Sponsors Link

123 Wisata Kuliner Jogja Pagi, Siang, dan Malam Hari

Sponsors Link

Sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia, Jogja nggak hanya kaya akan tempat-tempat indah untuk liburan, lho. Satu yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Jogja tentu adalah berbagai macam makanan khas yang nggak bisa Anda temukan di tempat lain.

ads

Jogja memang terkenal dengan beragam jenis makanan yang dijual dengan harga miring. Makanan ini dijual mulai pagi hingga malam hari. Jadi jangan khawatir kelaparan tengah malam saat Anda di Jogja. Apa saja kuliner wajib yang harus Anda cicipi saat di Jogja? Yuk, kita simak:

1. Mande Kuliner

Mande KulinerJika Anda sedang di Jogja dan bingung ingin makan apa, coba datang ke Mande Kuliner. Mande Kuliner adalah sejenis foodcourt di wilayah Jogja selatan yang luas dan nyaman. Menu yang disediakan pun variatif dengan format pujasera sehingga Anda punya banyak pilihan makanan.

Di antara pilihan makanan yang disediakan di Mande Kuliner adalah berbagai jenis mie ayam, masakan jepang, siomay, serta tidak ketinggalan kuliner lokal khas Indonesia. Tempat yang luas dan terbuka membuat Anda nyaman bersantap di Mande Kuliner. Selain itu tempat ini juga menyediakan fasilitas Wifi gratis. Mande Kuliner sering menerima reservasi untuk gathering karena mampu menampung hingga 200 orang, sebagai berikut keterangan dari tempat ini:

  • Mande Kuliner atau Mande Foodcourt.
  • Lokasi: Jalan Lowanu No. 78, Sorosutan, Umbulharjo, Jogja (utara perempatan Rumah Sakit Wirosaban).
  • Jam buka: 14.00 s/d 22.00. (baca juga: Wisata Kuliner Madura)

2. Kedai Susu Kalimilk

Kedai Susu KalimilkWisata kuliner Jogja tidak hanya kedai kopi saja yang menjamur. Buat Anda yang tidak suka kopi, datang saja ke Kedai Susu Murni Kalimilk. Meski di Jogja banyak kedai yang menjual susu murni, Kalimilk adalah yang terpopuler. Para pengunjung kedai ini memiliki julukan unik, yakni “Neneners” yang berasal dari bahasa Jawa “nenen” yang artinya menyusu.

Anda bisa menikmati susu murni dengan berbagai varian rasa seperti susu durian, cokelat, green tea, atau cookies. Porsi yang disediakan pun reguler dan jumbo yang bisa Anda pilih. Sebagai pendamping, Kalimilk juga menjual aneka makanan ringan seperti sosi bakar, sandwich, atau french fries, sebagai berikut keterangannya:

  • Kedai Susu Kalimilk.
  • Lokasi: Jalan Kaliurang KM 4.9 Caturtunggal, Depok, Kab. Sleman, Jogja.
  • Jam Buka: 09.00 s/d 22.00 WIB. (baca juga: Wisata Kuliner Palembang)

3. Gudeg Pawon

Gudeg PawonBelum ke Jogja namanya kalau belum makan gudeg. Kalau Anda bingung mau makan gudeg dimana, datang saja ke Gudeg Pawon. Gudeg Pawon adalah gudeg legendaris di Jogja yang berdiri sejak 1958. Yang membuat gudeg ini unik, para pelanggan langsung dilayani dari dapurnya. ‘Pawon’ sendiri adalah bahasa Jawa untuk dapur. Dari sinilah nama Gudeg Pawon berasal.

Gudeg Pawon hanya buka di malam hari. Meski demikian, Gudeg Pawon tidak pernah sepi pengunjung. Gudeg lezat ini disajikan dalam porsi besar dengan pilihan lauk seperti ayam dan telur. Pilihan yang tepat sebagai makanan penutup hari, sebagai berikut beberapa jenis keterangannya:

  • Gudeg Pawon.
  • Lokasi: Jalan Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Jogja.
  • Jam buka: 22.00 s/d habis. (baca juga: Wisata Kuliner Palembang)

Artikel lainnya:

4. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak PongAnda yang penggila sate jelas harus mendatangi tempat ini. Sate Klathak Pak Pong adalah sate kambing legendaris di Jogja. Sate kambing ini menggunakan bumbu yang sangat sederhana, yakni hanya merica dan garam saja.

Namun justru kedua bumbu ini yang menciptakan citarasa khas Sate Klathak. Satu lagi keunikan sate ini. Jika sate biasanya dibakar dengan tusuk bambu, Sate Klathak ditusuk dengan jeruji besi! Tidak heran daging sate matang hingga ke dalam-dalamnya. Selain itu penggunaan jeruji besi lebih ekonomis karena bisa dipakai berkali-kali, sebagai berikut beberapa keterangannya:

5. Angkringan Lik Man

Sponsors Link

Angkringan Lik ManSatu lagi yang khas dari Jogja adalah Angkringan. Tempat ini biasanya menjadi tongkrongan favorit anak muda dan mahasiswa. Selain menjual berbagai macam makanan, harganya pun murah meriah. Angkringan biasanya menjual nasi kucing, gorengan, dan minuman seperti kopi, susu, dan teh.

Dari sekian banyak angkringan di kota Jogja, Angkringan Lik Man adalah salah satu yang terpopuler. Menu spesial dari angkringan ini adalah Kopi Joss, yakni kopi yang dicampur dengan arang yang panas membara. Campuran arang ini justru membuat citarasa kopi semakin kuat dan nikmat, sebagai berikut lokasinya:

  • Angkringan Lik Man.
  • Lokasi: Jalan Wongsodirjan (sebelah Stasiun Tugu), Jogja.
  • Jam buka: 17.00 WIB s/d habis. (baca juga: Pulau di Sumatera)

6. Kedai Rakjat Djelata

Kedai Rakjat DjelataKedai yang satu ini memang unik. Namanya yang jadul memang mencerminkan konsep yang diusung kedai ini. Tidak hanya desainnya yang serba vintage, menu yang ditawarkan pun juga jadul. Kesan nostalgia sangat kental memenuhi kedai ini. Bahkan peralatan makanannya juga tempo dulu banget.

Menu unik khas kedai ini di antaranya adalah Teh Oewoeh dan Es Kembang Desa. Semua menu jajanan di kedai ini, seperti pisang bakar dan roti bakar disajikan dengan tradisional dengan lelehan gula jawa di atasnya. Menarik bukan? Seperti main ke rumah nenek di masa kecil ya, berikut lokasi dan jam buka kedai rakyat djelata ini:

  • Kedai Rakjat Djelata.
  • Alamat: Jalan Dr. Soetomo No. 54 Gondokusuman, Jogja.
  • Jam buka: 11.00-23.00 WIB. (baca juga: Tips Wisata ke Bali)

7. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu NartiAnda yang nggak suka pedas sebaiknya jangan mencoba makanan yang satu ini. Warung oseng-oseng mercon miliki Bu Narti ini adalah pelopor oseng mercon yang kini jadi kuliner khas Jogja. Oseng-oseng ini menjadikan daging koyor atau koyoran sebagai campuran utama. Anda yang punya kolestrol tinggi sebaiknya jangan terlalu sering memakan koyoran.

Anda yang tidak suka pedas bisa memesan menu lain di warung Bu Narti seperti ayam, lele, burung dara, bebek dan puyuh yang digoreng atau dibakar. Tersedia pula berbagai macam jerohan babat, rempelo, dll. Tapi yang jawara tetap oseng-oseng mercon yang katanya bisa bikin gila saking pedasnya.

  • Oseng-oseng Mercon Bu Narti.
  • Lokasi: Jalan KH Ahmad Dahlan, Ngampilan, Jogja.
  • Jam buka: 17.00 s/d 23.00 WIB. (baca juga: Tempat Wisata di Hanoi)

8. SGPC Bu Wiryo

SGPC Bu WiryoWisata kuliner Jogja dalam warung yang menjual SGPC alias sego pecel (nasi pecel) ini sangat legendaris di Jogja, terutama di kalangan mahasiswa UGM. Warung yang dibuka sejak tahun 1950-an ini memang berlokasi di seberang Fakultas Peternakan UGM.

Bumbu kacang Bu Wiryo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bumbu kacang pada umumnya. Yang membuatnya terasa lebih sedap karena Anda bisa merasakan tekstur kacang yang kasar di lidah. Proses pembuatan kacang memang dengan cara ditumbuk kasar. Warung ini menyediakan aneka macam lauk seperti telur ceplok, telur asin, sate telur puyuh, sate usus, tempe goreng, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

  • SGPC Bu Wiryo.
  • Lokasi: Seberang Fakultas Peternakan UGM, Jalan Agro No. 10 Depok, Sleman, Jogja.
  • Jam buka: 07.00 s/d 21.00 WIB. (baca juga: Tempat Wisata Banyuwangi)

Artikel lainnya:

Dan masih ada beberapa makanan kuliner khas Jogja yang terkenal dengan harga yang murah sebagai berikut:

1. Nasi Goreng Sapi Padmanaba

ads

Warung nasi goreng satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Meski hanya warung tenda sederhana yang buka di malam hari, jangan ragukan kelezatan Nasi Goreng Padmanaba. Nasi goreng ini dimasak dengan bumbu khas yang menghasilkan rasa nasi goreng yang mirip dengan kare. Selain lezat juga bisa menghangatkan tubuh. Nasi goreng disajikan lengkap dengan telur ceplok, emping, dan acar sebagai toppingnya.

Nasi Goreng Padmanaba menjual makanan dengan porsi biasa dan jumbo. Jadi untuk Anda yang porsi makannya besar, nggak usah khawatir deh. Harganya pun sangat terjangkau, yakni di bawah Rp 15.000,-.

  • Nasi Goreng Sapi Padmanaba
  • Lokasi: Selatan SMA Negeri 3 Jogja Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Jogja
  • Jam buka: 17.00 s/d 23.00 WIB (baca juga: Wisata Kuliner Medan)

2. House of Raminten

Rumah makan yang dibuka pada tahun 2008 ini melayani pengunjung selama 24 jam nonstop. Jadi Anda bisa berkunjungkapanpun Anda mau. House of Raminten menyajikan suasana khas Jawa mulai dari alunan musik yang diputar, pilihan menu hingga perabotan yang ada di dalamnya.

Makanan yang dijual tentu saja sangat khas Jawa dan Jogja. Misalnya Nasi Kucing, Nasi Liwet, Jus Ronde Ratu, dan berbagai macam jamu tradisional adalah menu khas House of Raminten. Untuk harganya, jangan khawatir. Anda bisa menyesuaikan dengan kocek Anda kok. Menu makanan di House of Raminten dijual mulai harga Rp 3000 hingga Rp 50.000,-.

  • House of Raminten.
  • Lokasi: Jalan FM Noto No. 7 Kotabaru, Jogja.
  • Jam buka: 24 jam. (baca juga: Wisata Kuliner di Solo)

3. Nasi Goreng Beringharjo

Satu lagi makanan yang sayang dilewatkan saat berkunjung ke Jogja. Melihat dari namanya saja Anda pasti sudah tahu dimana nasi goreng dijual. Nasi Goreng Beringharjo dimasak dengan bumbu khas Cina karena didominasi dengan bawang putih dan kecap. Memakan nasi goreng ini membuat kita merasakan perpaduan yang khas antara kultur Jawa dan Cina.

Menu yang ditawarkan pun bervariasi. Mulai dari nasi goreng ayam, nasi goreng sapi, nasi goreng kambing, nasi goreng babi hingga nasi goreng pete. Nasi goreng yang mulai buka pada tahun 1960-an ini dijual dengan harga yang sangat miring, yakni mulai Rp 8000 per porsi. Nggak heran kan kalau Nasi Goreng Beringharjo tidak pernah sepi pembeli.

  • Nasi Goreng Beringharjo.
  • Lokasi: Jalan Pabringan No. 1, Jogja.
  • Jam buka: 18.00 WIB s/d habis. (baca juga: Tips Wisata Hemat ke Bali)

4. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Warung yang buka mulai tengah malam ini tidak pernah sepi pengunjung. Ciri khas gudeg basah ini adalah sambel krecek pedas yang lezat dan kenyal. Jika sambel krecek umumnya menggunakan krecek sapi, maka gudeg bromo menggunakan krecek kerbau. Jadi meski sudah dimasak teksturnya tetap kenyal dan tidak hancur. Anda bisa memilih lauk tambahan yang disediakan yakni ayam suwir, telur bacem, tempe, tahu, ceker, dan kepala ayam:

  • Gudeg Bromo Bu Tekluk.
  • Lokasi: Jalan Affandi No. 2, Gejayan, Jogja.
  • Jam buka: 23.00 s/d 05.00 WIB. (baca juga: Tips Wisata Ala Backpacker)

5. Jejamuran Jogja

Resto ini menyajikan jamur sebagai olahan utamanya. Anda para pecinta jamur bisa menemukan berbagai macam makanan yang semuanya berasal dari jamur. Jika Anda biasa menemukan jamur crispy atau tumis jamur, resto ini mengolah jamur menjadi makanan yang lebih bervariasi seperti rendang, sate, dan pepes yang semuanya menggunakan jamur sebagai bahan utama. Untuk rasa, jangan diragukan lagi. Jejamuran adalah salah satu resto terlaris di Jogja sekaligus surga bagi para vegetarian yang tetap ingin makan enak. Resto Jejamuran juga menyediakan aneka wedang atau minuman yaitu ice mint tea, honey lime tea, es beras kencur, es kunyit asam, dll.

  • Resto Jejamuran.
  • Lokasi: Jalan Pramuka No 53, Niron, Pandowoharjo, Sleman.
  • Jam buka: 09.00 s/d 21.00 WIB. (baca juga: Tips Wisata ke Bromo)

6. Manggar Manding

Menu utama yang disajikan di Manggar Manding ini adalah gudeg. Terdengar biasa saja, ya? Gudeg yang disajikan di Manggar Manding tidak terbuat dari nangka muda seperti gudeg pada umumnya, melainkan dari bunga kelapa yang masih muda atau manggar dalam bahasa Jawa. Rasa yang dihasilkan pun sangat khas dan lezat. Gudeg di Manggar Manding disajikan dengan tempe bacem dan krecek sapi. Anda yang tidak suka gudeg bisa memesan menua makanan lain di resto ini.

  • Manggar Manding.
  • Lokasi: Jalan Parangtritis KM 11.5 Bantul, Jogja.
  • Jam buka: 09.00 s/d 21.00 WIB. (baca juga: Tips Wisata ke Lombok)

7. Bong Kopitown

Tempat makan yang satu ini mempunyai konsep unik karena dibuat seperti penjara. Setiap kursi dilengkapi dengan sekat jeruji besi. Para pelayan berseragam narapidanan hilir mudik menyajikan makanan, di kasir duduk seorang petugas berseragam sipir yang siap menerima uang Anda. Menua andalan resto ini adalah Penang fried noodle, rendang spicy noodle, sapo tahu, dan kopi tetes. Bentuk menu juga hadir dalam konsep berbeda, yakni berupa selembar ‘koran’ yang juga berisi sejarah berdirinya Bong Kopitown.

  • Bong Kopitown.
  • Lokasi: Jalan Sagan Kidul No. 4, Gondokusuman, Jogja.
  • Jam buka: 10.00 s/d 00.00 WIB. (baca juga: Wisata Pulau Weh Sabang)

8. Gudeg Yu Djum

Wisata kuliner Jogja memang terkenal dengan gudegnya. Ini dia salah satu yang legendaris. Dirikan sejak tahun 1942, Gudeg Yu Djum kini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di seluruh Jogja. Gudeg Yu Djum menggunakan nangka muda dari daerah Prembun yang terkenal lezat diolah menjadi gudeg.

Gudeg Yu Djum disajikan dengan ayam kampung dan telur bebek yang menambah citarasa gurih yang sangat khas. Gudeg Yu Djum menjadi salah satu tempat makan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Sayang deh untuk dilewatkan.

  • Gudeng Yu Djum.
  • Lokasi: Jalan Kaliurang KM 4.5, Jogja (pusat).
  • Jam buka: 05.00 s/d 19.00 WIB.

9. Manggut Lele Mbah Marto

Anda yang sudah pernah mencicipi lezatnya ikan lele asap yang disajikan langsung dari dapur Mbah Marto pasti ketagihan dengan rasanya. Warung Manggut Lele Mbah Marto yang sederhana tidak mengurangi kelezatan masakannya.

Lokasi warung Mbah Marto memang cukup terpencil karena beliau membuka warung di depan rumahnya sendiri. Meski demikian tidak menyurutkan para pengunjung yang ingin menikmati kelezatan manggut lele Mbah Marto.

  • Manggut Lele Mbah Marto.
  • Lokasi: Dusun Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul.
  • Jam buka: 11.00 s/d 16.00 WIB.

10. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto yang berlokasi di pusat kota Jogja, tepatnya di kawasan Malioboro sudah berdiri sejak tahun 1968. Warung ini menjual soto khas Madura berkuah pekat lengkap dengan isi daging sapi dan aneka macam jerohan seperti babat, usus, paru, dan hati. Cita rasa soto ini sangat khas Jawa Timur karena kuahnya yang pekat dan tidak bening.

Di warung ini, Anda bisa mengambil nasi sepuasnya karena nasi tidak disajikan bersama kuah soto, namun secara terpisah dalam bungkusan kecil-kecil.

  • Soto Sulung Stasiun Tugu
  • Lokasi: Jalan Menteri Supeno No 49, Jogja (kawasan Stasiun Tugu, Malioboro)
  • Jam buka: 08.00 s/d 15.00 WIB

11. Brongkos Bu Padmo

Konon katanya, brongkos adalah makanan favorit Sultan Hamengkubuwono X. Brongkos adalah makanan yang dibuat dari tempe, tahu, dan kacang tolo yang dicampur dengan kuah kaldu daging dan santan yang kental. Jangan heran jika brongkos menjadi makanan yang populer di Jogja

Brongkos Bu Padmo adalah salah satu yang terlaris di Jogja karena rasanya yang pedas, manis, dan gurih. Brongkos ini juga sangat khas karena dibumbui dengan kluwak sehingga warnanya menjadi hitam. Kluwak adalah bumbu utama rawon untuk menghasilkan warna hitam

  • Brongkos Bu Padmo
  • Lokasi: Jalan Magelang No. 12 (Bawah Jembatan Krasak), Tempel, Sleman
  • Jam buka: 10.00 s/d 22.00 WIB

12. Jenang Gempol Bu Gesti

Sponsors Link

Warung Bu Gesti menyediakan makanan tradisional Jawa yang sangat khas yakni jenang atau bubur. Anda bisa menemukan berbagai jenis jenang di sini antara lain jenang sumsum, jenang gempol, dan jenang mutiara.

Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa merasakan jenang yang manis dan gurih ini di pagi hari. Warung bu Gesti terletak di Pasar Lempuyangan.

  • Jenang Gempol Bu Gesti
  • Lokasi: Kawasan Pasar Lempuyangan, Jogja
  • Jam buka: 07.00 s/d 12.00 WIB

Selain kuliner di atas, kuliner wajib yang harus Anda cicipi saat di Jogja adalah:

  1. Angkringan Mojok
  2. Mie Gobyos Mas Anom
  3. Depot Makan Lestari Mataram
  4. Warung Seafood Pak Jenggot
  5. Resto Bajak Laut
  6. Wedang Tahu Asem Gede
  7. Lesehan Tiga Dara
  8. Mie Persis Telap 12 “Telap Twelep”
  9. Banyu Mili Country Club
  10. Restoran Khas Aceh Bungong Jeumpa
  11. Jejamuran
  12. Bakmi Shibitsu
  13. Ayam Geprek Bu Rum
  14. Oseng Mercon Bu Narti
  15. Bakso Idola Jogja
  16. Soto Sampah
  17. Nasi Rames Demangan
  18. The Sawah Resto, Bantul
  19. Mie Ayam Grabyas
  20. D’Skybar Ibis Styles Hotel
  21. Kesuma Restaurant
  22. Mediterranea Resto
  23. Roti Papi
  24. Bakso dan Es Buah PK
  25. Rosella Easy Dining
  26. Abhayagiri Resto
  27. Sop Kaki Kambing Bang Udin
  28. Bakmi Pele
  29. Bakmi Mbah Mo
  30. Brongkos Bu Padmo
  31. Soto Sulung Stasiun Tugu
  32. Kedai 24
  33. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe
  34. Rica-Rica Fadhil
  35. Kunena Eatery
  36. Yammie Kranggan
  37. Kedai Kinantan
  38. Bakmi Pak Antok
  39. Soto Kudus Kang Miun
  40. La Pie
  41. Mie Jakarta Pak Dono
  42. Warung Tupat Pecel Mrican
  43. Omah Rica
  44. Warung Prasmanan Bu Setdah
  45. Nasi Gandul Pak Bo
  46. JankJank Chicken Wing
  47. Go Warung
  48. Mangut Lele Bu Is
  49. Lontong Sayur Andalas Raya
  50. Warung Ikan Bakar Sambal Gami
  51. Rumput Tetangga Resto
  52. Mie OQ
  53. Mie Ayam 88 Pak Jenggot
  54. Sop Djanda Mak Idah
  55. Ikan Bakar Ketombo
  56. Soto Lamongan Cak Sabar-Cak Syukur
  57. Pecel Lele Cak Jamal
  58. Gudeg Song Dji
  59. Kopi Klothok
  60. Bakmi Jawa Dua Djaman
  61. Mofoka Pizza
  62. Pecel Senggol Beringharjo
  63. Gudeg Pedas Mbah Jo
  64. Gudeg Kayu
  65. Sop Merah Simpang Tiga
  66. Sate Kondang Cak Umar
  67. Soto Daging Pak Sholeh
  68. Bakmi Harjo Geno
  69. Entog Slenget Turi
  70. Soto Hollywood
  71. Gudeg Ibu Kota
  72. Sate Ayam Tukangan
  73. Mie Ayam Bandung 59
  74. Gule Kepala Ikan Mas Agus
  75. Angkringan Nganggo Suwe
  76. Sate Gading
  77. Spesial Sambal
  78. Soto Daging Sapi Bu Cip
  79. Soto Ayam Pak Slamet
  80. Soto Pak Marto Tamansari
  81. Sate Godril
  82. Soto Sawah Hj. Hadi Soragan
  83. Sego Welut Mbak Surani
  84. Warung Shi Jack
  85. Papa Muda
  86. Big Daddy
  87. Mak Kriuk
  88. Sego Simbok
  89. Turgo Resto
  90. Bakso Ocan
  91. Kedai Kopi Extreme
  92. Pecel Madiun Bu Yanti
  93. Mie Jakarta 86
  94. Veno Burger
  95. Bakmi Surabaya D Cil
  96. Sop Snerek Nusa Indah
  97. Soto Bakso Pak Ateng
  98. Sate Pak Min
  99. RM Bu Tiwi Tan Tlogo
  100. Nasi Liwet Yu Ratmi
  101. Warung Mbah Mangun
  102. Warung Cak Dji Khas Jawa Timur
  103. Kupat Gule Bang Doel
  104. Sate Jokopi
  105. Bubur Salbiyah
  106. Kedai Khansa
  107. Mie Ayam Geprek Pavita
  108. Martabak KumKum
  109. Sop Empal Cahaya 55
  110. Tahu Guling Mbak Yul

Itulah alternatif wisata kuliner yang bisa Anda coba saat mengunjungi atau berlibur ke Jogja. Jadi, sudah nggak bingung lagi kan mau makan apa? Semoga dengan ini anda bisa menjadi salah satu favorite kuliner anda sebagai tempat jalan-jalan anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 25th, July 2017 / 07:00 Oleh :
Kategori : Wisata Kuliner