Sponsors Link

60 Tempat Wisata Bandung Utara Terbaik dan Terunik

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mengunjungi Kota Bandung? Apakah Anda sudah tahu bahwa di Bandung terdapat begitu banyak tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk melewatkan akhir pekan Anda? Nah berikut ini kita akan membahas mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Bandung Utara. Semoga informasi mengenagi 60 tempat wisata Bandung Utara berikut akan memberikan manfaat bagi Anda sekalian. (Baca juga: Wisata murah di Bandung)

ads

1. Curug Cimahi

Curug CimahiWisata Curug Cimahi ini merupakan salah satu tempat wisata di Bandung Utara yang tidak boleh dilewatkan oleh Anda para pecinta wisata alam. Tempat wisata ini berupa curug atau air terjun yang terdapat pada aliran Kali Cimahi. Tempat wisata ini berlokasi di Cisarua Bandung. Lebih tepatnya di kota Cimahi, sekitar 10 km di utara kota Bandung, dan mempunyai beberapa keunikan lainnya sebagai berikut:

  • Wisata Curug Cimahi ini tergolong air terjun yang cukup tinggi dengan pemandangan yang indah. Terukur Curug Cimahi ini memiliki ketinggian mencapai 87 m.
  • Anda bisa membayangkan betapa tingginya terjunan air tersebut. Selain air terjunnya, di kanan dan kiri lokasi Anda akan dimanjakan oleh pemandangan hijau yang sangat asri.
  • Sesekali Anda akan mendapati kera yang berayun dari satu ranting ke ranting pohon lainnya. (Baca juga: Tempat wisata lebaran di Bandung)

Curug Cimahi ini dikenal juga dengan sebuatan Air Terjun Pelangi. Hal ini dikarenakan pengelola curug ini menempatkan lampu warna-warni di balik air terjun tersebut sehingga ketika hari mulai gelap, curug tersebut pun terlihat seperti memancarkan warna-warni indah pelangi. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa dating berkunjung pada pukul 08.00 sampai 17.00. (Baca juga: Tempat wisata dengan pemandangan indah di Bandung)

2. Curug Dago

Curug DagoTempat wisata kedua di daerah Bandung Utara adalah Curug Dago. Tempat wisata ini terletak sekitar 8 km di sebelah utara dari pusat kota Bandung. Lebih tepatnya ada di kawasan jalan Juanda, Dago. Tidak banyak orang mengetahui keberadaan tempat wisata yang satu ini karena memang kurangnya promosi dan kesadaran masyarakat untuk melestarikan tempat wisata ini, dan ada beberapa ulasan yang menarik dari tempat ini sebagai berikut:

  • Untuk mencapai tempat wisata yang satu ini Anda dapat melakukannya dengan berjalan kaki sembari menikmati suasana kota Bandung. (Baca juga: Spot foto di Bandung)
  • Atau mungkin Anda bisa menuju ke sana dengan menaiki moda transportasi roda dua. Tempat wisata Bandung Utara yang sebenarnya selain sebagai tempat wisata alam, Curug Dago ini juga menyimpan nilai sejarah karena di sana terdapat dua buah batu prasasti peninggalan jaman kerajaan Thailand.
  • Sekitar 100 m dari lokasi wisata Curug Dago ini Anda akan menemukan papan petunjuk tempat wisata ini.
  • Namun jika Anda mengunjungi tempat ini, plang tersebut sudah nampak kusam karena kurang terawat.
  • Namun tempat wisata ini masih tergolong tempat yang patut Anda kunjungi sebab dijamin Anda akan mendapatkan sensasi kesegaran alam di Curug Dago yang mengalirkan air ke Sungai Cikapundung ini. (Baca juga: Tempat wisata di Bandung)

Baca juga:

3. Air Terjun Maribaya

air terjun maribayaTempat wisata Maribaya berikutnya adalah Air Terjun Maribaya. Lokasi wisata yang satu ini terletak sekitar 15 km di sebelah utara pusta kota Bandung. Anda bisa menuju ke sana dengan mengambil arah ke Lembang. Setelah Anda menempuh perjalanan kira-kira 5 km, maka Anda akan menemukan Jembatan Maribaya. Nah lokasi wisata sudah ada di depan mata. Anda bisa membeli tiket masuk di sana, dan ada beberapa fasilitas yang bisa anda miliki sebagai berikut:

  • Masih sama dengan tempat wisata yang sebelumnya, kita masih bermain-main dengan air terjun. Bagi Anda pecinta alama tentu akan lebih menikmati perjalanan ala alam.
  • Nah untuk mencapai tempat ini Anda sekalian bisa memilih untuk melakukan tracking dengan rute perjalanan melalui Taman Hutan Raya Djuanda.
  • Selama perjalanan Anda akan menemui gua Belanda dan Jepang. Ada nuansa sejarah dan budayanya bukan? (Baca juga: Tempat wisata di Jawa Barat)
Sponsors Link

Untuk bisa masuk dan menikmati alam menyegarkan dari Air Terjun Maribaya ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk semahal-mahalnya hanya Rp. 10.000 untuk orang dewasa. Kemudian di dalam lokasi wisata ini juga terdapat lokasi pemandian. Anda akan dikenakan biaya tambahan yang tidak terlalu tinggi. Hanya kira-kira separuh dari harga tiket masuk ke tempat wisata ini. Murah bukan? Nah supaya bisa merasakan kesegaran berwisata di tempat ini, silakan Anda berkunjung untuk melewatkan weekend Anda. (Baca juga: Tempat wisata yang banyak dikunjungi turis asing)

Baca juga:

4. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas CiaterDestinasi selanjutnya adalah Pemandian Air Panas Ciater. Lokasi pemandian ini ada di kota Ciater yang memiliki udara yang sangat sejuk. Tentu saja ini merupakan iklim yang diidam-idamkan bagi para wisatawan untuk menghabiskan masa santai mereka sambil melepaskan kepenatan di akhir pekan. (Baca juga: Wisata edukasi di Bandung)

  • Sebenarnya lokasi pemandian ini sudah masuk ke kota Subang.
  • Namun karena masih dekat dengan kota Lembang, orang lebih suka menyebut bahwa tempat wisata ini masih termasuk ke dalam salah satu tempat wisata yang ada di wilayah  Bandung Utara. (Baca juga: Pusat belanja di Bandung)
  • Sepanjang tempat wisata Bandung Utara dalam perjalanan Anda ke lokasi wisata yang satu ini Anda akan disambut oleh hamparan kebun teh.
  • Sesampainya di lokasi pemandaian Anda bisa beristirahat sejenak sebelum akhirnya merasakan belaian hangat dari air hangat yang tentunya akan memberikan sensasi relaksasi ke seluruh bagian tubuh Anda.

Untuk mencapai tempat wisata yang terletak sekitar 30 km jauhnya dari pusat kota Bandung ini Anda setidaknya membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit. Setelah perjalan sekitar 30 menit Anda akan masuk ke kota Ciater. Dari kota tersebut untuk sampai ke lokasi yang tepat berada di kawasan Gunung Perahu Anda setidaknya memerlukan waktu perjalanan 15 menit lagi. Selamat menikmati sensasi menenangkan dari pemandian air panas asli Indonesia. (Baca juga: Tempat wisata di Cibodas)

Baca juga:

5. Situ Lembang

ads

Situ LembangTempat wisata di kawasan Bandung Utara yang tak kalah seru berikutnya adalah Situ Lembang. Lokasi wisata yang satu ini terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang. Situ ini sebenarnya merupakan danau buatan yang telah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Terletak pada ketinggian 1.567 di atas permukaan laut, situ ini “dihimpit” oleh dua gunung yaitu, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang, dan beberapa keunikan lainnya sebagai berikut:

  • Situ Lembang ini merupakan penampungan air yang berasal dari Sungai Cimahi dan Sungai Cai dari Gunung Burangrang.
  • Air di situ ini sangat jernih sehingga airnya juga dimanfaatkan sebagai sumber pengolahan air minum dari PDAM setempat.
  • Selain itu situ ini merupakan tempat penampungan air terbesar di kawasan Bandung. (Baca juga: Tempat wisata di Ciwidey)
  • Karena diapit oleh dua gunung besar, tentunya lokasi wisata yang satu ini sangat menyejukkan. Lokasinya dikelilingi oleh pepohonan hijau dengan daunnya yang begitu rindang.
  • Ditambah lagi dengan kesejukan udaranya, tentunya akan membuat Anda tidak akan pernah melewatkan sensasi liburan di tempat wisata yang satu ini. (Baca juga: Tempat wisata di Lembang)

6. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya JuandaTaman Hutan Raya Juanda merupakan tempat wisata lainnya yang ada di wilayah Bandung Utara. Taman hutan ini sebenarnya adalah hutan pinus yang telah mengalami proses oleh alam. Anda dapat menikmati perubahan alam yang mempesona ini ketika Anda berada di sini, sebagai berikut:

  • Taman ini cukup mudah untuk dijangkau. Anda bisa menggunakan banyak jalur untuk sampai ke tempat ini. (Baca juga: Tempat prewedding di Bandung)
  • Misalknya Anda bisa melewati kawasan Dago maupun Cikutra untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini.
  • Kondisi akses jalan menuju tempat ini juga sudah sangat baik dimana jalan menuju ke sana sudah teraspal halus. (Baca juga: Tempat wisata di Cimahi)

Baca juga:

Selain dari arah selatan tadi, Anda juga bisa menempuh dari arah berlawanan yaitu dari arah utara. Jika melalui arah ini maka Anda akan bisa melihat beberapa tempat wisata lain di sekitar tempat wisata ini. Beberapa di antaranya adalah Wisata Curug Omas dan Patahna Lembang. Selain itu ketika menuju lokasi ini Anda akan melewati lokasi wisata sebelumnya yaitu Curug Maribaya Lembang. Pastikan Anda tidak ketiggalan untuk menikmata salah satu wisata alam di Bandung Utara ini. (Baca juga: Tempat wisata honeymoon di Bandung)

7. Tiga Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Tiga Kawah Gunung Tangkuban PerahuNah tempat wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda karena lokas wisata ini berhubungan dengan salah satu cerita yang sangat terkenal di tanah Jawa. Ialah cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbi dimana menjadi cerita cikal bakal terjadinya Gununga Tangkuban Perahu. (Baca juga: Tempat liburan yang sepi saat lebaran)

  • Di lokasi tersebut terdapat tiga buah kawah yang sangat terkenal yaitu Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu.
  • Ketiga kawah ini mempunyai lokasi yang berdekatan sehingga Anda bisa mengunjungi ketiga-tiganya ketika Anda datang ke tempat wisata ini. Di antara ketiga kawah tersebut, Kawah Ratu adalah yang terbesar. (Baca juga: Tempat wisata di Dago Pakar)
  • Jika Anda sudah sampai di tempat ini, jangan lupa untuk berfose bersama teman-teman Anda di masing-masing kawah yang menawarkan nuansa alam indah yang tentunya akan membuat siapa saja iri kepada Anda. (Baca juga: Tempat wisata yang dekat dengan Kawah Putih)
Sponsors Link

Selain tempat wisata tersebut masih banyak lagi tempat wisata yang terdapat di Bandung Utara. Daftar berikut akan melengkapi pilihan destinasi pilihan wisata Anda: (Baca juga: Wisata budaya di Bandung)

  1. Curug Cimahi.
  2. Curug Dago.
  3. Air Terjun Maribaya.
  4. Pemandian Air Panas Ciater.
  5. Situ Lembang.
  6. Taman Hutan Raya Juanda.
  7. Tiga Kawah Gunung Tangkuban Perahu.
  8. Air Panas Cibolang.
  9. Air Panas Cimanggu.
  10. Air Panas Walini.
  11. Bumi Perkemahan Cikole.
  12. Bumi Perkemahan Ranca Upas.
  13. Candi Bojongmenje.
  14. Candi Maha Panca Bala.
  15. Congo.
  16. Curug Cinulang.
  17. Curug Lalay.
  18. Dago Pakar.
  19. Dago Tea House.
  20. Desa Wisata Ciburial.
  21. Gedung Indonesia Menggugat.
  22. Gedung Sate.
  23. Gua Belanda.
  24. Gua Jepang.
  25. Kampung Gajah.
  26. Kawah Putih.
  27. Kebun Binatang Bandung.
  28. Kebun Seni Tamansari.
  29. Kebun Strawberry.
  30. Ketan Bakar Lembang.
  31. Kelenteng Xie Tian Gong.
  32. Bosscha.
  33. Masjid Raya Bandung.
  34. Monument Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
  35. Monument Husein Sastranegara.
  36. Museum Barli.
  37. Museum Geologi Bandung.
  38. Museum Konferensi Asia Afrika.
  39. Museum Pos Indonesia.
  40. Museum Nike Ardila.
  41. Museum Sri Baduga.
  42. Perkebunan Teh Malabar.
  43. Perkebunan Teh Ranca Bali.
  44. Peta Wisata Bandung.
  45. Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut.
  46. Reading Lights.
  47. Rumah Inggit Ganarsih.
  48. Situ Patengan.
  49. Satu Cileunca.
  50. Situ Cipananjung.
  51. Taman Ganesha.
  52. Taman Kupu-kupu.
  53. Taman Lalu-lintas.
  54. Taman Lansia.
  55. Taman Makam Pahlawan Cikutra.
  56. Kawah Putih Ciwidey.
  57. Farmhouse Susu Lembang.
  58. Gunung Tangkuban Perahu.
  59. Situ Patenggang.
  60. Bukit Moko.

Itulah, beberapa ulasan dari tempat wisata alam yang dimiliki oleh Bandung Utara yang bisa kamu kunjungi sebagai liburan anda bersama keluarga anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 30th, August 2017 / 08:57 Oleh :
Kategori : Wisata Alam