14 Tempat Wisata di Sentul yang Wajib Dikunjungi


Sentul adalah daerah yang cukup ramai dan bahkan tidak pernah sepi pengunjung karena ada banyak warga Jakarta dan Jawa Barat yang kerap mengunjungi Sentul City. Dulunya memang Sentul dikenal dengan Bukit Sentul, namun terjadi perubahan nama menjadi Sentul City memiliki kawasan seluas 3000 hektar lebih. Tempat wisata di Sentul semakin seabrek dengan mulainya dikelola oleh Kecamatan Babakan Madang yang berasal dari Kabupaten Bogor di sisi timur pusat kota Bogor yang merupakan tempat wisata di bogor.

Kampung Agrowisata Sentul

Kampung Agrowisata SentulUntuk yang tertarik datang dan berlibur di Sentul untuk mendapatkan segudang hiburan dan pengetahuan, boleh langsung menuju Kampung Agrowisata Sentul. Bukan hanya terkenal akan wisata agronya, melainkan lokasi ini dapat dikunjungi untuk menambah pengalaman wisata edukasi bagi anak-anak. Tempat bermain ini memang lebih cocok untuk membuat senang buah hati kita, mulai dari yang masih duduk di bangku TK hingga yang sudah ada di SMA. Ada beragam tanaman Indonesia asli yang hampir punah keadaannya yang bisa ditemukan di tempat ini.

Selain dari tanaman-tanaman tersebut, segala pemandangan yang indah dapat terlihat mengelilingi lokasi ini, seperti halnya pegununan dan bukit hijau serta sungai bening yang melalui area ini. Bahkan dari tempat ini pun ada pemandangan bebatuan cadas yang memiliki sisi eksotis. Banyak hal akan didapat oleh anak-anak kita, termasuk dari jenis-jenis tanaman yang ada, cara menanam serta merawatnya sehingga tumbuh dengan baik. Untuk kepentingan umum, ada berbagai bentuk aktivitas seru yang bisa dipertimbangkan oleh para pengunjung, seperti pelatihan pembiakan tanaman, paintball (semacam war game), camping dan outbond.

Air Terjun Bidadari

Air Terjun BidadariWisata air terjun yang bisa ditemukan saat di Sentul adalah Air Terjun Bidadari dengan luas sekitar 6.000 meter dengan pasir putih yang sengaja dikirim langsung dari daerah Bangka sehingga wisatawan seperti merasa tengah berada di pantai yang panjangnya mencapai 150 meter. Panorama yang indah dan udara yang sejuk secara otomatis membuat para wisatawan betah berada di sini, apalagi pemandangan perbukitan hijau yang ada di sekitar air terjun ini. Dengan tinggi sekitar 40 meter, air terjun ini rupanya asalnya adalah dari kumpulan mata air yang terdapat di hutan lindung Sentul. Lokasi tepatnya dari air terjun ini adalah di Sentul Paradise Park, jadi para pengunjung bisa menuju ke kawasan wisata ini secara langsung.

Selain dari air terjunnya yang menyejukkan mata dan hati, wisatawan yang ingin mandi di tempat ini pun sangat diperbolehkan. Ada kegiatan-kegiatan lainnya yang ditawarkan oleh lokasi wisata ini, seperti wahana permainan yang bisa dinikmati oleh orang dewasa dan anak-anak. Terdapat wahana flying fox yang sama sekali luar biasa untuk dicoba di area ini, berikut kolam dangkal yang pas untuk tempat bermain anak-anak dengan letak di dekat air terjun. Tidak ketinggalan ada juga sejumlah pondok yang berada di pinggir kolam yang bisa digunakan untuk duduk-duduk setelah lelah mengelilingi area air terjun atau melakukan kegiatan di tempat ini.

  • Air Terjun Bidadari ini buka dan melayani pengunjung mulai dari jam 8 pagi sampai 5 sore pada hari biasa, sementara di akhir pekan buka dari jam setengah 8 pagi sampai setengah 7 malam.
  • Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 25 ribu per kepala pada hari biasa supaya bisa masuk ke kawasan wisata Sentul Paradise Park. Sementara di akhir pekan, biaya yang dikenakan adalah Rp 40 ribu per kepala.
  • Pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 30 ribu untuk dapat bermain wahana flying fox

Leuwi Hejo

Leuwi HejoWisata alam yang bisa dinikmati selain Air Terjun Bidadari adalah Leuwi Hejo yang benar-benar akan memberikan suasana yang tidak kalah seru dan menyejukkan. Pemandangan yang indah dan airnya yang segar bisa membuat kegiatan bermain air semakin menyenangkan. Bagi yang tertarik untuk datang berlibur ke Leuwi Hejo, silakan menuju ke daerah Babakan Madang, namun bersiaplah untuk berjalan kaki cukup jauh.

Dari parkiran menuju ke kolamnya, jarak yang ditempuh adalah sekitar 600 meter dengan menelusuri setiap pinggiran bukit menurun dan terjalnya jalanan. Siapkan fisik demi menyeberangi sungai dengan arusnya yang lumayan deras berikut bebatuan sungai. Leuwi Hejo sendiri memiliki nama lain, yaitu Curug Bengkok yang diberikan oleh masyarakat sekitar. Pasalnya, lokasi ini begitu tidak mudah diakses dan setiap pengunjungnya harus melalui bebatuan demi sampai dan menikmati pemandangan di sekitarnya.

  • Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu per kepala untuk bisa masuk ke Leuwi Hejo ini.
  • Pengunjung yang membawa kendaraan bermotor perlu merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu untuk biaya parkir mobil dan Rp 5 ribu untuk biaya parkir sepeda motor.

Jungleland

JunglelandBerlibur bersama keluarga paling seru tentu datang ke Jungleland di mana tidak hanya orang dewasa yang merasakan kesenangan, bahkan anak-anak pun akan semakin bersemangat untuk bermain di tempat ini. Wahana bermain ini merupakan salah satu obyek wisata terpopuler yang ada di Sentul. Wahana permainan yang terdapat di Jungleland ada sekitar 40 buah dan semuanya sangat terekomendasi untuk dicoba. Dengan wahana berkelas internasional, tentu membuat para wisatawan berekspektasi lebih.

Ada 5 zona yang bisa dieksplorasi di Jungleland, yakni Dino World, Eksplora, Mysteria, Tropicalia, dan Carnivalia. Wahana pun dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Wahana Seru, Wahana Keluarga dan Wahana Anak-anak. Namun, bila mendatangi lokasi ini pada akhir pekan, jangan kaget karena akan sangat ramai dipenuhi pengunjung lebih dari hari-hari biasanya.

  • Jungleland dari Senin hingga Kamis buka dari jam 10 pagi sampai 5 sore, sementara di hari Jumat buka dari jam 10 pagi sampai 6 petang, dan Sabtu-Minggu akan melayani pengunjung dari jam 9 pagi sampai 6 petang.
  • Pengunjung dikenakan biaya masuk Rp 165 ribu per kepala dari Senin hingga Kamis. Untuk hari Jumat dikenakan sebesar Rp 100 ribu. Di hari Sabtu dan Minggu biaya masuk bisa mencapai Rp 220. Sementara untuk musim liburan, pengunjung dikenakan Rp 250 ribu.
  • Pengunjung dikenakan Rp 2 ribu untuk parkir motor di 1 jam pertama dengan Rp 10 ribu untuk maksimal 12 jam parkir. Untuk mobil dikenakan Rp 3 ribu di 1 jam pertama dengan Rp 20 ribu untuk maksimal 12 jam parkir. Sedangkan bus dikenakan Rp 40 ribu satu kali parkir.
    ads

Goa Agung Garunggang

Goa Agung GarunggangWisata alam tidak hanya sebatas air terjun yang bisa dikunjungi ketika menjejakkan kaki di Sentul, karena ada Goa Agung Garunggang yang berlokasi di Babakan Madang juga. Wisatawan bisa juga menuju tempat ini dengan melalui jalur seperti jika mau ke Leuwi Hejo. Lokasi wisata yang terletak di atas lahan dengan luas 6.000 sampai 7.000 meter persegi ini adalah daerah warisan geologi yang penuh dengan hal menarik sehingga dinamakan geopark. Jika melihat secara jeli, alur-alur yang terdapat pada batu-batunya seperti sudah dikikis oleh air yang mengalir.

Sesampainya di goa ini ada 4 goa yang bisa dijelajahi, namun untuk sampai ke tempat ini cukup melelahkan namun setelah terlihat adanya papan petunjuk yang arahnya ke goa ini maka wisatawan akan dapat menemukannya lebih mudah.

  • Pengunjung ditarik bayaran sebesar Rp 12.500 per kepala yang dianggap sebagai tiket masuk.
  • Apabila pengunjung ingin didampingi oleh seorang pemandu, silakan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 12.500 lagi per orangnya.

Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung PancarBagi para pecinta alam yang menginjakkan kaki di Sentul, liburan belumlah terasa lengkap bila belum sampai di Hutan Pinus Gunung Pancar yang merupakan salah satu primadona wisata di Sentul. Beberapa orang menganggap liburan adalah waktunya untuk menjauhkan diri dari kesibukan dan keramaian kota, maka tempat ini sangat pas bagi yang ingin menenangkan diri serta mencari waktu untuk rileks. Warga Jakarta dan sekitarnya yang dikenal begitu sibuk dengan jadwal yang padat belum stres karena macet, hutan pinus ini adalah wisata alam yang wajib untuk disambangi.

Baik itu bersama keluarga atau para sahabat, hutan pinus ini akan memberikan ketenangan pada jiwa Anda. Tidaklah jauh dari Sentul City, Hutan Pinus Gunung Pancar bisa dicapai hanya dengan menempuh jarak sejauh 15 kilometer dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasi wisata ini begitu menyenangkan karena menyuguhkan pengalaman perjalanan yang nyaman dan jangan samakan dengan Puncak. Sebenarnya bukan hanya pinus yang bisa ditemukan di daerah ini, ada saninten, rotan, puspa, rasamala dan jamuju serta masih ada yang lainnya. Sejumlah hewan pun menghuni lokasi ini sehingga saat berjalan-jalan dan berkeliling jangan terkejut bila bertemu dengan jelarang, owa, kera dan berbagai jenis burung.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 2 ribu per kepala.
  • Untuk biaya parkir, pengendara sepeda motor dikenakan Rp 1 ribu saja, sementara pengendara mobil dikenakan Rp 1.500.

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung PancarMasih satu lokasi dengan kawasan Hutan Pinus Gunung Pancar, ada tempat relaksasi yang pastinya menjadi favorit para wisatawan saat datang ke Sentul. Pemandian Air Panas Gunung Pancar adalah tempat menenangkan diri lainnya yang paling oke. Dengan mata air alami yang proses pengalirannya dikirim ke kolam rendaman melewati pancuran, pemandian ini betul-betul memberikan rasa nikmat dalam membantu menghilangkan pegal-pegal di badan. Ini menjadi spot luar biasa yang tidak patut dilewatkan karena ada kandungan belerang yang terkandung di dalam air panas ini berikut mineral yang diketahui sangat bermanfaat untuk menerapi otot. Tempat pemandian ini dibagi menjadi dua area, area khusus untuk wanita dan area pemandian khusus bagi para pria sehingga masing-masing bisa memaksimalkan waktu relaksasi. Bahkan dipercaya juga bahwa tempat pemandian ini bisa dijadikan tempat berobat karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan.

  • Pengunjung hanya perlu membayar Rp 2 ribu sebagai biaya masuk ke kawasan pemandian air panas.
  • Khusus untuk kegiatan berendam, pengunjung akan dikenakan tambahan biaya di pemandian air panas ini dengan membayar Rp 10 ribu.
  • Pemandian Air Panas Gunung Pancar menerima pengunjung 24 jam, jadi datang kapan saja sudah pasti akan dilayani dan bisa mulai melakukan relaksasi.

Kampung Koneng

Kampung KonengBerkunjung ke Sentul, belum komplit bila belum icip-icip di Kampung Koneng yang merupakan sebuah tempat untuk wisata kuliner. Serunya berada di sini adalah karena segala pemandangan alam bisa dilihat sambil menikmati sajian kuliner yang dipesan.

Menu yang bisa dicoba di Kampung Koneng yang terutama adalah sate tulang dan bebek penyet. Sate tulang ayam ini dimasak dan disajikan dengan bumbu kacang yang jelas akan memanjakan lidah setiap pengunjung di tempat kuliner ini. Bebek penyetnya yang melalui proses penggorengan sangat empuk ditemani dengan sambal dan bumbu sedap yang membuat lidah seakan ingin bergoyang.

Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul CityJika berlibur ke Sentul dan berharap untuk bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan, ada baiknya untuk datang ke Taman Budaya Sentul City yang tepat ada di seberang Alam Fantasia. Wisata bersama keluarga bisa dilakukan secara puas di taman bermain yang biasanya juga digunakan sebagai meeting point ini.Beragam aktivitas dan permainan dapat dicoba, yaitu berkuda, bermain trampolin, camping, trekking, high rope, paintball, flying fox, ATV, dan melukis.

  • Untuk dapat bermain sepuasnya di tempat ini, pengunjung sebaiknya menyiapkan uang dari Rp 100 ribu hingga Rp 400 ribu.
  • Taman Budaya Sentul City buka dari jam setengah 9 pagi hingga setengah 6 sore.

Sentul fresh Education Farm

Sentul fresh Education FarmRupanya Sentul memiliki beragam lokasi wisata edukasi yang sangat menguntungkan bagi orang tua dan anak-anak. Bawa buah hati datang ke wisata edukasi satu ini untuk dapat mengetahui dan belajar berbagai hal, seperti kegiatan dalam perikanan, pertanian, dan peternakan yang sudah diintegrasikan dengan lokasi yang dekat dengan Sentul City. Bila dari exit tol Sentul City, maka pengunjung hanya akan memakan waktu 10 menit untuk dapat sampai ke lokasi tanpa macet dan sangat mudah menjangkaunya.

Walau sebagian besar yang menikmati wisata ini adalah anak TK hingga SD (termasuk preschool dan PAUD), banyak juga pelajar SMP sampai mahasiswa dan juga orang-orang dewasa yang datang karena tertarik dengan Sentulfresh ini.

Science Garden

Science GardenSatu lagi wisata edukasi di Sentul yang asyik dan tidak akan ada habisnya dalam membuat anak-anak senang dengan aneka kegiatan berguna, seperti bermain sambil menambah pengetahuan berarti. Beragam wahana canggih ditawarkan oleh tempat ini dan salah satu yang bisa dinikmati adalah wahana sepeda tali. Ketika memilih wahana ini, maka akan ada instruksi untuk naik ke sebuah sepeda tali di mana terdapat beban yang digunakan dan menggantung di bawahnya. Jangan khawatir karena kestabilan dari sepeda ini akan terjaga dengan baik dan pengendara pun bisa mengendarai dengan mudah walau ada beban yang menggantung.

Selain dari Science Garden, masih di kawasan yang sama, Anda pun dapat menemukan Sculpture Garden atau Taman Patung yang juga akan menambah pengetahuan setiap pengunjung. Semoga lain kali saat datang ke kawasan ini, segala taman tematik lainnya yang masih dalam rencana pembangunan sudah terealisasikan. Sejumlah taman yang nantinya bisa dinikmati adalah Taman Tanaman Dinding, Taman Bonsai dan Taman Herbal. Pada Science Garden, anak-anak dapat mempelajari proses energi matahari yang bisa menjadi cahaya atau panas, mengenal lebih jauh tentang gelombang suara, bahkan metode pemindahan air dari area rendah ke tinggi.

  • Karena tempat wisata ini digratiskan, maka Anda bersama dengan buah hati bisa bermain sepuasnya.
  • Science Garden buka dari jam 8 pagi sampai jam 6 petang untuk dinikmati bersama keluarga.

Alam Fantasia

Alam FantasiaAnak-anak jelas tidak akan kapok ketika diajak berlibur ke Sentul karena terdapat tempat bermain lainnya yang akan menjadi favorit mereka, yakni Alam Fantasia. Tidak hanya ditujukan untuk pengunjung anak-anak, seluruh anggota keluarga bisa merasakan pengalaman berbeda di Alam Fantasia ini karena segala jenis permainan bisa dinikmati. Khusus untuk anak-anak, wahana yang dapat dinaiki antara lain adalah mobil rel dan boom boom car. Anda tidak akan merasa kepanasan dan gerah selama berada di tempat ini apabila memutuskan menunggui anak Anda bermain karena udaranya sangat sejuk sehingga membuat betah setiap wisatawan yang datang.

  • Pengunjung cukup membayar Rp 8 ribu untuk tiket masuknya dan sudah bisa menggunakan berbagai fasilitas permainan di tempat ini.
  • Alam Fantasia akan menerima dan melayani pengunjung dari pagi hingga sore.
Sponsors Link

Bellanova Country Mall

Bellanova Country MallSetelah asyik bermain, rasanya akan lebih puas bila menggunakan waktu yang tersisa di Sentul untuk berbelanja. Kabar baiknya, Sentul memiliki Bellanova Country Mall yang dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Sentul City.

Sama halnya dengan pusat perbelanjaan besar yang biasa ditemukan di Kota Metropolitan Jakarta, Bellanova ini menawarkan tempat yang super nyaman bagi pengunjungnya untuk berbelanja. Bagi yang ingin menonton pun terdapat bioskop di mall ini. Wisata belanja bakal lebih seru bila datang ke mall besar satu ini.

Pasar Ah Poong

Pasar Ah PoongPuas berjalan-jalan, bermain dan berbelanja, saatnya menggunakan waktu untuk berwisata kuliner yang sangat wajib dikunjungi. Dari namanya memang terbilang sangat unik karena dinamakan Ah Poong yang bisa dibaca pasar apung. Bukan dari namanya saja yang menjadikan lokasi kuliner ini menarik, melainkan cara para penjual menjajakan makanan mereka begitu atraktif dan jarang ditemukan di Indonesia. Proses perdagangan dilakukan di atas perahu dan perahu tersebut pun tengah mengapung di atas Sungai Cikeas.

Pasar satu ini menyuguhkan konsep tempat kuliner yang terbuka di mana keindahan Sungai Cikeas digabungkan dengan keberagaman kuliner asli tanah air. Sensasi yang berbeda bisa dirasakan ketika berwisata kuliner di Pasar Ah Poong karena setiap kedainya terapung di atas sungai. Asyiknya, wisatawan boleh menaiki perahu sampan dan perahu-perahu yang bisa dinaiki oleh pengunjung digratiskan oleh pengelola. Walau tidak perlu membayar sepeser pun, alangkah baiknya jika pengunjung menyiapkan uang tip untuk diberikan kepada si pengayuh sampan karena ia telah melayani Anda sebagai penumpang. Dengan perahu inilah, Anda akan dapat mengelilingi sungai dan bisa mengabadikan pemandangan indah di sekitar Pasar Ah Poong.

Tujuan utama ke tempat ini adalah untuk berwisata kuliner, maka apa sajakah menu kuliner yang bisa diicip di tempat ini? Pasir sagita, peuyeum, nasi timbel gudeg dewa, snow ice, dan tahu pong adalah sebagian kecil menu kuliner yang dapat dinikmati di pasar ini. Untuk proses membayarnya, ada sistem tersendiri yang diberlakukan di Pasar Ah Poong, yaitu dengan memakai kartu deposit khusus di mana pengunjung wajib membelinya di kasir utama. Kartu deposit akan berfungsi sebagai alat pembayaran ketika melakukan transaksi pembelian di stand makanan mana saja di pasar ini. Apabila di dalam kartu terdapat sisa, kasir akan mengembalikannya kepada Anda jika diminta sesuai dengan nominal yang tertera pada kartu tersebut.

  • Pasar Ah Poong di hari biasa buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Sedangkan di akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu akan melayani pengunjung dari jam 7 pagi hingga 10 malam.
  • Tidak dikenakan biaya untuk masuk ke kawasan Pasar Apung, bahkan anak-anak pun bisa secara bebas bersenang-senang di area bermain khusus anak-anak tanpa membayar.

Demikianlah sejumlah tempat wisata di Sentul, mulai dari wisata alam, wisata belanja, hingga wisata edukasi yang wajib disambangi. Banyak dari lokasi wisata tersebut yang aksesnya sangat mudah, jadi tidak ada alasan untuk tidak mencoba berkunjung.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, February 2016 / 07:57 Oleh :
Kategori : Jawa Barat