Sponsors Link

12 Tips Persiapan ke Taman Safari Bogor yang Wajib di Bawa

Sponsors Link

Wisata alam buatan yang disuguhkan taman safari membuatnya taman rekreasi jenis ini digandrungi oleh keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Di taman safari, pengunjung dimanjakan untuk berinteraksi langsung dengan ribuan satwa dari berbagai penjuru dunia dengan habitat buatan mereka, menggunakan mobil pribadi atau bus yang disediakan oleh pihak pengelola.

ads

Selain berinteraksi langsung dengan berbagai satwa, anak-anak pun dapat menikmati berbagai wahana dan berbagai atraksi satwa yang disediakan oleh pihak pengelola taman safari. Keseruan berlibur di taman safari pun memberikan pengalaman liburan keluarga yang tak terlupakan.

Sebelum berangkat berlibur, berikut beberapa tips berwisata di taman safari:

  1. Kendaraan Pribadi

Saat memasuki taman safari, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi jika dapat anda sediakan. Namun jika anda tidak membawa kendaraan sendiri, pengelola taman safari menyediakan bis untuk para pengunjung. Asal tidak membawa motor masuk, ya.

Jika anda membawa mobil sendiri, patuhilah berbagai peraturan yang telah ditentukan pihak pengelola mulai dari kecepatan mobil hingga batasan dan kapan anda boleh menurunkan kaca mobil anda. Karena biasanya di tengah perjalanan, anda pun dapat ditemui oleh seekor singa yang nampak berbaring di depan jalan anda atau berbagai hewan yang mendekati mobil anda.

Baca juga:

  1. Datang Sehari Lebih Awal

Untuk menghindari kemacetan, dan berbagai halangan untuk menikmati liburan, sebaiknya datanglah sehari lebih awal terutama jika anda berlibur saat weekend. Anda bisa mencari penginapan terdekat jika anda berasal dari luar kota, sehingga anda dapat datang ke taman safari pagi hari.

Namun jika anda berencana datang ke taman safari malam hari, anda bisa berangkat dari kota anda pagi hari untuk beristirahat sejenak di hotel yang telah anda pesan sebelum menikmati keindahan taman safari malam hari yang kemudian anda akhiri perjalan anda dengan beristirahat di hotel yang sama sebelum melanjutkan perjalanan pulang pagi harinya.

  1. Penginapan

Jika anda berasal dari luar kota, carilah beberapa hotel yang paling dekat dari lokasi taman safari dan memiliki harga dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Anda bisa booking beberapa hari sebelum berangkat agar tidak terlalu mepet dan lebih siap.

Selain menjadi tempat menginap sehari sebelum masuk ke gerbang taman safari pagi harinya, menginap di hotel juga bisa anda pilih jika anda dan keluarga berencana menjelajahi safari malam, merasakan berbagai sensasi wisata di taman safari di malam hari yang dibuka pukul 6 petang. Safari malam ini biasanya diadakan di akhir pekan dengan harga tiket yang sama harganya. Dengan  membooking hotel sebelum berangkat, anda tinggal beristirahat di hotel yang telah anda pesan sepulang dari berwisata.

Baca juga:

  1. Datang ke Taman Safari Pagi Hari

Datang ke taman safari sebaiknya pagi hari sehingga anda dapat melihat semua satwa yang sedang makan pagi. Selain itu, jika kesiangan, biasanya hewan-hewan tersebut sudah malas dan tidur. Keuntungan lainnya, kemungkinan anda terjebak macet sangat kecil dan tidak akan melewatkan berbagai pertunjukan yang diselenggarakan pihak pengelola. Sebagai info tambahan, biasanya taman safari buka pada pukul 9 pagi.

Sponsors Link

  1. Membawa Uang Tunai Secukupnya

Bawalah uang tunai secukupnya untuk membeli tiket dan makanan, karena biasanya loket pembelian tiket masuk tidak menerima pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit. Harga tiket masuk biasanya berkisar antara IDR 140.000 hingga IDR 150.000 jika anda membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya masuk tambahan. Belum lagi jika anda perlu membayar wahana lain di luar paketan tiket masuk.

  1. Membawa Bekal

Setiap pukul 12 siang, semua atraksi hewan dihentikan oleh pengelola sehingga semua pengunjung mendapat kesempatan untuk makan siang, anda pun dapat menikmati bekal yang sudah anda persiapkan jika anda memilih masih berada di dalam taman safari, namun jika anda ingin membeli makan siang, terdapat beberapa restoran di dekat taman safari. Tentu saja karena letaknya yang dekat dengan tempat wisata, harga makanannya cenderung mahal, sehingga membawa bekal adalah salah satu pilihan bijak untuk berhemat.

Baca juga:

ads
  1. Membawa Obat-obatan

Membawa obat-obatan pribadi tentunya penting, terutama jika anda dan keluarga memiliki riwayat tertuntu yang membutuhkan obat-obatan pribadi seperti mabok kendaraan hingga asma.

  1. Payung atau Jas Hujan

Tidak ada salahnya jika menyediakan payung sebelum hujan. Hal ini penting sebagai persiapan dikala musim hujan, jika anda ingin melihat pertunjukan dan atraksi satwa secara langsung sedang hujan. Selain itu membeli payung dan jas hujan di taman safari tentunya harganya lebih mahal dari toko-toko pada umumnya. Hargany bisa sampai ratusan ribu dengan kualitas yang standard, biasanya, bedanya terdapat tulisan taman safari saja.

  1. Membawa buah dan sayur

Karena akan bertemu dengan berbagai jenis satwa, sebelum berangkat belilah beberapa buah dan sayur untuk berbagai satwa yang akan anda temui. Atau, biasanya di pinggir jalan sebelum anda masuk kawasan taman safari, ada beberapa penjual sayur dan buah, sehingga anda tidak perlu repot membawa dari rumah. Saat melewati area satwa herbivor, anda akan diperkenankan untuk membuka jendela mobil dan menyuapi hewan yang mendekati kaca jendela anda. Seru bukan?

Tapi perlu diingat, pengunjung hanya diperbolehkan memberi buah dan sayur untuk hewan herbivora di Safari Track saja ya, dilarang keras memberi makan binatang yang ada di dalam termasuk primata.

  1. Membeli Oleh-oleh

Terkadang kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh sepulang berwisata, bukan? beberapa hari sebelumnya, kumpulkanlah berbagai referensi tentang oleh-oleh khas tempat wisata tersebut atau pusat oleh-oleh yang berada jauh dan mudah di jangkau oleh anda.

Baca juga:

  1. Kamera

Kamera bisa jadi sama pentingnya dengan membawa bekal saat bepergian. Dengan membawa kamera, anda bisa mendokumentasikan perjalanan wisata anda dengan baik. Pastikan anda mengisi penuh baterei kamera anda atau membawa sumber daya cadangan saat baterei kamera habis.

  1. Mengikuti aturan yang telah ditetapkan pihak taman safari

Terakhir, Baca dan ikutilah baik-baik semua peraturan yang ditetapkan oleh pengelola taman safari, demi kepentingan bersama.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 29th, August 2017 / 04:55 Oleh :
Kategori : Persiapan