Sponsors Link

22 Tempat Wisata di Asia Tenggara yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Bagi yang senang dan hobi berwisata, menjelajahi Asia Tenggara bisa dimasukkan ke dalam daftar rencana wisata. Di benua Asia, Asia Tenggara adalah kawasan yang berada di bagian tenggara dan yang tercakup di dalamnya adalah Semenanjung Malaya, Indochina dan kepulauan lain yang berada di sekelilingnya. Pada kelompok Asia Tenggara Daratan, Vietnam, Myanmar, Laos, Thailand, dan Kamboja termasuk di dalamnya, sementara untuk kelompok Asia Tenggara Maritim, ada negara Indonesia, Singapura, Brunei, Malaysia, Filipina, dan Timor Leste yang termasuk di dalamnya. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Asia Tenggara berdasarkan tiap negara yang bisa dipertimbangkan.

ads

Indonesia

  1. Goa Jomblang-Yogyakarta

Goa Jomblang-YogyakartaGoa yang lokasinya ada di Kecamatan Semanu dan berada di desa bernama Pacarejo ini ada di Pedukuhan Jetis Wetan. Apabila dari pusat kota Yogyakarta sendiri, jarak untuk menuju ke sana adalah 50 kilometer. Sebenarnya pelancong tidak akan menemukan kesulitan ketika mendatangi situs wisata ini, hanya memang jalanannya masih berbatu-batu dan tanah.

Tidak masalah menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, hanya bersiaplah untuk mengalami sensasi off-road ketika melewati jalanan tersebut. Goa Jomblang adalah goa yang memberikan pengalaman dan petualangan yang tidak akan terlupakan karena adanya sungai bawah tanah, hutan purba yang cantik, serta goa kapurnya yang khas. Selain bisa menikmati Goa Jomblang, ada Goa Grubug yang pada dasarnya terhubung dengan Goa Jomblang. Hal ini akan memampukan pengunjung menjelajahi kedua goa sekaligus. Untuk mengalami pengalaman seru di tempat ini, caving Goa Jomblang, siapkan saja kocek sebesar Rp 450 ribu.

  1. Teluk Kiluan-Lampung

Teluk Kiluan-LampungBila senang menikmati berbagai pemandangan akan makhluk laut, seperti halnya ikan paus dan lumba-lumba, Teluk Kiluan akan menjadi tempat yang sangat disarankan untuk dikunjungi. Area ini bagaikan surga, tidak hanya para wisatawan yang suka pemandangan alam, tapi juga untuk pemancing-pemancing handal. Ada lomba-lomba memancing sebagai even pada tiap tahunnya di teluk ini.

Untuk menikmati pemandangan lumba-lumba yang cantik, wisatawan seharusnya sudah berada di sana sejak jam 6 pagi. Dekat dengan Teluk Kiluan, ada pantai yang pasirnya berwarna putih yang dapat menambah keindahannya. Aktivitas wisata air juga tersedia di sana, jadi bagi yang senang berperahu ria, memancing, dan snorkeling, silakan mencoba semua kegiatan tersebut.

  • Tiket masuk ke Pulau Kiluan sendiri hanya dikenakan sebesar Rp 5 ribu saja.
  • Untuk naik taksi perahu menuju pulaunya, pengunjung akan dikenakan Rp 15 ribu per orang.
  • Bagi yang membawa mobil dan menginap di Dusun Bandung Jaya, biaya parkirnya mencapai Rp 20 ribu.
  1. Pantai Pulau Merah-Banyuwangi

Pantai Pulau Merah-BanyuwangiPantai satu ini terletak di Banyuwangi namun di ujung selatannya dan bila melihatnya dengan seksama, ada gunung kecil yang menjadi keunikan serta khas dari pantai tersebut yang merupakan tempat wisata di jawa timur banyuwangi ini. Gunung kecil tersebutlah yang berwarna merah dan berada di tengah pantai, oleh karena itu lokasi wisata ini disebut Pantai Pulau Merah. Tidak hanya pemandangan alamnya yang menarik dan menenangkan jiwa, namun kulinernya pun akan memanjakan lidah kita dengan menu-menu, seperti pecel kare, pecel rawon, serta rujak soto.

Bagi yang memiliki hobi surfing, tempat ini adalah surganya karena ombak yang tinggi bisa didapat di tempat ini, yaitu sekitar 3-5 meter. Hal itu juga menjadi alasan mengapa anak-anak tidak diperbolehkan untuk berenang hingga ke tengah-tengah. Pantai ini juga dikelilingi oleh bukit hijau serta pasir yang warnanya putih dengan panjang 3 kilometer. Murah saja untuk mendapatkan pengalaman asyik dan tidak terlupakan di sini, yaitu cuma dengan biaya yang besarnya Rp 2.500 per pengunjung.

Vietnam

  1. Danau Hoan Kiem-Hanoi

Danau Hoan Kiem-HanoiSatu tempat wisata di Vietnam, terutama di ibu kotanya Hanoi, ada danau “returned sword” dengan sejuta keindahan yang juga memiliki banyak sejarah akan negara Vietnam sendiri yang bernama Hoan Kiem.

Obyek ini begitu atraktif sehingga meraih popularitas tinggi di ibu kotanya dan danau ini bisa dikunjungi ketika berkunjung ke tengah kota Hanoi. Selain dapat dimanfaatkan untuk belajar tentang alam, masyarakat sekitar pun kerap berolahraga di area danau ini.

 

  1. Cu Chi Tunnels-Ho Chi Minh City

Cu Chi Tunnels-Ho Chi Minh CityLokasi wisata ini juga wajib ditelusuri, khususnya bagi yang senang dengan pengetahuan sejarah yang merupakan tempat wisata di ho chi minh city ini. Terowongan ini dikenal sebagai salah satu saksi bisu sewaktu perang Vietnam terjadi sebab tempat ini digunakan oleh tentara Vietnam sebagai tempat sembunyi. Selama perang terjadi, di sinilah para tentara menimbun cadangan makanan. Terowongan ini juga menjadi tempat yang aman bagi mereka yang terserang penyakit malaria karena perawatan dilakukan di dalamnya.

Untuk menjelajahi terowongan Cu Chi saja, berarti wisatawan perlu mengambil half-day tour di mana reservasinya cukup murah dan sederhana. Biaya termurah yang ditawarkan untuk half-day tour adalah sekitar 100 ribu dong atau bila dirupiahkan sekitar Rp 62 ribu saja, namun belum termasuk harga tiket masuk yang dikenakan sebesar 90.000 dong atau dalam rupiah adalah Rp 56 ribu. Selama proses perjalanan atau penelusuran terowongan ini pasti para pengunjung akan dibuat merinding.

  1. Phu Quoc Island-Kien Giang

Phu Quoc Island-Kien GiangTujuan wisata lainnya yang bisa masuk ke daftar kunjungan dalam rangka mengelilingi Asia Tenggara adalah Phu Quoc Island di Thailand yang lokasinya berada di provinsi Kien Giang. Karena pantai di pulau ini masih sepi, maka melakukan segala aktivitas wisata air di sini akan lebih seru, seperti scuba diving atau snorkeling.

Penyewaan sepeda motor juga bisa ditemukan dengan mudah di pulau ini bagi para wisatawan yang ingin berpetualang. Untuk liburan menyenangkan di pulau yang terkenal dengan produksi mam nuoc (saus ikan fermentasi)-nya ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 20,000 dong atau 12.500 ribu rupiah.

ads

Brunei

  1. Kampong Ayer-Bandar Seri Begawan

Kampong Ayer-Bandar Seri BegawanKampong Ayer adalah salah satu warisan budaya Brunei sehingga menjadikannya salah satu asset sejarah Brunei di mana pembangunan desa ini adalah di atas Sungai Brunei. Saat berkeliling ke desa air ini, terdapat satelit, layanan darurat, sekolah dan beragam jenis rumah yang bisa ditangkap oleh perhatian kita, bahkan sudah ada akses WiFi juga yang bisa dinikmati di tempat ini.

Dengan lokasinya yang berada di Brunei Bay, perjalanan bisa dilakukan secara singkat dari daratan Bandar Seri Begawan dengan naik taksi. Hanya dengan membayar sekitar USD 1 atau Rp 14 ribuan per orang untuk naik ke boat yang telah disediakan; dan akan menjadi 28 ribu untuk proses pulang perginya.

  1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin-Bandar Seri Begawan

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin-Bandar Seri BegawanBerlokasi di ibu kota Brunei, masjid satu ini menjadi daya tarik wisatawan juga karena banyak yang menganggap obyek wisata ini sebagai landmark paling utama di Brunei dengan kemegahan yang tidak tertandingi itu. Bila melihatnya pada malam hari, maka masjid ini akan memancarkan keindahannya karena dapat memancarkan cahayanya di dalam gelap.

Ada 28 kubah yang dipunyai oleh masjid yang pembangunannya selesai di tahun 1958 ini. Simbol untuk memeringati hari lahir Sultan Omar Ali Saifuddin III adalah kubah-kubah tersebut. Masjid ini pun menyuguhkan gaya kemodernan Islam dengan tinggi 52 meter pada kubah emasnya berikut menara marmer pada bangunan ini. Jam buka masjid ini adalah dari Minggu sampai Rabu mulai dari jam 8 pagi sampai 12 siang, dilanjutkan setengah 2 siang hingga 3 siang, lalu yang terakhir adalah setengah 5 sore sampai setengah 6 petang. Sementara untuk hari Jumat hanya buka pada sesi terakhirnya saja, jam setengah 5 sore hingga setengah 6 dan akan ditutup untuk para pengunjung non-muslim pada setiap hari Kamis. Biaya masuk tidak usah membayar.

Malaysia

  1. Menara Kuala Lumpur -Kuala Lumpur

Menara Kuala Lumpur -Kuala LumpurMenara ini tidak hanya bisa dinikmati dari segi pemandangannya, tapi juga ada aktivitas menantang yang bisa dicoba untuk dilakukan di menara ini. Wahana-wahana yang disediakan memang cukup memacu adrenalin, maka untuk yang berpenyakit jantung sebaiknya tidak memainkan wahana-wahana di sini. Aktivitas yang dimaksud salah satunya adalah berjalan di atas kaca yang berada di tepi gedung menara dengan 420 meter sebagai tingginya.

Menjangkau tempat wisata di malaysia ini pun terbilang gampang karena hanya dengan mengendarai bus atau MRT, bisa langsung sampai ke tujuan. Bahkan ada fasilitas bus tanpa pengenaan biaya yang bisa dimanfaatkan. Dengan ketinggian 420 meter serta 360 derajat sudut pandang, para pengunjung akan mendapatkan pemandangan kota Kuala Lumpur secara memuaskan. Demi berada di puncak menara, per pengunjung wajib membayar 40 RM atau Rp 131 ribu.

  1. Museum Kesenian Islam Malaysia-Kuala Lumpur

Museum Kesenian Islam Malaysia-Kuala LumpurMuseum kesenian ini cocok untuk dikunjungi bagi para wisatawan berjiwa seni tinggi dan akan lebih mudah untuk dijangkau karena berada di pusat kota Kuala Lumpur. Sarat dengan sejarah peradaban Islam, museum ini layak untuk dijadikan tempat berwisata yang sekaligus menambah pengetahuan.

Naik taksi dari KLCC adalah yang terbaik untuk menuju tempat ini. Cukup menyiapkan biaya sebesar 12 RM atau Rp 39 ribu per kepala, sejarah peradaban Islam yang dipertunjukkan oleh gedung museum 3 lantai ini bisa kita pelajari.

Kamboja

  1. Angkor Wat-Siem Reap

Angkor Wat-Siem ReapArea Angkor yang memiliki luas sekitar 400 kilometer persegi ini memiliki kuil yang jumlahnya hingga ratusan dan kuil paling besar adalah Angkor Wat. Kuil yang sangat luas ini akan memerlukan waktu sebanyak 4 jam untuk menjelajahinya. Ketika memasuki kuil, ada sebuah jembatan panjang yang bisa dilewati oleh pengunjung dan jembatan tersebut adalah akses tunggal untuk masuk ke dalam kuil. Relief-reliefnya begitu menakjubkan sehingga tidak boleh sampai terlewat. Kuil-kuil lainnya yang ada di daerah Angkor juga bisa dikunjungi bila mempunyai waktu lebih banyak sebab ada Ta Phrom, Ta Keo, Angkor Thom, Bayon, dan Banteay Srey yang akan memberikan kepuasan liburan selama di Kamboja. Kuil Ta Phrom adalah yan paling populer sejak digunakan sebagai lokasi syuting film Tom Raider oleh artis Angelina Jolie. Pepohonan besar tampak ‘melilit’ kuil-kuil Ta Phrom sehingga terlihat lebih unik.

  • Harga tiket masuk harian: USD 20 atau Rp 278 ribu.
  • Harga tiket masuk 3 hari yang berlaku dalam seminggu: USD 40 atau Rp 556 ribu.
  • Harga tiket masuk 7 hari yang berlaku dalam sebulan: USD 60 atau Rp 833 ribu.

Laos

  1. Bukit Phou Si-Luang Prabang

Bukit Phou Si-Luang PrabangDi kota tua Luang Prabang, ada sebuah bukit yang tingginya mencapai 100 meter. Sungai Khan Nam serta Sungai Mekong adalah dua sungai yang mengapit bukit ini. Bagi warga setempat, lokasi ini bukanlah tempat wisata atau hiburan, melainkan sebagai rumah agama di mana ada sejumlah candi Buddha yang ada di sana.

Ketika sudah sampai pada puncak bukit yang menghadap pedesaan dan perkotaan di sekelilingnya, ada candi Buddha Wat Chom Si yang menjadi obyek paling menarik di Luang Prabang. Cukup dengan 20,000 kip atau Rp 34 ribu pengunjung bisa menikmati obyek wisata satu ini secara bebas.

  1. Monumen Patuxai-Vientiane

Monumen Patuxai-VientianeKarena posisi dari obyek wisata ini ada di tengah-tengah bundaran atau jalan, maka amat jarang wisatawan yang mengunjungi obyek wisata ini. Walau begitu, Black Stupa ini boleh menjadi pertimbangan apalagi yang tertarik dengan bangunan sejarah dan suka berfoto ria. Bersantai sore di daerah ini juga sah-sah saja karena di sana terdapat bangku-bangku taman yang menyenangkan.

Di lokasi ini juga dapat ditemukan sebuah kafe modern untuk dikunjungi apabila pengunjung lapar dan haus atau sekadar untuk menambah pengalaman berkuliner. Beroperasi setiap hari tanpa pengenaan biaya masuk, pengunjung tentu akan lebih senang.

Filipina

  1. Gunung Mayon-Albay

Gunung Mayon-AlbayBila ke Filipina, jangan lupa untuk datang ke gunung ‘Fuji’-nya, yaitu Gunung Mayon yang merupakan tempat wisata di filipina. Saat melihatnya secara langsung, Gunung Mayon ini memang kelihatan seperti Gunung Fuji dengan bentuknya yang mengerucut.

Dalam 400 tahun terakhir, gunung inilah yang paling aktif di Filipina karena sudah tercatat bahwa Gunung Mayon telah meletus sebanyak 50 kali. Para pendaki gunung tampaknya harus mencoba tempat wisata satu ini untuk ditaklukkan karena akan semakin menguji adrenalin anda jika anda menikmati pendakian di gunung mayon albay ini.

  1. Rizal Park-Manila

Rizal Park-ManilaObyek wisata yang juga dikenal sebagai Taman Nasional Luneta ini berlokasi di Roxas Boulevard yang ada di ibu kota Filipina, Manila. Karena merupakan salah satu taman paling besar di seluruh Asia, maka jelas setiap wisatawan perlu mendatangi situs sejarah ini.

Inilah situs sejarah di mana Filipina berperang melawan penjajah Spanyol pada jaman dulu. Pemberian nama taman ini adalah berasal dari Jose Rizal yang merupakan pahlawan nasional Filipina. Biaya masuk hanya 10 PHP atau kalau dirupiahkan adalah sekitar Rp 3 ribu saja.

Myanmar

  1. Pagoda Shwedagon-Yangon

Pagoda Shwedagon-YangonObyek wisata Pagoda Shwedagon bisa menjadi pilihan bagi yang berkunjung ke Yangon tempat wisata di Myanmar. Stupa pada pagoda ini begitu berkilauan dan setiap pengunjung akan benar-benar terpesona akan emasnya yang megah. Pagoda yang termasuk situs Buddha Myanmar ini mempunyai interior khusus dan bisa membuat jiwa lebih tenang.

Bagi para pengunjung yang ingin mencari sebuah tempat wisata untuk ketenangan jiwa, pagoda dengan biaya masuknya yang mencapai Rp 111 ribu ini akan sangat tepat untuk dikunjungi.

  1. Mrauk U-Selatan Rakhine State

Mrauk U-Selatan Rakhine StateReruntuhan situs wisata ini menjadi pusat perhatian apabila berlibur di Myanmar dengan 700 buah pagoda beserta sejumlah kuil yang menjadi latar belakang kehidupan para penggembala kambing serta petani di pedesaan.

6.000 kuil lebih pernah dibangun di Mrauk U menurut legenda, namun Kerajaan Rakhine menjadi runtuh setelah dinasti mengalami kejatuhan serta kondisi kerasnya cuaca. Bila ingin menikmati liburan di tempat ini, hanya dengan K5000 atau Rp 54 ribu bisa menjelajahi sepuasnya sehingga tak heran banyak pengunjung para wisatawan yang ingin memnjelahai melalui tempat wisata ini.

Sponsors Link

Thailand

  1. Candi Putih atau Wat Rong Khun-Chiang Rai

Candi Putih atau Wat Rong Khun-Chiang RaiCandi yang sangat indah dengan dominasi warna putih ini memang sekilas kelihatan sangat kuno, namun sebenarnya pembangunannya adalah di tahun 1999 yang diprakarsai oleh seorang seniman yang berasal dari Thailand dan merupakan tempat wisata di thailand. Ada proses reinkarnasi yang digambarkan oleh bentuk candi ini dan para pengunjung pun akan disuguhi dengan terulurnya patung tangan-tangan yang berada di sekeliling candi.

Kelebihan lain dari candi ini adalah adanya mural tragedy 9/11 yang ada di Amerika serta mural Keanu Reeves. Beroperasi setiap hari, candi ini hanya akan menerima pengunjung mulai dari jam 8 pagi sampai jam 6 petang dan tidak akan dipungut biaya sepeser pun bagi setiap wisatawan yang datang, namun donasi untuk konstruksi candi atau sumbangan akan diterima dengan tangan terbuka. Untuk ke candi ini, pengunjung harus mengenakan pakaian sopan dan tidak diperbolehkan memakai pakaian terbuka. Dilarang juga untuk mengambil gambar, baik itu dengan memotret maupun merekam pada bangunan utamanya.

  1. Mae Sot-Bagian Barat Thailand

Mae Sot-Bagian Barat ThailandTempat wisata satu ini cukup terpencil dan sebenarnya lokasinya sendiri ada di perbatasan antara Thailand dengan Myanmar. Keragaman penduduk di tempat ini menjadi salah satu keunggulan Mae Sot akibat letaknya yang ada di perbatasan. Para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seru nan menyenangkan, seperti:

  • Partisipasi dalam program di Highland Farm Gibbon Sanctuary untuk penyelamatan orang utan.
  • Belanja di pasar tradisional dengan model terbuka.
  • Bersantai dan berelaksasi di sauna herbal.

Singapore

  1. Museum Peranakan-Singapore

Museum Peranakan-SingapuraMuseum Peranakan merupakan salah satu obyek tempat wisata di singapore yang paling menarik di mana informasi tentang sejarah peranakan di Singapura bisa didapat dari tempat ini. Museum akan menyediakan beberapa pemandu tur yang tersedia pada jadwal tertentu dan pemandu tur tidak akan tersedia pada hari besar. Tempat ini cukup mudah dijangkau hanya dengan melalui stasiun MRT City Hall. Buka setiap hari, museum ini akan melayani pengunjung mulai dari jam 10 pagi hingga 7 malam dan setiap Jumat pada jam 10 pagi sampai 9 malam. Khusus untuk penduduk lokal Singapura tidak akan dikenakan biaya, namun untuk wisatawan, berikut daftar biaya tiket yang bisa dicatat.

  • Untuk yang datang sekeluarga (maksimal 5 orang) dikenakan Rp 250 ribu.
  • Untuk yang datang per individu dikenakan Rp 83 ribu.
  • Untuk yang datang pada malam Jumat dari jam 7 malam hingga 9 malam dikenakan Rp 41.500 ribu.
  • Untuk pengunjung yang usianya 6 tahun ke bawah tidak dikenakan biaya.
  1. Mustafa Centre-Singapore

Mustafa Centre-SingaporeBagi wisatawan yang ingin keliling Asia Tenggara dan berbelanja sepuasnya, tempat belanja ini pasti disukai oleh para wisatawan karena barang-barangnya yang lengkap dan dihargai cukup murah yang menjadi banyak para pengunjung datang ke tempat ini..

Peralatan elektronik, fashion, serta pernak-pernik adalah barang-barang yang diperdagangkan di tempat ini dan menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi orang Indonesia karena  pernak pernik yang dijual sangat disukai oleh para pengunjung wisatawan yang datang ke tempat ini.

  1. Marina Bay Sands-Singapore

Marina Bay Sands-SingaporeDi Singapura ada sebuah teluk yang memiliki icon hotel yang dapat dilihat di bagian tengah laut. Menariknya, saat melihat ke bagian bentuk hotel, seperti di puncaknya ada kapal yang memang menawarkan fasilitas kolam renang dari hotel tersebut. Untuk menikmati pemandangan dan berada di Sands SkyPark Observation Deck, harga tiket yang bisa diketahui adalah sebagai berikut:

  • Tanpa pungutan biaya bagi anak-anak di bawah 2 tahun.
  • Rp 194 ribu bagi lansia atau yang berusia 65 tahun ke atas.
  • Rp 165 ribu bagi anak-anak dengan rentang usia dari 2 sampai 12 tahun.
  • Rp 223 ribu bagi orang dewasa.

Itulah beragam tempat wisata dari seluruh negara yang ada di Asia Tenggara. Jadi bagi wisatawan yang membutuhkan referensi tentang tempat wisata yang menarik, seru, dan menambah wawasan di Asia Tenggara, boleh melirik dan mempertimbangkan beberapa tempat unik dan wajib ditelusuri yang telah disebutkan di atas. Kiranya review tempat wisata ini dapat membantu menginspirasi Anda semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 14th, March 2016 / 07:48 Oleh :
Kategori : Wisata Asia