30 Tips Liburan Hemat ke Singapura Pertama Kali ala Backpacker


Singapura merupakan salah satu negara yang dekat dengan Indonesia. Kerjasama yang dimiliki pemerintah Indonesia dan Singapura pun cukup baik dalam bidang pariwisata. Oleh karena itu banyak wisatawan dari Indonesia yang mengunjungi Singapura untuk berwisata.

Jika kamu adalah seorang backpacker atau orang yang suka berwisata murah selama di Singapura, berikut ini ada beberapa tips liburan hemat ke Singapura yang bisa dilakukan. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

1. Mencari tiket pesawat promo

Hal pertama yang pasti dipikirkan oleh wisatawan yang ingin ke luar negeri adalah tiket pesawat. Saat ini ada beberapa maskapai Indonesia ke Singapura yang sering menawarkan tiket promo. Hal itu akan menguntungkan dan bisa menghingga ratusan ribu rupiah.

2. Membeli tiket jauh-jauh hari

Tiket pesawat yang dibeli dari jauh-jauh hari pastilah lebih murah daripada tiket pesawat yang dibeli dadakan. Bahkan perbedaannya bisa mencapai ratusan ribu. Oleh karena itu, jika tanggal keberangkatan sudah fix, segera pesan tiket pesawat. Walau keberangkatan masih sebulan atau dua bulan lagi.

3. Membeli tiket wisata online

Beberapa objek wisata di Singapura bisa dibeli tiketnya secara online. Pembelian tiket secara online ini bukan hanya akan mengintungkan larena praktisnya, melainkan juga karena harganya. Tiket masuk objek wisata yang dipesan secara online jauh lebih murah daripada tiket masuk yang dibeli on the spot. Misalnya untuk objek wisata Adventure Cove Waterpark. Untuk tiket langsung, harganya adalah 87 SGD. Sedangkan jika dibeli secara online harganya hanya 54 SGD. Selisih harga tersebut tentu bisa menghemat beberapa puluh ribu.

Baca juga:

4. Internet murah

Beberapa produk kartu internet di Singapura ada juga yang dijual murah dengan kuota yang cukup banyak. Tips liburan murah ke Singapura dalam hal internet ini adalah beli saja kartu internet yang jangka waktunya 1 minggu saja, karena berwisata di Singapura juga pasti hanya dilakukan dalam benerapa hari saja. Jangan boros kuota internet hanya untuk eksis di sosmed. Namun gunakan internet secara bijak.

5. Tempat makan murah

Beberapa tempat makan di Singapura bisa dijangkau harganya dan cocok untuk para backpacker. Lokasi yang disarankan antara lain Changi staff canteen, Foodcourt di Bugis Street, Foodcourt di bawah jembatan Vivo City, Lucky plaza, dan Lao Pa Sat.

6. Cari voucher virtual

Saat ini ada banyak sekali voucher menginap atau voucher masuk tempat wisata yang bertebaran di internet. Jika kamu jeli dan cukup lihai mencarinya, maka voucher ink tentu akan membantu meringankan biaya perjalanan dan bisa menghemat dengan cukup besar.

7. Cek harga hotel / penginapan

Saat ini ada banyak aplikasi pesan hotel atau penginapan yang bisa digunakan. Gunakan aplikasi tersebut untuk mengecek harga sehingga kamu bisa mengira-ngira dan menimbang-nimbang hotel atau penginapan mana yang cocok untuk dipesan.

8. Kartu MRT multitrip

Tips Liburan Hemat ke Singapura yaitu Saat akan menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus, belilah kartu MRT multitrip. Dengan menggunakan kartu multitrip, harga transportasi akan lebih murah. Selain itu, dengan kartu multitrip, kamh bisa naik kereta dan bus dengan satu kartu. Berbeda dengan kartu single trip yang ongkosnya sedikit lebih mahal dan sedikit lebih rumit.

9. Hindari taksi

Untuk menghemat selama wisata di Singapura, lebih baik jangan pernah menggunakan taksi. Taksi adalah transportasi yang mahal di Singapura. Lagipula, taksi juga kapasitasnya terbatas. Tidak akan nyaman untuk berwisata dengan banyak teman-teman.

10. Membawa minuman sendiri

Minuman di dalam botol akan lebih membuatmu bisa menghemat selama liburan. Walau terlihat sepele, air minum di dalam botol ini akan berguna. Apalagi Singapura itu adalah negara Tropis seperti Indonesia yang cuacanya panas. Daripada menghabiskan uang untuk membeli air mineral yang harganya mahal, lebih baik membawa botol minum sendiri.

Baca juga:

Sponsors Link

11. Mendatangi wisata gratis

Untuk menikmati Singapura, kamu tidak harus mengunjungi objek wisata berbayar. Dengan berjalan-jalan alias city tour pun kamu bisa menikmatinya. Banyak spot di Singapura yang bisa dieksplor secara gratis.

12. Banyak berjalan kaki

Tips Liburan Hemat ke Singapura dengan keliling berjalan kaki, Berjalan kaki tidak hanya sehat, tetapi juga murah. Apalagi jika dilakukan di negara yang sistem transportasinya baik seperti Singapura. Berjalan kaki akan terasa sangat nyaman. Banyak berjalan kaki selama berwisata di Singapura itu penting, apalagi jika tempat yang dituju tidak begitu jauh.

13. Belanja murah

Ada beberapa tempat wisata murah di Singapura yang bisa dikunjungi. Salah satunya Bugis Street. Kamu bisa mengeksplor kawasan tersebut sambil berburu makanan murah. Selain itu, oleh-oleh juga bisa didapatkan di sana dengan harga terjangkau.

14. Makanan instan dari Indonesia

Jika memang ingin menghemat pengeluaran dari segi makanan, trik yang bisa dilakukan adalah dengan membawa makanan sendiri dari Indonesia. Beberapa makanan instan seperti mie instan, nuget, sarden kalengan, abon, atau sosis bisa dibawa sebagai bekal yang murah dan mudah untuk dimasak sendiri. Makanan dari Indonesia juga terjamin halalnya.

15. Menawar harga

Beberapa tempat belanja di Singapura ternyata harganya bisa dirawar. Jika kamu pintar menawar dan bisa berbahasa Inggria dengan lancar, maka untuk membeli oleh-oleh, kamu bisa msnghemat benerapa dolar.

ads

16. Cek kurs rupiah

Hal ini penting diperhatikan sebelum berangkat. Sebisa mungkin berangkatlah berwisata ke Singapura saat kurs rupiah menguat. Dalam artian saat dollar Singapura menurun. Hal ini tentu berpengaruh untuk menghemat beberapa rupiah selama berwisata.

Baca juga:

17. Bawa bolpoin

Benda ini adalah benda kecil tapi sering tidak terpikirkan untuk dibawa. Akibatnya, ketika membutuhkannya, wisatawan harus membelinya. Walau harganya memang sepele dan tidak semahal harga makanan, namun lebih baik membawa sendiri bolpoin. Lumayan menghemat beberapa dollar.

18. Jaga sikap

Singapura adalah negara yang hukumnya kuat. Selalu jaga sikap selama berada di negeri orang. Jika tidak, maka biasanya akan ada denda yang dikenakan pada wisatawan yang melanggar peraturan. Tentu kamu tidak mau mengjabiskan banyak uang untuk membayar denda, bukan?

19. Mencari informasi backpacker

Sebelum memutuskan untuk pergi ke Singapura, tentu saja hal yang perlu dilakukan adalah mencari referensi. Saat ini pasti banyak web atau blog yang menceritakan pengalaman wisata ke Singapura. Baca semua referensi dengan seksama agar mengetahui hal-hal penting yang perlu diketahui.

20. Mengunjungi taman-taman kota

Untuk menghemat, kunjungi saja taman-taman kota di Singapura untuk beristirahat. Jangan sedikit-sedikit mampir ke tempat makan. Hal itu pasti akan membuat pengeluaran lebih banyak. Taman kota di Singapura juga jumlahnya banyak dan bisa dikunjungi secara gratis.

21. Siapkan rencana matang

Salah satu kegagalan dari perjalanan wisata murah adalah kurangnya rencana yang matang. Tidak adanya rencana matang akan membuat wisatawan pergi seenaknya, sehingga biaya wisata tidak bisa dikontrol dengan baik.

22. Siapkan rencana B

Rencana matang saja tidak cukup. Kamu perlu mempersiapkan rencana B agar berwisata bisa tetap terjaga, sehingga biaya yang dikeluarkan bisa tetap sesuai dengan targetnya.

23. Siapkan itinerary

Rencana tersebut harus dibuat dalam daftar perjalanan atau jadwal perjalanan yang ringkas namun padat. Dari itinerary yang ada itulah arus biaya bisa terlihat sehingga pengeluaran bisa diprediksi. Misalnya kapan harus makan, dimana harus beristirahat, dan berapa biaya untuk tiket wisata dalam seharian tersebut.

24. Jangan lama-lama

Singapura adalah sebuah negara kecil yang sebenarnya tidak menjanjikan wisata budaya yang khas. Jika dibandingkan dengan Jepang atau Thailand, wisata Singapura tergolong wisata kota dan wisata wahana yang sebenarnya tidak memberikan banyak warna dan kesan. Oleh karena itu, jangan lama-lama berada dj Singapura. Lakukan perjalanan wisata hanya selama 3-4 hari saja, itu sudah cukup. Terlalu lama di sana akan membengkakkan biaya, khususnya biaya penginapan dan biaya makan.

Sponsors Link

25. Rencanakan perjalanan sesuai tiket

Sebelum membeli tiket, sebisa mungkin cek keberangkatan dari beberapa bandara. Misalnya kamu berdomisili di Surabaya. Maka bandinhkan harga tiket dari bandara Surabaya dan Jakarta. Bandingkan keduanya. Jika tiket pesawat dari Jakarta lebih murah, bahkan setelah diakumulasikan dengan tiket kereta Surabaya-Jakarta, maka beli tiket dari Jakarta.

Baca juga:

Beberapa tips lain:

  1. Berwisata sesuai rute
  2. Membeli oleh-oleh seperlunya
  3. Membeli makanan 1 porsi untuk berdua, karena biasanya porsi makanan yang dijual adalah porsi besar.
  4. Selalu mengecek tiket pergi dan pulang agar tidak ketinggalan pesawat
  5. Mencatat setiap pengeluaran untuk mengetahui apakah target maksimal biaya wisata terpenuhi ataj justru melebihi target pengeluaran

Demikianlah beberapa tips liburan hemat ke Singapura yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat. Selamat berlibur dan semoga liburanmu menyenangkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 04th, August 2017 / 07:25 Oleh :
Kategori : Tips Wisata