Sponsors Link

12 Tempat Wisata dengan Pemandangan Indah di Bandung

Sponsors Link

Bisa dibilang Bandung menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Indonesia. Selain karena keanekageraman kulinernya, ibu kota Jawa Barat ini pun menyimpan kekayaan alam yang patut dikunjungi. Bahkan saat ini Bandung dikenal sebagai Kota Kreatif Asia. Tak heran wisatawan domestik maupun lokal menempatkan Bandung sebagai daftar lokasi liburan mereka.

ads

Jika berencana liburan ke Bandung, pasti akan dibingungkan dengan tujuan lokasi wisata yang berlimpah. Namun jangan risau karena artikel kali ini akan memberikan daftar tempat wisata dengan pemandangan indah di Bandung. (baca juga: tempat wisata di bandung)

1. Kawah putih Ciwidey

Kawah PutihTempat wisata dengan pemandangan indah di bandung yang pertama adalah kawah putih. Kawah putih merupakan tempat wisata paling populer di Bandung. Sebuah danau yang terbentuk akibat letusan gunung Patuha pada abad ke 10 ini berada di kawasan pegunungan dengan dingin mencapai 8 hingga 22 derajat Celcius. Sesuai namanya, air pada danau kawah putih memiliki warna putih kehijauan, kadang berubah kebiruan sesuai dengan pantulan cahaya matahari dan suhu.

Kandungan belerang pun cukup tajam yang menyebabkan tanah sekitar menjadi putih. Oleh karena itu bagi wisatawan disarankan sedia masker untuk mengantisipasi masuknya belerang terlalu banyak. Untuk bisa menikmati kesejukan dan keindahan kawah putih, cukup membayar retribusi Rp 18.000 dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. (baca juga: tempat wisata yang dekat dengan kawah putih)

2. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban PerahuBerbicara tentang gunung tangkuban perahu, tentu tak lepas dari legenda Sangkuriang. Wisata yang berlokasi di Lembang ini merupakan salah satu destinasi favorit pelancong Bandung. Disekitar gunung, ada beberapa kawah akibat letusan yang dijadikan sebagai tempat wisata. Dua diantara yang paling terkenal yaitu sebagai berikut:

  • Kawah ratu

Ini merupakan kawah yang paling banyak dikunjungi di area gunung tangkuban perahu. Kawah ratu juga sebagai kawah utama dan terluas. Untuk bisa melihat kawah, disini sudah disediakan spot pemandangan dari atas dengan pagar pembatas. Sama seperti di kawah putih, tanah disini juga berwarna putih akibat campuran kadar belerang.

  • Kawah Domas

Jika di kawah ratu pengunjung hanya dapat melihat pemandangannya dari atas, berbeda dengan kawah Domas karena bisa langsung menghampiri kawah tersebut lebih dekat. Bahkan pengunjung juga bisa mencoba sensasi merebus telur dengan air panas kawah dan berendam pada lumpur belerang.

3. Farm House Lembang

Farm House LembangTempat wisata dengan pemandangan indah di bandung selanjutnya adalah farm house lembang. Tempat wisata baru yang sedang trend di Bandung Utara ini merupakan wisata pemandangan alam desa dengan nuansa Eropa. Pengunjung juga bisa mencoba pakaian ala Eropa yang disediakan petugas.

Bahkan disini wisatawan bisa berkunjung ke rumah para The Hobbit. The Hobbit? Serius? Ya, di Farm House pengunjung bisa menemukan bangunan yang menyerupai rumah kurcaci. Salah satunya persis seperti rumah yang ada pada film The Hobbit. Tiket masuk Farm House sebesar Rp 20.000 dan bisa ditukarkan dengan susu murni atau sosis bakar. Pengunjung bisa memilih sesuai selera. (baca juga: wisata kampung gajah)

4. Situ Patenggang Ciwidey

Situ PatenggangNama Situ Patenggang tak pernah lepas dari Legenda Dewi Rengganis dan Ki Santang. Di kawasan wisata tersebut ada sebuah Batu Cinta di pulau Asmara yang konon jika mampu mengelilingi pulau maka akan mendapatkan cinta abadi seperti cinta Dewi Rengganis dan Ki Santang.

Situ Patenggan merupakan sebuah danau yang dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh yang indah. Karena lokasinya berada di pegunungan, tak jauh, pengunjung juga bisa mencicipi sensasi berendam air panas di kolam air panas Ciwidey.

ads

5. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh RancabaliSatu lagi yang menarik di Kecamatan Ciwidey, Bandung Selatan, ada banyak wisata perkebunan teh, salah satu yang paling terkenal adalah Perkebunan Teh Rancabali.

Kebun Teh yang berada di ketinggian 1.628 mdpl ini memiliki mozaik menarik sehingga pengunjung terus dibuat kagum akan keindahan dan kesejukannya. Yang berbeda dari kebun teh Rancabali ini terdapat beberapa air terjun kecil pada tepian pohon teh yang bertingkat.

Karena pemandangan yang indah inilah perkebunan teh rancabali tak pernah sepi pengunjung, selain bisa untuk liburan kerluarga khususnya anak-anak yang dapat mengenal kebun, salah satunya kebun teh.

6. Kebun Bunga Cihideung

Kebun Bunga CihideungBerbagai jenis bunga dan tanaman hias tersedia di kebun bunga Cihideung. Di kawasan ini pun dijadikan sebagai sentra budidaya tanaman. Berada di Desa Cihideung, Lembang, wisatawan dapat menikmati keindahan hamparan bunga secara gratis.

Sangat cocok bagi para penyuka bunga. Selain dijadikan spot foto, bunga-bunga yang ada disana juga bisa dibeli untuk dibawa pulang.

 

7. Gunung Batu

Gunung BatuJika ingin merasakan pesona sunrise di Bandung, maka berkunjunglah ke Gunung Batu Lembang. Di tempat ini keindahan sunrisenya sudah tidak diragukan. Berada di ketinggian 1.228 mdpl, pengunjung bisa melihat hamparan Kota Bandung.

Selain itu, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Gunung Bukittunggul, Gunung Palasari, Gunung Manglayang, dan Gunung Pangparang.

8. Tebing Keraton

Tebing KeratonMemiliki nama asli Karaton ini berada di Kawasan Tahura, Dago, Bandung. Bagi pecinta alam dan fotografi, tempat ini sangat cocok dijadikan spot pencuci mata dan paru-paru. Udara segar dengan pemandangan hutan yang dibalut kabut tipis dari ketinggian mampu membuat pengunjung betah belama-lama menikmati keindahan.

Terlebih jika bisa menyaksikan sunrisenya karena pemandangan paling memikat di Tebing Keraton ini adalah pagi hari. Oleh karena itu tak heran sejak subuh pun tempat ini sudah ramai dikunjungi wisatawan.

9. Bukit Moko

Bukit MokoIni dia tempat pemandangan romantis yang ada di Bandung! Jika Gunung Batu dan Tebing Keraton cocok didatangi ketika sunrise, maka berbeda dengan Bukit Moko yang dapat dinikmati sejak sore hingga malam hari.

Dengan pemandangan lampu kota yang memikat lah yang membuat suasana romantisme tercipta. Oleh karena itu Bukit Moko juga dikenal sebagai Puncak Bintang Bandung. Tidak hanya melihat pemandangan lampu kota, di sekitar kawasan Bukit Moko, pengunjung juga bisa menikmati kesejukan hutan pinus yang masih terjaga kealamiannya.

10. Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. DjuandaRindu dengan udara bersih terbebas dari polusi? Ini dia tempat yang cocok menghirup udara segar sekaligus wisata alam. Hutan yang memiliki luas 526,98 hektar ini menyimpan spot wisata menarik seperti air terjun, goa, patahan lembang, dan tentunya panorama hutan yang sejuk.

Tiket masuk yang ditawarkan sudah sepaket dengan wisata alam air terjun dan goa. Jadi tidak perlu lagi membayar retribusi jika sekalian mampir ke tempat tersebut. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu yang favorite dalam mengisi liburan maupun waktu senggang untuk berjalan-jalan, sehingga tempat ini tak pernah sepi pengunjung. (baca juga: tempat wisata untuk anak TK di bandung)

Sponsors Link

11. Air Terjun Maribaya

Air Terjun MaribayaSiapapun yang datang kesini, tak akan ada yang berani menyangkal keindahannya. Panorama alam yang masih alami, membuat udara disini begitu bersih dan asri. Kepenatan suasana kota akan hilang jika sudah berada di air terjun yang memiliki ketinggian 25 m ini. Air Terjun Marabaya termasuk bagian dari Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda.

Berlokasi di Lembang menjadikan tempat ini mudah dijangkau karena jarak yang ditempuh dari Kota Bandung berkisar 8 km. Selain menikmati kesegaran air terjun, pengunjung juga bisa berendam di kolam air panas yang letaknya tidak jauh dari lokasi air terjun. Sumber air panas ini mengandung kadar belerang yang tinggi sehingga jika berendam disini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. (baca juga: air terjun di Indonesia yang wajib dikunjungi)

12. Curug Dago

Mendengar kata Dago, yang langsung terlintas dalam pikiran wisatawan Bandung adalah belanja. Namun jangan salah karena Dago di Bandung bukan hanya sebatas pada pusat perbelanjaan. Pernah mendengar Curug Dago? Nah ini adalah Dago lainnya yang ada di Bandung.

Terletak di kawasan Bukit Dago, tempat ini bisa dibilang masih cukup tersembunyi. Namun keindahan alaminya lah yang membuat curug Dago menjadi destinasi wajib untuk menyegarkan badan dan pikiran. Meski air terjun ini hanya memiliki ketinggian 12 meter, namun pesonanya jangan pernah diragukan. Jika sedang berkunjung ke Tahura, jangan lupa sempatkan diri mengunjungi Curug yang memiliki sejarah dengan negara Thailand ini.

Itulah 12 tempat wisata alam Bandung dengan pemandangan yang indah. Selalu diingat, dimanapun traveller berpergian, tetap jaga alam kita yang indah ini agar tidak tercemar dengan tangan jahil yang merusak. Semoga terinspirasi. Happy travelling!\\

artikel terkait lainnya:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 05th, February 2016 / 10:28 Oleh :
Kategori : Lokasi