Sponsors Link

20 Perlengkapan Camping di Pantai Wajib Dibawa

Sponsors Link

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki cukup banyak kekayaan alamiah dalam bidang kelautan. Bersamaan dengan itu pula, Indonesia juga memiliki sangat banyak pantai yang indah untuk dikunjungi dan disinggahi. Sedikitnya ada 12 ribu pulau yang berada di Indonesia dengan ribuan pantai yang menghiasi setiap pulaunya. Dari yang pernah disinggahi maupun belum pernah disinggahi.

ads

Bicara soal pantai, tentu suasana yang akan anda dapatkan apabila mengunjungi pantai adalah suasana syahdu dan derau ombak yang saling bersahutan. Tempat ini memang sangat cocok untuk anda untuk beristirahat sejenak melepas penat anda selama rutinitas kemarin. Tak jarang pula beberapa orang pada akhirnya memutuskan untuk melakukan camping pantai untuk mengeksplor habis keindahan pantai tersebut.

Apabila anda hendak melakukan kemah di pantai, tentu anda akan memiliki persiapan dan perlengkapan yang berbeda dibandingkan dengan berkemah di gunung maupun di hutan. Agar anda dapat mendirikan kemah dan dapat beristirahat dengan tenang dalam camping pantai anda, berikut adalah beberapa perlengkapan camping di pantai yang wajib anda bawa ketika hendak melakukan kemah di pantai.

Baca juga:

  1. Tenda

Bicara soal camping pantai, tentunya tenda adalah salah satu benda wajib yang perlu anda sediakan untuk tempat tidur. Selain itu membawa tenda cadangan untuk menjadikanya tenda logistik juga merupakan salah satu pilihan yang bijak untuk anda. Memilih bahan tenda yang kuat dengan kapasitas yang memadai juga harus diperhatikan ketika hendak melakukan perjalanan atau kemah pantai

  1. Flysheet

Flysheet pada dasarnya adalah suatu kain besar yang biasa digunakan untuk menghalau curah hujan atau angin. Nah dalam situasi pantai di musim hujan, penggunaan flysheet dapat membantu anda untuk terhindar dari tenda yang rembes atau bahkan basah karena terkena langsung curah hujan. Namun dalam kondisi berangin flysheet dapat menghalau anda dari angin pantai yang kencang.

  1. Matras

Matras akan sangat berguna bagi anda untuk menjadi alas duduk dan juga alas tidur selama menjalankan camping pantai. Matras juga dapat dijadikan alat untuk melindungi kantung tidur anda dari air yang rembes dari bawah tenda. Matras juga menjadi alternatif yang sangat baik untuk menjadi alas selama melakukan aktivitas selama melakukan kemah di pantai.

Sponsors Link

  1. Hammock

Hammock adalah alat tidur yang digantungkan pada dua buah pohon. Memang anda dapat beristirahat atau tidur di dalam tenda . Namun apabila cuaca cerah dan sejuk, anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dengan tidur dalam hammock. Anda dapat mendengar dan bersentuhan langsung dengan deruan ombak yang bersahutan. Bonus pemandangan malam hari dan kemunculan bintang adalah panorama yang sangat indah yang bisa anda dapatkan dengan tidur di dalam hammock.

  1. Wadah Penyimpan Air

Di beberapa pantai, anda akan kesulitan untuk menemukan yang namanya sumber air bersih atau sumber air tawar. Sedangkan dalam melakukan camping pantai atau kemah pantai, membawa wadah penyimpan air adalah hal yang sangat penting untuk dibawa. Apabila kekurangan air, anda tidak akan dapat memasak atau bahkan sekedar untuk minum dan mengisi energi anda.

Baca juga:

  1. Senter / Headlamp

Ketika melakukan camping pantai, tentu anda akan menghabiskan malam hari di pantai tersebut. Untuk mengakali suasana gelap yang pasti akan anda alami, membawa headlamp atau senter tentunya akan menjadi penting untuk membantu penglihatan anda. Anda juga pasti akan melakukan beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada malam hari seperti memasak, membersihkan diri, atau mungkin hanya untuk sekedar membersihkan dan memperbaiki tenda anda. Jangan lupa untuk membawa baterai cadangan agar anda tetap mendapatkan pencahayaan yang cukup.

ads
  1. Pisau Lipat / Golok

Apabila anda hendak berkemah di pantai yang masih asri dan bersih, anda juga tentunya masih dapat menemukan beberapa potong kayu bakar untuk anda jadikan api unggun. Membuat api unggun akan dapat membantu anda menghangatkan diri, bercengkrama, atau sebatas untuk mengeringkan pakaian anda. Penggunaan golok dan pisau lipat akan sangat berguna untuk mengkondisikan dan memotong kayu sesuai dengan ukuran yang sesuai.

  1. Alat masak

Membawa satu set perlengkapan masak seperti  bahan bakar, kompor, dan wadah memasak adalah hal yang wajib dilakukan ketika melakukan kemah pantai. Hal ini dimaksudkan agar anda dapat mengolah dan memasak makanan anda selama melakukan kemah.

  1. Obat-obatan

Pantai identik dengan suasana panas dan matahari yang terik. Anda akan lebih mudah untuk terserang segala macam penyakit ketika hendak melakukan camping pantai. Untuk meminimalisir kejadian ini, anda disarankan untuk membawa berbagai jenis obat-obatan yang mungkin dapat menyerang anda di pantai. Mengonsumsi vitamin selama melakukan kemah pantai juga akan membantu anda untuk dapat tetap sehat selama berkegiatan di pantai tersebut.

  1. Pengetahuan Penyakit Endemik

Pantai mungkin tempat yang sangat mengasyikan untuk disinggahi. Melakukan camping pantai adalah salah satu kegiatan yang diminati oleh banyak orang. Namun perlu anda ketahui, beberapa pantai tentunya terletak di daerah yang memiliki suatu penyakit endemik tertentu. Pastikan anda mencari informasi yang cukup agar anda tidak terkena dan dapat melakukan pencegahan agar tidak terjangkit penyakit yang beredar.

Baca juga:

  1. Alat Bersih Diri

Alat yang dimaksud disini adalah seperti sabun cuci untuk mandi ataupun untuk membersihkan peralatan anda. Kemah pantai adalah kegiatan yang erat dengan beraktivitas di pantai yang penuh dengan pasir, atau bahkan air asin. Hal ini tentu membuat tubuh anda menjadi lebih gampang berkeringat ataupun lengket. Tentunya membawa alat bersih-bersih diri adalah salah satu hal yang penting untuk membuat anda tetap nyaman selama melakukan kemah.

  1. Handuk Cepat Kering

Selama  melakukan kemah, anda disarankan untuk membawa jenis handuk yang gampang kering. Anda dapat dengan mudah menemukan jenis handuk tersebut di berbagai jenis toko yang menjual alat outdoor. Penggunaan handuk yang tepat akan membantu proses packing anda nantinya.

  1. Spiritus / Minyak tanah

Apabila hendak melakukan camping pantai , membuat api unggun adalah salah satu hal yang perlu anda lakukan. Membuat api unggun akan membuat kemah anda menjadi semakin berkesan dan menyenangkan. Namun bagi anda yang belum mahir membuat api dari kayu bakar, anda dapat mengumpulkan beberapa kayu dan langsung menuangkan bahan bakar ini untuk dengan mudah membuat api unggun.

Baca juga:

Beberapa alat lainya yang penting pula untuk dibawa selama melakukan kemah pantai adalah :

  1. Kamera
  2. Sleeping Bag
  3. Kacamata renang / Alat snorkeling
  4. Sendal
  5. Speaker
  6. Kacamata Hitam
  7. Baju ganti

Berikut adalah 20 perlengkapan yang dapat menemani anda dalam melakukan kegiatan kemah pantai. Selamat berlibur dan selamat beresenang-senang.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 09th, August 2017 / 09:17 Oleh :
Kategori : Persiapan