Sponsors Link

20 Persiapan Liburan ke Luar Negeri (#Wajib Disiapkan)

Sponsors Link

Persiapan liburan ke luar negeri sangat penting untuk dilakukan dengan baik. Hal ini berkaitan dengan lokasi liburan yang pasti akan berbeda daripada lokasi liburan di dalam negeri. Mungkin saat ini banyak orang yang ingin berwisata ke luar negeri. Luar negeri memang menarik untuk dieksplor. Di sana, ada pemandangan yang sangat berbeda dengan pemandangan yang ada di Indonesia. Namun tentu saja perjalanan wisata tidak boleh dilakukan sembarangan, karena mengunjungi negeri orang tidak semudah kelihatannya. Butuh persiapan uang ekstra, baik dari segi fisik, regulasi, hingga transportasinya.

ads

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa persiapan liburan ke luar negeri yang wajib diperhatikan sebelum berangkat berwisata. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

1. Paspor

Sebelum berwisata ke luar negeri, ke manapun negara yang akan dituju, hal yang harus dipersiapkan pertama kali adalah paspor. Paspor adalah sebuah dokumen terpenting dalam hal imigrasi yang harus dibawa. Untuk membuat paspor, perlu ada beberapa dokumendan juga biaya yang harus dikeluarkan. Sebaiknya persiapkan paspor dari jauh-jauh hari. Hal ini dikarenakan proses pembuatan paspor tidak bisa cepat. Butuh menunggu beberapa hari bahkan beberapa minggu untuk mendapatkan paspor jadi yang sah.

2. Visa

Selain paspor, visa merupakan salah satu hal yang wajib ada sebelum berwisata ke luar negeri. Visa merupakan izin untuk memasuki sebuah negara. Saat ini ada beberapa negara yang membebaskan visa. Namun ada lebih banyak negara yang mewajibkan visa. Visa itu harganya juga bermacam-macam, tergantung negara yang dituju. Ada yang ratusan ribu, ada yang mencapai jutaan. Oleh karena itu, sebelum berwisata ke luar negeri, ada baiknya mencari tahu informasi tentang pembuatan visa, biaya, serta apa saja dokumen yang diperlukan untuk membuat visa.

3. Mata uang

Hal ketiga yang perlu dipersiapkan dengan matang adalah mata uang. Untuk bertransaksi di luar negeri tentu diperlukan uang. Uang di negara lain berbeda dengan uang di Indonesia. Maka dari itu, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jenis mata uang, kurs mata uang, dan bagaimana cara menukar mata uang. Cari tahu juga dimana saja lokasi penukaran uang atau bagaimana pengambilan uang dari ATM, karena biasanya di luar negeri juga ada jenis ATM mastercard yang bisa dijadikan alternatif pengambilan uang jika suatu saat nanti kehabisan uang.

4. Sistem transportasi

Luar negeri juga pasti memiliki sistem transportasi yang berbeda dengan Indonesia. Mempelajari sistem transportasi di negara tujuan wajib hukumnya. Apalagi jika wisatawan tidak menggunakan agen perjalanan. Sebelum berangkat, cari informasi mengenai transportasi umum dan jalur-jalurnya yang bisa dinaiki. Transportasi umum di luar negeri biasanya adalah bus dan kereta cepat. Cari tahu juga harga dari transportasi umum tersebut. Biasanya juga ada kartu yang harus dimiliki untuk bisa naik transportasi umum tersebut. Catat juga rute mana saja yang perlu dinaiki untuk menuju objek wisata tertentu.

Baca juga:

5. Persiapkan fisik

Saat berlibur ke luar negeri, persiapkan fisik yang kuat. Sebaiknya berolahraga kecil-kecilan beberapa minggu sebelum berangkat. Tujuannya untuk memperkuat fisik dan beradaptasi dengan perjalanan panjang yang nanti akan dilakukan. Selama berada di luar negeri, khususnya di negara maju, wisatawan dituntut untuk banyak-banyak berjalan kaki. Bahkan untuk berpindah jalur atau halte saat hendak naik transportasi umum pun dibutuhkan jalan kaki. Bahkan ada jalan kaki yang jaraknya mencapai 30 sampai 40 menit setiap berganti jalur atau halte. Maka dari itu, saat berlibur di luar negeri sangat diperlukan fisik yang kuat. Biasakan diri dengan jalan kaki teratur setiap hari.

6. Pelajari musim

Tidak lucu jika berangkat ke luar negeri pada saat musim panas, namun baju yang dibawa adalah baju musim dingin. Maka dari itu, pelajari dahulu musim dan jangka waktu musim tersebut. Jika negara yang dituju adalah negara tropis, tentu musimnya mirip dengan Indonesia. Tapi jika negara yang dituju adalah negara sub tropis, tentu persiapannya berbeda. Oleh karena itu, sesuaikan dengan jadwal keberangkatan wisatamu ke negara-negara tertentu. Gunanya adalah untuk mempersiapkan segala keperluan dan pakaian yang November

Biasanya, untuk negara sub tropis di utara khatulistiwa, jadwal musim akan mengikuti jangka waktu tertentu seperti berikut ini.

  • Musim dingin: Desember – Februari
  • Musim semi: Maret – Mei
  • Musim panas: Juni – Agustus
  • Musim gugur: September – November

Namun untuk lebih jelasnya, silakan lihat informasi yang lebih lengkap di masing-masing negara yang akan dikunjungi.

Sponsors Link

7. Informasi makanan halal

Tidak hanya musim, pakaian, dan transportasi saja, makanan juga wajin disiapkan. Apalagi untuk wisatawan muslim yang harus makan makanan halal. Ada baiknuya sebelum berangkat, wisatawan mencari tahu lokasi-lokasi makanan halal yang bisa dikunjungi di negara tersebut. Hal ini sangat penting, karena makanan halal di luar negeri cukup langka. Jangan sampai salah makan, karena bisa jadi makanan tersebut tidak halal.

8. Persiapan makanan ringan

Untuk wisatawan yang suka camilan, sebaiknya bawa camilan dari Indonesia saja, karena harga camilan di luar negeri untuk jenis camilan yang mirip dengan camilan di Indonesia, harganya bisa mencapai 5 kali lipat. Selain itu, camilan di luar negeri juga tidak bisa dijamin kehalalannya.

9. Persiapan obat-obatan

Sebelum berlibur ke luar negeri, selalu persiapkan obat yang tepat. Kita tidak akan pernah tahu apakah kondisi alam di sana cocok untuk tubuh kita atau tidak. Apalagi jika datang di saat musim dingin. Untuk mengatasi itu, selalu persiapkan obat-obatan untuk perjalanan agar wisata bisa dilakukan dengan lancar.

ads

10. Persiapan asuransi

Jika dibutuhkan, wisatawan yang ingin pergi ke luar negeri dapat mengurus asuransi wisata.

Baca juga:

11. Persiapan tiket pesawat

Carilah tiket pesawat murah atau promo. Sebaiknya pesan tiket dari jauh-jauh hari.

12. Persiapan penginapan

Setelah memastikan jadwal keberangkatan, berusahalah untuk mendapatkan penginapan. Cari penginapan dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan penginapan.

13. Persiapan itinerary

Buat itinerary secara lengkap. Sebisa mungkin, tulis juga objek wisata yang akan dikunjungi. Jangan menyepelekan jadwal, karena dari jadwal akan didapatkan banyak hal yang menentukan keberhasilan perjalanan.

14. List barang bawaan

Buat daftar barang bawaan yang wajib dibawa. daftar itu akan membantu saat packing barang bawaan.

15. Prediksi budget liburan

Sebelum berangkat, prediksi juga budget liburan. Prediksi budget liburan itu bisa didapatkan dari itinerary yang sudah dibuat.

16. Persiapkan makanan instan

Karena harga makanan di luar negeri bisa mencapai 5 kali lipat dan sulit sekali mencari makanan halal, ada baiknya membawa makanan sendiri dari Indonesia. Bawalah makanan yang instan dan mudah diolah, misalnya abon, nuget, sarden kaleng, atau bakso.

Baca juga:

17. Persiapan internet

Di luar negeri memang ada banyak sekali wifi yang bisa diakses secara gratis. Namun, kecepatan wifi gratis itu bisa saja tidak bisa diandalkan. Untuk itu, persiapkan internet tersebut. Wisatawan bisa menyewa wifi portable, atau bisa juga dengan membeli sim card baru.

Sponsors Link

18. Mencari voucher diskon

Tidak ada salahnya berusaha untuk mencari voucher diskon masuk tempat wisata sebelum berangkat ke luar negeri. Ada banyak voucher wisata virtual yang bisa memberikan potongan harga masuk tempat wisata.

19. Download aplikasi yang dibutuhkan

Ada banyak aplikasi yang bisa diunduh untuk memudahkan wisatawan mengenali negara tujuan. Misalnya aplikasi yang menunjukkan jalur-jalur subway, aplikasi translator bahasa, dan aplikasi lainnya.

20. Packing

Persiapan terakhir adalah packing. Kemas barang bawaan serapi dan sehemat mungkin. Jangan sampai ada barang yang tertinggal, karena wisata ke luar negeri tidak bisa dilakukan dengan baik jika ada barang yang tertinggal.

Baca juga:

Demikianlah beberapa persiapan liburan ke luar negeri yang bisa dilakukan. Semoga perjalanan wisatamu menyenangkan. Selamat berlibur.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 28th, July 2017 / 04:32 Oleh :
Kategori : Persiapan