15 Manfaat Wisata Budaya yang Wajib Diketahui


Berwisata saat ini menjadi sebuah gaya hidup masyarakat dan bukan hanya sekadar kegiatan yang berbasis hobi belaka. Wisata menjadi berkembang dengan sangat baik di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Salah satu faktor penyebab maraknya gaya hidup wisata adalah internet dan media sosial, dimana informasi mengenai objek wisata dan pariwisata bisa mudah didapatkan serta tuntutan eksistensi media sosial yang menyebabkan banyak anak muda ingin mengeksplor daerah-daerah yang belum dikunjunginya.

Wisata ini pun biasanya sangat banyak jenis dan minatnya. Ada yang lebih suka berwisata alam, namun ada juga yang lebih suka berwisata metropolitan. Salah satu jenis wisata budaya yang saat ini mungkin juga cukup sering dilakukan di Indonesia adalah wisata budaya. Wisata budaya merupakan kegiatan perjalanan wisata yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu (seseorang atau sekelompok orang) dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan tujuan untuk mempelajari daya tarik budaya atau memanfaatkan potensi budaya dari tempat yang dikunjungi. Jenis wisata budaya antara lain:

  • Wisata religi – yang biasanya dilakukan oleh orang-orang dengan satu kepercayaan utama untuk mengunjungi tempat-tempat yang menurut mereka memberikan makna spiritual.
  • Wisata edukasi – yang biasanya dilakukan oleh orang atau anak-anak dengan tujuan untuk mempelajari sesuatu dari objek wisata yang dikunjunginya.
  • Wisata sejarah – yang biasanya dilakukan oleh orang-orang dengan tujuan untuk mengetahui sejarah atau melihat benda-benda bersejarah dan mempelajari masa lalu dari sebuah objek wisata yang dikunjunginya.
  • Wisata kota – yang dilakukan oleh orang-orang untuk mengunjungi kota lain dan menyusuri kota tersebut sambil mempelajari budaya baru yang berbeda dengan daerah domisili mereka.
  • Wisata adat – yang dilakukan oleh orang-orang untuk mengunjungi objek wisata adat dengan tujuan untuk mengetahui pola, potensi, arsitektur, serta kebiasaan masyarakat adat dari sebuah daerah.
  • Wisata seni – yang dilakukan oleh orang-orang untuk mengunjungi sebuah objek wisata yang memiliki kesenian tinggi, baik seni pertunjukan maupun seni rupa.

Baca juga:

Wisata budaya di Indonesia sangat banyak bentuk dan tujuan destinasinya, karena pada dasarnya Indonesia memang negara seni dan negara budaya. Oleh karena itu, saat ini wisata budaya juga cukup marak dikunjungi, baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Bahkan, banyak juga wisatawan mancanegara yang ingin tinggal lama di Indonesia untuk mempelajari budaya dan seni bangsa Indonesia.

Bukan hanya itu, dengan melakukan wisata budaya, wisatawan bisa mendapatkan banyak manfaat. Beberapa manfaat wisata budaya di antaranya sebagai berikut.

1. Melestarikan budaya

Manfaat wisata budaya yang pertama tentu saja berhubungan dengan budaya. Dengan melakukan wisata budaya atau mengunjungi objek wisata budaya, tentu saja wisatawan bisa turut ambil bagian dalam usaha pelestarian budaya tersebut, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Wisatawan yang datang pastilah memiliki tujuan tertentu. Namun apapun tujuannya, kehadiran mereka ke sebuah objek wisata budaya sudah merupakan salah satu upaya yang baik untuk terus melestarikan budaya yang ada. Hal ini akan membantu bangsa untuk mewariskan budayanya secara turun temurun.

2. Menambah wawasan kebudayaan

Selain bermanfaat untuk melestarikan budaya tertentu, wisatawan yang datang ke sebuah objek wisata budaya sudah pasti memiliki keuntungan bisa menambah wawasan mengenai kebudayaan sebuah daerah atau wilayah secara langsung. Misalnya orang yang datang ke sebuah candi, maka dia pasti akan bisa mempelajari segala seluk beluk candi beserta latar belakang kisahnya. Mereka tentu akan mendapatkan wawasan yang lebih luas dari objek wisata yang dikunjunginya dalam hal kebudayaan yang ada.

Sponsors Link

3. Mempelajari sejarah

Salah satu jenis wisata budaya adalah wisata sejarah. Dengan melakukan wisata sejarah, tentu wisatawan akan bisa mempelajari sejarah bangsa secara lebih langsung. Misalnya dengan mengunjungi museum, maka wisatawan bisa menelusuri kisah sejarah serta menemui bukti-bukti otentik yang ada di dalam museum tersebut. Hal ini akan membuat wisatawan mampu memahami mengenai sejarah sebuah lokasi. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarahnya. Dan cara untuk menghormati sejarah salah satunya bisa dilakukan dengan wisata budaya.

4. Mengangkat citra bangsa

Seperti yang dijelaskan di atas, bangsa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak budaya dan juga kesenian yang patut untuk dipelajari. Indonesia juga memiliki banyak suku, dan setiap suku pasti memiliki budaya yang berbeda. Kekayaan Indonesia ini lah yang banyak menyedot perhatian turis asing dari berbagai negara. Saat ini, sudah mulai banyak turis dari luar negeri yang datang ke Indonesia dengan tujuan untuk mempelajari budaya, seni, sejarah, bahkan bahasa Indonesia. Tentu saja kondisi ini secara tidak langsung akan mengangkat citra bangsa Indonesia di kancah internasional. Lama kelamaan nama Indonesia akan dikenal oleh banyak negara.

ads

5. Memupuk rasa cinta tanah air

Untuk wisatawan lokal pun, wisata budaya akan mampu memupuk rasa cinta kepada tanah air. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Demikian juga dengan budaya bangsa. Jika tidak kenal, mana mungkin rasa cinta pada budaya bisa meningkat. Sebaliknya, jika mengenal budaya bangsa, maka rasa cinta pada tanah air itu akan meningkat. Dan salah satu cara untuk mengenal budaya atau tanah air adalah dengan berwisata dan melihat secara langsung bagaimana budaya yang ada di masing-masing daerah.

Baca juga:

6. Memperkukuh jadi diri

Budaya bangsa merupakan jati diri bangsa. Dan jati diri bangsa haruslah kuat. Jika jati diri kuat, maka identitas bangsa juga akan kuat dan mudah dikenali. Orang-orang dari luar negeri yang datang ke Indonesia pasti sudah memahami mengenai hal ini. Namun, orang-orang Indonesia sendiri bahkan kurang mengenal jati diri bangsanya sendiri. Maka dari itu, wisata budaya merupakan salah satu jembatan bagi wisatawan lokal untuk bisa memperkokoh jati diri bangsa, sehingga bangsa memiliki identitas yang tidak dimiliki oleh negara lain.

7. Mempererat persahabatan antar bangsa

Jika banyak turis asing yang datang ke Indonesia, bukan hanya ekonomi saja yang meningkat, melainkan juga persahabatan antar bangsa bisa terjalin dengan baik. Hal ini akan mempengaruhi citra Indonesia di mata dunia, dimana Indonesia akan terlihat sebagai negara yang ramah.

8. Melestarikan alam

Manfaat wisata budaya selanjutnya adalah melestarikan alam. Beberapa budaya Indonesia memang berkaitan secara langsung dengan alam. Misalnya keanekaragaman masyarakat adat tertentu selalu berusaha untuk melindungi alam. Jika wisata budaya dilakukan dengan cara yang baik, maka alam pun juga bisa lestari.

9. Mempelajari keunikan sebuah daerah

Setiap daerah itu unik dan berbeda dari daerah lain. Hal ini juga lah yang menyebabkan bahasa dari suku yang satu berbeda dari bahasa suku lain. Tentu kondisi ini akan memberikan manfaat mengenai ciri khas masing-masing daerah yang diketahui wisatawan.

10. Menambah pengalaman

Wisata budaya juga memiliki manfaat untuk menambah pengalaman dan kesan tersendiri bagi para wisatawannya. Pengalaman ini merupakan satu hal yang tidak bisa disamakan antara orang yang satu dengan orang yang lainnya.

Baca juga:

11. Mempersatukan bangsa

Wisata budaya banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai macam daerah. Mereka akan saling kenal dalam perjalanan yang menyenangkan. Wisata budaya bisa menjadi tempat bersatunya orang-orang dari banyak daerah dan secara tidak langsung mempersatukan bangsa.

12. Menambah ekonomi nasional

Objek wisata merupakan salah satu penghasil ekonomi nasional yang bisa terus dikembangkan. Apalagi saat ini banyak turis yang tertarik dengan budaya Indonesia. Jika banyak wisatawan yang datang ke Indonesia, secara tidak langsung ekonomi nasional akan terangkat.

Sponsors Link

13. Menambah kosakata bahasa tertentu

Ada beberapa orang yang berwisata budaya dan tertarik dengan bahasa daerah dari daerah tertentu. Wisata budaya bisa bermanfaat untuk menambah kosakata dari bahasa daerah tertentu.

14. Mempelajari konsep arsitektur adat

Beberapa wisata budaya merupakan wisata adat sehingga wisatawan bisa mempelajari tatanan arsitektur dari bangunan adat, entah itu merupakan sebuah candi, sebuah desa adat, sebuah rumah adat, pusat peribadatan, dan sebagainya.

15. Mendapatkan kesan wisata yang sakral dan suci

Wisata budaya yang berkaitan dengan wisata religi juga bermanfaat untuk memberikan kesan yang sakral dan suci di sebuah daerah sehingga wisatawan bisa lebih menghormati daerah tersebut dan lebih tanggap terhadap larangan atau perintah budaya dari daerah tertentu.

Baca juga:

Demikianlah beberapa manfaat wisata budaya yang bisa didapatkan jika wisatawan mengunjungi objek wisata budaya. Semoga artikel ini bermanfaat. Junjung selalu budaya dan jati diri bangsa. Karena menunjukkan rasa cinta pada tanah air bisa dilakukan dengan banyak cara. Selamat berwisata dan semoga wisatamu menyenangkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 03:39 Oleh :
Kategori : Wisata Budaya