8 Tempat Wisata yang Dekat dengan Kawah Putih


Berwisata ke Kawah Putih, melihat keindahan kawah yang mempesona tentunya menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Selain mengunjungi obyek wisata tersebut, jangan lupa juga kunjungi tempat-tempat wisata yang dekat dengan Kawah Putih, ya. Tempa wisata yang berada di kawasan bandung ini memiliki tempat beragam yang harus di kunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan luar bandung. Banyaknya tempat wisata di bandung menjadikan bandung memiliki tempat beragam yang dominan dengan udara sejuk bila dibandingkan wisata lain, terlebih wisata yang dekat dengan ibu kota, jakarta.

Berikut adalah daftanya.

  1. Situ Patenggang

Situ PatenggangSitu Patenggang atau Situ Patengan adalah wisata danau yang disekelilingnya adalah kebun teh. Menikmati keindahan panorama Situ Patenggang memakai perahu ditambah udara yang sejuk, membuat betah berlama-lama di sini. Di tengah danau, terdapat sebuah batu yang besar bernama batu cinta. Konon jika kita menuliskan nama seseorang, maka ia akan jadi pendamping kita.

Biaya sewa perahu di sini antara Rp 150.000-Rp 250.000 tergantung dari besar atau kecilnya perahu serta kapasitasnya. Tempat wisata yang satu ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga tercinta. Nah, untuk masuk kawasan wisata kita harus membayar tiket seharga Rp 15.000,- per orang. Dengan biaya masuk kendaraan mini bus sebesar Rp 11.000,- dan bus Rp 22.000,-.

Lokasi tepatnya Situ Patenggang ini adalah di Ciwidey, kira-kira 47 km sebelah selatan Bandung.

  1. Ranca Upas

Ranca UpasRanca Upas terletak di Ciwidey, Bandung. Luasnya sekitar 215 hektar dan berada di bawah kelola Perhutani Bandung. Apabila kita menempuh perjalanan dari Kawah Putih, jaraknya kurang lebih 6 km.

Ranca Upas ini terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya, penangkaran rusa, bumi perkemahan, area untuk bermain, serta hutan lindung. Fasilitas lain yang bisa kita nikmati ketika berkunjung ke sini adalah ATV, pemandian air panas, tempat memancing, dan lain-lain.

Bagi yang ingin masuk ke Ranca Upas kita harus membayar tiket seharga Rp 10.000,- belum termasuk kendaraan. Jika membawa motor dipatok seharga Rp 2000,- dan mobil Rp 5000,-. Ranca Upas adalah salah satu wisata favorit keluarga di Bandung. Tempat ini akan lebih ramai jika hari libur atau akhir pekan.

Untuk yang ingin berkemah, jangan risau karena Ranca Upas menyediakan perlengkapan kemah lengkap yang bisa kita sewa. Kalau lapar, di sini pun tersedia warung-warung makan dengan aneka menu yang lumayan pas di lidah. Sembari kemah, kita pun dapat melihat hewan rusa, menyenangkan, deh.

  1. Perkebunan Stroberry

Perkebunan StroberryProduk utama dari daerah Ciwidey adalah buah stroberi. Di perkebunan stroberi yang terletak di Desa Alam Endah, Ciwidey, kita bisa menikmati keindahan dan kesejukan hawanya dengan berjalan menyusuri luasnya perkebunan stroberi.

Kita pun bisa mencicipi buah stroberi dengan memetiknya sendiri dan mendapat pengetahuan juga tentang cara menanam stroberi yang baik.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Perkebunan Stroberi Desa Alam Endah Ciwidey adalah ketika musim kemarau, karena di musim itulah buah stroberi terbaik akan didapatkan

Sponsors Link

  1. Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh MalabarAnda yang menyukai wisata alam dengan udara yang sejuk dan pemandangan hijau memukau, datang saja ke Perkebunan Teh Malabar.

Perkebunan ini lokasinya di Gunung Malabar. Berkeliling kebun teh sembari menyesap hawanya yang bersih membuat paru-paru lega dan tubuh jadi rileks.

Perkebunan yang satu ini bukan perkebunan teh biasa. Di sini kita dapat menjumpai banyak bangunan kuno berdiri. Salah satunya adalah guest house yang ketika masa penjajahan difungsikan sebagai perumahan administratur perkebunan.

  1. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas CimangguPemandian Air Panas Cimanggu terletak pada ketinggian 1100 meter di atas permukaan air laut. Pemandian air panas ini mempunyai keindahan alam yang mempesona dan sangat cocok dijadikan alternatif wisata setelah kunjungan ke Kawah Putih. Dari pemandaian air panas kita dapat melihat hamparan kebun teh yang hijau membentang.

Selain kolam untuk orang dewasa, di sini tersedia juga kolam anak-anak lengkap dengan kamar gantinya. Jika kita mau berwisata kemari, dari Bandung menempuh jarak sekitar 45 km lewat jalur Ciwidey Pengalengan.

  1. Situ Cileunca

Situ CileuncaSitu Cileunca adalah sejenis danau buatan yang juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai pembangkit tenaga listrik. Obyek wisata yang satu ini berlokasi di Pengalengan dan mempunyai luas wilayah 1400 hektar.

Selain itu air dari danau buatan ini dialirkan juga ke Sungai Palayangan, lho. Di mana sungai tersebut biasa dipakai untuk kegiatan rafting. Pemandangan di Situ Cileunca juuga tak kalah menarik dari situ-situ lainnya di bandung. Suasana yang tenang menjadikan tempat wisata ini menjadi incaran para pengunjung untuk menenangkan diri.

  1. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas CiwaliniCiwidey yang kaya akan sumber air panas mempunyai satu tempat wisata berupa pemandian air panas yang tak kalah terkenal dibandingkan dengan Cimanggu. Namanya adalah Pemandian Air Panas Ciwalini atau Walini. Air dari pemandian ini sumbenya dari air panas alam yang tentunya jernih dan bersih.

Di sini tersedia juga kolam untuk anak-anak disamping ada kolam dewasa. Fasilitas lain adalah kolam renang air panas. Pemandian Air Panas Walini dikelilingi oleh perkebunan teh nan hijau. Jadi di sini kita tak hanya dapat memanjakan tubuh dengan sentuhan air hangat yang membuat otot rileks juga dapat memanjakan mata dengan hijaunya dedaunan teh di sekitar.

Hawa yang sejuk menambah lengkapnya Pemandian Air Panas Walini. Untuk sampai kemari, kita harus berjalan menuju kebun teh, karena pemandiannya ada di tengah-tengah kebun teh. Letaknya dekat dengan Situ Patenggang.

  1. Perkebunan Rancabali

Perkebunan RancabaliSatu lagi destinasi di sekitar Kawah Putih yang sayang dilewatkan adalah perkebunan Rancabali. Ini pun merupakan perkebunan teh yang luas membentang. Panorama keindahan bisa dirasakan ketika berkeliling di Perkebunan Rancabali. Yang menarik, di sini tersedia pula paket wisata.

Eitts … jangan khawatir dengan harganya. Paket wisata Rancabali termasuk murah, kok. Cukup dengan biaya Rp 5000,- per orang atau bila mau memakai jasa tour guide dapat menambah Rp 30.000,-. Rancaballi tak hanya menawarkan keindahan perkebunan teh yang menawan, akan tetapi juga kunjungan ke pabrik teh.

Sponsors Link

Di sana kita memperoleh pengetahuan mengenai cara menanam teh, pembibitan, buka lahan, memelihara tanaman teh, memangkas, memetik teh, sampai proses pengolahannya sampai menjadi teh yang siap dinikmati. Kita bisa naik transportasi umum atau pakai kendaraan pribadi untuk sampai di Rancabali.

Itulah beberapa obyek wisata yang ada di sekitar Kawah Putih. Dengan mengetahui obyek wisata lainnya yang dekat dengan lokasi Kawah Putih, kita jadi punya alternatif destinasi wisata yang lainnya. Tak melulu melihat kawah, tapi juga memanjakan mata dengan hijaunya perkebunan, mencicipi buah stroberi segar, berkemah, lihat rusa berlarian kesana-kemari, sampai dengan memancing dan berperahu. Semuanya jadi satu paket lengkap liburan anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 03rd, January 2016 / 16:08 Oleh :
Kategori : Lokasi