13 Tips Liburan ke Luar Negeri Pertama Kali dan Hemat


Travelling ke luar negeri bukanlah hal yang mustahil dilakukan di zaman sekarang. Kamu bisa mempersiapkan segalanya mulai dari booking pesawat, kamar hotel, membeli perlengkapan travel, visa dan paspor, dan mengumpulkan informasi destinasi negara tujuan hanya melalui ponsel maupun laptop. Jika anda berniat pergi ke luar negeri, berikut tips liburan ke luar negeri mu menjadi petualangan yang berkesan :

1. Persiapkan budget dan Manfaatkan fasilitas Sharing Economy

Tentukan anggaran dana yang akan kamu pakai untuk berlibur ke luar negeri. Akan lebih baik untuk menggunakan fasilitas Sharing Economy atau konserp berbagi saat travelling. Dengan fasilitas ini kamu bisa menumpang kendaraan atau tinggal di sebuah apartemen milik warga yang tinggal di dekat tempat wisata, demi memangkas biaya dan menemukan teman baru. Beberapa website fasilitas Sharing Economy: Airbnb, EatWIth, Vayable, BlaBlaCar, Kangaride, Colunching, Camp in My Garden, dan Guided by a Local.

2. Persiapkan semua dokumen

seperti KTP, paspor dan VisaSelama tinggal di luar neger, paspor dan visa atau minimal KTP adalah dokumen pribadi yang harus di bawa (KTP hanya untuk berjaga-jaga saja) sebagai kartu identitas kamu. Kamu bisa membuat paspor di kantor imigrasi di kota kamu, buatlah paspor dan, jika perlu, visamu setidaknya 3 bulan sebelum kamu berangkat.Selain sebagai kartu identitas selama di negeri orang, paspor juga digunakan untuk check-in pesawat dan terkadang untuk booking tiket pesawat. Selain itu, pembuatan paspor dan visa beberapa bulan sebelum berangkat, dikarenakan pembuatan visa cukup rumit. Jika kamu pertama kali liburan ke luar negeri, lebih baik pilihlah negara yang bebas visa.

baca Juga:

3. Pilih negara bebas visa

Visa dapat menjadi salah satu pos biaya cukup besar saat berlibur ke luar negeri, belum lagi syarat-syarat yang harus kita penuhi agar pembuatan visa negara tujuan kita diloloskan. Untuk menghindari keruwetan ini, lebih baik pilih negara yang bebas visa seperti negara yang berada di kawasan ASEAN, Maroko dan negara lainnya.

4. Berburu tiket pesawat promo

Selain harus giat memburu tiket promo, sangat disarankan juga untuk memilih maskapai bertarif rendah seperti AirAsia, Lion Air, Norwegian Air dan sebagainya untuk memangkas biaya pesawat. Dan pesanlah penerbangan malam untuk mendapatkan harga miring. Lumayan bukan.

Sponsors Link

Baca juga:

5. Berburu hotel murah dan terpercaya

Biaya hotel bisa jadi salah satu pemicu anggaran menggembung, maka sangat penting untuk menyiapkan hal ini jauh-jauh hari sebelum berangkat. Berburulah diskon kemudian booking hotel pilihanmu. Selain itu memesan jauh hari juga menghindari lonjakan harga hotel karena musim liburan. Selain itu sebisa mungkin pesan hotel yang jaraknya cukup dekat dengan objek wisata yang akan kamu datangi.

6. Siapkan uang cash lokal negara tujuan

Carilah informasi mata uang lokal destinasimu dan siapkan beberapa uang cash secukupnya sejak masih di Indonesia, terutama jika sekitar tempat wisata tujuanmu tidak banyak ditemukan mesin ATM.

Baca juga:

7. Pentingnya bahasa Inggris

Sebagai bahasa Internasional, menguasai bahasa Inggris sangatlah penting saat kamu melancong ke negeri manapun sebagai modal komunikasi jika kamu tidak bisa berbahasa lokal negara setempat. Jika kamu belum benar-benar menguasai, bawalah buku percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris atau kamus kecil Indonesia-Inggris.

ads

8. Transportasi publik

Untuk memangkas dana anggaran, sangat kami rekomendasikan untuk menggunakan alat transportasi publik dibanding menggunakan transport yang disediakan hotel atau taksi. Selain lebih murah, kamu pun bisa mendapat pengalaman untuk berinteraksi langsung dengan penduduk setempat. Sebelum berangkat ke negara tujuan, kumpulkan berbagai informasi seperti transportasi publik yang digunakan, harga, metode membayar, jadwal dan rute, dan sebagainya.

9. Bekal makanan dan belanja hemat

Agar perjalanan wisata ke luar negeri tetap menyenangkan, kamu tetap perlu makan. Namun budget makan ini bisa jadi tricky buat anggaran danamu. Sebisa mungkin hindari makan di kafe atau restoran, carilah tempat makan kecil atau fastfood saat ke daerah Amerika karena harganya cenderung murah. Atau pilih tempat makan yang banyak kamu temukan turis atau backpacker didalamnya. Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa membawa mi instan dari Indonesia loh!Untuk merencakan belanjaan. Kumpulkan informasi tempat belanja oleh-oleh yang paling dekat dengan hotel atau tempat wisata yang anda datangi dengan penawaran harga yang lebih murah dan kualitas terjamin.

baca juga:

10. Mencari tempat wisata gratis

Memilih destinasi wisata gratis tidak ada salahnya, kan? Dengan bantuan Google, carilah beberapa tempat wisata gratis di negara kunjunganmu. Pengeluaran berkurang banyak namun objek foto dan pengalam di negeri asing bertambah, bukan?.Untuk mendapatkan tempat wisata gratis, lebih baik kunjungi negara ‘murah’. Maksudnya negara yang memiliki nilai tukar uang yang murah sehingga harga tiket masuk wisata bisa didapat dengan harga murah bahkan gratis.

11. Pilih waktu yang pas

Penentuan waktu berangkat liburan ke luar negeri juga harus direncanakan dengan tepat. Pemilihan waktu yang pas berkaitan langsung dengan harga tiket penerbangan, hotel dan ramai tidaknya tempat wisata. Sebaiknya pilih low season, atau ‘tidak masa liburan’, untuk berlibur untuk mendapatkan harga tiket pesawat dan hotel lebih murah, bahkan biaya tiket masuk berbagai wisata.

12. Isi koper

Setelah menentukan negara tujuan dan jadwal keberangkatan, kini saatnya menyiapkan isi koper. Cari tahu musim yang sedang terjadi di negara tujuan untuk menentukan jenis baju yang harus kamu bawa. Bawalah peralatan makeup dan peralatan mandi seminim mungkin dalam botol-botol kecil lalu masukkan dalam plastik ziplock agar tidak tercecer. Bawalah satu sepatu dan sendal yang bisa dipakai di segala medan, juga bawalah universal charger yang bisa dibawa ke negara manapun.

13. Buat itinerary

Di zaman serba canggih ini, sangat mudah bagi kita mencari berbagai informasi termasuk negara yang akan kita kunjungi. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang negara destinasimu. Dapatkan informasi tentang tempat wisatanya, penginapannya, dan sebagainya. Sesuaikan budget dan berapa tempat wisata yang akan dikunjungi untuk membuat itinerary. Atau jika kamu tidak mau ribet, download beberapa itinerary di google yang diunggah para traveller yang bisa kamu gunakan atau sebagai referensi tambahan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 04:29 Oleh :
Kategori : Tips Wisata