15 Cara Berhemat Saat Liburan akan Tiba


Ketika pikiran suntuk karena rutinitas pekerjaan yang membosankan, maka pelarian yang paling efektif adalah berwisata atau liburan, yap! Selain bisa membuat otak kamu fresh kembali, liburan adalah cara jitu untuk kamu mengenal lebih dekat budaya dan kearifan lokal masyarakat daerah sekitar wisata. Apalagi dizaman sekarang, wisata sudah menjadi semacam kebutuhan untuk merelaksasi diri setelah disibukan dengan padatnya jadwal pekerjaan, dan ternyata berwisata juga sekarang bagi sebagain kalangan sudah menjadi prestise atau status sosial, semakin sering dan jauh liburannya maka semakin naik status sosialnya. Namun, bagi kamu yang berkantong kering atau pas-pasan, jangan panik dulu.

Wisata itu nggak harus mahal kok, yang penting bagaimana kamu bisa mensiasati atau mengatur keuangan kamu supaya pas dan hemat saat liburan. Apalagi bagi kamu pecinta travelling, sudah pasti berwisata atau jalan-jalan merupakan kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi. Caranya bagaimana? Supaya liburan jalan, besok juga masih bisa makan..

Ini dia beberapa tips cara berhemat saat liburan :

  1. Tentukan tempat yang ingin anda kunjungi

Sebelumnya kita harus tahu tujuan pergi kemana, kalau perlu searching tentang tempat yang akan anda kunjungi. Ini penting loh sob..! Cari tau tentang wilayahnya, transportasi kesana, makanan khas, wisata alam, wisata budaya dan lainnya. Pokoknya catet semuanya yang menurut anda perlu. Karena ini akan sangat membantu anda sebagai pedoman untuk berwisata, dan informasi ini juga sebagai modal anda supaya tidak tersesat dijalan, yang akhirnya banyak menguras biaya.

Berbagai tempat wisata yang bisa anda kunjungi seperti :

  1. Bawa uang secukupnya

Jangan sampai kamu kehabisan uang saat di perjalanan. Jadi, pastikan memiliki uang yang cukup agar tidak bingung. Tentu saja bukan untuk dibelanjakan semuanya. kamu harus tetap mengawasi pengeluaran dengan mencatatnya. Sekaligus menahan diri  dan bertanggung jawab atas apa yang sudah dibelanjakan.

Selalu bawa uang tunai selama kamu berlibur. Tentu saja bukan untuk dipakai berfoya-foya, tapi dengan membawa uang tunai, kamu akan lebih bisa mengatur pengeluaranmu selama liburan. Dengan membawa uang tunai, kamu bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam dan hati-hati sebelum mengeluarkan uang. Jika kamu takut kecurian, bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit dan kartu kredit. Hal ini untuk membantu kamu saat membutuhkan uang mendadak. Atau sesuatu yang diluar dugaan.

ads
  1. Pilih lokasi wisata terdekat

Agar wisata bisa hemat, kamu bisa jadikan lokasi wisata yang paling dekat namun tetap menarik dan memberikan kesan spesial buat kamu dan temen-temen. Tidak perlu memaksakan diri berlibur ke luar negeri. Banyak, kok, tempat-tempat di Indonesia yang mengagumkan dan tak kalah menarik dengan di luar negeri seperti taman impian jaya ancol. Atau malah liburan di dalam kota tempat kamu tinggal, yang penting suasana dan moment nya pas, karena kebahagiaan itu bukan diukur dari jauhnya tempat wisata kamu tapi kesiapan mental dan moment dalam berwisata itu yang paling penting.

  1. Hubungi Teman atau Manfaatkan Relasi

Hubungi teman yang memang tinggal didaerah yang akan dikunjungi. Temen kamu dengan senang hati akan menemani kok. Dengan begitu kamu akan menghemat biaya karena untuk biaya makan dan penginapan mungkin akan ditanggung teman kamu itu.tetapi jangan terlalu mengharapkan yaa sob.! Pilihlah teman yang care dan kenal baik sama kamu itu yag paling penting.

  1. Tidur di tempat umum

Tempat-tempat yang biasa  digunakan untuk tidur seperti SPBU, masjid, terminal dll. Di SPBU kamu bisa tidur di musholla atau terasnya. Trik ini bisa memangkas biaya sewa hotel yang selangit, tetapi perlu diwaspadai ketika kamu memutuskan untuk istirahat di temapt umum, pastikan barang bawaan kamu aman dan tetap terjaga dengan baik. Karena kamu tidak pernah tau, banyak orang jahat disekitar yang mengintai kelengahan saat kamu tertidur.

  1. Makan cari yang murah

Saat travelling jangan makan di restoran mahal, itu pemborosan. Carilah tempat-tempat makan yang murah dan merakyat, disamping kamu bias makan murah, kamu juga bisa bertanya-tanya kepada penduduk sekitar tentang akses dan iformasi tempat wisata yang kamu tuju.

  1. Jangan hari libur

Hindari traveling saat hari libur, baik hari minggu ataupun hari libur panjang. Karena biasanya ketika hari libur tempat-tempat wisata berbayar memasang harga yang lebih mahal dari biasanya. Jika kamu tidak punya waktu lain, bisa dengan memilah-milah tempat wisata berbayar yang paling layak dikunjungi saja. Biaya perjalanan akan lebih murah jika pergi di saat bukan musim liburan, atau di awal dan akhir liburan. Selain itu, jika bukan hari libur, kamu bisa menikmati suasana yang tidak terlalu riuh karena tidak terlalu banyak orang, dan kamu bisa lebih mendalami liburanmu. Pergi di musim liburan, membuat tempat-tempat wisata dipenuhi banyak orang dan bagi kamu yang tidak suka keramaian itu bisa sangat mengganggu.

  1. Cari penginapan yang murah

Jika tidak ada temen yang bisa kamu manfaatkan untuk menginap atau tidak ada tempat umum yang aman untuk kamu menginap, maka tidak ada pilihan lain selain mencari penginapan. Makan carilah penginapan-penginapan yang murah meriah. Saran saya, gabunglah ke forum-forum atau fan page para traveler, kamu bisa nanya-nanya soal tempat penginapan murah yang recommended sama mereka.

  1. Jago memilih

Kamu juga harus jago memilih. Jika makan, jago milih warung mana yang kira-kira paling murah. Jika menginap, jago milih penginapan mana yang kira-kira paling murah. Jika di suatu daerah ada beberapa tempat wisata berbayar, pilih yang kira-kira paling layak dan paling murah dan lain sebagainya. Pokoknya pilihlah tempat wisata yang benar-benar unik, bagus, dan ada ciri khasnya. Jangan sampai kamu pergi ke tempat yang tidak menarik, kurang diminati orang, dan biayanya mahal. Bisa-bisa kamu tak menikmati, tapi malah kecewa.

  1. Pilih transportasi yang ekonomis

Sebaiknya memilih alat transportasi liburan yang nyaman dan ekonomis. Melakukan perjalanan dengan pesawat memang lebih cepat, namun biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal. Namun, jika kamu menikmati perjalanan darat memakai mobil, ini akan menjadi pilihan yang menyenangkan. Selama perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan sekaligus menambah pengetahuan tentang daerah tersebut.

  1. Mencari layanan gratis

Selain mencari hotel yang bagus, lihat juga tarif kamarnya, siapa tahu ada penawaran khusus, seperti menginap dua malam, akan mendapatkan gratis satu malam. Atau layanan spa gratis bagi yang sudah memesan kamar. Dipastikan liburanmu pasti akan jauh lebih menarik. Saat traveling jangan lupa bawa gadget seperti smartphone atau laptop. Kamu bisa memanfaatkan gadget kamu untuk foto-foto atau sharing cerita kamu lewat blog atau sosial media. Manfaatkan tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis, agar kuota internet punya kamu tetap awet. hehee.

  1. Easy going

Saat di daerah tertentu dan kamu tidak kenal sama sekali orang, akrablah dengan penduduk sekitar. Ajak ngobrol orang-orang yang ketemu di jalan, di angkutan, di masjid, di warung dan lainnya. Tampilkan kesan bahwa kamu orang baik-baik yang sedang traveling. Buat mereka terkagum-kagum dengan cerita perjalanan kamu. Biasanya ada saja dari penduduk yang mengajak kamu ke rumah baik sekedar untuk makan atau menginap. Lumayan kan? Hehe

Sponsors Link

  1. Cari tiket yang murah

Lakukan survei harga tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat. Pastikan  memperoleh informasi pariwisata selengkap mungkin. Mulailah memeriksa harga tiket murah atau promo. Jika kamu belum yakin dengan harganya, periksa lagi tiap beberapa hari, siapa tahu ada penurunan harga. Saat harga turun segera lakukan pemesanan. Jika keberangkatan masih lama, jangan lupa mencatatnya. Cara ini bisa memangkas biaya transportasi yang mahal.

  1. Pakai kendaraan Pribadi

Jika transportasi umum terlalu mahal, maka kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan kendaraan pribadi, disamping lebih murah, kamu juga bisa bebas berkeliling ke tempat-tempat wisata yang lain. Yang penting, pastikan kendaraan pribadi kamu itu dalam kondisi prima, di chek dulu sebelum meluncur berwisata, karena untuk menjamin kelancaran dan kerepotan yang bakal muncul dijalan.

  1. Bawa Bekal Sendiri

Di tempat-tempat wisata biasanya harga makanan melambung tinggi, dengan alasan area wisata, ini jelas bisa menguras kantong kamu. Untuk mengantisipasi biaya konsumsi yang mahal, alangkah baiknya kamu membawa bekal sendiri dari rumah, disamping praktis, cara ini juga bisa memastikan bahwa makananmu sehat dan ekonomis tentunya.

Itulah beberapa cara berhemat saat liburan yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya wisata, semoga bisa menjadi pencerahan bagi kamu yang suka travelling dan tetap dengan biaya yang efisien, supaya tidak panik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 18th, February 2016 / 10:22 Oleh :
Kategori : keuangan