19 Tempat Wisata di Belanda yang Terkenal


Belanda merupakan salah satu dari sekian banyak negara di dunia yang menjadi destinasi wisata favorit. Memang wilayahnya tak terlalu luas, akan tetapi saat berlibur kemari kita akan mendapati beragam tempat wisata di Belanda yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ulasannya.

  1. Taman Vondelpark

Taman VondelparkTaman ini umurnya sudah cukup tua. Dibangun tahun 1864 dengan panggung yang ada di bagian tengah bernama Open Lucht Theater. Banyak pertunjukan opera dan musik yang ditampilkan di panggung yang satu ini. Taman seluas 47 hektar ini, selain ada panggungnya, juga mempunyai fasilitas lain berupa playground dan restoran.

Awalnya taman ini bernama Nieuwe Park yang kemudian diganti nama menjadi Vondelpark. Di sini pun kita dapat melihat ada rose garden dan patung-patung yang salah satunya adalah karya dari seniman terkenal bernama Pablo Picaso. Lokasi : Selatan Amsterdam.

  1. Taman Safari Beekse Bergen

Taman Safari Beekse BergenTaman safari ini memang tak sebesar Taman Safari Cisarua yang ada di Bogor, Indonesia. Akan tetapi lokasi wisata yang satu ini tetap banyak diminati para wisatawan. Lokasi : Hilvarenbeek.

Di taman safari ini memiliki banyak jenis hewan yang langka yang hanya bisa kita temui di tempat taman safari ini, sehingga tak heran jika banyak pengunjung yang berdatangan ke taman safari ini untuk melihat jenis-jenis hewan yang unik dan langka yang berada di tempat wisataa taman safari beekse bergen.

  1. Rijksmuseum

RijksmuseumSalah satu obyek wisata Belanda yang berupa museum dengan penjagaan super ketat dan menggunakan teknologi yang begitu canggih. Wah, ada apa di dalamnya, ya? Kok sampai dijaga dengan ekstra? Ya, di dalam museum ini memang terdapat benda yang berharga yaitu karya masterpiece dari Rembrandt yang mendapat gelar sang maestro.

Salah satu lukisannya berjudul de Nachtwach merupakan karya yang luar biasa. Hal ini disebabkan oleh nilai jual dari karya tersebut yang lebih besar dari asset kas keuangan Belanda. Lokasi : Amsterdam.

  1. Kanal Amsterdam

Kanal AmsterdamAmsterdam mempunyai banyak kanal-kanal. Konon, negara ini letaknya ada di bawah permukaan air laut. Semua kanal yang ada di Amsterdam ini panjangnya bisa sampai dengan 100 kilometer dengan jumlah jembatan yang mencapai 1500. Lokasi jembatan dan sekitarnya banyak dijadikan sebagai obyek foto oleh para fotografer.

Kita dapat menjelajahi kanal-kanal kota ini untuk melihat betapa indahnya Amsterdam. Tiga kanal utama yang ada di sekeliling kota membentuk sabuk konsentris. Kota ini selalu ramai kunjungan wisatawan. Ya, tak heran, sih, karena kotanya memang cantik dan indah.

  1. Taman Bunga Keukenhof

Taman Bunga KeukenhofSatu lagi obyek wisata yang populer di Belanda bernama Taman Bunga Keukenhof. Ya, seperti namanya, di lokasi ini kita dapat menikmati keindahan aneka macam bunga yang berwarna-warni. Di sini tersedia setidaknya 7 juta bibit tanaman bunga yang ada di seluruh dunia. Bagi anda yang suka dengan bunga, ini akan menjadi tempat wisata yang enggan untuk anda tinggalkan.

Selain ada bunga warna-warni di taman nan cantik, daya tarik obyek wisata ini adalah karena adanya istana atau castle seperti yang ada di dongeng-dongeng. Istananya juga cukup megah, lho. Oh, ya, beberapa jenis bunga yang dapat kita lihat ketika berwisata kemari antara lain bunga bakung dan bunga tulip.

  1. Natura Artis Magistra

Natura Artis MagistraLokasi wisata selanjutnya adalah berupa kebun binatang besar di Kota Amsterdam. Mempunyai aquarium raksasa dengan penataan tempat sedemikian rupa, sehingga seolah kita berada di alam. Banyak orang Indonesia yang menginap di sekitar Natura Artis Magistra.

Ditempat kebun binatang ini yang tersedia dengan banyak hewan yang menjadi pusat perhatian pengunjung dan menarik perhatian para pengunjung dengan keunikan dan kelucuan hewan yang ada di kebun binatang ini, dan tak heran tempat wisata ini tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan untuk melihat hewan yang berada di tempat kebun binatang ini.

 

  1. De Gooyer Windmill

De Gooyer WindmillMelakukan perjalanan wisata ke Belanda rasanya kurang lengkap tanpa melihat kincir angin. Ya, negara ini, kan, mendapat julukan sebagai negeri kincir angin. Kincir angin yang merupakan icon Belanda, dapat kita saksikan di Amsterdam. Kincir tersebut bernama De Gooyer Windmill. Kincir ini adalah yang paling tinggi di Belanda dan terbuat dari kayu. De Gooyer ini sangat populer dan ada di antara Funenkade dan Zeeburgerstraat.

De Gooyer juga merupakan national monument, dibangun sejak abad 16 dan dulunya bukan bernama De Gooyer, melainkan The Funen Molen/ The Mill of the Funen, selanjutnya namaya diganti jadi De Gooyer oleh pemerintah kota. Sayangnya De Gooyer sudah tidak dibuka untuk umum. Jadi bagi para wisatawan dan pengunjung hanya bisa menatap keindahan kincir dari luar saja.

  1. De Dam

De DamDe Dam atau yang terkenal dengan sebutan Dam Square ini adalah alun-alun luas tempat hangoutnya orang-orang Belanda. Lokasi ini tak hanya ramai dikunjungi oleh warga Belanda saja, melainkan juga turis mancanegara. Pokoknya semua pelancong dari seluruh dunia ada di sini. Keunikan lain dari De Dam adalah karena di lokasi ini terdapat ribuan burung merpati.

Wisatawan dapat memberi makan merpati yang ada di lokasi dan melihat burung-burung itu terbang dengan bebas. Tentunya kita yang berasal dari Indonesia akan takjub karena di negeri kita belum dijumpai ribuan merpati seperti itu.

ads

  1. Leidseplein

LeidsepleinTempat ini dikenal juga dengan nama Leidse Square. Leidse merupakan tempat hiburan malam yang paling besar dan terkenal. Banyak dijumpai orang-orang Eropa yang tengah menghabiskan malam di lokasi ini. Terdapat bar, café, dan diskotik yang lumayan banyak.

Tempat wisata ini dengan banyaknya suguhan yang tersedia membuat tempat ini selalu ramai pengunjung untuk menikmati malam yang indah dengan berbagai macam wisata kuliner, dan segala sesuatu yang anda butuhkan pasti akan tersedia di leidseplein ini.

  1. Leiden

LeidenKota yang satu ini merupkan bagian dari negeri kincir angin di mana terdapat salah satu universitas paling tua di Belanda. Ketika memasuki wilayah Kota Leiden, kita pun serasa berada di Amsterdam. Di sini juga banyak terdapat kanal-kanal besar yang asal terbentuknya dari 2 cabang sungai Old Rihine dengan pertemuan sungai di pusat kota.

Kota Leiden ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan Amsterdam. Tak heran kalau Leiden menjadi salah satu tujuan wisata favorit dan populer ketika berada di Belanda.

  1. Frisian Islands

Frisian IslandsKetika anda berkunjung ke wilayah barat dari Belanda, silakan singgah di Frisian Island. Kalau dalam bahasa Indonesia pulau ini disebut dengan rantai pulau atau dalam bahasa belanda adalah Waddeneilanden. Untuk mencapai pulau, mudah saja. Kita cukup berjalan kaki apabila air laut tengah surut.

Nah, kita juga bisa memakai jasa pemandu wisata yang sudah memiliki lisensi di sana. Frisian Island juga merupakan destinasi wisata Belanda yang banyak diminati dan tergolong unik.

  1. Desa Kinderdijk

Desa KinderdijkBelanda yang terkenal dengan negeri kincir angin ini memang mempunyai banyak kincir. Kalau anda begitu penasaran dan ingin melihat ribuan kincir ketika tengah liburan ke Belanda, jangan lupa untuk berkunjung ke Desa Kinderdijk. Di sinilah kincir yang banyak itu bisa kita lihat.

Bukan hanya itu saja, lho. Diantara sekian banyak kincir angin, ada 19 kincir yang sudah ada sejak 1979. Daya tarik lainnya dari Desa Kinderdijk adalah rumah-rumah khas Belanda yang dapat anda jumpai di sini.

  1. Anne Frank House (Anne Frank Huis)

Anne Frank House (Anne Frank Huis)Wisata selanjutnya berupa rumah pribadi yang difungsikan juga sebagai museum biografi bernama Anne Frank House. Pembangunan museum ini untuk mengenang Anne Frank  yang merupakan seorang gadis Yahudi Belanda yang melakukan pelarian ketika hendak dibantai Nazi pada Perang Dunia II.

Anne bersama dengan keluarganya juga bersembunyi di ruang rahasia yang disebut dengan Secret Annex. Dan akhirnya mereka dapat selamat. Buku diary Anne Frank yang berisi kisahnya selama perang pun ditemukan. Lalu pada 1957 diputuskanlah untuk melakukan resevasi seluruh rumah oleh Anne Frank Foundation. Obyek wisata ini tahun 1960 mulai dibuka dalam bentuk sebuah museum. Anne Frank House adalah salah satu lokasi yang ramai kunjungan wisatawan.

  1. Begijnhof

BegijnhofLapangan yang lokasinya di Pusat Kota Amsterdam. Nah, disekeliling lapangan akan kita lihat bangunan rumah yang sudah ada sejak zaman pertengahan. Rumah-rumah tersebut adalah milik penduduk dan mempunyai gaya arsitektur Belanda klasik yang terbuat dari kayu, bangunannya cukup tinggi, dengan atap segitiga.

Sehingga lapangan begijnhof ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan lapangan yang berada di pusat amsterdam.

  1. Royal Palace of Amsterdam

Royal Palace of AmsterdamLokasinya di bagian barat Dam Square. Istana ini merupakan satu dari 3 istana yang tak lagi dipakai kerajaan. Istana yang dibangun kali pertama sebagai City Hall ini, pembangunanya yaitu pada abad 17 (masa Dutch Golden Age). Selanjutnya oleh Raja Louis Napoleon bangunan ini pun dijadikan sebagai istana kerajaan dan berubah jadi Dutch Royal Palace.

Arsitektur bangunannya bergaya Belanda klasik dengan baling-baling sebagai penunjuk arah angin dan kubah. Mirip seperti yang ada di Museum Fatahillah, Jakarta. Kalau liburan ke Belanda, jangan lupa berkunjung, ya.

  1. Oosterpark

OosterparkObyek wisata yang ada di timur Amsterdam ini juga merupakan sebuah taman kota yang ada sejak 1891. Dalam bahasa Inggris nama taman tersebut artinya English Garden. Dan perlu diketahui bahwa Oosterpark mempunyai sebuah kolam dan pulau kecil di bagian tengah.

Ketika memasukinya, kita akan merasakan suasana taman nan hijau, di sini bisa dijumpai pula sarang burung grey heron dan monumen perbudakan nasional. Tujuan pembangunan monumen yang berdiri sejak 1863 itu adalah sebagai sebuah simbol untuk mengenang dihapusnya perbudakan di Belanda.

  1. Jordaan

JordaanJordaan adalah salah satu distrik yang ada di sebelah Kota Amsterdam dan mempunyai banyak kanal juga. Prinsengracht (timur), Brouwersgracht (utara), kanal Leidsegracht (selatan), dan Rozengracht yang alirannya di tengah kota. Nama distrik ini dalam bahasa Perancis artinya adalah taman bunga.

Memang di tepian kanal sepanjang distrik Jordaan dapat kita jumpai banyak pepohonan dan juga bunga-bunga sehingga banyak para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini.

 

  1. Amsterdam Arena

Amsterdam ArenaBagi anda yang menyukai sepak bola, tempat ini wajib untuk dikunjungi. Amsterdam Arena adalah stadion sepak bola yang paling besar di Belanda. Dan sekaligus juga markas dari salah satu klub di Belanda yang bernama Ajax.

Pembangunan stadion dilakukan sejak 1993 dan stadion ini dibangun untuk pertama kalinya pada tahun 1996. Amsterdam Arena dapat menampung penonton sampai dengan 53.000 orang. Stadion ini dimasukkan dalam five star stadium.

  1. Bloemenmarkt

BloemenmarktBagi anda yang ingin belanja. Tempat ini adalah pasar bunga terapung satu-satunya di dunia dan sudah ada sejak tahun 1862. Lokasi pasar bunga ini ada di kanal singel. Di tempat ini ada lebih dari 15 penjual bunga, toko perlengkapan kebun, serta toko penjual souvenir khas dari Amsterdam yang memiliki berbagai macam yang di minati oleh semua pengunjung para wisatawan.

Tempat pusat perbelanjaan ini banyak dikunjungi para wisatawan sehingga ramai para wisatawan yang ingin berbelanja di tempat perbelanjaan ini untuk membeli segala kebutuhan yang terjual ada di bloemenmarkt ini.

Wisata Kuliner di Belanda

Setelah puas berjalan-jalan keliling obyek wisata di Belanda, jangan lupa untuk mencicipi makanan atau kuliner Belanda, ya. Berikut beberapa referensi kuliner yang dapat anda coba.


1. Hutspot

Makanan khas Belanda yang pertama dan cocok bagi penyuka daging benama hutspot. Kuliner yang satu ini sering dimasak oleh warga Belanda ketika ada tamu. Karena dapat dimasak dengan mudah. Cara membuatnya adalah daging dipotong kecil atau dadu kemudian dicampur dengan sayuran yang telah dihaluskan, diantaranya adalah buncis, wortel, kentang, serta bawang bombay. Masakan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan bir. Wortel yang telah dicincang, dimasak bersama dengan cincangan bawang dalam lelehan mentega. Setelah itu bumbui dengan pala, merica, garam, dan bayleaf. Kentang dimasak dengan cara direbus. Selanjutnya buang bayleaf dan sisa bahan lainnya dilumatkan.


2. Stamppot

Makanan Belanda yang satu ini terbuat dari kentang yang dilumat atau mashed potato. Kemudian tambahkan beraneka macam sayuran seperti wortel dan sayuran hijau lain. Makanan ini biasa dihidangkan dalam keadaan panas-panas dengan berteman sosis besar yang dinamakan dengan rookworst. Makanan ini adalah sajian ketika musim dingin.


3. Sup Ercis

Belanda memang terkenal mempunyai makanan yang berupa sup. Nah, makanan selanjutnya yang patut anda cicipi ketika berwisata ke negeri kincir angin adalah sajian bernama sup ercis. Sesuai dengan namanya, sup ini bahan pembuatannya adalah kacang ercis. Teksturnya lembut seperti bubur dan sup ini juga memiliki warna yang menggugah selera makan yaitu hijau kekuningan. Bahan lain yang ada dalam sup ini selain kacang ercis adalah wortel, kentang, daging ayam atau sapi. Sup ini adalah makanan yang sangat tepat dinikmati ketika musim dingin tiba. Sup ini disajikan bersama dengan roti yang berupa soft roll dan hard foll. Apabila anda membeli atau menikmati makanan yang satu ini tatkala berada di Perancis, french bread yang dipakai. Ditambah juga dengan kacang tanah atau merah pun akan terasa nikmat. Yang terakhir adalah tambahan jeruk lemon, membuat rasanya jadi lengkap.


4. Keju Edam

Negara Eropa adalah terkenal sebagai sumber keju yang paling baik di dunia. Keju Belanda yang lezat namanya adalah keju edam. Keju ini berasal dari susu sapi. Keju yang satu ini teksturnya sangat lembut dan rasanya agak mirip kacang tanah. Dari beraneka macam keju, kandungan lemak terendah ada pada keju ini. Proteinnya sebanyak 25 persen. Keju edam biasa dipakai untuk topping kue dan teman minum teh.


5. Waterzooi

Hidangan musim dingin ini adalah makanan sejenis sup. Makanan ini awalnya memang terbuat dari bahan ikan air tawar atau ikan air luat. Namun kini terbuat dari bahan berupa daging ayam. Bahan makanan yang berubah, membuat nama makanannya jadi berbeda menjadi kippenwaterzooi. Alasan penggunaan ikan digantikan oleh daging ayam karena di tempat asal makanan ini, sungai-sungainya sudah mulai tercemar. Dan hal ini mempengaruhi ikan yang hidup di dalamnya (jadi sedikit) karena itulah bahannya diganti dengan daging ayam. Makanan ini terbuat dari rebusan ayam atau ikan kemudian dicampur sayuran seperti wortel, kentang, dan daun bawang, telur, mentega, dan krim. Makaan ini biasa disajikan bersama dengan roti tawar khas negeri kincir angin yang bernama baguette.


6. Herring

Kuliner selanjutnya yang patut dicoba adalah herring. Makanan ini ada sejak 6 abad lalu. Wah, umur kuliner ini sudah cukup tua, ya? Makanan yang akan sering kita jumpai ketika musim panas adalah makanan ini. Sashimi ala Belanda ini terbuat dari bahan berupa ikan herring. Ikan dibersihkan, dipisahkan antara badan dan kepalanya. Makanan ini dibekukan selama seharian. Rasanya begitu lembut, asin, dan begitu segar. Makanan ini dapat disajikan atau dimakan secara langsung atau dimakan seperti kita menyantap sandwich


7. Boerenkoolstamppot

Makanan yang selanjutnya adalah Boerenkoolstamppot. Makanan ini memiliki umur yang sudah tua. Makanan ini mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak 1661. Bahan dasar makanan ini terbuat dari kubis khas Belanda yang disebut dengan kale dan dicampur bersama dengan kentang tumbuk atau mashed potato. Makanan yang satu ini disajikan bersama dengan saus mustard dan sosis besar yang bernama rookworst. Kandungan karbohidrat dalam kuliner yang satu ini tergolong tinggi dikarenakan kandungan kentang yang merupakan salah satu sumber karbohidrat selain nasi.


8. Ontbijtkoek

Makanan ini dalam bahasa Indonesia artinya adalah kue sarapan pagi. Bagi anda yang selalu tak punya waktu sarapan, maka makanan ini sangat tepat bagi anda. Kue sejenis bolu yang terbuat dari gandum ini dibumbui dengn kayu manis, cengkeh, pala, jahe yang membuat citarasanya berbeda dengan kue Belanda yang lainnya. Makanan ini sangat enak jika dimakan dengan cara mengoles mentega banyak ke kuenya. Akan tetapi sekarang kue ini lebih banyak disajikan sebagai teman atau camilan ketika dilakukan perjamuan minum the khas Belanda. Jika anda penasaran dengan rasa kuenya, anda dapat langsung mencicipi kudapan yang satu ini saat liburan ke Belanda.


Sponsors Link

Tips Liburan di Belanda

  1. Pilihlah penginapan yang terdapat di pinggir kota jadi terjangkau oleh angkutan umum berupa trem atau bus;
  2. Simpan koper atau barang bawaan anda di loker yang disediakan oleh stasiun besar yang ada di Belanda. Nah, dengan begini anda akan lebih leluasa untuk menjelajah destinasi wisata Belanda tanpa harus repot membawa bagasi kemanapun. Dan akan lebih mudah dalam selfie.
  3. Manfaatkan tiket harian. Di Belanda tersedia tiket angkutan umum untuk 24 jam, 2 hari, bahkan ada yang seminggu.
  4. Mengajak orang lokal atau kenalan anda yang merupakan orang Belanda untuk mengantar anda menjelajah ke lokasi yang jarang dikunjungi wisatawan, tetapi indah dan menarik
  5. Pilih kereta api sebagai transportasi utama karena efisien
  6. Kalau tidak menemukan penginapan yang murah, manfaatkan waktu dengan baik (seharian) bisa keliling Belanda
  7. Makanan di Belanda termasuk mahal dan yang terjangkau hanya kentang goreng maupun sandwich. Jadi anda tidak perlu merasa ragu untuk membawa bekal makanan sendiri selama melakukan perjalanan
  8. Anda dapat pula memilih berjalan kaki untuk menikmati obyek wisata di Belanda yang cantik
  9. Jadwal perjalanan harus dibuat dengan cermat. Karena kota yang ada di Belanda jaraknya tak terlalu jauh, agar tak membuang waktu, untuk sekali jalan anda bisa juga menjelajah beberapa kota sekaligus.
  10. Cari tiket diskon kereta api. Sebagai contohnya adalah kruidvat, blokker, hema, dan lain sebagainya.

Kita sudah menjelajah Negeri Belanda dan mengunjungi beraneka ragam obyek wisata menarik yang ada di Belanda. Selain itu, kuliner khas negeri kincir angin ini juga lezat dan nikmat. Liburan ke Belanda sangat menyenangkan. Jangan lupa untuk mengabadikan gambar selama liburan di Belanda dengan lensa kamera anda. Tips liburan di negara ini juga sudah dibagikan. Manfaatkan waktu liburan dengan sebaik mungkin.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jarak antara satu kota dengan kota lainnya di Belanda itu berdekatan, maka dari itu dalam sehari kita dapat menjelajah ke beberapa obyek tempat wisata di belanda beberapa kota yang ada di negeri kincir angin ini. Bayangkan saja bagaimana rasanya menyusuri kanal-kanal Amsterdam, melihat ribuan kincir angin di Desa Kinderdijk, mengunjungi Rumah Anne Frank atau yang lebih dikenal dengan Anne Frank House, dan bagi anda pecinta bunga dan ingin melihat aneka macam bunga yang berwarna warni, bisa datang ke Taman Bunga Keukenhof, ada beraneka macam jenis bunga termasuk bunga khas Belanda (yang banyak ditemui di Belanda yaitu bunga tulip) selain tulip ada juga bunga lain yang bernama bakung dan merupakan tempat wisata untuk bulan madu sangat cocok jika mengunjungi negara kincir angin ini. Selamat liburan!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 14th, March 2016 / 07:33 Oleh :
Kategori : Belanda