47 Tempat Wisata di Tangerang Banten


Tempat wisata di Tangerang banyak dicari bagi wisatawan yang sedang berkunjung di Jawa Barat. Hal itu dikarenakan Tangerang memiliki pesona yang luar biasa sehingga sangat disayangkan jika anda melewatkan pesona wisata yang ada di Tangerang tersebut. Tangerang adalah kota besar yag ada di Indonesia sehingga nantinya saat berada disini anda akan melihat hiruk pikuk dan keramaian yang ada di kota ini.

Ditambah lagi Tangerang merupakan sentra industri yang berpengaruh di Indonesia sehingga tidak mengherankan jika Tangerang memiliki kemajuan yang pesat. Kemajuan yang terjadi tidak hanya di industrinya saja namun juga tempat wisata yang ada di sana. Tangerang adalah kota terbesar yang ada di provinsi Banten dan berada di Megapolitan setelah Jakarta dan Bekasi. Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Tangerang yang sayang untuk dilewatkan :

  1. Pantai Tanjung Pasir

pantai tanjung pasirTempat wisata pertama yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Tanjung Pasir. Meski Tangerang ini merupakan kota Megapolitan, bukan berarti anda tidak akan menemukan wisata alam disini. Wisata alam yang cocok untuk anda kunjungi untuk melepas penat adalah wisata Tanjung Pasir Tangerang. Bisa dikatakan bahwa tempat wisata ini merupakan tempat wisata favorit bagi penduduk yang ada di Tangerang dan juga yang ada di sekitarnya. Lokasi pantai ini terletak sekitar 25 km dari di Utara Kota Tangerang.

Kegiatan yang bisa anda lakukan disini adalah bermain air, mandi, bermain pasir dan masih banyak lagi lainnya. Airnya yang jernih akan membuat anda betah berlama lama ada disini. Oleh sebab itu jangan lupa membawa baju ganti ketika berada disini. Aktivitas lainnya yang bisa anda lakukan di tempat ini dan menjadi aktivitas yang unik adalah anda bisa menyeberang menuju ke Pulau Seribu. Untuk penyeberangannya sendiri menggunakan perahu kayu. Biaya pun tidak terlalu mahal, cukup murah dan aman di kantong saja.

Baca : Tempat wisata di AnyerTempat wisata di Cilegon

  1. Pantai Tanjung Kait

panai tanjung kaitWisata pantai lainnya ayang ada di Tangerang adalah Pantai Tanjung Kait. Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata yang satu ini, tempat wisata Pantai Tanjung Kait menjadi tempat wisata yang juga terkenal oleh penduduk Tangerang dan juga penduduk yang ada di sekitar Tangerang. Pantai ini selain bisa digunakan untuk bermain, Pantai Tanjung Kait juga menawarkan wisata kuliner khas Tangerang. Sehingga saat berada disini anda bisa melihat beberapa pondok rumah makan yang ada di atas air atau di atas pantai.

Lokasi ini cukup unik sehingga anda bisa mendapatkan wisata yang berbeda dengan wisata anda sebelum sebelumnya. Tidak hanya itu saja, desa nelayan yang ada disini sangat menjorok ke laut dan terdapat dermaga bambu yang ada disini sehingga anda bisa melihat dermaga bambu tersebut. Lokasi tempat wisata ini sendiri ada di 30 km sebelah utara kota Tangerang. Dengan adanya nelayan di Desa Tanjung Kait ini wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa mendapatkan wisata kuliner berupa hidangan laut yang harganya lumayan murah meriah. Tidak hanya hidangan laut murah meriah saja yang bisa anda dapatkan namun anda bisa mendapatkan pengalaman makan di atas desa nelayan yang ada di atas laut.

  1. Masjid Al-Adzom Tangerang

masjid al adzom tangerangWisata religi yang tidak boleh anda lewatkan adalah Masjid Al Adzom. Masjid ini merupakan masjid yang cukup terkenal di Tangerang. Letak dari masjid ini ada di Jalan Satria Sudirman. Masjid ini didirikan di atas tanah dengan luas sekitar 2 hektar dan daya tampung masjid sekitar 15 ribu orang lebih. Masjid ini merupakan masjid termegah yang berada di Kota Tangerang. Dari kejauhan anda sudah bisa melihat kemegahan masjid ini melalui kubah masjidnya yang menawan.

Kemegahan masjid ini bisa terlihat dari kubahnya sebab pengunjung bisa melihat dari kejauhan kubah dengan  5 warna berupa warna biru kemudian ditumpuk. Kubah masjid tersebut ada 4 kubah yang dijadikan penyangga dan satu buah kubah yang menjadi kubah utama dari masjid ini. Berkunjung ke masjid ini akan sangat menarik ketika malam hari sebab saat malam hari anda bisa melihat masjid ini dipenuhi dengan cahaya lampu yang indah seolah olah masjid ini menjadi bercahaya. Bagi umat muslim anda bisa melihat keindahan masjid ini seraya menunaikan sholat wajib maupun sholat sunnat di masjid ini.

  1. Bendungan Pintu Air Sepuluh Tangerang

bendungan pintu sepuluh tangerangObyek wisata lainnya yang menarik di Kota Tangerang adalah bendungan pintu air sepuluh yang ada di Tangerang. Wisata ini merupakan wisata yang wajib untuk anda kunjungi sebab selain obyek wisatanya yang unik, anda bisa melihat keindahan di tempat ini. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, bendungan pintu air sepuluh ini sangat bermanfaat bagi kehidupan penduduk Kota Tangerang. Obyek wisata ini merupakan peninggalan penjajahan Belanda sejak tahun 1927.

Lokasi tempat wisata ini ada di Jalan Sangego, Kecamatan Karawaci, Tangerang. Sesuai dengan nama tempat wisata itu, Bendungan Pintu Air Sepuluh tersebut memiliki sepuluh pintu air yang berguna untk membendung dan juga mengatur dari aliran Sungai Cisadane. Masing masing pintu air tersebut memiliki lebar sekitar 10 meter. Saat berada di tempat ini anda akan melihat pemandangan sekitar bendungan yang menarik, tidak hanya itu saja udara yang sejuk di sekitar bendungan tersebut membuat pengunjung betah berlama lama berada di tempat tersebut. Bagi anda yang memiliki anak anak, anda bisa berkunjung ke lokasi wisata ini dan berkumpul bersama anak anak. Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan disini adalah anda bisa memancing dan mengobrol bersama dengan teman teman menghabiskan sepanjang waktu di tempat itu.

  1. Masjid Pintu Seribu

Masjid Pintu SeribuTempat wisata religi lainnya yang menarik untuk anda kunjungi ketika berada di Tangerang adalah Masjid Pintu Seribu. Jika masjid sebelumnya terkenal dengan kemegahannya, masjid yang satu ini terkenal dengan keunikannya. Masjid yang dijuluki dengan Pintu Seribu adalah Masjid Agung Nurul Yaqin. Masjid ini berdiri di atas tanah dengan luas satu hektar.

Pendiri masjid ini adalah seorang keturunan Arab. Masjid ini didirikan pada tahun 1978. Lokasinya berada di Kampung Bayur Tangerang. Keunikan lainnya masjid ini adalah adanya tasbih dengan ukuran besar yang terbuat dari kayu. Desainnya yang unik membuat banyak wisatawan banyak yang datang ke masjid ini. Banyak wisatawan yang ingin melihat bangunan masjid ini dan tasbih raksasa yang ada di Masjid ini. Wisatawan yang datang ke sini tidak hanya berasal dari dalam negara saja, namun pengunjung dari luar daerah bahkan neraga seperti Malaysia dan Brunei pun banyak yang datang kesini untuk melihat keunikan dari masjid ini.

  1. Pulau Cangkir

Pulau CangkirTempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi saat berada di Tangerang adalah Pulau Cangkir. Pulau ini memiliki nama yang sangat unik. Pulau Cangkir itu lokasinya ada di Kecamatan Kronjo. Luas dari pulau ini adalah 2,5 hektar.

Saat anda berada di pulau ini anda tidak hanya melakukan wisata bahari saja, namun anda juga bisa melakukan wisata sejarah dan juga melakukan ziarah. Hal itu dikarenakan di pulau ini anda akan menemukan makam dari Pangeran Jaga Lautan.

Pangeran tersebut memiliki andil dalam penyebaran agama islam yang ada di Tangerang. Pangeran merupakan penyebar agama islam yang ada di Tangerang. Makam ini sering ramai dikunjungi oleh umat islam yang melakukan wisata ziarah di Pulau itu.

ads

  1. Situ Cipondoh

Situ CipondohObyek wisata alam lainnya yang menarik untuk dikunjungi ketika anda berada di Tangerang adalah Situ Cipondoh. Situ Cipondoh tersebut merupakan danau yang ada di kota Tangerang. Pemandangan yang indah di sekitar Situ cipondoh membuat tempat tersebut cocok dijadikan sebagai tempat wisata untuk menenangkan diri dan juga untuk merilekskan pikiran yang penat. Lokasi wisata ini berada di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari.

Pengunjung yang datang kesini selain bisa menikmati pemandangan yang ada di sekiar Situ, pengunjung bisa melakukan kegiatan memancing ikan, naik sepeda dan mengitari lokasi situ atau danau, bermain miniatur kereta yang ada di sana, naik bebek bebekan, naik perahu dan yang terakhir bisa bermain flying fox. Banyaknya wahana yang ada disini, membuat tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama dengan keluarga dan juga bersama dengan anak anak anda. Cuaca yang sejuk membuat anak anak betah bermain di situ tersebut karena nak anak akan nyaman dengan cuaca yang sejuk.

  1. Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water AdventureTempat wisata lain yang ada di Tangerang yang menarik untuk dikunjungi adalah Marcopolo Water Adventure. Meski tempat wisata ini merupakan tempat wisata buatan, tidak ada salahnya anda berkunjung ke tempat ini bersama dengan anak anak anda. Tempat wisata ini cocok bagi anda yang membawa anak anak dan anggota keluarga. Anak-anak ada akan senang bermain dengan wahana air yang ada disana.

Di tempat wisata ini anda bisa bermain wahana air seperti kolam arus, kola air terjun, kolam anak, kolam dewasa, kolam pusaran air, kolam perosotan dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya itu saja, di tempat ini ada beberapa fasilitas penunjang wisata lainnya. Fasilitas penunjang itu adalah restoran yang memiliki bentuk seperti kapal, ruang kesehatan yang bisa digunakan jika ada pengunjung yang masuk angin atau merasakan kesakitan, ruang ganti, tempat untuk menyimpan barang barang, pelampung, toilet dan juga memiiliki area parkir yang luas. Lokasi tempat wisata ini ada di Tangerang, komplek Great Western.

  1. Ocean Park Water Adventure

Ocean Park Water AdventureTempat wisata air lainnya yang menarik untuk anda unjungi ketika berada di Tangerang adalah Ocean Park Water Adventure. Pengunjung yang datang kesini bisa bermain wahana air yang ada di wahana tersebut.

Lokasi tempat wisata ini ada di Kecamatan Serpong, kota Tangerang Selatan. Wahana air ini sudah berdiri cukup lama yait sejak tahun 2006.

Pengunjung yang datang kesini bisa bermain air seperti kolam dengan arus tenang dan masih banyak lagi lainnya. Kolam disini dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk anak anak dan juga untuk orang dewasa.

  1. Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir

Taman Buaya Tanjung PasirTempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi sata berada di Tangerang adalah Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir.  Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama dengan anak anak, terutama untuk anda yang memiliki anak kecil. Anda bisa mengenalkan hewan buaya kepada anak anda, namun yang harus diingat disini adalah anda harus tetap mengawasi anak anak anda. Jangan sampai anak anda lepas dari jangkauan dan pandangan anda.

Wisata Taman Buaya Tanjun Pasir adalah penangkaran buaya yang cukup terkenal di Kota Tangerang. Lokasi dari tempat wisata ini ada di Kecamatan Teluk Naga, kota Tangerang. Ciri khas dari taman ini adalah adanya ikon berupa patung buaya taksasa yang ada di tepi jalan. Tempat wisata ini buka sejak tahun 2002, sehingga tidak mengherankan jika saat ini taman wisata ini memiliki buaya sekitar 500 an ekor. Pengunjung bisa melihat berbagai macam jenis buaya yang ditangkar disana, tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa melihat berbagai macam produk yang terbuat dari kulit buaya misalnya saja adalah tas buaya, dompet dari kulit buaya, ikat pinggang dari kulit baya dan masih banyak lagi lainnya. Keunikan dari tempat ini lainnya adalah anda bisa membeli telur buaya yang nantinya bisa anda tetaskan di rumah.

  1. Hutan Kota BSD

hutan bsd tangerangAnda sedang mencari ketenangan dan kenyamanan?, anda bisa mengunjungi Hutan BSD kota Tangerang. Lokasi wisata ini cocok bagi anda yang menyukai wisata alam. Adanya hutan ini menunjukkan fakta bahwa meski Tangerang kota padat, pemerintah Tangerang tetap memikirkan adanya lahan hijau yang bisa digunakan untuk penduduk Tangerang menghirup udara yang segar. Hutan yang ada di Kota Tangerang ini bukanlah hutan alami, namun merupakan hutan buatan yang sangat asyik untuk anda jadikan sebagai arena jalan jalan dan juga area untuk jogging. Udara pagi hari di hutan ini sangat sejuk sehingga cocok bagi anak anak yang setiap harnya menghirup asap kendaraan akibat padatnya Kota Tangerang.

Hutan ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu BSD 1 dan BSD 2. Dinamakan hutan BSD sebab hutan itu dikelola oleh perumahan BSD yang terletak di dua lokasi. Hutan BSD pertama letaknya ada di dekat Ocean Park, untuk lokasi hutan BSD yang kedua ini ada di Taman Tekno. Taman Tekno letaknya ada di Jalur menuju Parung, Bogor. Di lokasi hutan BSD yang pertama, vegetasi tanaman yang ada disana tergolong padat sehingga saat anda berkunjung disana, anda seperti berada di tengah tengah hutan rimba yang lebat.

  1. Water World Citra Raya

water world citra raya tangerangTangerang memiliki banyak sekali wisata air buatannya. Wisata air buatan lainnya yang bisa anda temukan di Tangerang adalah Water World Citra Raya. Bagi anda yang memiliki anak anak bisa berkunjung ke tempat wisata yang satu ini sebab kebanyakan anak anak akan suka saat bekrunjung kesini. Banyaknya wahana air yang ada disini membuat pengunjung anak anak betah saat bermain air disini. Lokasi wisata air ini ada di engah pemukiman paling besar di daerah Cikupa Kota Tangerang Barat.

Suasananya yang nyaman dan sarana wisatanya yang menarik membuat kesenangan berwisata air tidak akan pernah hilang. Memang wisata air ini tidak sebesar dengan wisata air sebelum sebelumnya. Namun suasana wisata yang anda dapatkan disini tidak kalah menarik dan menyenangkannya dengan wahana wisata air lainnya. Suasana di tempat wisata air ini mirip dengan Atlantic Dreamland yang ada di Salatiga dan menjadi unggulan tempat wisata air yang ada disana.

  1. Lippo Karawaci

lippo karawaciTempat wisata modern yang ada di Tangerang adalah Lippo Karawaci. Tentu anda sudah tidak asing dengan tempat wisata yang satu ini dikarenakan tempat wisata ini merupakan tempat wisata terkenal dan surga belanja bagi pria maupun wanita yang memiliki hobi belanja. Anda bisa berbelanja sepuasnya ketika berada disini. Lippo Karawaci selintas terlihat seperti Orchard Road yang ada di Singapura.

Orchard Road itu adalah surganya belanja saat berasa di Singapura. Saat berada disini anda bisa menemukan apartemen, gedung perkantoran, kampus dan Condominium yang menjulang tinggi di sela pohon yang lebat dan rimbun. Sehingga tidak mengherankan jika lokasi wisata di tempat ini sangat sejuk. Saat suasana berubah menjadi malam, banyak restoran dan riban lampu dengan nyala LED yang semakin menyemarakkan suasana di Lippo Karawaci tersebut.

  1. Gading Serpong

gading serpong tangerangTempat wisata belanja lainnya yang ada di Tangerang dan bisa anda kunjungi adalah Wisata Belanja yang ada di Gading Serpong. Lokasi perbelanjaan ini ada di Pusat Perbelanjaan Megah atau Mall SMS. Selain wisata belanjanya yang lengkap, pengunjung yang datang kesini pun akan disuguhkan dengan berbagai macam wisata kuliner yang menggugah selera. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata modern yang sering dikunjungi bagi wisatawan yang menginginkan wisata modern. Biasanya tempat ini dikunjungi oleh wisatawan kalangan menengah ke atas.

Obyek wisata SDC yang ada di Gading Serpong ini semakin menyemarakkan wisata belanja yang ada disini. SDC merupakan lokasi wisata belanja di Gading Serpong yang mengasyikkan bagi mereka pecinta gadget dan juga berbagai macam teknologi. Untuk menuju ke tempat ini sangat mudah sekali, anda yang menggunakan kendaraan roda empat bisa melalui jalan Tol Kebun Jeruk. Namun saat liburan dan akhir pekan jalan tol ini menjadi sangat macet. Pengunjung yang datang kesini juga bisa berwisata ke dua perumahan mewah yang ada di dekat Gading Serpong. Perumahan mewah yang ada di Gading Serpong adalah Summarecon dan juga Paramount. Pemukiman bergengsi itu tidak hanya mewah, namun bisa dijadikan sebagai tempat wisata modern bagi pengunjung Gading Serpong.

Sponsors Link

  1. Klenteng Boen Tek Bio

klenteng boen tek bio tangerangTempat wisata unik lainnya yang bisa anda kunjungi ketika berada di Tangerang adalah Klenteng Boen Tek Bio. Tempat wisaa ini disebut unik sebab klenteng ini merupakan klenteng tertua yang ada di Tangerang. Bahkan tidak tanggung tanggung, usia dari Klenteng ini berumur lebih dari tiga abad lamanya. Lokasi Klenteng ini berada di Jalan Bhakti Nomor 14 Pasar Lama Tangerang. Sebelum masuk ke klenteng ini ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung.

Peraturan yang harus ditaati oleh pengunjung Klenteng adalah pengunjung tidak boleh masuk ke dalam area peribadahan serta ada batasan batasan yang harus dipatuhi pengunjung. Pengunjng yang datang ke Klenteng tidak boleh melewati perbatasan yang telah ditentukan. Sebenarnya design dari Klenteng Boen Tek Bio ini sama dengan klenteng klenteng yang lainnya. Hanya saja yang berbeda adalah di aula utama dari klenteng ini ada altar untuk Dewa Bumi, di bagian depan klenteng ada ruang Bi Lek Hud atau Mi Le Fo Dewa yang Maha Pengasih dan juga Penolong.

  1. Flavor Bliss Alam Sutera

flavor bliss alam suteraTidak lengkap rasanya jika wisata yang anda lakukan di Kota Tangerang tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Flavor Blis Alam Sutera meruapakan sarana rekreasi yang lengkap dengan latar belakang perumahan. Selain adanya mall megah alam sutera yang ada disini, penunjung yang datang kesini juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada disini.

Perumahan disini menyediakan berbagai macam menu lengkap dan masakannya yang lezat. Resto yang ada disini akan menyajikan berbagai macam makanan lokal maupun menu internasional. Tempat wisata ini saat akhir pekan tidak akan pernah tidur, alasannya adalah tempat wisata ini buka lama 24 jam penuh. Bahkan saat akhir pekan pun tempat wisata ini selalu dipenuhi oleh pengunjung.

Wisata Menarik Lainnya di Tangerang

Selain beberapa obyek wisata yang disebutkan diatas. Ada beberapa obyek wisata menarik lainnya di Tangerang yang bisa anda kunjungi. Berikut ini adalah obyek wisata menarik lainnya yang ada di Tangerang :

  1. Keramat Tiga Raksa.
  2. Resto Rumah Kayu Gading Serpong.
  3. Situ Gintung.
  4. Alun Alun Tangerang.
  5. Situ Kepala Dua.
  6. Taman Jajan Pasar Modern.
  7. Kolam Pancing Kampoeng Kalapa Balaraja.
  8. Tugu adipura
  9. Situ gede
  10. situ cihuni
  11. situ bulakan
  12. Patung Plokamator Soekarno Hatta
  13. Pantai Tanjung Burung
  14. Museum Benteng Heritage
  15. Monumen Lengkong
  16. Masjid Kali Pasir
  17. Keramat Solear
  18. Kelenteng Boen San Bio
  19. Kelenteng Boen Hay Bio
  20. Jembatan Pelengkung
  21. Dermaga TPI Tanjung Pasir
  22. Citra Raya World Of Wonders
  23. Keramat Tiga Raksa
  24. Resto Rumah Kayu Gading Serpong
  25. Situ Gintung
  26. Alun alun Tangerang
  27. Situ Kepala Dua
  28. Taman Jajan Pasar Modern
  29. Taman Jajan Pasar Lama
  30. Taman Potret
  31. Taman Bambu

Itulah berbagai macam tempat wisata di Tangerang yang menarik untuk anda kunjungi. Mengingat Kota Tangerang selalu padat saat musim liburan tiba, anda harus mempersiapkan fisik dan mental ketika berada disana. Jangan lupa untuk membawa supplemen kesehatan ketika liburan disana. Hal itu dikarenakan orang yang tidak terbiasa dengan macet akan mudah lelah, mengantuk dan juga lemas. Oleh sebab itu jangan lupa bawa peralatan obat pribadi saat liburan ke Tangerang.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 25th, June 2016 / 16:48 Oleh :
Kategori : Banten