Sponsors Link

11 Tempat Wisata di Swedia yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Swedia merupakan sebuah negara yang berbatasan tepat dengan Finlandia di timur laut dan Norwegia di sebelah barat. Menjadi sebuah negara yang paling luas peringkat ke-3 di Uni Eropa, Swedia memiliki banyak pesona yang ditawarkan kepada wisatawan dunia. Berencana berlibur ke Eropa? Jangan lewatkan beberapa rekomendasi tempat wisata di Swedia berikut ini.

Kaknas Tower

Kaknas TowerStockholm sebagai ibukota Swedia memiliki banyak obyek wisata untuk disambangi, termasuk Kaknas Tower yang merupakan sebuah menara dengan tinggi 170 meter (sudah termasuk antena). Dulunya, menara ini adalah menara pemancar radio dan TV dan bahkan sempat menjadi menara tertinggi yang bisa ditemukan di Skandinavia. Saat ini, para wisatawan bisa mengunjungi menara ini karena telah dibuka bagi umum sehingga para pengunjung akan mendapatkan pemandangan kota Stockholm secara 360 derajat.

Para pengunjung bisa menikmati pemandangan tersebut dari pelataran yang letaknya ada di ketinggian kurang lebih 150 meter. Jangan khawatir, wisawatan pun bisa membeli oleh-oleh atau suvenir di kawasan ini karena ada sejumlah toko suvenir yang dapat disambangi. Ada juga beberapa restoran untuk memuaskan wisata kuliner Anda. Semoga sesampainya di sini cuaca sedang cerah-cerahnya karena pemandangan kota yang terlihat bisa sampai 60 kilometer jauhnya. Lokasi ini sangat mudah dijangkau, bus untuk umum pun tersedia dan bisa berhenti tepat di bawah menara.

  • Kaknas Tower buka setiap hari; dari hari Senin sampai Sabtu menerima pengunjung dari jam 10 pagi hingga 9 malam, sedangkan di hari Minggu akan dibuka dari jam 10 pagi hingga 6 petang saja.
  • Pengunjung dikenakan biaya sebesar SEK 55 atau sekitar Rp 85 ribu untuk bisa masuk ke menara.

Millesgarden

MillesgardenLokasi wisata yang akan membuat wawasan Anda tentang seni makin bertambah adalah Millesgarden. Millesgarden sendiri adalah sebuah museum seni dan patung taman yang bisa dikunjungi di Pulau Lidingo yang tepat berada di ibukota Swedia, yaitu Stockholm. Museum ini berlokasi di lantai dasar kediaman pematung Carl Milles dan istrinya. Keduanya dikenal sebagai seniman dan dimakamkan di rumahnya sendiri. Diketahui pula bahwa Millesgarden merupakan sebuah setting dari adegan pembuka dalam novel fiksi ilmiah karya Tau Zero di mana sejumlah karya patung taman pun dideskripsikan di sana.

  • Millesgarden di musim panas (1 Mei sampai 30 September) buka setiap hari jam 11 pagi hingga 5 sore.
  • Milles garden di musim dingin (1 Oktober sampai 30 April) buka dari hari Selasa hingga Minggu saja dari jam 11 siang sampai 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar SEK 150 atau sekitar Rp 233 ribu. Pengunjung yang masih pelajar dengan kartu pelajar dikenakan biaya SEK 120 atau sekitar Rp 186 ribu. Untuk anak-anak dan remaja usia sampai 19 tahun tidak dikenakan biaya.

Nobel Museum

Nobel MuseumBelum terlalu lama dan tua memang, karena Nobel Museum ini dibuka pada tahun 2001 dan segala isi museum ini adalah berupa informasi tentang penghargaan Nobel yang bisa didapatkan wisatawan secara lengkap. Informasi yang diberikan kepada para pengunjung adalah mulai dari proses seleksi hingga daftar para pemenang berikut profilnya. Terbilang sangat lengkap karena informasi yang disediakan adalah sedari penyelenggaraan hadiah Nobel pertama yang ada di tahun 1901 sampai dengan yang paling baru.

Seperti yang kita tahu, Alfred Nobel adalah penggagas dari penghargaan Nobel ini, maka para wisatawan yang ingin tahu lebih dalam tentang Alfred Nobel pun akan ada profil serta riwayat kehidupannya untuk dilihat. Informasi tentang alasan dan tujuan pemberian penghargaan ini juga bisa didapatkan. Berlokasi di kawasan kota tua Gamla Stan, tepatnya Stortorget Square, museum ini pun menawarkan bermacam-macam demonstrasi ilmiah yang bisa dicoba oleh para pengunjungnya. Jadi, di tempat ini Anda bisa seolah-olah menjadi seorang ilmuwan dengan demonstrasi interaktif tersebut.

  • Nobel Museum pada waktu musim dingin (1 September sampai 31 Mei) buka dari hari Selasa sampai Minggu. Khusus hari Selasa akan melayani pengunjung dari jam 11 siang hingga 8 malam, sementara dari hari Rabu sampai Minggu buka dari jam 11 siang hingga 5 sore saja.
  • Nobel Museum pada waktu musim panas (1 Juni sampai 31 Agustus) buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 8 malam.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar SEK 100 atau sekitar Rp 155 ribu. Pengunjung lansia berusia 65 tahun ke atas serta pelajar dikenakan biaya sebesar SEK 70 atau sekitar Rp 109 ribu. Pengunjung anak-anak di bawah 18 tahun tidak dikenakan biaya.
  • Spesial di hari Selasa dari jam 5 sore sampai 8 malam tidak dikenakan biaya.
  • Untuk penyewaan audio guide maka harus membayar lebih sekitar SEK 20 atau sekitar Rp 31 ribu.
    sponsored links

Nordic Museum

Nordic MuseumMuseum lainnya yang akan menambah pengetahuan Anda sekalian selama di Swedia adalah Nordic Museum yang pembangunannya dilakukan pada tahun 1873 dan merupakan inisiatif dari Artur Hazelius. Berada di pusat kota Stockholm, dulunya nama museum ini adalah The Scandinavian Ethnographic Collection, tapi akhirnya nama tersebut diubah menjadi Nordic Museum di tahun 1880. Sesampainya di dalam, Anda akan menjumpai hall utama di mana sebuah patung raksasa pendiri Swedia, Raja Gustav Vasa, diletakkan dan dipamerkan di sana.

Menarik dan uniknya museum ini adalah koleksi yang meliputi kehidupan masyarakat Nordik di masa lampau, sekitar 500 tahun lalu. Dari masa ke masa, akan ditunjukkan perubahan gaya hidup yang dimiliki masyarakat Nordik, entah itu lewat model rambut, gaya berpakaian, permainan anak-anak, furnitur dan bahkan bangunan rumah. Istimewanya lagi, ada beberapa merek shampo dan sabun zaman dulu yang turut dipajang oleh museum ini.

  • Nordic Museum buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai dengan jam 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar SEK 100 atau sekitar Rp 155 ribu. Untuk pengunjung berusia 18 tahun ke bawah digratiskan.
  • Spesial setiap hari Rabu akan tutup jam 8 malam dan bagi yang masuk di atas jam 5 sore tidak akan dikenakan biaya, tapi hanya dari bulan Oktober sampai Mei.

Queen Street atau Drottninggatan

Queen Street atau DrottninggatanBelum akan lengkap liburan di Swedia jika belum menelusuri yang namanya Drottninggatan atau yang juga terkenal dengan nama Queen Street. Terbentang dari jembatan Riksbron hingga mencapai Observatorielunden, jalan ini memang hanya boleh digunakan oleh pejalan kaki sehingga tidak akan ramai kendaraan. Di sinilah tempat yang pas untuk berbelanja apa saja dan mencicipi segala jenis makanan sebab terdapat banyak restoran, kafe dan gerai lainnya di sepanjang jalan ini. Walau berniat untuk tidak belanja, mengunjungi lokasi ini tidak akan membuat Anda menyesal dengan adanya sejumlah bangunan kuno nan megah dari tahun 1640-an yang akan membuat liburan di tempat ini makin asyik saja.

Falun

FalunDestinasi liburan di Swedia yang juga tidak boleh terlewat adalah Falun yang dulunya didirikan di area pertambangan tembaga. Daerah pertambangan menjadi tempat wisata? Tambang bernama Great Copper Mountain ini sudah dianggap sebagai warisan dunia UNESCO dan sudah secara resmi terdaftar di tahun 2001, sehingga bagi Anda yang ingin berkunjung dan membutuhkan panduan akan tersedia pemandu resmi.

Falun pun memiliki sejumlah spot lainnya yang pasti seru untuk disambangi, seperti halnya Great Pit yang memiliki kedalaman kurang lebih 95 meter, yaitu bentukan dari reruntuhan tambang yang terjadi di tahun 1687. Walau yang paling terkenal adalah sejarah pertambangan Falun, para wisatawan juga diperbolehkan untuk sepuasnya menikmati berbagai event tradisional, ambil contoh pertandingan Ski Swedia, Falu Cruising, dan Falu Party yang dijamin seru.

Kiruna

KirunaPara wisatawan dengan jiwa petualang sejati, boleh datang ke Kiruna yang merupakan sebuah spot liburan yang pas didatangi ketika musim dingin tiba. Aktivitas-aktivitas seru yang dapat dinikmati antara lain adalah bermain kereta anjing, papan salju dan ski. Bahkan melompat dengan mobil salju serta memancing di es juga akan membuat liburan makin tidak terlupakan.

Kiruna sebagai kota yang ada di sisi paling utara di Swedia juga memiliki sebuah gereja tua yang paling besar di Swedia, yakni Kiruna Kyrka. Bila datang tepat di bulan Juni dan Juli, maka akan ada cahaya matahari yang tidak akan putus-putusnya menyinari tempat ini. Anda yang ingin mencoba mengakses gunung paling tinggi di Swedia, Kebnekaise, juga akan dapat secara mudah sampai ke sana.

Junibacken Museum

Junibacken MuseumBerlibur bersama keluarga dan bingung mau mengajak anak-anak ke tempat liburan yang pas untuk mereka? Junibacken Museum yang merupakan sebuah museum khusus untuk anak-anak ini adalah destinasi terbaik. Berada di Pulau Djurgarden yang berada di tengah kota Stockholm, museum ini secara resmi dibula di tahun 1996 oleh Swedish Royal Family dan menjadi museum yang paling sering dikunjungi turis di peringkat ke-5 di Stockholm. Museum ini dibangun dan didedikasikan untuk sastra anak di Swedia, namun khususnya adalah bagi Astrid Lindgren.

  • Junibacken Museum buka dari hari Selasa sampai dengan Minggu dari jam 10 pagi hingga 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan SEK 159 atau sekitar Rp 246 ribu, sementara pengunjung anak-anak dengan usia antara 2-15 tahun dikenakan biaya SEK 139 atau sekitar Rp 215 ribu.

Stockholm Palace

Stockholm PalaceRoyal Palace di Swedia yang berlokasi di kawasan kota tua Gamla Stan ini sangat wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Karena memiliki 5 buah museum dan juga memang dibuka untuk umum, maka obyek wisata ini bisa disambangi oleh siapa saja. Dikenal sebagai sebuah bangunan tempat tinggal keluarga kerajaan Swedia, tempat ini juga difungsikan sebagai Royal Court dan kantor pemerintahan. Seperti Royal Palace di Inggris, daya tarik utama dari Royal Palace di Swedia apa lagi kalau bukan prosesi pergantian penjaga istananya.

Sponsors Link
Bangunan yang memiliki gaya Italian Baroque satu ini memang sudah sangat tua karena dibangun sejak dari abad ke-18. Namun, menjadi bangunan tua bukan berarti gedung istana ini tidak lagi menarik. Prosesi pergantian penjaga istana yang menjadi daya tarik wisata ini akan berlangsung selama 40 menit dan semoga Anda adalah salah satu wisatawan beruntung yang bisa menyaksikannya secara langsung. Bahkan jika datang ke Royal Palace pas di hari ulang tahun raja, ada parade tentara berkuda yang bisa disaksikan juga.

  • Stockholm Palace buka dari hari Selasa sampai Sabtu dari jam 10 pagi sampai dengan 4 sore.
  • Untuk menonton prosesi pergantian penjaga istana, acara ini akan dilaksanakan di jam-jam tertentu, yaitu dari jam 12.15 atau 13.15 pada siang hari. Namun, hari dan bulannya tidaklah pasti.
  • Pengunjung untuk dapat masuk dan menikmati indahnya istana ini harus membayar sebesar SEK 150 atau sekitar Rp 232 ribu.

Linkoping

LinkopingIngin menikmati liburan di kota besar yang menawarkan atmosfer seperti tengah berada di kota kecil? Linkoping di Swedia adalah jawabannya. Semua hal yang Anda cari ada di kota ini, baik itu museum serta gedung/bangunan klasik abad pertengahan. Tidak ketinggalan Anda juga akan menjumpai kanal, danau, dan area pedesaan yang menyejukkan. Apabila ingin berkeliling, salah satu cara paling terkenal dan diminati adalah bersepeda.

Peta rute bersepeda yang paling baik untuk memuaskan waktu rekreasi Anda akan diberikan oleh kantor informasi turis serta toko-toko sepeda yang ada di area ini. Banyak hal yang tidak hanya bisa sekadar dilihat tapi juga dikunjungi, antara lain seperti museum terbuka, kota tua (Gamla Linkoping), istana abad ke-13 dan katedral abad ke-12. Dijamin makin mantap liburan Anda ketika bermain-main di Linkoping.

Visby

VisbyKesenangan Anda selama di Swedia akan bertambah dengan mendatangi kota abad pertengahan paling populer di Swedia satu ini. Diadakan pekan abad pertengahan yang diadakan oleh kota ini setiap datang bulan Agustus. Namun lantas bukan berarti bahwa Anda harus datang tepat di bulan Agustus hanya untuk menyaksikan dan merasakan atmosfer abad pertengahan di kota ini. Meski bukan di bulan Agustus, Anda tetap bisa menjelajahi setiap sudut jalan dan kota atau berpartisipasi dalam tur ke Kota Ta. Dalam tur ini, ada sebuah gereja kuno abad ke-13 yang bisa dikunjungi dan Anda akan otomatis terpesona dengan terbentangnya dinding gereja sejauh 13 kilometer karena bangunan tersebut bekas benteng pertahanan pada masa perang.

Sejumlah tempat wisata di Swedia yang terbaik sudah disebutkan satu per satu di atas. Jadi, lokasi wisata manakah yang ingin Anda jelajahi duluan?

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 12th, March 2016 / 04:48 Oleh :
Kategori : Swedia