Sponsors Link

40 Persiapan Liburan ke Thailand yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Persiapan liburan ke Thailand sangat penting untuk dilaksanakan dengan sempurna karena Thailand pasti akan berbeda dengan Indonesia, baik dasi segi fisik maupun segi kultur nya. Mungkin saat ini banyak orang yang ingin berwisata ke Thailand yang memang menarik untuk di eksplor. Di sana, ada pemandangan dan budaya yang sangat menakjubkan. Namun tentu saja perjalanan wisata Thailand tidak boleh dilakukan sembarangan. Butuh persiapan uang ekstra, baik dari segi fisik, regulasi, hingga transportasi nya.

ads

Berikut ini ada beberapa persiapan liburan ke Thailand. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

1. Paspor

Untuk berwisata ke Thailand, tentu dibutuhkan paspor, yang merupakan dokumen pengenal. Jika belum memilikinya, segera urus paspor dari jauh-jauh hari.

2. Thailand bebas visa

Jika ingin berwisata ke Thailand, berbahagialah karena untuk negara-negara ASEAN, Thailand bisa didatangi tanpa visa. Wisatawan dari Indonesia bisa tinggal lama di Thailand hingga 30 hari lamanya. Sedangkan wisatawan yang datang dengan jalur darat bisa menginap maksimal 15 hari lamanya.

3. Mata uang Bath

Mata uang Thailand adalah Bath. Sebelum berwisata, persiapkan mata uang tersebut dengan baik.

4. Sistem transportasi

Sebelum pergi ke Thailand, ada baiknya mencari informasi mengenai sistem transportasi menuju dan selama berada di sana.

5. Jika dengan pesawat

Wisatawan bisa memilih untuk mendarat di bandara mana. Ada beberapa jenis maskapai yang mendarat di Bandara International Suvarnabhumi. Ada juga beberapa maskapai yang tiba di bandara Don Muang. Kedua bandara ini adalah pintu gerbang kedatangan wisatawan via transportasi darat.

6. Jika dengan jalur darat

Selain dengan pesawat, wisatawan khususnya dari Malaysia dan Indonesia bisa masuk ke Thailand lewat jalur darat (menyeberang). Salah satu jalur yang bisa dilalui adalah rute dari Pulau Langkawi di Malaysia ke Satun Thailand. Di sana akan ada petugas imigrasi. Jawab setiap pertanyaan dengan bahasa Inggris.

Baca juga:

Sponsors Link

7. Transportasi umum Bangkok

Kota Bangkok memiliki transportasi umum berupa kereta MRT, BTS atau ARL. Untuk naik kereta, harus membeli tiket dulu melalui vending machine. Vending machine di Thailand menggunakan bahasa inggris, sehingga akan lebih mudah digunakan. Jika tidak mengetahui caranya, bertanyalah pada orang asli Thailand agar lebih mudah.

8. Taksi di Thailand

Taksi di Thailand adalah salah satu transportasi yang cukup terjangkau. Harganya kurang lebih sama dengan argo taksi di Indonesia. Taksi bisa menjadi alternatif transportasi saat pertama kali tiba di bandara untuk menuju penginapan.

9. Song Thaew (angkot di Thailand)

Di Thailand ada angkot dengan nama Song Thaew. Perbedaan dengan angkot di Imdonesia adalah pintunya yang berada di belakang. Namun ongkos angkutan ini biasanya sesuai dengan jauh jarak yang ditempuh. Sama seperti angkot di Indonesia, song theaw memiliki nomor jalur yang tertera di kaca depan mobil.

10. Tuk-Tuk

Tuk-tuk merupakan sebuah kendaraan roda tiga seperti becak yang terbuka. Sama seperti becak, penumpang harus menawar harga di awal sebelum naik. Supir tuk-tuk sangat lihai menghindari macet dan mencari jalan sempit di tengah padatnya kota.

ads

11. Transportasi sungai Thailand

Di beberapa kota di terdapat juga transportasi sungai. Salah satunya Bangkok. Ada beberapa rute yang bisa dilewati. Ada juga beberapa perahu wisata yang dapat membawa wisatawan ke beberapa tempat wisata.

12. Kereta api antarkota

Jika ingin berpindah dari kota yang satu ke kota yang lain, wisatawan bisa menggunakan moda kereta api antarkota. Sama seperti Indonesia, pemesanan tiket bisa dilakukan beberapa hari sebelum hari keberangkatan. Kereta api tersebut juga ada tingkat ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

13. Bus antarkota

Selain kereta ada juga bus antarkota yang harganya relatif lebih murah. Sebisa mungkin, ambil jam perjalanan malam agar waktu tidak terbuang sia-sia. Selain itu, cara ini juga bisa menghemat biaya penginapan.

14. Mini van antarkota

Di beberapa kota kecil, jadwal bus tidak cukup baik dan banyak, sehingga minivan bisa menjadi alternatif transportasi. Namun ongkos minivan ini cukup mahal jika dibanding bus antarkota. Tiketnya bisa didapatkan langsung pada terminal minivan atau agen perjalanan.

15. Bus dalam kota

Bus umum yang melayani rute dalam kota juga ada di Thailand. Pola transportasi bus ini tidak jauh berbeda dengan bus antarkota di Indonesia. Ada supir dan kondektur yang membantu menarik ongkos. Untuk turun dari bus, wisatawan memberitahu pada kondektur.

16. Persiapkan fisik

Saat berlibur ke Thailand, persiapkan fisik yang kuat. Sebaiknya berolahraga kecil-kecilan beberapa hari atau beberapa minggu sebelum berangkat. Tujuannya untuk menjaga kesehatan fisik dan beradaptasi dengan perjalanan panjang yang nanti akan dilakukan.

17. Pelajari musim

Thailand masih termasuk negara tropis yang tidak jauh berbeda dengan Malaysia dan Indonesia. Maka untuk itu persiapkan pakaian yang sesuai.

18. Informasi makanan halal

Tidak hanya musim, pakaian, dan transportasi saja, makanan selama di Thailand perlu disiapkan. Apalagi untuk wisatawan muslim yang harus makan makanan halal. Ada baiknya mencari tahu lokasi-lokasi makanan halal yang bisa dikunjungi di Thailand sebelum berangkat ke sana. Hal ini sangat penting, karena makanan halal di luar negeri cukup langka. Jangan sampai salah makan, karena bisa jadi makanan tersebut tidak halal.

19. Persiapan makanan ringan

Untuk wisatawan yang suka camilan, sebaiknya bawa camilan dari Indonesia saja, karena camilan di Thailand mungkin ada yang tidak halal.

Sponsors Link

20. Persiapan obat-obatan

Sebelum berlibur ke manapun, selalu persiapkan obat yang tepat. Kita tidak akan pernah tahu apakah kondisi alam di sana cocok untuk tubuh kita atau tidak. Untuk mengatasi itu, selalu persiapkan obat-obatan untuk perjalanan agar wisata bisa dilakukan dengan lancar.

21. Persiapan asuransi

Jika dibutuhkan, wisatawan yang ingin pergi ke luar negeri dapat mengurus asuransi wisata.

Baca juga:

22. Persiapan tiket pesawat

Jika memang ingin pergi ke Thailand dengan pesawat, beli tiket dari jauh-jauh hari. Sesuaikan maskapai dengan tujuan bandara. Harga tiket sekitar 1-5 juta, tergantung maskapai.

23. Persiapan penginapan

Setelah memastikan jadwal keberangkatan, berusahalah untuk mendapatkan penginapan. Cari penginapan dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Di Thailand ada banyak penginapan murah yang berupa homestay maupun hotel.

24. Persiapan itinerary

Buat itinerary secara lengkap dan susun sesuai rute yang ada. Sebisa mungkin, tulis juga objek wisata apa saja yang akan dikunjungi, lengkap dengan transportasi apa yang digunakan. Jangan menyepelekan jadwal, karena dari jadwal akan didapatkan banyak hal yang menentukan keberhasilan perjalanan.

25. List barang bawaan

Buat daftar barang bawaan yang wajib dibawa. Daftar itu akan membantu saat packing barang bawaan. Sesuaikan dengan kebutuhan.

26. Prediksi budget liburan

Sebelum berangkat, prediksi juga budget liburan. Prediksi budget liburan itu bisa didapatkan dari itinerary yang sudah dibuat.

27. Persiapkan makanan instan

Karena harga makanan di Thailand bisa mencapai 2 kali lipat dan sulit sekali mencari makanan halal, ada baiknya membawa makanan sendiri dari Indonesia. Bawalah makanan yang instan dan mudah diolah, misalnya abon, nuget, sarden kaleng, atau bakso.

Baca juga:

28. Persiapan jaringan internet

Wisatawan juga perlu mempersiapkan jaringan internet yang akan digunakan. Bisa dengan membeli kartu baru saat di Thailand. Tujuannya untuk mempermudah informasi.

29. Mencari voucher diskon

Tidak ada salahnya berusaha untuk mencari voucher diskon masuk tempat wisata sebelum berangkat ke luar negeri. Ada banyak voucher wisata virtual yang bisa memberikan potongan harga masuk tempat wisata.

30. Download aplikasi yang dibutuhkan

Ada banyak aplikasi yang bisa diunduh untuk memudahkan wisatawan mengenali negara Thailand. Misalnya aplikasi yang menunjukkan jalur-jalur MRT, aplikasi translator bahasa, dan aplikasi lainnya.

31. Packing

Persiapan selanjutnya adalah packing. Kemas barang bawaan serapi dan sehemat mungkin. Jangan sampai ada barang yang tertinggal, karena wisata ke Thailand tidak bisa dilakukan dengan baik jika ada barang yang tertinggal.

Baca juga:

Persiapan Liburan ke Thailand yang wajib anda persiapkan agar liburan anda berkesan :

  1. Mengambil peta wisata atau brosur wisata
  2. Belajar bahasa sederhana ala Thailand
  3. Mencari sewa kendaraan murah
  4. Mencoba makanan khas Thailand
  5. Menjaga sikap selama berwisata
  6. Mempelajari budaya Thailand, mana yang dianggap sopan, mana yang dianggap tidak sopan
  7. Mempersiapkan ruang bagasi untuk oleh-oleh
  8. Mematuhi segala rambu-rambu lalu lintas
  9. Mempersiapkan rencana B jika diperlukan.

Demikianlah beberapa persiapan liburan ke luar negeri yang bisa dilakukan. Semoga perjalanan wisatamu menyenangkan. Selamat berlibur.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 01st, August 2017 / 02:33 Oleh :
Kategori : Persiapan