26 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi


Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai beragam jenis obyek wisata. Kalau mendengar nama kota ini, kita akan langsung terbayang dengan Jam Gadang dan rendang yang masuk jadi salah satu makanan terenak di dunia. Masih penasaran dengan  tempat wisata di Sumatera Barat dan Obyek wisatanya? Ayo kita telusuri lokasi wisata Sumbar satu demi satu.

  1. Danau Singkarak

Danau SingkarakDanau Ini adalah danau paling besar di daerah Sumatera Barat. Panjang Danau Singkarak mencapai 21 km. Di area wisata ini selain pemandangan yang indah, dapat kita temukan juga fasilitas berupa sampan, boat, dan penginapan. Tempat bersantai pun ada di sekitar Danau tersebut.

Di danau singkarak ini memiliki pemandangan yang indah, banyaknya pepohonan yang membuat cuaca rindang dan tidak terlalu panas . Sehingga tidak heran jika banyak para wisatawan yang datan berkunjung ke danau singkarak ini .

Alamat : Jalan Raya Padang Panjang-Solok.

  1. Danau Diatas dan Danau Dibawah

Danau Diatas dan Danau DibawahDanau yang satu ini dikenal pula dengan Danau Kembar. Apabila ditempuh dari Kota Padang jaraknya kurang lebih 56 km dan jika anda menempuh perjalanan dari Solok jaraknya 47 km. Daya tarik dari obyek wisata ini adalah apabila anda ingin mengunjungi Danau Di Bawah, maka harus berjalan lewat jalan mendaki.

Kalau anda ingin mengunjungi Danau Di Atas, maka harus berjalan lewat jalan yang menurun. Di sekeliling area danau kita dapat jumpai tanaman berupa sayur mayur, kentang, dan buah markisa. Alamat : Desa Pasar Simpang, Kecmatan Lembayang Jaya, Kabupaten Solok.

  1. Embun Pagi

Embun PagiSebelum sampai ke obyek wisata Danau Maninjau, lebih baik mampir dulu ke Embun Pagi. Di sini kita akan rasakan udara yang begitu segar dan tampak pemandangan Maninjau yang biru di kejauhan dan sekeliling danaunya berhiaskan bukit nan hijau.

Sehingga banyak para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini untuk menikmati kesejukan dan keindahan yang berada di tempat ini yang akan memberikan kesejukan hati.

Alamat : Desa Padang Gelanggang (kurang lebih 24 km dari Bukittinggi).

  1. Anai Resort Golf Course

Anai Resort Golf CourseGolf course ini lapangannya dirancang oleh perancang lapangan golf internasional bernama Thomas dan Perret. Tinggi obyek wisata ini 550 meter di atas permukaan air laut dan merupakan golf course paling baik yang ada di kawasan Sumatera Barat dengan status internasional dan mempunyai 18 hole.

Fasilitas lain yang ada di sini adalah bungalow, restoran, serta kolam renang yang alami yang menjadi daya tarik di tempat ini sehingga tak heran jika banyak para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat golf course ini untuk menikmati keindahan yang ada ditempat ini.

  1. Lembah Harau

Lembah HarauLembah Harau termasuk sebuah cagar alam yang mempunyai bukit kapur cukup curam dengan ketinggian antara 100-150 meter. Jika anda menempuh perjalanan dari Payakumbuh jaraknya kurang lebih 14 km untuk sampai Lembah Harau.

Setiba di obyek wisata yang satu ini kita dapat melakukan kegiatan keliling cagar alam dan menikmati indahnya 5 buah air terjun yang selalu mengalir dengan air begitu jernih. Rencananya Lembah Harau akan dikembangkan jadi taman margasatwa yang pertama ada di luar Jawa.

  1. Pandai Sikek

Pandai SikekLokasi wisata Sumatera Barat selanjutnya adalah Pandai Sikek. Ini merupakan daerah sentra kerajinan ukiran dan kain songket tenun, termasuk pembuatan perlengkapan rumah tangga dan lukisan kayu. Kehidupan masyarakat di sini kebanyakan masih bertani.

Ketika tiba di Pandai Sikek, kita dapat melihat alat tenun yang jumlahnya mencapai 1000 buah dan merupakan ciri khas dari desa ini yang akan membuat daya tarik tersendiri agar para wisatawan ini datang mengunjungi tempat pandai sikek ini. Letak Pandai Sikek ini di lereng Gunung Singgalang, 10 km sebelum masuk Bukittinggi.

  1. Ngalau Indah

Ngalau IndahSebelum anda masuk Payakumbuh, sekitar 2 km dari arah Bukittinggi akan dijumpai sebuah obyek wisata yang menarik dalam bentuk gua. Namanya Ngalau Indah. Sesuai dengan nama tempat wisata ini, memasuki gua, anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam berupa stalagtit dan stlagmit yang memikat.

Suara kelelawar terus terdengar tanpa kita dapat melihat hewan tersebut. Di luar gua terdapat taman dengan banyak pepohonan hijau, jadi akan terasa sejuk jika anda sudah memasuki area ini.

  1. Istana Pagaruyung

Istana PagaruyungPembangunan istana ini dilakukan oleh keluarga Kerajaan Pangaruyung (Batusangkar) dengan ciri khas Minangkabau. Pangaruyung sebetulnya merupakan kediaman Raja Minangkabau dan dijadikan sebagai pusat pemerintahan juga. Akan tetapi kini, rumah gadang tersebut adalah replika istana yang asli dan mempunyai lukisan dinding luar serta atap yang bentuknya unik mirip dengan tanduk kerbau.

Di dalam istana berisi barang peninggalan kerajaan yang begitu terawat. Suasana sekeliling istana sangat indah dengan hawa yang sejuk. Alamat : Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar.

  1. Pulau Cubadak

Pulau CubadakPulau ini merupakan salah satu obyek wisata berskala internasional yang mempunyai 13 bungalow dan 1 suite dengan arsitektur alam. Lokasinya di pesisir selatan, tepatnya wilayah Mandeh.

Beberapa sarana yang ada di sini antara lain adalah peralatan untuk fishing, snorkeling, dan diving. Ada juga fasilitas dermaga dan motor boat sehingga akan menguji adrenalin anda untuk mencoba segala fasilitas permainan yang ada di pulau cubadak ini dan banyak sekali para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata ini.

  1. Pulau Sikuai

Pulau SikuaiPulau ini lokasinya di sisi barat Sumatera, dapat ditempuh dengan kapal angkutan khusus dengan jarak 35 menit dari dermaga Airud Bungus. Di pulau yang satu ini, kita bisa menikmati panorama pantai indah, panjat tebing, trekking keliling pulau, sampai jelajah hutan alam.

Wisatawan dapat menginap di hotel resort yang lengkap dengan adanya hotel bintang dua. Resort ini memiliki 21 cottage dengan kapasitas 45 kamar sehingga ands tidak perlu takut tidak memiliki tempat untuk penginapan karena sudah disedikan dekat dengan pulau sikuai ini.

  1. Selancar Mentawai

Selancar MentawaiKabupaten Kepulauan Mentawai ini memiliki ibukota Tua Pejat-Sipora. Lokasinya dapat ditempuh lewat jalur laut dalam waktu 6-10 jam. Jika kita tempuh dari Kota Padang, jaraknya sekitar 135 km.

Pantai di Kepulauan Mentawai mempunyai panorama yang indah dan pasir putih membentang. Pulau ini sangat populer dikalangan peselancar, lokasi selancar yang menantang adalah disekeliling Pulau Sipora dan Siberut sehingga akan menguji adrenalin anda untuk mencoba berselancar dan mencoba segala fasilitas yang ada di tempat ini. Dan pantai inipun tidak pernah sepi dengan pengunjung yang datang ke tempat ini.

  1. Kawasan Bukit Langkisau

Kawasan Bukit LangkisauMagnet dari obyek wisata yang satu ini adalah lokasinya yang tinggi memungkinkan anda untuk melihat laut lepas. Bukit Langkisau juga digunakan sebagai tempat olahraga terbang layang dengan pendaratan di Pantai Salido atau Pantai Carocok.

Bukit yang mempunyai tinggi 1000 kaki ini terletak di pertengahan Desa Salido dan Kota Painan (Pesisir Selatan) . Jika kita sudah ada dibukit ini kita bisa menikmati seluruh pemandangan yang berada di daerah ini yang akan membuat anda semakin tertarik untuk selalu mengunjungi tempat wisata kawasan buit langkisau ini.

  1. Rumah Peristirahatan Balai Campago

Rumah Peristirahatan Balai CampagoLokasi Balai Campago ada di bukit, jadi tak heran kalau mempunyai hawa sejuk. Dari pusat Kota Bukittinggi jaraknya kurang lebih 4 km. Mencapai tempat wisata bisa menggunakan angkutan darat dengan waktu 1 jam 45 menit dari Padang dan 10 menit dari pusat Kota Bukittinggi. Luas lahan Balai Campago yaitu 8.038m2 dengan bangunan seluas 3.054 m2.

Balai Campago mempunyai 2 bangunan VIP dan sebuah bangunan utama yang mempunyai 17 kamar standar dan 3 kamar superior lengkap dengan perabotannya. Fasilitas yang ada di sini antara lain adalah jogging track, lapangan tenis, ruang serbaguna, coffee shop, mushala, menara. Pemandangan alam indah Kota Bukittinggi tampak dengan sangat jelas, seperti pegunungan dan rumah adat di bawah Campago. Alamat : Desa Campago, Cuguak Bulek, Mandiangin Koto.

  1. Desa Pariangan

Desa ParianganIni merupakan desa tertua yang ada di Minangkabau. Kita dapat melihat bentuk desa adat yang asli sebagai cermin kehidupan sosial Minangkabau seperti Balairung, masjid, lumbung padi, dan rumah adat.

Di lokasi ini pula terdapat batu basurek (peninggalan sejarah), pemandian air panas, dan sebuah kuburan panjang yang konon adalah kuburannya Dt. Tantejo Gurhano (arsitek rumah adat Minangkabau). Alamat : Lereng Merapi, pinggir Jalan Raya Padang Panjang-Batusangkar.

ads
  1. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah AnaiLembah Anai terbentang di sepanjang jalan Kota Padang ke Bukittinggi. Nama Lembah Anai sudah terkenal di kalangan wisatawan. Ketika anda melewati jalan itu, akan anda jumpai sebuah air terjun dengan ukuran yang tak begitu besar (sedang) berlokasi di pinggiran jalan.

Selain jadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang unik, berbeda dengan kebanyakan air terjun, pemandangan Lembah Anai sendiri memang mempesona dan memanjakan mata sepanjang perjalanan dan merupakan salah satu air terjun di Indonesia.

  1. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya KinantanLokasi wisata ini adalah salah satu kebun binatang yang umurnya sudah tua. Dan merupakan kebun binatang satu-satunya yang berada di Kota Sumatera Barat dengan koleksi beraneka macam satwa yang paling lengkap di Pulau Sumatera. Pembangunan taman margasatwa ini awalnya dilakukan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1900-an. Nama awal kebun binatang ini adalah stormpark (kebun bunga). Tiket masuknya dibanderol seharga R 5.000,- ketika hari biasa dan Rp 8.000.-pada hari libur.

Di kebun binatang atau taman margasatwa ini anak-anak pasti akan mendapatkan pengalaman yang takkan pernah mereka lupakan, mereka dapat melihat satwa yang mungkin sebelumnya belum pernah dilihat. Selain itu, di lokasi wisata yang satu ini ada beberapa museum yang tidak boleh anda lewatkan, diantaranya adalah museum zoologi dan aquarium dengan bentuk bangunan seperti ikan. Untuk masuk ke dalam masing-masing museum tersebut, kita harus membayar tiket lagi sebesar Rp 1000,-.

  1. Jam Gadang

Jam GadangTempat yang merupakan ikon atau simbol dari Kota Bukittinggi dan identik dengan Sumatera Barat ini tepat berdiri di tengah-tengah kota. Anda bisa pula naik ke gedung Jam Gadang.

Tidak lengkap rasanya kalau liburan ke Bukittinggi, Sumatera Barat, akan tetapi tak berkunjung ke sini.  Oh, ya, Jam Gadang ini berarti jam besar yang merupakan khas dari daerah sumatera barat dan merupakan objek yang banyak disukai para wisatawan karena dengan jam yang besar dan keunikan dari jam gadang ini.

 

  1. Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu

Rumah Adat Baanjuang Puti BungsuObyek wisata yang satu ini berupa museum etnografi dengan bentuk yang unik yaitu rumah gadang. Lokasinya ada dalam kawasan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Ketika memasuki museumnya, anda dapat melihat beragam koleksi museum yang terdiri dari benda sejarah dan budaya ranah minang.

Sebagai contoh antara lain perlengkapan pertanian, pakaian adat, tembikar, pelaminan minangkabau sampai dengan mata uang kuno. Yang menarik adalah anda dapat mengambil foto ketika berada di pelaminan lengkap dengan pakaian adat minangkabau. Nah, kalau kita melihat dari taman margasatwa, akan tampak sebuah jembatan yang menghubungkan lokasi ini dengan Benteng Fort de Cock yang ada di seberangnya.

  1. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de KockBenteng Fort de Cock adalah sebuah benteng Belanda. Dahulu, benteng ini dipakai oleh tentara Belanda sebagai benteng pertahanan ketika menghadapi perlawanan rakyat minangkabau.

Terutama setelah perang paderi terjadi yaitu pada 1821-1837. Sekarang, bangunan benteng ini masih sama seperti sebelumnya. Benteng dengan ukuran sedang, tidak terlampau besar, dengan tinggi 20 meter, memiliki cat putih dan hijau, dan pada keempat sudutnya terdapat meriam dan banyak para wisatawan yang datang berkunjung untuk melihat benteng bersejarah ini yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

  1. Janjang Ampek Puluah

Janjang Ampek PuluahJanjang Ampek Puluah kalau dalam bahasa Indonesia berarti tangga yang berjumah 40. Memang benar, lokasi yang satu ini berupa tangga yang jumlahnya ada 40. Fungsinya adalah untuk menghubungkan antara pasar bawah serta pasar atas.

Janjang ampek puluah ini juga tidak pernah sepi dari pengunjung untuk datang dan berbelanja anekaragam kebutuhan yang ada di tempat ini, karena janjang ampek puluah ini juga memiliki tempat yang unik sehingga banyak juga para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini..

 

  1. Pasar Bukittinggi

Pasar BukittinggiLokasi tepatnya Pasar ini adalah di belakang Jam Gadang. Pasar Bukittinggi terbagi menjadi 3 bagian antara lain adalah pasar bawah, lereng, serta pasar atas. Masing-masing bagian memiliki jenis benda yang dijual berbeda-beda. Untuk pasar bawah, anda dapat jumpai banyak pedagang yang menjual beraneka macam sayur mayur beserta buah-buahan, tak ketinggalan bumbu jadi yang dapat dipakai untuk membuat beragam jenis masakan padang yang enak.

Bergeser ke pasar lereng, anda akan jumpai banyak penjaja kuliner atau oleh-oleh khas dari Sumatera Barat, diantaranya adalah dadiah, karakaliang, keripik balado, sampai dengan souvenir, semuanya tersedia. Oh, ya, lokasi ini dinamai pasar  lereng karena letaknya yang memang agak miring. Sementara untuk pasar atas sendiri, anda akan lihat ada banyak penjual ikan, pakaian, sampai sulaman khas Padang. Nah, bagi anda yang suka berwisata belanja, tempat ini sangat direkomendasikan. Jangan lupa, kalau berbelanja di sini anda harus memakai jurus tawar anda supaya mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga lebih murah.

  1. Museum Bung Hatta

Museum Bung HattaMuseum yang satu ini sesuai dengan namanya, pada jaman dahulu memang merupakan  tempat tinggal atau rumah Bung Hatta. Ketika memasuki museum, akan tampak banyak  koleksi yang berupa benda-benda milik Bung Hatta.

Diantaranya adalah jam antik, kursi, meja, lemari, buku, sepeda, sampai dengan tempat tidur. Jadwal buka museum Bung Hatta adalah setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 (Senin-Jumat) dan pukul 09.00-14.00 (Sabtu-Minggu). Diluar jadwal tersebut, masuk museum ini tidak akan membayar atau gratis.

  1. Ngarai Sianok

Ngarai SianokNgarai Sianok adalah sebuah lembah yang curam dan lokasinya ada di perbatasan Kota Bukittinggi. Jurangnya mempunyai dalam 100 meter dan membentang sepanjang 15 km dengan lebarnya yaitu 200 meter. Bentuk lembahnya memanjang dan berkelok-kelok. Ngarai Sianok ini membentang dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai dengan Nagari Sianok Anam Suku dengan ujungnya di Kecamatan Palupuh.

Ngarai Sianok ini mempunyai panorama alam memikat dengan banyak pepohonan di dekatnya dan sangat memanjakan mata. Untuk dapat menikmati pemandangan alam nan memikat, silakan kunjungi Taman Panorama dengan tiket masuk dibanderol seharga Rp 4.000,- untuk satu orang. Cukup murah, kan?

Sponsors Link

  1. Istana Bung Hatta

Istana Bung HattaIstana Bung Hatta atau yang dikenal dengan Gedung Negara Tri Arga ini lokasinya tepat ada dekat taman Jam Gadang. Istana ini sekarang tidak boleh dimasuki oleh orang-orang. Karena hanya dimanfaatkan sebagai lokasi seminar, sampai dengan pertemuan tingkat nasional.

Pada zaman dulu, Istana Bung Hatta dimanfaatkan sebagai istana wakil presiden pertama Indonesia yaitu pada tahun 1946, selanjutnya pada tahun 1947 Istana Bung Hatta digunakan untuk Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Nama gedung yang diganti jadi Istana Bung Hatta memiliki maksud untuk mengenang jasa Bung Hatta sebagai proklamator Indonesia.

  1. Lubang Jepang

Lubang JepangLubang Jepang atau gua jepang yang dapat dilihat dari Taman Pesona juga, merupakan sebuah bunker yang dibangun pada saat Jepang menjajah tahun 1942. Fungsinya adalah sebagai pertahanan. Cara pembangunan Lubang Jepang dikerjakan dengan kerja paksa atau romusha. Pekerjanya berasal dari daerah Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Jumlah anak tangganya lumayan banyak dan tidak disarankan untuk mengajak pengunjung lansia untuk memasukinya. Lubang Jepang mempunyai beberapa ruangan di dalamnya, antara lain adalah ruang penyergapan, penjara, ruang pengintaian, sampai dengan gudang senjata.

Kini ada tambahan café dan ruangan untuk mini theater. Terowongan ini memiliki ujung atau tembusan ke beberapa lokasi, maka perlu mengajak pemandu yang sudah paham dengan kondisi obyek wisata yang satu ini supaya anda tidak tersesat. Pemandu mengatakan bahwa Lubang Jepang mempunyai kemampuan dalam meredam suara dengan baik. Jadi kalau ada yang menembakkan senapan di dalam Lubang Jepang, tak akan terdengar sampai keluar. Harga tiket masuk Lubang Jepang adalah Rp 6.000,-. Apabila anda menyewa pemandu wisata maka akan dikenakan tambahan pembayaran sebesar Rp 20.000,-. Jika anda mencari cinderamata khas dari sini, silakan bergeser ke Taman Panorama/Pesona yang memiliki beberapa kios yang menjual cinderamata dengan harga terjangkau, kios rapi, dan penjualnya pun tidak memaksa untuk membeli (memang terkadang di obyek wisata terdapat penjual yang suka memaksa untuk membeli dagangannya).

  1. Danau Maninjau

Danau ManinjauApabila anda mencari wisata alam berupa danau yang ada di Sumatera Barat, silakan kunjungi Danau Maninjau. Danau dengan keindahan alam mempesona serta hawa yang segar. Danau ini lokasinya 36 km apabila ditempuh dari Kota Bukittinggi.

Dan untuk mencapainya kita harus melewati sebuah jalan dengan kelokan yang cukup banyak atau dikenal dengan nama kelok 44 (ampek puluh ampek), jadi harus lebih hati-hati dalam mengemudikan kendaraan karena medan yang agak berbahaya. Perlu diketahui bahwa Danau Maninjau adalah danau yang paling luas kedua sesudah Singkarak.

Wisata Kuliner Sumatera Barat

Wisata kuliner yang berada di sumatera barat memang memiliki ciri khas makanan yang bisa dibilang enak dan memiliki berbagai keunikan dan khas sumatera barat, sehingga tak heran banyak para wisatawan yang berkunjung ke sumatera barat tidak melewatkan untuk mencicipi wisata kuliner yang ada di berbagai daerah sekitar sumatera barat.

Berikut adalah beberapa wisata kuliner sumatera barat  :


1. Restoran Lubuk Idai

Bagi anda pecinta makanan atau kuliner laut, tempat ini sangat tepat. Dikarenakan hidangan yang tersedia merupakan menu berbahan dasar ikan laut. Akan tetapi tersedia juga ayam. Ikan dan ayam bakar, juga menu hidangan lautnya sungguh nikmat dan mantap. Harganya mulai dari Rp 5.000,-. Alamat : Jalan Khatib Sulaiman No. 81, Sumatera Barat.


2. RM Sederhana

Rumah makan ini memiliki citarasa lauk yang menggoyang lidah dan tanpa sadar anda akan memakan lauknya saja tanpa nasi. Harga dipatok mulai dari Rp 5.000,- sampai dengan Rp 30.000,-. Alamat : Jalan Kertajaya Indah No. 100, Kota Padang.


3. Martabak Kubang Hayuda

Martabak ini memiliki citarasa istimewa dan gurih dengan daging sapi cincang dan disajika bersama cuka yang berisi irisan cabe, bawang Bombay, serta tomat. Harga seporsinya mulai dari Rp 14.000,-. Alamat : Jalan Prof. M. Yamin, SH. No. 138B, Olo, Padang Barat.


4. Beefsteak dan Gado-gado Khas Padang

Kedua makanan di atas masing-masing adalah makanan barat (western) untuk beefsteak dan kuliner Jawa  untuk gado-gado. Tetapi kedua menu ini ada juga yang merupakan khas Padang, lho. Kalau penasaran langsung meluncur ke lokasi, ya. Harga mulai dari Rp 8.000,-. Alamat : Jalan Niaga, Padang.


5. Kopmil Om Ping

Salah satu tempat nongkrong dan kumpul favorit anak muda adalah lokasi ini. Menu yang beragam dan tempat asyik ini mempunyai menu minuman favorit yaitu kopi milo. Harga mulai dari Rp 5.000,-. Alamat : dekat HBT.


6. Es Durian Ganti Nan Lamo

Kedai yang berdiri sejak 1960 ini menyediakan menu dengan bahan dasar durian. Ya, buah berduri itu diolah dengan sedemikian rupa sampai menghasilkan menu yang menggoyang lidah. Salah satu yang menyegarkan adalah es durian. Harga mulai dari Rp 10.000,-. Alamat : Jalan HOS Cokroaminoto No. 31B, Sumatera Barat.


7. Soto Garuda

Soto Garuda menyediakan menu soto khas Padang. Uniknya selain adanya daging yang dipotong kecil, dalam soto pun terdapat paru goreng yang masih kriuk ketika digigit. Kuahnya gurih segar berpadu dengan bihun dan kentang di dalamnya. Dijamin kenyang dan maknyus. Harga mulai dari Rp 8.000,-. Alamat : Jalan S. Parman, Padang.


8. Warung Babe

Warung makan yang satu ini sudah dijamin lezat, deh. Menu yang dapat anda coba antara lain adalah pepes, nasi uduk, lontong Padang, bubur ayam, dan lain sebagainya. Harga mulai dari Rp 5.000,-. Alamat : Jalan Ujung Gurun, Padang Barat, Kota Padang.


9. Sate Itjap

Bagi anda yang penasaran dengan rasa sate Padang yang ada di daerah asalnya, Kota Padang ini, mampirlah ke Sate Itjap. Citarasanya nikmat dan manis dari daging yang baru saja dibakar. Harganya Rp 18.000,- per porsi. Alamat : Jalan Gajah Mada, Padang Utara.


10. RM Lamun Ombak

Salah satu restoran masakan Padang yang legendaris ini tentunya menyediakan menu yang lezat. Sama seperti di restoran Padang yang lain. Pembeda menu di sini hanya pada ciarasanya yang lebih nikmat. Diantaranya adalah rendang, gulai otak, gulai ikan, ikan asam padeh, dan lain sebagainya. Lauk dibanderol mulai dari harga Rp 5.000,-. Alamat : Jalan Kapten Sulaiman No. 99, Sumatera Barat.


*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 17th, March 2016 / 08:27 Oleh :
Kategori : Sumatera Barat