan berasal dari arah Kalideres, wisatawan bisa menuju arah bandara dan menuju Rawa Bokor. Jika sudah sampai di Rawa Bokor, ikuti rute Kampung Melayu seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk masuk ke pantai ini, wisatawan juga tidak membutuhkan biaya yang mahal, tidak seperti pantai lain yang mungkin harga tiket masuknya cukup mahal. Pantai ini bisa didatangi wisatawan dengan hanya membawyar Rp 5.000 saja per orang.

Jika wisatawan membawa kendaraan sendiri, maka parkir kendaraan akan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua. Sementara untuk kendaraan roda empat akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 20.000. Karena harga yang murah inilah banyak wisatawan yang datang bersama keluarganya, karena pantai ini memang cocok untuk destinasi wisata keluarga saat liburan.

Baca juga:

Fasilitas Pantai Tanjung Pasir

ads

Fasilitas Pantai Tanjung Pasir TangerangWalau harga tiket masuknya tergolong murah, namun jangan cemas akan fasilitas yang dimilikinya, karena Pantai Tanjung Pasir Tangerang ini tidak akan mengecewakan wisatawan. Fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap dan layak untuk para wisatawan, bahkan wisatawan dari berbagai daerah. Berikut beberapa fasilitas yang ada di pantai ini.

  1. Tempat parkir – Tempat parkir di pantai ini terbilang luas dan pasti nyaman untuk wisatawan yang membawa kendaraan. Di sana ada parkir kendaraan roda dua dan roda empat yang bisa menampung kendaraan wisatawan dalam jumlah banyak.
  2. Toilet – Pantai ini juga sudah memiliki fasilitas toilet yang memadai. Wisatawan bisa menggunakan toilet untuk buang air kecil, buang air besar, bahkan mandi atau bilas setelah bermain di pantai seharian.
  3. Mushola – Keberadaan mushola ini akan memudahkan wisatawan untuk beribadah. Walau sedang berwisata, tentu kita tidak boleh lalai dari beribadah.
  4. Penyewaan payung – Untuk wisatawan yang tidak ingin kepanasan selama menikmati pemandangan pantai yang indah ini, di sana ada juga penyewaan payung yang bisa digunakan jasanya.
  5. Watersport – Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah adanya fasilitas watersport yaitu banana boat. Jika sedang berkunjung ke sana, ada baiknya wisatawan mencoba permainan air ini. Wisatawan akan diajak berputar-putar di atas banana boat hingga ke tengah, lalu akan diceburkan ke dalam laut dengan tikungan-tikungan tajam. Namun, jangan takut tenggelam, karena sudah pasti petugas memiliki pelampung untuk keamanan wisatawan.
  6. Kapal untuk menyeberang – Mungkin banyak yang bertanya, kapal kecil di pantai ini akan digunakan untuk menyeberang ke mana. Jawabannya adalah untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa. Wisatawan yang ingin menyeberang ke pulau tersebut bisa naik perahu kecil milik penduduk setempat. Gunakan saja jasa perahu atau kapal kecil itu.
  7. Tempat makan – Pantai ini juga terkenal dengan aneka makanan yang bisa didapatkan oleh wisatawan dengan mudah. Ada banyak sekali pilihan makanan di pantai ini, mulai dari makanan yang murah sekelas kaki lima hingga makanan mewah sekelas restoran mahal. Kebanyakan menu makanan di pantai ini adalah makanan laut atau seafood. Ada beberapa menu yang bisa dipilih dan merupakan makanan laut yang menggunakan bahan yang masih segar karena langsung diambil dari laut. Tidak hanya makanan, di sana juga banyak pilihan minuman, dari yang berupa minuman ringan, hingga minuman berupa es krim yang nikmat.

Baca juga:

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Wisatawan yang datang ke Pantai Tanjung Pasir Tangerang bisa melakukan beberapa kegiatan yang seru dan mengasyikkan selama liburan. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini.

  1. Menikmati pantai – Wisatawan yang datang ke pantai pasti tujuan utamanya adalah untuk menikmati pantai. Untuk menikmati pantai ini, wisatawan bisa melakukannya dengan berteduh di bawah pohon sambil menikmati pemandangan yang indah dengan laut lepas yang indah ditemani angin semilir yang membuat hati menjadi tenang.
  2. Bermain pasir – Wisatawan juga bisa bermain pasir di pantai ini. Ada banyak orang yang bermain pasir dengan membentuk beberapa bentuk atau menuliskan nama di atas pasir. Lakukan apapun yang menarik untuk dikerjakan dengan pasir yang ada.
  3. Melakukan permainan – Ada juga banyak wisatawan yang bermain voli pantai atau bola pantai, atau juga bermain layang-layang di pantai ini. Hal ini sejalan dengan ukuran pantai berpasir yang luas sehingga bisa dimanfaatkan dengan banyak cara.
    Sponsors Link

  4. Melakukan olahraga air – Seperti yang dijelaskan di atas, di pantai ini ada fasilitas watersport yang bisa dicoba oleh wisatawan, yaitu banana boat. Tentu wisatawan bisa menikmati fasilitas tersebut.
  5. Berenang – Walau tidak banyak orang yang berenang di pantai ini dan hanya bermain air dan pasir di tepinya saja, namun pada dasarnya pantai ini aman untuk digunakan berenang karena ombaknya tidak begitu besar.
  6. Memancing – Di pantai ini memang belum ada fasilitas penyewaan alat pancing. Namun, banyak juga komunitas pemancing atau orang-orang yang hobi memancing datang ke pantai ini untuk memancing. Namun mereka yang memancing harus membawa alat pancing sendiri.
  7. Wisata kuliner – Wisatawan bisa melakukan wisata kuliner di sepanjang pantai dengan mendatangi tempat makan di sana, dari yang murah hingga yang mahal sekalipun.
  8. Berjemur – Jika suka berjemur, pantai ini merupakan salah satu pantai yang cocok untuk kamu.

Baca juga:

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Pantai Tanjung Pasir Tangerang, Banten. Jika ingin berkunjung, siapkan baju ganti dan peralatan wisata yang lengkap agar kegiatan di sana bisa dilakukan secara menyenangkan dan tanpa hambatan. Selamat berlibur.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 11th, August 2017 / 04:17 Oleh :
Kategori : Wisata Pantai