Sponsors Link

Pantai Kasih Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

pantai kasihBicara tentang Pulau Weh yang ada di Sabang, tentu itu artinya tidak boleh melewatkan Pantai Kasih. Sabang yang merupakan kota yang terujung sebelah barat Indonesia ini tidak boleh diremehkan soal pariwisata alamnya. Pantai Kasih adalah sebuah pantai yang tidak akan kalah dari pantai-pantai lain di kawasan lainnya. Jadi, bisa dibayangkan betapa beruntungnya warga lokal yang tinggal di daerah Sabang dekat pantai ini dan merupakan pantai terindah di Indonesia.

ads

Banyak orang yang mungkin belum terlalu familiar dengan kota Sabang sendiri sehingga ragu untuk mengunjungi Pantai Kasih karena takut sulit mengakses lokasi ini. Namun sebenarnya pantai ini masih termasuk di dalam kota, jadi para wisatawan yang tertarik untuk datang ke tempat ini dan bingung dengan lokasinya, akan sangat mudah menemukannya hanya dengan bertanya pada orang sekitar. Bahkan jika Anda memutuskan untuk menginap di area Kota Atas yang termasuk di dalam pembagian kawasan administratif di Aceh (Gampong) di Kota Sabang, maka Anda akan semakin mudah mencapai lokasi pantai hanya dengan berjalan kaki saja.

Sejarah Nama Pantai Kasih

Apa yang membuat pantai ini mempunyai nama Kasih dan bukannya yang lain? Beberapa wisatawan dijamin penasaran tentang rahasia dibalik nama Pantai Kasih. Sebenarnya, saat Anda datang ke pantai ini maka secara otomatis pandangan akan menangkap bangku-bangku yang banyak di pantai ini dan sekilas saja Anda pasti bisa menebak bahwa bangku-bangku tersebut memang diperuntukkan bagi dua orang per bangkunya. Alasan lainnya, adalah karena Anda akan dengan mudah menjumpai banyaknya pasangan muda-mudi di pantai ini tengah menikmati kecantikan alam pantai dengan bersantai.

Namun, hal tersebut bukan lantas menandakan bahwa bila Anda tidak mengajak pasangan maka tidak akan seru bermain dan berjalan-jalan di pantai ini. Pantai Kasih bukan hanya akan menerima pengunjung yang berpasangan saja, setiap orang dari manapun asalnya sangat boleh berkunjung dan menikmati segala keindahan alam ini. Baik itu bersama keluarga atau teman-teman secara bergerombol, Anda sangat boleh menikmati indahnya pantai ini sepuasnya. Bahkan datang sendiri untuk refreshing menghilangkan stres juga sah-sah saja.

Atraksi atau Aktivitas di Pantai Kasih

Banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Kasih, sama seperti ketika berada di pantai kebanyakan. Tidak harus bersama pasangan untuk benar-benar bisa menikmati keseruan yang tidak ada habisnya di pantai ini.

1. Bermain dan Berlarian bersama Keluarga atau Teman

Tidak semua pantai memiliki keunggulan akan pasir berwarna putih dan bertekstur halus seperti yang bisa ditemukan di Pantai Kasih ini. Tidak seperti pantai-pantai zaman sekarang yang kebanyakan begitu terkontaminasi dan kotor, Anda  akan menemukan perbedaan pantai ini dengan pantai lainnya. Pantai Kasih begitu bersih dan kelihatan sekali bahwa pinggiran pantainya pun sangat tertata rapi dan tertutup oleh semen. Selain itu, pantai ini berpasir halus yang tentu akan aman bagi anak-anak untuk bermain pasir maupun berlari-larian bersama dengan teman atau keluarga, bahkan orang dewasa bisa tidur-tiduran di atas pasirnya dengan nyaman.

Banyak juga pengunjung yang memilih untuk bermain bola kaki bersama teman dan keluarganya di pantai ini, berikut juga bermain voli. Karena pasir pantai begitu lembut dan jarang ada kerikil, maka akan sangat aman dan tidak akan menyebabkn cedera atau semacamnya. Apapun permainan yang sekiranya asyik bagi Anda, persiapkan saja bolanya dan bawa sendiri.

2. Melihat Matahari Terbenam

Mungkin Anda adalah salah satu wisatawan yang suka dengan pemandangan matahari terbenam, maka jika berada di Sabang, Aceh, sempatkan untuk ke Pulau Weh yang hanya bisa ditempuh dalam jarak 2 kilometer dari pusat kota demi menikmati matahari terbenam di Pantai Kasih. Selain dari matahari terbenam yang begitu indah, pantai ini pun memiliki banyak pohon palem di sepanjang semenanjung sehingga Anda dijamin betah berada di sini sambil melihat hamparan lautnya yang begitu luas. Untuk bisa mengabadikan pemandangan yang terbaik, silakan datang pada jam 4 atau 5 sore ke Pantai Kasih, tapi jangan heran karena biasanya justru sore harilah pantai ini begitu ramai.

3. Berenang

Tentu saja salah satu alasan mengapa datang ke pantai adalah karena ingin berenang, berenang di Pantai Kasih memang tidak terlalu dianjurkan dan sedikit sekali pengunjung yang menggunakan waktu mereka untuk berenang. Laut di pantai ini memang indah dan bagi para pengunjung dengan hobi renang tentu akan sangat tertarik untuk mencoba berenang di pantai satu ini, namun karena ombaknya yang cukup besar, berwaspadalah. Bagi Anda yang datang bersama anak-anak, biasanya mungkin Anda akan secara langsung melepas mereka untuk bermain dan berenang di laut, tapi di Pantai Kasih hal ini sebaiknya dihindari. Jika ingin tetap berenang, sebaiknya tidaklah sampai ke tengah karena dikhawatirkan ombak besar tersebut dapat memakan korban apalagi bagi yang kurang mahir dalam berenang.

4. Berjemur

Bukan hanya wisatawan asing saja yang gemar berjemur di pantai, namun para wisatawan lokal pun juga beberapa lebih memilih bersantai dengan cara berjemur di atas pasir pantai. Sah-sah saja apabila ingin berjemur di Pantai Kasih, namun bila tidak ingin kulit menjadi kecoklatan sekali, cobalah untuk datang pagi-pagi dan dapatkan sinar matahari pagi yang baik dan sehat untuk kulit. Kegiatan ini begitu simpel, hanya saja beberapa orang menyukainya dan bisa dicoba di Pantai Kasih.

5. Berwisata Kuliner

Wisata kuliner bisa dilakukan di pantai? Pastinya di Pantai Kasih ini bisa. Jika ingin berenang namun takut akan ombak besarnya, silakan bersantai di tepiannya saja atau baghkan mencari makanan yang bisa memanjakan lidah dan perut di saat yang sama. Walau terbilang masih jarang terdengar nama Pantai Kasih ini, fasilitas yang tersedia di sekitar pantai begitu lengkap dan tidak akan mengecewakan pengunjung yang suka icip-icip makanan. Penjual makanan, khususnya makanan khas Aceh, dapat dijumpai secara mudah tanpa Anda harus berkeliling jauh.

Bagi yang belum pernah merasakan makanan khas Aceh, cobalah untuk sempatkan berkunjung ke beberapa warung makan di area Pantai Kasih. Beberapa menu asyik bisa diicip, seperti halnya sate gurita, bakpia spesial dan mie kepiting yang dijamin bakal menggoyang lidah Anda sekalian. Setelah menghabiskan waktu untuk berenang, bermain dan lelah bersantai terus-menerus, ada baiknya untuk mengisi perut agar Anda kembali mendapatkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya yang belum terjamah di Kota Sabang.

6. Berwisata Sejarah

Salah satu fasilitas yang akan dapat dijumpai di Pantai Kasih dan sekitarnya adalah obyek-obyek bersejarah, seperti halnya peninggalan sejarah Perang Dunia II, seperti meriam yang dulunya digunakan semasa perang. Senjata berat seperti meriam tersebut disimpan di sejumlah benteng dan tempat-tempat tersebut dibuka untuk umum. Jadi, untuk para wisatawan yang tidak hanya ingin bersantai di pantai tapi juga menambah wawasan, boleh menuju ke lokasi tempat penyimpanan barang bersejarah ini.

ads

7. Piknik

Selain di taman, piknik pun bisa dilakukan di pantai dengan menggelar tikar atau selimut di atas pasir, bersantai sambil mengobrol dan menikmati pemandangan laut akan sangat mengasyikkan. Sebelum menuju Pantai Kasih untuk berpiknik, bawalah bekal makanan dan minuman untuk menjadi pengganjal lapar dan dahaga. Karena namanya Pantai Kasih, jelas membawa pasangan ke tempat ini dan berekreasi bersama akan lebih terasa afdol.

8. Berfoto Ria

Sudah jauh-jauh ke Pantai Kasih dan bisa berkeliling di pantai berikut tempat bersejarah yang ada di sekitarnya, maka hal yang tidak boleh sampai dilewatkan adalah dengan mengabadikan setiap momen. Bawalah kamera untuk dapat berfoto bersama keluarga atau teman-teman sehingga Anda dapat menyimpan kenangan selama berada di pantai ini.

Pantai yang Berdekatan dengan Pantai Kasih

Bila Anda cermati, di sepanjang pesisir Pantai Kasih, ada sejumlah pantai yang tidaklah jauh dari pantai ini. Dengan begitu, jika Anda tertarik bisa menjadikan pantai-pantai berikut ini sebagai destinasi selanjutnya untuk ditelusuri setelah dari Pantai Kasih.

1. Pantai Tapak Gajah

 Pantai Tapak GajahMasih berada di kota Sabang, dan lokasi pantai satu ini terbilang sangat dekat dari Pantai Kasih dan kira-kira hanya kurang lebih 2 kilometer jarak yang perlu ditempuh. Mengapa pantai ini dinamakan Pantai Tapak Gajah adalah karena di desa tempat pantai ini berada dulunya pernah ditemukan sebuah prasasti yang bentuknya menyerupai jejak kaki gajah. Desa tersebut akhirnya diberi nama Tapak Gajah berikut juga pantainya.

Para pengunjung Pantai Kasih bisa sekalian berjalan-jalan di Pantai Tapak Gajah bukan hanya sekadar berekreasi saja, tapi diving dan snorkeling pun dapat dinikmati di sini. Bila di Pantai Kasih tidak sempat membeli apa-apa, datanglah ke Pantai Tapak Gajah untuk mendapatkan berbagai jenis cinderamata atau suvenir yang bisa dibeli di toko sekitar pantai. Berbagai makanan khas kota Sabang pun dapat diicip di pantai ini ketika Anda belum puas berkuliner di Pantai Kasih.

2. Pantai Paradiso

Pantai ParadisoSepintas mendengar namanya saja mungkin terasa mustahil bahwa Pantai Paradiso terletak di Indonesia, namun rupanya pantai ini dekat juga dengan Pantai Kasih dan masih berada di Pulau Weh, Sabang. Bagi yang belum puas bermain di Pantai Kasih, bisa juga sekalian menjelajahi Pantai Paradiso yang memiliki keteduhan menenangkan jiwa. Tidak salah lagi, namanya bukan hanya seperti paradise, melainkan memang pemandangan alam di pantai ini penuh dengan pesona yang bisa membuat para wisatawan ternganga dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda.

Penglihatan Anda akan terteduhkan dengan adanya pemandangan perbukitan di area pantai dan bahkan pantai ini dipenuhi dengan pohon kelapa yang luar biasa. Jika berwisata kuliner di Pantai Kasih belum puas juga, ada Mie Aceh yang bisa dicoba di Pantai Paradiso untuk melanjutkan kegiatan kuliner Anda. Jenis santapan lainnya yang bisa diicip kurang lebih sama dengan apa yang ditawarkan di Pantai Kasih karena di sini pun ada sate gurita dan mie kepiting yang menjadi menu terpopuler.

3. Sabang Fair

Sabang FairTempat lainnya yang sangat pas untuk melanjutkan wisata dari Pantai Kasih adalah Sabang Fair. Dengan sekaligus menjelajahi lokasi ini, kiranya dapat membuat liburan Anda di kota Sabang semakin berwarna. Untuk bermain secara maksimal sesudah dari Pantai Kasih, Sabang Fair boleh dipilih karena termasuk dekat dari Pantai Kasih. Dari sinilah Anda akan mendapatkan pemandangan sempurna akan Pulau Rondo atau Pulau Terluar Indonesia, berikut juga Pulau Rubiah dan Selako. Bagi yang membawa anak-anak dan di Pantai Kasih terlalu berbahaya untuk bermain di laut, dapatkan kesenangan lebih dengan melanjutkan perjalanan ke Sabang Fair.

Anak-anak dijamin puas bermain di area bermain di Sabang Fair karena tersedia banyak arena yang bisa dijajah dan aman bagi mereka. Sabang Fair beberapa tahun lalu memang belumlah selengkap sekarang jika bicara soal fasilitas, namun kini balai atau jamboe telah eksis sesudah penataan area dilakukan beberapa tahun lalu. Rasa-rasanya akan kurang lengkap bila setelah berkesempatan menjejakkan kaki di Pantai Kasih tapi Anda tidak mencoba mengeksplor Sabang Fair sekalian. Segala keindahan panorama lautnya bisa dinikmati dari jamboe yang tersedia.

Akses ke Pantai Kasih

Memang dikatakan sebelumnya bahwa untuk menuju ke pantai ini termasuk mudah, namun karena pantai ini berlokasi di Pulau Weh, jalur yang bisa ditempuh satu-satunya adalah melalui laut. Otomatis, para wisatawan yang dari Banda Aceh harus menuju ke pelabuhan Ulee Lheu dan Balohan sebagai proses penyeberangannya. Nantinya di sana barulah Anda akan menjumpai 2 macam angkutan, yaitu:

1. Kapal Roro

Bagi para wisatawan yang bingung untuk menuju ke Pantai Kasih, silakan langsung naik ke Kapal Roro yang memang bertugas mengangkut penumpang. Selain dari penumpang, kendaraan pun juga bisa diangkut oleh kapal ini. Khusus untuk penumpang, per kepala wajib membayar sebesar Rp 20 ribu sampai 30 ribu, sementara jika kendaraan yang ingin diangkut, biaya yang perlu dikeluarkan adalah Rp 9 ribu sampai Rp 155 ribu saja tergantung dari kendaraan yang hendak diangkut. Walau memang tampak kuat dan tampak lebih bisa diandalkan karena dapat mengangkut penumpang serta kendaraan, tapi waktu tempuh bakal sekitar 1 sampai 2 jam bila menggunakan kapal ini.

Untuk jadwal dari Kapal Roro, bisa disimak sebagai berikut:

  • Pada hari Sabtu, Minggu dan Rabu, rute kapal yang berangkat pada jam setengah 11 siang dan setengah 4 sore adalah dari Ulee Lhue ke Balohan (penyeberangan Sabang). Untuk rute dari Balohan ke Ulee adalah dari jam 7.45 pagi dan jam 1 siang.
  • Pada hari Senin sampai Jumat, rute kapal yang berangkat pada jam 1 siang adalah dari Ulee ke Balohan dan jam 7.45 pagi adalah rute Balohan ke Ulee.

2. Kapal Motor Express

Pilihan akses yang lainnya untuk bisa segera menuju ke Pantai Kasih tanpa lama adalah dengan kapal motor Express satu ini. Dibandingkan waktu tempuh Kapal Roro yang bisa sampai 2 jam, kapal ini hanya akan menempuh waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam saja. Perjalanan yang cukup cepat ini mewajibkan Anda untuk membayar kurang lebih Rp 50 ribu sampai dengan Rp 90 ribu. Terdapat dua buah kapal express yang beroperasi setiap hari. Pertama adalah Kapal Bahari yang dari Ulee Lhue menuju ke Balohan (penyeberangan Sabang) pada jam 4 sore dan dari Balohan ke Ulee jam 8 pagi. Kapal yang kedua adalah Kapal Pulo Rondo yang rutenya adalah dari Ulee ke Balohan pada jam setengah 10 pagi dan Balohan ke Ulee Lheu jam 4 sore.

Pantai Kasih memang terbilang dekat dengan kota Sabang, dan berada di Jalan Hasanudin, pantai ini hanya perlu ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit jika dari pusat kotanya. Namun, khusus bagi wisatawan dari lokasi yang agak jauh, menyewa kendaraan bisa menjadi solusi sebab tersedia sarana angkutan umum yang bisa dikendarai untuk bisa sampai di Pantai Kasih secara langsung. Angkot, becak motor dan ojek adalah kendaraan umum yang bisa dinaiki apabila ingin dapat sampai ke lokasi dengan cepat. Khusus untuk tarif per kendaraan umum tentu bervariasi dan ditentukan oleh jarak perjalanan.

Sponsors Link

  • Naik angkot akan lebih menghemat biaya, karena memang wisatawan hanya akan merogoh kocek sebesar Rp 15 sampai 20 ribu saja dari pelabuhan Balohan.
  • Menyewa kendaraan roda empat alias mobil juga ide yang bagus, apalagi kalau ingin berkunjung ramai-ramai dan berombongan. Namun siapkan uang sebesar Rp 300 sampai 400 ribu dan bersiaplah untuk perjalanan super lama, yakni 8 jam.
  • Menyewa motor juga bisa namun Anda wajib menyiapkan kocek sebesar Rp 60 sampai 100 ribu.

Jika membawa kendaraan sendiri, tapi belum terlalu paham betul rute yang harus diambil, jangan bingung dulu. Hanya tinggal mengikuti Jalan Suropati, lalu memilih untuk belok ke sebelah kanan saat menjumpai Jalan Cut Meutia, Anda kemudian bisa mengikuti jalan utama sampai akhirnya masuk ke kawasan Jalan Hasanudin yang sudah termasuk tempat atau area dari Pantai Kasih. Tidak sulit bukan untuk mencapai pantai indah satu ini?

Bagi yang belum tahu, Pantai Kasih adalah lokasi wisata yang dari jalan utamanya memang agak menjorok ke bawah. Jadi, sesampainya di dekat pantai, jangan kaget bila ada tebing yang harus dituruni dan para pengunjung boleh tenang karena sudah ada anak tangga buatan yang akan membantu agar dapat melewatinya secara lebih aman. Pemandangan pantai yang memiliki pasir halus dan putih ini begitu menyenangkan dan ditambah panorama tebing, maka tidak salah lagi bahwa pantai ini makin berkesan dengan adanya tebing tersebut.

Tips Berwisata ke Pantai Kasih

  1. Beberapa wisatawan memilih untuk berhemat, dan jika Anda juga salah satu dari wisatawan tersebut, maka disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri daripada jajan di warung makan sekitar pantai. Hal ini dikarenakan rata-rata harga makanan cukup tinggi, apalagi pantai ini ada di daerah perkotaan sehingga tidaklah heran bila harga makanan tidaklah semurah yang Anda bayangkan. Namun, bila penasaran dengan makanan yang dijajakan di area pantai ini, carilah warung makan yang lebih murah. (baca : cara berhemat saat liburan)
  2. Membawa barang secukupnya itu penting. Banyak orang yang pergi ke pantai dengan barang bawaan cukup banyak hanya karena mereka berpikir bahwa ada segudang kebutuhan untuk menikmati pantai. Supaya tidak merepotkan dan membebani diri sendiri, bawalah barang yang kiranya diperlukan saja. Hal ini disarankan agar Anda sendiri dapat menikmati indahnya pemandangan di Pantai Kasih tanpa merasa susah.
  3. Waktu kunjungan ke Pantai Kasih yang paling baik adalah pagi-pagi dan sore hari. Bagi para wisatawan yang haus akan pemandangan matahari terbenam, memang sore hari adalah yang paling pas seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Hal ini agar dapat menghindari teriknya panas matahari yang bakal sangat terasa jika berkunjung di siang hari. Pantai ini pun terbuka untuk umum di pagi hari dan matahari terbit pun menjadi pemandangan menakjubkan yang bisa dinikmati. Khusus untuk matahari terbenam, biasanya di kota Sabang adalah jam setengah 7 malam WIB, sementara untuk matahari terbit bisa disaksikan pada jam setengah 7 pagi WIB.
  4. Membawa anak-anak ke pantai artinya adalah memberikan pengawasan ekstra. Anak-anak sangat suka bermain di dekat pantai dan menjaga mereka adalah yang terbaik supaya tidak sampai terseret ombak. Disarankan untuk menghindari aktivitas berenang, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa jika belum terlalu mahir agar tidak berbahaya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 17th, March 2016 / 10:21 Oleh :
Kategori : Wisata Pantai