Sponsors Link

19 Tips Liburan ke Lombok Ala Backpacker dan Ransel

Sponsors Link

Lombok, salah satu tempat yang sempurna untuk dijadikan tempat berlibur dan berwisata. Bagaimana tidak, anda dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa megah di Lombok ini. Perbukitan yang masih asri, bukit yang menjulang menawarkan keindahan, serta pantai yang bersih untuk menikmati liburan. Salah satu tempat wisata yang mesti anda kunjungi apabila anda hendak berwisata di Indonesia.

ads

Liburan ke Lombok merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda, harga lokal masih terjangkau serta pengalaman bersentuhan dengan alam yang luar biasa. Anda hanya perlu melakukan persiapan yang cukup dan informasi yang tepat agar liburan anda menjadi luar biasa. Nah apabila anda sedang merencanakan liburan ke Lombok, yuk simak beberapa tips ini agar liburan anda menjadi lebih istimewa.

Baca juga:

  1. Transportasi

Ya tentu anda perlu membeli tiket dari jauh-jauh hari untuk harga yang lebih murah. Namun memang ada beberapa alternatif untuk menuju Lombok. Anda bisa langsung memesan pesawat kemari, atau anda juga bisa transit dulu ke Bali dan dilanjutkan dengan menggunakan kapal untuk menuju kemari. Anda tinggal mencari kombinasi yang paling tepat dan paling murah untuk perjalanan anda.

  1. Itenary

Di Lombok anda dapat menikmati segudang keindahan alam. Mulai dari bukit, pantai, curug, hingga pemandangan di kaki Gunung Rinjani. Memulai perjalanan dengan perencanaan yang matang tentu akan membuat anda dapat menikmati keindahan disini dengan optimal ketika melakukan liburan ke Lombok.

  1. Sesuaikan dengan jadwal anda

Karena begitu banyak tempat yang dapat anda kunjungi di Lombok, anda tentu perlu menentukan skala prioritas terkait tempat yang akan anda kunjungi. Seminggu, 5 hari, 3 hari. Ya tergantung dengan alokasi waktu anda. Pastikan perencanaan dan jalur perjalanan anda telah tersusun dengan rapi.

  1. Pilih homestay

Ketika anda hendak melakukan liburan ke Lombok, anda dapat menikmati penginapan murah. Anda tinggal mencari homestay mana yang hendak anda kunjungi. Memilih homestay di daerah Mataram adalah pilihan yang tepat karena dekat dengan pusat kota.

Sponsors Link

  1. Bukit Merese

Nah salah satu bukit ini tentu wajib anda kunjungi. Bukit Merese menawarkan pemandangan luar biasa dan akan menjadi salah satu spot terbaik yang mungkin anda kunjungi ketika melakukan liburan ke Lombok. Kolaborasi antara bukit yang langsung menjorok ke pantai memang tidak ada duanya deh.

  1. Curug Tiu Kelep

Apabila anda adalah pecinta pemandangan alam yang luar biasa megah, anda tentu perlu mengunjugi curug tiu kelep. Curug ini adalah curug tertinggi yang ada di Lombok. Disini anda akan menemukan pemandangan alam yang sangat asri dan indah. Tentu akan menjadi pilihan tepat ketika melakukan liburan ke Lombok.

  1. Surfing di Pantai Selong Belanak

Nah untuk menambah cerita tersendiri ketika hendak melakukan liburan ke Lombok, anda dapat belajar surfing di Pantai Selong Belanak. Selain ombaknya yang relatif kecil, anda juga dapat menyewa papan selancar sendiri di pantai ini.

Baca juga:

ads
  1. Belajarlah berenang sebelum kemari

Liburan ke Lombok berarti anda akan ditemani dengan pemandangan darat dan laut yang indah. Nah untuk itu anda perlu belajar berenang sebelum berangkat kemari. Melakukan snorkeling tanpa papan pelampung akan memberikan anda nuansa tersendiri untuk dapat langsung bersentuhan dengan biota laut yang ada.

  1. Sembalun

Salah satu desa yang menjadi gerbang Gunung Rinjani ini akan memberikan anda nuansa tersendiri ketika anda hendak melakukan liburan ke Lombok. Lokasi yang dikelilingi perbukitan serta pemandangan yang luar biasa indah akan menemani anda ketika anda berkunjung ke daerah ini.

  1. Treking Gunung Rinjani

Nah bagi anda para pecinta nuansa pegunungan, anda dapat menikmati keindahan salah satu Gunung terbaik Indonesia dengan melakukan trekking di gunung ini. Memang anda memerlukan alokasi waktu 3-5 hari untuk melakukan trekking di Gunung Rinjani. Namun apabila memang anda sedang menyempatkan waktu ke Lombok, tidak ada salahnya untuk mencicipi keindahan dan kemegahan Rinjani ini.

  1. Gili Trawangan

Apabila sudah jauh-jauh ke Lombok, rasanya belum komplit apabila tidak mampir ke Gili Trawangan. Anda dapat menggunakan kapal cepat dari Lombok menuju Gili Trawangan. Disini pula anda dapat menikmati kehidupan malam yang penuh dengan  musik dan nuansa pantai. Sunset disini juga akan memukau mata anda karena begitu indahnya.

Baca juga:

  1. Sewalah motor

Untuk anda yang memiliki perencanaan untuk mengelilingi habis Lombok, tentu menyewa motor adalah salah satu pilihan yang tepat. Selain harga yang lebih murah, motor juga membuat anda menjadi lebih fleksibel ketika hendak mengeksplor habis Lombok

  1. Jangan Lupa bensin

Tentu anda akan dihadapkan dengan rute yang cukup jauh. Berkisar antara 30-60 km ketika hendak mengeksplor habis Lombok. Nah maka dari itu, penting untuk anda mengetahui titik pengisian bensin dan prakiraan pemakaian bensin bagi motor anda. Jangan sampai motor anda mogok di tengah rute perjalanan Lombok yang masih sepi. Tentu akan jadi perkara tersendiri bukan di liburan ke Lombok anda

  1. Biasakan menawar

Ketika melakukan liburan ke Lombok, anda perlu menguasai keahlian yang satu ini. Segala jenis jasa yang ditawarkan pada anda tentu bisa ditawar untuk harga yang lebih murah. Biasakan untuk melakukan penawaran harga agar anda dapat menghemat pengeluaran ketika berada di Lombok

  1. Kamera + Lensa Wide

Nah untuk anda yang hendak liburan ke Lombok, tentu kurang lengkap tanpa adanya kamera dan lensa wide. Ya cobalah untuk mencari pinjaman sebisa mungkin, karena anda akan takjub ketika telah sampai disana. Kamera dengan lensa wide akan membantu anda untuk mengabadikan segala keindahan alam yang anda temui ketika liburan ke Lombok ini.

  1. Pelajari jadwal kapal cepat

Bagi anda yang hendak melakukan perjalanan ke Gili Trawangan, pastikan anda mengetahui jadwal kapal cepat atau kapal transportasi dari Lombok ke Gili Trawangan. Hal ini akan menghemat waktu anda daripada harus menunggu di pelabuhan tanpa kegiatan yang jelas.

  1. Kuliner!

Lombok mempunyai ayam taliwang sebagai salah satu menu kuliner favoritnya. Nah pastikan anda menyempatkan waktu untuk menyantap makanan ini ketika melakukan liburan ke Lombok. Bumbu yang ditawarkan serta cita rasa yang sedap akan memenuhi lidah anda tentunya.

Sponsors Link

  1. Festival Bau Nyale

Nah untuk anda yang hendak liburan ke Lombok, pastikan anda juga mencari tahu jadwal festival bau nyale. Festival ini biasanya diadakan pada bulan Februari atau Maret. Orang-orang lokal akan berkumpul di sekitaran pantai seger untuk menangkap nyale, atau cacing laut, yang muncul hanya sekali dalam setahun.

  1. Mampir ke desa adat

Nah untuk lebih menyempurnakan liburan ke Lombok kali ini, sempatkan diri anda untuk mampir ke desa adat yang berada di Lombok. Anda tentu perlu mencari tahu terlebihd dahulu pilihan desa adat yang ada beserta dengan lokasinya.

Itulah beberapa tips liburan ke Lombok yang bisa kami bagikan apabila anda hendak. Selamat berlibur!

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 31st, August 2017 / 03:38 Oleh :
Kategori : Tips Wisata