Sponsors Link

11 Tempat Wisata di Kupang yang Menarik

Sponsors Link

Pariwisata tanah air yang mungkin tidak terlalu diperhatikan banyak wisatawan namun menyimpan begitu banyak keajaiban adalah Kupang yang merupakan ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Beragam lokasi eksotis dapat ditemukan saat berada di Kupang walau memang sejumlah tempat belum mendapat pengelolaan yang baik dan belum begitu banyak terjamah. Ada rencana menghabiskan waktu liburan di Kupang? Ini dia tempat wisata di Kupang yang bisa dijadikan pilihan tepat.

ads

Pulau Komodo

Pulau KomodoMenjadi salah satu obyek wisata terpopuler di dunia, tentu Pulau Komodo adalah spot yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Bagi para wisatawan yang ingin menambah pengalaman dengan menyaksikan secara langsung hewan komodo itu seperti aoa, silakan datang langsung ke Nusa Tenggara Timur sehingga komodo bisa dilihat dari jarak dekat. Tenang saja, ada tim ranger yang akan mendampingi selama proses penelusuran pulau sehingga para pengunjung dijamin keamanan dan keselamatannya dari serangan komodo yang hidup bebas di pulau tersebut.

Selain bisa melihat komodo, ada kegiatan air menyenangkan yang layak dicoba. Diving dan snorkeling di Pink Beach akan makin seru untuk liburan Anda. Namun, sekadar berjalan-jalan menjelajahi pantai pasir berwarna merah muda sambil memandangi bukit-bukit hijau dan birunya laut juga asyik. Kerennya, tempat ini memiliki kurang lebih 1.000 spesies ikan, 70 spesies sponge, dan 250 spesies terumbu karang.

Bila ke Taman Nasional Komodo belum terasa lengkap kalau tidak berkunjung ke pulau-pulau di sekelilingnya, seperti misalnya Pulau Moyo dengan air terjun yang menjadi daya tariknya. Ombak yang tenang dan pantai yang bersih adalah keunggulan dari pantai di Pulau Moyo. Di pulau ini hanya sepeda motor yang menjadi alat transportasi satu-satunya, itupun jalan yang dilewati belum terlalu mulus.

  • Pengunjung per kepala dikenakan biaya masuk sebesar Rp 90 ribu.
  • Biaya tersebut sudah termasuk membayar aktivitas trekking. Dengan tiket terusan tersebut ada dua pulau yang bisa disambangi, yakni Pulau Rinca dan Pulau Komodo.
  • Anda perlu mengeluarkan kocek lebih untuk memberi uang tip untuk tim ranger dan membeli souvenir.
  • Pengunjung wajib mempunyai fisik yang kuat karena aktivitas trekking bersama pemandu yang cukup menguras tenaga.

Pantai Lasiana

Pantai LasianaWisata alam di Kupang yang wajib didatangi selanjutnya adalah Pantai Lasiana yang lokasinya ada di sebelah timur pusat kota Kupang dengan menempuh jarak 12 kilometer. Berada di Kecamatan Kelapa Lima dan Kelurahan Lasiana, pantai ini memiliki air tenang dengan pasir putih yang menyenangkan. Segala yang bisa dinikmati di sini bukan hanya pemandangan laut dan sekitar pantai, melainkan juga es kelapa muda, pisang bakar, dan juga jagung bakar yang pastinya menggugah selera.

Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini antara lain adalah berenang, memancing, karaoke, sepak bola dan lain sebagainya. Angkutan umum banyak ditemukan di kawasan pantai ini karena lokasinya yang ada pada jalur transportasi utama Pulau Timor sehingga kendaraan sewan maupun ojek tersedia untuk kemudahan pengunjung dalam akses ke pantai. Kebutuhan wisatawan juga akan terpenuhi dengan adanya restoran serta home stay.

  • Pengunjung dapat menikmati Pantai Lasiana hanya dengan membayar Rp 1 ribu saja per kepala.
  • Pengunjung dengan kendaraan beroda dua dikenakan Rp 1 ribu dan bagi yang membawa kendaraan roda empat dikenakan Rp 2 ribu.

Goa Kristal

Goa KristalBila berkesempatan berlibur di Kupang, satu lokasi yang tidak akan mengecewakan adalah Goa Kristal. Goa ini memiliki kolam yang isinya diketahui sebagai air payau jernih yang kebeningannya disamakan dengan kristal. Karena adanya daya tarik tersebutlah, maka goa ini kini dikenal dengan sebutan Goa Kristal. Sesampainya di dalam, wisatawan akan disuguhkan dnegan kesejukan airnya, dan karena namanya air payau, rasa dari airnya tidak asin.

Dari permukaan goa saja, para pengunjung sudah bisa melihat dasar goa. Namun jangan heran bila jarang ada pengunjung lain yang datang di saat yang sama dengan Anda. Goa ini masih belum banyak terjamah dan terbilang sepi. Untuk menuju ke tempat ini pun Anda perlu meluangkan waktu berjalan kaki sebab lokasinya ada di balik semak-semak. Di dekat goa ini ada pantai yang juga bisa dinikmati keindahannya.

Pantai Neam

Pantai Neam...Jika Anda memiliki jiwa petualang sejati, pantai ini adalah destinasi yang tepat untuk berpetualang sepuasnya. Pantai ini tidak mudah diakses karena ada banyak jalur yang perlu dilewati dan medannya pun berliku-liku. Dari kota Kupang sendiri, para wisatawan harus menempuh waktu 3 jam ditambah dengan melewati hutan belantara yang makin menguras tenaga.

Meski membutuhkan kondisi fisik yang bagus dan sehat, adrenalin akan secara otomatis terpacu. Perjuangan ke pantai ini tidak akan sia-sia karena pengunjung bisa puas memandangi sisi unik dan eksotisnya yang berada disekitar pantai neam ini.

ads

Pantai Tablolong

Pantai TablolongWisatawan yang tertarik untuk datang dan mencoba menjelajah ke Kupang Barat, ada pantai bernama Tablolong yang keindahannya tidak kalah dari Pantai Lasiana. Daya tarik dari pantai ini adalah airnya yang bening dan hamparan pasir putih yang luas. Anda akan melihat sendiri dan mengagumi akan air jernih dengan gradasi warna hijau ke biru gelapnya. Aktivitas yang ditawarkan di sini juga beragam, seperti berlayar, memancing, dan berenang.

Tidak perlu khawatir akan ombak besar ketika berencana untuk berenang di Pantai Tablolong sebab riak ombak di sini kecil dan tenang. Hanya saja, kegiatan yang lebih populer di spot ini adalah memancing. Seringkali kompetisi memancing diadakan di pantai ini, dari skala tradisional hingga nasional. Dari segi fasilitas, pantai ini lebih lengkap dan baik dalam memenuhi kebutuhan wisatawan ketimbang Lasiana.

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir PanjangTampaknya wisata bahari di Kupang tidak ada habisnya dan satu lagi obyek wisata yang dapat ditemukan adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini merupakan lokasi wisata yang tidak akan mengenakan biaya masuk alias gratis kepada pengunjungnya. Pantai dengan lokasi tepat di pusat kota Kupang ini memiliki warna air biru jernih dengan pengaruh sekelilingnya berwarna hijau karena ada karang-karang besar.

Alasan mengapa pantai ini bernama Pasir Panjang adalah karena sisi pantai yang memang panjang serta pasirnya begitu luas. Untuk berleha-leha menikmati pemandangan pantai, para pengunjung harap tidak keberatan untuk langsung duduk di atas pasirnya.

Air Terjun Oenesu

Air Terjun OenesuSelain dari pantai, ada air terjun yang merupakan spot terkenal juga di Kupang. Air terjun yang bisa diakses dengan jarak tempuh sekitar 17 kilometer dari kota Kupang ini punya sisi unik yang tidak ada di lokasi wisata air terjun lain.

Keunikan yang tampak adalah batuan yang penampakannya persis dengan mulut gorila dan singa. Sisi eksotisnya masih ditambah dengan pepohonan yang membuat kawasan ini selalu sejuk.

  • Pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp 2 ribu.
  • Pengunjung yang mengendarai sepeda motor bisa memarkirnya dengan membayar Rp 1 ribu saja.

Pantai Kolbano

Pantai KolbanoPantai lainnya yang mampu menarik hati para wisatawan adalah Pantai Kolbano dengan banyaknya bebatuan yang memenuhi pantai ini. Dengan kata lain, pantai ini tidak memiliki pasir layaknya pantai-pantai yang umumnya kita temui. Namun, itulah khas dari pantai ini dengan terhamparnya bebatuan dengan warna bervariasi.

Bebatuan tersebut bisa ditemukan di sepanjang tepi pantai saat Anda menelusuri lokasi ini. Dari pusat kota Kupang, Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 4 jam saja untuk bisa sampai di pantai yang tidak mengenakan biaya masuk kepada pengunjungnya.

Sponsors Link

Pulau Kera

Pulau KeraDi Kupang, ada sebuah pulau yang disebut dengan Pulau Kera dan lokasinya tepat ada di tengah laut luas. Untuk sekadar memandanginya, dari tepi pantai Kupang sebenarnya sudah cukup. Tapi bila berkeinginan untuk mencoba datang berkunjung untuk melihat dari dekat, wisatawan disarankan untuk menggunakan perahu nelayan demi menuju ke pulau tersebut dengan aman.

Perjalanan menggunakan perahu akan memakan waktu kurang lebih 1 jam saja. Daya tarik dari Pulau Kera ini antara lain adalah pasir putih dengan kombinasi panorama air laut berwarna biru kehijauan dan keunguan yang masih berpadu indah juga dengan karang berwarna merah. Kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai ini adalah bermain pasir, bermain ombak, berjemur atau bahkan duduk-duduk santai di bibir pantai. Para pengunjung boleh tenang karena ombak di pantai ini termasuk kecil. Pengunjung dapat menikmati pantai ini hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu saja.

Pantai Timor

Pantai TimorBerlokasi dekat dari Kampung Solor, Kupang, para pengunjung akan mendapatkan pengalaman seru di tempat ini dengan batu karang berlumut yang susunannya acak sehingga menampilkan kesan eksotis. Di Pantai Timor ini, wisatawan juga bebas untuk menunggu sampai tibanya matahari terbenam untuk mengabadikannya.

Di sekitar pantai terdapat banyak tempat duduk dan warung sehingga menambah sisi nyaman dari pantai ini. Pengunjung dikenakan Rp 1 ribu untuk dapat masuk dan menelusuri area pantai. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Air Terjun Oehala

Air Terjun OehalaSelain Oenesu, ada Air Terjun Oehala yang memang jauh letaknya dari pusat kota Kupang tapi sangat berharga untuk dikunjungi. Keunikan dari pantai ini yang kerap disebut-sebut adalah bentuknya yang menyerupai kasur. Suasana di area ini juga sangat menyejukkan dengan adanya pepohonan yang banyak di sekeliling air terjun. Kesegaran airnya pun menjadi salah satu keunggulan dari lokasi wisata ini sehingga para pengunjung tentu enggan ketinggalan menikmati obyek satu ini. Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3 ribu saja. Namun, biaya tiket masuk bisa berubah kapan saja.

Demikianlah sederetan tempat wisata di Kupang yang bisa menjadi tempat rekreasi asyik dan tidak terlupakan. Dengan mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di Kupang, tentu Anda akan mengenali pariwisata Indonesia secara lebih mendalam.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 18th, February 2016 / 09:17 Oleh :
Kategori : Nusa Tenggara Timur