Sponsors Link

20 Persiapan Liburan ke Lombok yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Indonesia kaya akan wisata kepulauan yang menakjubkan. Tidak hanya Bali yang menawarkan banyak wisata pantai dan pegunungan, melainkan juga Lombok. Lombok saat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Lombok menjadi salah satu destinasi wisata kepulauan yang wajib dikunjungi. Apalagi saat ini untuk menuju Lombok tidaklah sulit, karena sudah ada bandara internasional-nya.

ads

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Lombok, ada baiknya mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Untuk itu, simak beberapa persiapan liburan ke Lombok berikut ini.

Baca juga:

1. Ketahui cara berwisata

Siapapun yang akan berwisata, baik ke Lombok atau ke manapun, harus tahu bagaimana cara perjalanan yang akan dilakukan. Apakah perjalanan akan dilakukan dengan cara backpacker, flashpacker, atau dengan cara eksklusif dan mewah? Semua itu tergantung selera masing-masing.

2. Siapkan tiket perjalanan

Sebelum berwisata, setelah menentukan cara dan waktu wisata, segera siapkan tiket perjalanan. Jika ingin naik bus, maka beli tiket bus dari jauh-jauh hari. Jika ingin naik pesawat, pesan tiket pesawat dari jauh hari. Biasanya tiket yang dipesan dari jauh-jauh hari harganya memang lebih murah.

3. Rencanakan penginapan

Berwisata di Lombok tidaklah lengkap jika hanya dilakukan dalam satu hari. Itu sebabnya perlu adanya penginapan. Tentukan penginapan atau hotel mana yang akan digunakan atau dipesan. Di Lombok ada banyak sekali penginapan dan juga hotel. Pilih sesuai dengan selera dan biaya masing-masing. Jika perlu, pesan dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

4. Ketahui sarana transportasi

Terutama untuk backpacker, ketahui sarana transportasi apa yang akan digunakan selama berwisata di Lombok. Biasanya, menyewa kendaraan baik roda dua maupun roda empat adalah pilihan terbaik, karena dengan menyewa kendaraan, wisatawan bisa bebas berkunjung ke mana saja. Cari tahu harga dan tempat sewa kendaraan yang paling sesuai dengan kantong.

5. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai objek wisata Lombok yang akan atau bisa dikunjungi. Apalagi untuk wisatawan independen yang tidak menyewa jasa agen perjalanan. Informasi mengenai tempat wisata tentu sangat penting untuk memperlancar kegiatan selama wisata.

Baca juga:

Sponsors Link

6. Tentukan objek wisata

Sebelum berangkat, persiapan liburan ke Lombok juga wajib untuk mempersiapkan objek wisata apa saja yang akan dikunjungi. Pilih objek wisata yang berdekatan atau yang masih bisa di jangkau lewat satu rute. Hal ini akan memudahkan perjalanan dan menghemat waktu.

7. Buat itinerary

Setelah mencari informasi mengenai Lombok dan segala macam objek wisata nya, tentukan jadwal rencana kunjungan. Itinerary ini penting untuk membantu menata jadwal perjalanan, waktu makan, sampai waktu beribadah. Jangan terlalu cuek dan menganggap remeh jadwal perjalanan wisata, karena semua orang tentu ingin waktu wisata nya bisa dihabiskan dengan efektif dan efisien.

ads

8. Perkirakan budget

Setelah membuat itinerary, perkirakan budget liburan ke Lombok. Budget bisa dihitung dari tiket masuk objek wisata, biaya makan, dan biaya transportasi baik sewa maupun uang bensin. Hitung perkiraan budget wisata Lombok agar bisa menentukan jumlah uang tunai yang harus dibawa. Jika perlu, bawa uang tunai berlebih untuk berjaga-jaga.

9. Catat perlengkapan yang harus dibawa

Setelah jadwal dan budget matang, segera catat segala keperluan yang perlu dibawa saat berwisata ke Lombok. Catatan itu berfungsi agar saat packing tidak ada benda yang tertinggal. Selain itu, catatan perlengkapan ini juga merupakan salah satu persiapan liburan ke Lombok yang wajib di bawa ketika berlibur. Tujuannya untuk menghindari barang tertinggal atau mengingat barang yang hilang.

10. Persiapkan barang bawaan sesuai catatan

Setelah membuat daftar barang bawaan secara teliti dan cermat, segera persiapkan semua perlengkapan dengan baik. Jangan sampai ada barang yang tertinggal. Gunakan catatan tersebut juga untuk packing nanti.

Baca juga:

11. Bawa gadget sesuai kebutuhan

Era modern memang menjadikan gadget sebagai salah satu kebutuhan wajib yang harus dibawa orang, termasuk ketika berwisata. Namun, membawa gadget yang berlebihan justru akan merepotkan, baik saat packing maupun saat jalan-jalan nanti. Oleh sebab itu, pastikan gadget mana yang perlu dibawa dan mana yang perlu ditinggal. Jangan membawa gadget terlalu berlebihan jika tidak ingin kerepotan.

12. Jangan lupa membawa obat

Obat itu sangat penting. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu mempersiapkan obat selama perjalanan nanti. Jenis obat yang perlu dibawa adalah obat P3K dan juga obat pribadi. Obat P3K bisa berisi obat gosok, obat diare, obat demam, dan obat flu. Sedangkan obat pribadi lebih kepada obat untuk penyakit pribadi seperti obat asma atau obat alergi. Tujuan membawa obat adalah untuk berjaga-jaga. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang ada di depan nanti.

13. Ketahui sistem transportasi

Terutama untuk pada backpacker, sebelum berwisata ke Lombok ada baiknya mempelajari terlebih dahulu sistem transportasi yang ada di sana. Berkendara di tempat asing sering kali mendatangkan kesialan, misalnya terkena tilang polisi, dan lain-lain. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu bagaimana kondisi jalan dan sistem transportasi di Lombok.

14. Tiket pulang

Pastikan juga bahwa kamu sudah memiliki tiket pulang. Apalagi jika kamu berwisata di hari ramai liburan. Jangan sampai kamu terombang-ambing di jalanan Lombok dan bingung harus pergi ke mana karena kehabisan uang, hanya karena lupa memesan tiket pulang. Lebih baik memesan tiket pergi dan pulang sekaligus untuk memastikan ketersediaan tiket untuk pulang.

Sponsors Link

15. Persiapkan fisik

Lombok adalah sebuah pulau yang bisa diakses dengan banyak cara. Saat berwisata di Lombok pun, ada banyak kegiatan dan perjalanan yang dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan fisik yang benar-benar tangguh. Apalagi jika ingin menyeberang ke pulau-pulau kecil di Lombok. Selalu jaga kesehatan agar kegiatan wisata tidak terganggu.

Baca juga:

16. Cek kondisi kendaraan

Jika wisatawan ingin membawa kendaraan sendiri, tentu saja bisa, karena menuju Lombok tetap bisa dilakukan dengan perjalanan darat. Namun, untuk itu tentu diperlukan pemeriksaan yang benar mengenai kondisi kendaraan yang akan dibawa. Jangan sampai perjalanan terhambat karena kendaraan mogok, atau karena ban kendaraan kempis. Maka, selalu cek kondisi kendaraan sebelum berpetualang.

17. Mencari rekan atau teman seperjalanan

Salah satu hal yang paling penting dan wajib dipersiapkan adalah menemukan teman seperjalanan. Biasanya untuk para backpacker, mereka akan suka mencari teman seperjalanan yang bisa diajak berbagi ongkos alias share cost. Apalagi di era modern seperti saat ini ketika informasi dan media sosial berkembang pesat. Tentu akan semakin mudah menemukan rekan-rekan seperjalanan yang mau berbagi ongkos perjalanan. Dengan begitu, biaya perjalanan akan lebih murah. Perjalanan pun tidak akan sepi karena menemukan teman baru.

18. Penginapan gratis

Di Lombok ada salah satu rumah singgah yang bisa disinggahi secara gratis. Wisatawan, terutama backpacker bisa mampir ke sana untuk menginap, sekadar menumpang mandi dan bersih-bersih diri, atau mencari teman baru. Cari informasi sebanyak-banyaknya untuk bisa sampai ke rumah singgah tersebut. Jika ada yang gratis, mengapa harus membayar. Bukan begitu?

19. Siapkan rencana B

Walau semua rencana sudah dipersiapkan dengan begitu baik, ada kalanya kamu tetap membutuhkan yang namanya rencana B. Hal ini perlu dilakukan karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di Lombok nanti. Bisa jadi cuaca di sekitar pantai buruk, sehingga objek wisata kepantai Lombok tidak bisa di jangkau. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, siapkan rencana cadangan agar perjalananmu yang terkendala tidak akan terasa gagal.

20. Packing dengan rapi

Setelah semua persiapan di atas dilakukan dengan baik, sekarang saatnya berkemas. Packing semua kebutuhan serapi mungkin. Sesuaikan dengan jenis tas yang akan dibawa. Jika membawa koper, lipat atau gulung semua pakaian dengan rapi. Jika membawa tas punggung, ada baiknya menggulung pakaian agar ruang di dalam tas cukup.

Demikianlah beberapa persiapan liburan ke Lombok yang wajib diperhatikan. Ingat selalu untuk mempersiapkan liburan dengan matang. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan hanya karena kurang merencanakan liburan. Selamat berlibur.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 01st, August 2017 / 02:05 Oleh :
Kategori : Persiapan