Sponsors Link

22 Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

Sponsors Link

Solo atau dikenal juga dengan nama Surakarta adalah sebuah kota di Jawa Tengah. Solo banyak dikunjungi wisatawan, terlebih saat musim liburan dan akhir pekan tiba. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Solo yang memiliki keindahan dan keunikan di setiap tempat wisata di solo.

ads

1. Tawangmangu – Tawangmangu adalah sejenis wisata alam yang sangat terkenal di Solo. Air terjun ini dikenal juga dengan nama grojogan sewo. Tawangmangu terletak di Kabupaten Karanganyar sekitar 37 km arah timur Solo. Air terjun dengan panorama indah hijau dan berhawa sejuk ini ada di dekat Gunung Lawu. Bermain di bawah air terjun ini perlu hati-hati dan waspada. Bebatuan yang besar dan licin patut untuk diwaspadai juga. Selain menikmati keindahan air terjun dengan terpaan air yang memercik ke badan, di sini kita juga dapat membeli berbagai jenis tanaman sebagai oleh-oleh atau menunggang kuda. Tentunya tidak menunggang sendirian, tetapi didampingi perawat kudanya, jadi akan aman. Liburan kemari cocok untuk keluarga.

2. Taman Balekambang – Sejak tahun 2008, Taman Balekambang sudah difungsikan sebagai taman rekreasi sekaligus sebagai sarana edukasi. Warga masyarakat banyak yang menghabiskan waktu liburan di Taman Balekambang. Taman ini terbagi ke dalam dua bagian. Pertama adalah Taman Air Partini yang di dalamnya ada fasilitas permainan perahu dan yang kedua adalah Hutan Partinah yang di dalamnya ada beraneka ragam jenis tanaman yang sudah tergolong langka. Taman Balekambang berlokasi di Jalan Ahmad Yani dan berdiri di atas tanah kira-kira seluas 10 hektar.

3. Tugu Lilin – Para wisatawan yang suka berfoto atau mengambil gambar, disarankan untuk datang ke Tugu Lilin. Di sini kita dapat melihat sebuah tugu yang bentuknya mirip lilin yang tengah menyala. Tugu lilin dibangun untuk memperingati 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Tugu Lilin ini adalah sebuah lambang pengabdian dan semangat membara dalam perjuangan kemerdekaan. Lokasinya di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo.

4. Keraton Surakarta – Rasanya belum ke Surakarta jika tak berkunjung ke Keraton Surakarta atau Keraton Solo. Di sini kita dapat melihat berbagai benda kuno dan mengambil foto dengan para prajurit penjaga keraton. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah kereta kencana yang dipamerkan di keraton. Untuk masuk dan menjelajah Keraton Surakarta kita hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000,-. Murah meriah, bukan?

5. Taman Sriwedari – Salah satu tempat wisata yang berada di Kecamatan Lawiyan dan dulunya dibangun untuk rekreasi keluarga kerajaan. Taman Sriwedari kini telah beralih fungsi menjadi taman yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di sini ada pula Gedung Wayang Orang Sriwedari yang menampilkan kesenian wayang dengan cerita bertema Mahabarata dan Ramayana.

6. Air Terjun Jumog – Wisata alam alternatif yang patut dikunjungi ketika anda liburan ke Solo adalah Air Terjun Jumog. Air terjun ini tak kalah menawan dengan Grojogan Sewu. Udaranya sama-sama sejuk, bersih dan hawanya dingin. Percikan airnya mengenai tubuh. Dapat ditempuh 40 km dari Kota Solo. Selain panorama yang indah, air terjun ini pun menawarkan harga yang murah untuk tiket masuknya. Yaitu Rp 5000,- per orang. Eitt … akan tetapi harga itu bisa berubah sewaktu-waktu, ya.

7. Pandawa Water World Solo Baru – Ini adalah salah satu wahana wisata air yang lokasinya di Solo Baru. Yang ditawarkan oleh Pandawa Water World adalah beraneka macam wisata air yang tentunya sangat menyenangkan, tak hanya bagi anak-anak. Namun orang dewasa juga demikian. Untuk tiket masuk hari Senin sampai dengan Jumat yaitu Rp 50.000,- sedangkan pada Sabtu dan Minggu Rp 100.000,-. Harga tiket dapat berubah dan tak tetap.

8. Pasar Klewer – Siapa yang tak kenal Pasar Klewer, namanya sudah sangat populer di Kota Solo bahkan sampai keluar Solo. Pusat tekstil terbesar di Solo dengan pedagang yang berjualan setiap harinya mencapai lebih dari 2000 orang. Kita dapat menemukan beraneka macam batik di sini. Tak hanya batik yang di buat di dalam negeri, namun juga buatan luar negeri. Seiring waktu, sebagian pedagang Pasar Klewer pun mulai berjualan barang selain batik. Ada seragam sekolah, kaos, jaket, sampai dengan jasa menjahit, semua ada.

9. Kampung Batik Kauman – Salah satu wisata belanja Solo yang terkenal yaitu Kampung Batik Kauman. Ini adalah pusatnya kerajinan batik yang ada di dekat Keraton Kasunan Surakarta. Batik warna gelap dengan motif modern adalah sebagian besar koleksi di sini. Produk batik dari Kauman gaungnya telah sampai mancanegara. Tak heran jika wisatawan mancanegara banyak yang memesan bahkan berlangganan batik di sini. Harga batiknya sampai jutaan rupiah.

10. Museum Manusia Purba Sangiran – Tempat ini adalah museum manusia purba yang terlengkap di Asia. Museum unik dengan banyak koleksi fosil-fosil manusia purba. Umur fosil manusia purba bervariasi ada yang lewat dari 2 juta tahun dan ada yang 200.000 tahun. Dengan koleksi fosil manusia purba sebanyak setidaknya 13.000 buah. Koleksi lain Museum Manusia Purba Sangiran adalah fosil tumbuhan, hewan, perlengkapan manusia purba, serta batu.

11. Ngarsopuro Solo – Suasana ramai Taman Ngarsopuro akan terasa ketika sore hari sampai dengan malam hari. Lokasinya di Jalan Diponegoro (depan Pura Mangkunegaran). Kawasan Ngarsopuro telah ditata secara artistik sehingga cocok sekali untuk nongkrong anak-anak muda.

12. Museum Batik Danar Hadi – Danar Hadi merupakan salah satu produsen batik solo yang sudah terkenal. Di museum ini dapat dijumpai koleksi batik dari seluruh penjuru nusantara, dengan corak serta motif beragam. Koleksinya mencapai 10.000 helai batik. Karena itulah museum ini memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atau MURI sebagai museum dengan koleksi kain batik paling banyak.

ads

13. Ngarsopuro Night Market – Pasar malam yang rutin dibuka setiap hari Sabtu sampai Minggu mulai dari pukul 19.00-21.00. Tempat ini hanya boleh dipakai sebagai area berdagang untuk orang yang memiliki KTP Solo saja. Berbagai benda dijual di pasar ini. Contohnya adalah souvenir, kain batik, benda kerajinan, sampai dengan makanan khas Solo tersedia. Untuk menyemarakkan suasana, di pasar malam ini diadakan pertunjukan musik etnik dari penggiat seni di Kota Solo, tari-tarian sampai dengan pertunjukan musik jazz.

14. Museum Radya Pustaka – Ini adalah museum tertua di Indonesia yang terletak di dekat Taman Sriwedari. Kita bisa melihat dan mengetahui seperti apa Kota Solo di masa lalu dan juga melihat salah satu koleksi museum yang menarik berupa porselen hadiah dari Napoleon Bonaparte untuk Sri Susuhunan Paku Buwana IV.

15. Kampung Batik Laweyan – Salah satu sentra batik Solo ada di Kampung Batik Laweyan. Arsitektur yang terkesan bergaya eropa menyelimuti bangunan di Kampung Batik Laweyan. Banyak rumah di sini yang dibangun dengan gaya arsitektur Eropa yang megah dan kuat. Rumah tersebut dahulu pemiliknya merupakan para saudagar batik. Anda dapat berbelanja aneka macam produk batik mulai kain sampai dengan souvenir.

16. Candi Cetho – Candi ini lokasinya di lereng Gunung Lawu. Lokasinya berdekatan dengan Candi Sukuh. Sepanjang perjalanan menuju candi, kita akan disuguhi pemandangan alam yang menarik. Tiket masuknya sangat murah yaitu Rp 2500,- per orang. Tetapi harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, ya.

17. Candi Sukuh – Candi Sukuh belum banyak dikunjungi dan dikenal wisatawan. Memang lokasinya susah dijangkau yaitu di pedalaman Gunung Lawu, jadi tidak heran kalau banyak yang tidak mengetahui tentang candi ini. Candi Sukuh mempunyai bentuk yang unik, lho. Mirip sekali seperti bentuk piramida Suku Maya. Bagi yang penasaran, ayo berkunjung kemari!

18. Pasar Triwindu – Pasar ini menjadi pilihan lain wisata belanja ketika berada di Solo. Uniknya di sini adalah adanya bermacam koleksi barang-barang antik yang susah ditemukan di tempat lainnya.

19. Astana Giribangun – Astana Giribangun lokasi tepatnya tidak di Kota Solo. Akan tetapi dekat dengan Solo yaitu di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Ini merupakan kompleks pemakaman keluarga Soeharto. Di sini ada makam Ibu Tien Soeharto dan Bapak Soeharto, juga beberapa kerabat lain. Banyak yang berkunjung kemari untuk ziarah.

20. Perkebunan Teh Kemuning – Tempat wisata ini juga ada di Karanganyar. Warga Kota Solo dan sekitarnya yang ingin menikmati keindahan perkebunan teh yang hijau, udara segar, dan menyejukkan mata, bisa datang kemari. Keindahannya tak kalah dengan Puncak Bogor. Selain menikmati keindahan panoramanya yang memukau di sekitar Perkebunan Teh Kemuning kita juga dapat melakukan aero sport paralayang, letak tepatnya di Venues Bukit Paralayang, Desa Segoro Gunung Kemuning, Karanganyar. Tempat yang berada di lereng Gunung Lawu ini mempunyai hawa pegunungan yang sejuk.

21. Agrowisata Sondokoro – Ada satu pabrik gula yang tidak jauh dari Kota Karanganyar bernama Pabrik Gula Tasikmadu yang merupaka peninggalan Belanda. Pabrik ini masih ada di bawah naungan PTPN IX. Saat ini di sekitar Pabrik Gula Tasikmadu tengah dikembangkan Agrowisata Sondokoro yang merupakan tempat wisata keluarga dengan bermacam fasilitas permainan anak. Di Sondokoro kita bisa berkeliling menggunakan sebuah kereta tua yang antik. Tentunya ini akan jadi pengalaman tak terlupakan bagi semua yang berkunjung.

22. Tubing Goasari Ngargoyoso – Kebanyakan orang mengenal rafting, akan tetapi di Karanganyar ini terdapat river tubing atau menyusuri sungai dengan menggunakan ban. Perlengkapan yang dipakai untuk tubing sama dengan rafting yaitu pelampung dan helm. Lokasi tepatnya di Desa Punthukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar. Paling menyenangkan liburan kemari bersama teman atau rombongan. Menyusuri sungai yang jernih dan bebatuan yang tampak di sungai dengan pemandangan sekitar memanjakan mata. Menambah asyiknya kegiatan tubing.

Wisata Kuliner Solo

Banyak sekali aneka ragam wisata kuliner solo yang membuat anda tidak akan meyesal jika anda berkunjung ke solo, dengan adanya tempat wisata yang memiliki keindahan dan keunikan di solo juga kita akan menemukan beberapa wisata kuliner khas solo.


1. Timlo Sastro

timlo sastroKalau ke Yogyakarta belum mantap jika belum mencicipi gudegnya. Nah, timlo pun demikian. Inilah kuliner wajib yang harus dicicipi ketika berkunjung ke Solo. Timlo merupakan sejenis sup kaldu ayam yang isinya wortel, ampela, ati, daging ayam, kentang, ditambah dengan sosis solo. Semua ada dalam satu wadah dan biasa disajikan bersama nasi dan kerupuk kulit. Sebetulnya sup yang satu ini dapat kita temukan dengan mudah di tempat-tempat makan Kota Solo, akan tetapi jika anda mencari legenda timlo di Surakarta, tepat sekali datang ke Timlo Sastro. Timlo ini sudah terkenal sejak 1952. Lokasinya di belakang Pasar Gede Timur. Buka mulai pukul 06.00-15.00. Dan yang membuat kita nyaman makan di sini, tak hanya kulinernya yang memanjakan lidah, tetapi Timlo Sastro juga menyuguhkan live musik keroncong dari para pengamen yang telah dikontrak untuk memberi hiburan kepada pengunjung.


2. Roemahkoe Resto

roemahku restoSalah satu tempat makan yang wajib untuk anda kunjungi adalah Roemahkoe Resto atau yang biasa dikenal dengan sebutan Restoran Laras. Suasana Jawa di sini begitu kental dengan menu andalannya adalah nasi jemblung. Nasi ini adalah makanan istimewa  kerajaan dan biasa dilengkapi dengan semur lidah sapi. Penyajiannya, nasi dibentuk mirip cincin raksasa, lidah sapinya di tengah, kemudian diberi hiasan berupa sambal terasi, kerupuk kulit, serta irisan mentimun. Untuk minumannya anda dapat mencoba minuman yang juga merupakan menu istimewa kerajaan bernama cemol. Cemol adalah campuran air jahe, gula, kelapa muda, serai, irisan roti, dan kacang tanah yang disangrai. Untuk menambah kepuasan pelanggan, diadakan hiburan live musik tiap malam Jumat dan Minggu. Lokasinya di Jalan Radjiman 501, Solo.


3. Bale Padi Resto

bale padi restoMenikmati sajian kuliner Solo yang lezat dengan suasana persawahan hijau dan angin semilir membuat kita nyaman berada di resto ini. Bale Padi Resto terletak di Jalan Kadilangu, Baki Pandeyen, Solo. Kuliner malam dan siangnya tidak sama. Untuk kuliner siang akan tersedia menu masakan tradisional seperti empal gepuk, tumis tahu, oseng tempe pare, serta gulai kakap. Dan pada malam hari menunya berubah menjadi olahan aneka seafood yang lezat. Nah, untuk minumannya cobalah kelapa muda bakar rempah. Minuman ini cukup unik yaitu perpaduan antara kelapa muda yang dibakar yang disajikan bersama dengan air rempah, kayu manis, cengkeh, dan serai. Untuk menikmati minuman ini, campur saja air rempah tadi ke batok kelapa dan aduk sampai rata. Resto ini buka tiap hari dari pukul 07.00-22.00.


4. Warung Selat Mbak Lies

Warung Selat Mbak LiesMakanan bernama selat? Wah, unik juga. Sebenarnya selat adalah sejenis salad. Akan tetapi karena lidah orang lokal lebih mudah menyebutnya selat, jadilah nama itu yang terkenal. Salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi ketika berada di Solo adalah Warung Selat Mbak Lies, berlokasi di Jalan Serengan 42, Solo. Menu utama dan andalan dari warung selat ini adalah selat bestik. Makanan ini adalah campuran atau kombinasi dari irisan daging sapi, pindang telur, kentang goreng, buncis, wortel, selada, acar timun, bawang merah iris, serta mayonais jawa. Minuman pas sebagai teman selat adalah es degan atau es kelapa muda. Untuk pemanisnya kita bisa memilih mau pakai gula merah, sirup, atau gula putih. Tempat makan yang tergolong unik karena di sini penuh dengan koleksi barang antik berupa keramik kuno. Selain tempatnya yang beda, pelayannya pun unik, mereka pakai seragam dengan warna ngejreng atau mencolok dengan bentuk lucu. Nah, warung makan ini buka pukul 10.00-17.00.


5. Galabo Solo

Galabo SoloGalabo adalah sejenis pasar malam yang ada di solo. Nama pasar malam ini singkatan dari Gladag Langen Bogan. Berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo dan bukanya mulai pukul 17.00 sampai dengan 05.00. Untuk siang hari, pasar ini berubah fungsinya seperti biasa yaitu sebagai jalan raya. Tenda dan bangku yang berderet-deret, suguhan live musik, semuanya membuat suasana semakin semarak. Nah, bagi anda yang lapar tengah malam, ngulineran di sini cocok sekali. Berbagai macam makanan khas Solo bisa kita temukan di sini. Antara lain adalah tengkleng, mie thoprak, sate kere, ronde, dan lain sebagainya. Untuk lokasi yang populer yaitu Susu Segar Shi Jack dan Sate Kere Yu Rebi.


6. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu EdiTengkleng adalah kuliner yang harus dicoba ketika berwisata ke Solo. Tengkleng ini dahulu dikenal dengan makanannya orang miskin. Ya, hal ini dikarenakan tengkleng bahan pembuatannya adalah tulang kambing dengan sedikit daging yang masih menempel. Ada dua jenis tengkleng yang dapat kita pilih. Pertama adalah tengkleng kuah bening dan yang kedua tengkleng dengan kuah santan. Rasanya yang asam gurih, segar dinikmati. Tengkleng Bu Edi adalah yang paling terkenal seantero Solo. Ini bukan restoran besar, melainkan sebuah kedai kecil yang buka di Gapura Utara Pasar Klewer. Tidak tersedia tempat duduk di sini karena tempat yang sempit dan terbatas. Warung ini mulai buka pukul 13.00 dan akan langsung diserbu pembeli. Biasanya cuma butuh waktu 3 jam untuk tengkleng habis terjual.


7. Serabi Notosuman

Serabi NotosumanSerabi yang dikenal masyarakat sunda dengan sebutan surabi ini mempunyai rasa yang legit dan lezat. Tempat serabi yang populer di Solo ini adalah di Jalan Moh. Yamin yang dahulu namanya Jalan Notosuman. Beda dengan surabi Bandung, serabi tidak memakai kuah dengan pilihan rasa yang terbatas, cuma rasa original dan cokelat. Adonan serabi dari santan yang dicampur tepung beras ini banyak disukai orang. Meskipun hanya itu rasanya, serabi enak sebagai kudapan sore berteman teh hangat.


8. Es Krim Tentrem

Es Krim TentremKedai es krim yang legendaris di Solo adalah Es Krim Tentrem. Lokasinya di Jalan Urip Sumoharjo dan merupakan jenis es krim home made. Es krim ini terkenal sejak 1952. Buka dari pukul 10.00-21.00. Bermacam varian rasa es krim yang tersedia antara lain robin rose, tutty fruity, rainbow, sampai dengan rum n coffee.


9. Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel Tambak SegaranSate yang ini agak berbeda dengan sate pada umumnya karena cara pembuatan yang dibungkus lebih dulu sebelum dibakar. Sate yang terdiri dari daging kambing cincang yang telah berbumbu selanjutnya dibungkus pakai lemak kambing yang tipis. Cita rasa sate akan semakin mantap ketika lemak yang dalam proses pembakaran akan meleleh. Sate Buntel Tambak Segaran adalah satu kuliner populer dan berlokasi di Jalan Tambak Segaran 39. Menu lain yang tersedia selain sate buntel adalah  sate dan gulai kambing. Mulai buka pada pukul 10.00 sampai dengan 23.00.


10. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam NgarsopuroTempat nongkrong dan berkumpul anak muda di Solo adalah di Pasar Malam Ngarsopuro. Berlokasi di Jalan Diponegoro dan ada setiap malam minggu. Banyak kuliner yang bisa kita cicipi selain berbagai souvenir, dan barang kerajinan yang juga bisa kita beli. Makanannya antara lain, ronde, sate kere, bakso bakar, sosis solo, nasi liwet, dan masih banyak lagi.


Sponsors Link

Tempat Wisata Lain di Solo

Wisata belanja :

  1. Pusat Grosir Solo
  2. Beteng Trade Center
  3. Pasar Buku Sriwedari
  4. Pasar Legi
  5. Pasar Keris
  6. Pasar Malam Ngarsopuro.

Wisata budaya :

  1. Museum Samanhudi
  2. Museum Pers Nasional dan Monumen Pers
  3. Puro Mangkunegaran.

Wisata kuliner :

  1. Gudeg Kendil Adem Ayem
  2. Gudeg Margoyudan
  3. Pecel Ndeso
  4. Tengkleng klewer
  5. Wedang dongo
  6. Nasi Liwet Mbak Yanti.

Oleh-oleh khas Solo :

  1. Gempol Pleret Pasar Gedhe
  2. Karak Bratan
  3. Kripik Ceker
  4. Kripik Paru
  5. Cambuk rambak
  6. Roti Mandarin Orion.

Wisata alam dan keliling kota Solo :

  1. Sepur kluthuk Jaladara
  2. Bus Werkudara
  3. Kereta Kencana
  4. Taman Satwa Taru Jurug.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Kota Solo dan sekitarnya. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 07th, January 2016 / 09:19 Oleh :
Kategori : Jawa Tengah