Sponsors Link

26 Tempat Wisata di Wonosari Jogja yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Wonosari merupakan salah satu kecamatan yang juga ibukota dari Kabuapaten Gunung Kidul. Kali ini kita jalan-jalan ke Wonosari dan daerah sekitarnya, yuk! Ternyata ada banyak tempat wisata di wonosari yang menarik di daerah ini.

ads
  1. Pantai Baron

Pantai BaronPantai Baron selain mempunyai keindahan yang menawan juga merupakan dermaga bagi nelayan dan memiliki kuliner laut atau seafood dengan citarasa lezat. Pantai ini terletak 65 km dari pusat Kota Yogyakarta. Di Pantai Baron, kita dapat mencicipi aneka makanan laut mulai dari lobster, bawal putih, kakap, sampai dengan ikan tongkol.

Sebetulnya pantai ini merupakan teluk yang diapit oleh dua bukit di sisi kiri dan kanan. Oh, ya, Pantai Baron juga punya pelelangan ikan yang bisa kita kunjungi. Pantai ini juga memiliki batu karang di tepi pantai. Keunikan yang lain adalah, kita dapat melihat sungai yang mengalir ke laut (pertemuan antara air tawar yang berasal dari sungai dan air asin yang asalnya dari laut) Alaman obyek wisata yang satu ini adalah di Kanigoro, Yogyakarta.

  1. Pantai Ngobaran

Pantai NgobaranPantai yang satu ini lokasinya ada di Kecamatan Saptosari, jika ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya kurang lebih 65 km. Ada kisah yang unik dari nama pantai ini. Dinamai dengan Pantai Ngobaran dikarenakan dahulu saat zaman Kerajaan Demak, Prabu Brawijaya V beserta dengan pengikutnya melakukan pelarian hingga ke pantai ini dan akhirnya Prabu Brawijaya V membakar dirinya di pantai ini.

Berdasarkan cerita inilah nama pantai menjadi ngobaran yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah kobaran api atau api yang berkobar. Salah satu daya tarik dan menjadi keunikan dari obyek wisata yang satu ini adalah adanya kuliner unik yang hanya dapat kita jumpai di sini. Kulinernya berbahan dasar landak laut. Masakan yang bernama landak laut ini rasanya mirip daging ayam.

  1. Pantai Sundak

Pantai SundakDaya tarik dari obyek wisata yang satu ini ada pada lokasi yang masih asri dengan pasir putih terhampar. Pokoknya pantai ini sangat pas bagi anda yang ingin santai dan rileks karena suasana tidak terlalu ramai. Alamat : Sidoharjo, Kecamatan Tepus.

Pemandangan pantai ini yang akan membuat anda terpana dan ingin berkunjung ke pantai ini, karena dengan adanya laut yang masih biru, pepohonan dan keindahan alam yang menakjubkan sehingga tak heran banyak para wisatawan yang ingin datang berkunjung ke pantai sundak ini.

  1. Pantai Kukup

Pantai KukupPantai yang merupakan obyek wisata Wonosari selanjutnya adalah Pantai Kukup. Pantai yang satu ini pasirnya berwarna putih kekuningan, dan cocok jika anda menginginkan untuk melihat keindahan pantai dari atas bukit yang akan melihat keseluruhan pantai kukup ini.

Di Pantai Kukup ini terdapat bukit yang dapat anda naiki dan dari atas bukit setinggi kurang lebih 3 meter ini dapat anda saksikan dengan jelas pemandangan pantai dan ombak yang bergulung-gulung. Alamat : Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Wonosari

  1. Gua Pindul

Gua PindulGua yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga anda. Gua yang mempunyai sungai bawah tanah ini panjangnya 300 meter dengan lebar sepanjang 5 meter. Untuk melakukan penyusuran gua, anda dapat naik pelampung ban. Satu pelampung untuk satu orang dan akan dibagi ke dalam kelompok yang isinya antara 5 sampai dengan 20 orang.

Satu kelompok akan ditarik oleh seorang petugas yang juga merangkap jadi pemandu wisata. Keindahan stalagtit dan stalagmit sangat mempesona sepanjang perjalanan menyusuri sungai bawah tanah Gua Pindul. Alamat : Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta.

  1. Gua Kalisuci

Gua KalisuciUntuk menyusuri Gua Kalisuci kita dapat melakukan dengan menggunakan pelampung ban, mirip dengan yang ada di Gua Pindul. Kegiatan ini dinamakan dengan cave tubing dan diklaim sebagai yang pertama ada di Indonesia. Jadi untuk cave tubing yang pertama atau awalnya dilakukan di Gua Kalisuci, kemudian dilanjutkan dengan Gua Pindul.

Kemudian untuk sampai mulut gua, kita harus turun lewat tebing batu yang lumayan curam dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Akan tetapi perlu diingat bahwa saat menuruni tebing batu di waktu hujan harus lebih hati-hati soalnya lebih licin. Alamat : Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul.

  1. Gua Jomblang

Gua JomblangKarena keindahan gua yang mempesona, Gua Jomblang juga dikenal dengan sebutan Cahaya Surgawi. Jika kita masuk ke dasar gua, akan kita jumpai lorong alami yang menghubungkan Gua Jomblang dengan Gua Grubug.

Stalagmit dan stalaktit yang ada di sini memiliki daya tarik yang membuat banyak orang datang untuk mengunjungi obyek wisata ini. Stalagmit yang berwarna hijau agak kecokelatan apabila terkena sinar matahari yang menembus gua, akan kelihatan sangat cantik. Gua Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul.

  1. Gua Gelatik

Gua GelatikWisata berupa gua selanjutnya adalah Gua Gelatik. Panjang gua ini kurang lebih 400 meter. Ketika masuk ke dalam gua, kita akan disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan berupa stalagtit dan stalagmit nan indah yang akan membuat pemandangan di dalam gua akan menjadi lebih indah dan semakin membuat banyak para wisatawan berkunjung ke gua ini.

Gua ini termasuk yang sempit, jadi kalau mau masuk ke dalam kepala kita harus ditundukkan supaya muat. Letaknya yang dekat dengan Gua Pindul memungkinkan untuk mengunjunginya usai wisata ke Pindul. Alamat : Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta.

ads

  1. Gua Seropan

Gua SeropanGua ini banyak dipakai untuk melakukan bermacam olahraga ekstrim, seperti caving dan juga panjat tebing. Ditambah dengan indahnya stalagmit dan stalagtit, membuat kita lebih bersemangat dalam melakukan olahraga panjat tebing atau pun caving karena gua ini juga akan menjadi lebih indah dan akan menjadi daya tarik tersendiri dari gua ini.

Gua ini sangat cocok bagi anda yang menyukai alam dan menguji adrenalin anda dengan mendatangi gua ini, dan setelah anda sampai di didalam gua ini tidak akan pernah menyesal karena di dalam gua ini memiliki pemandangan stalagmit dan stalagtit yang indah dan wajib sekali anda berkunjung ke gua seropan ini.

  1. Gua Rancang Kencono

Gua Rancang KenconoLokasi ini adalah gua yang memiliki nilai sejarah. Di sini pun pernah ditemukan adanya artefak serta tulang belulang. Para Laskar Mataram Kasultanan Yogyakarta pernah melakukan suatu pertemuan di Gua Rancang Kencono. Pertemuan ini membahas tentang rencana melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Nama gua ini diambil dari sebuah peristiwa yang tentunya bernilai sejarah dan pernah dilakukan di Gua Rancang Kencono. Peristiwa itu adalah ketika melakukan rencana atau perancangan dalam melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda kala itu. Nah, itulah asal nama Gua Rancang Kencono.

  1. Gua Braholo

Gua BraholoWisata Gua yang satu ini merupakan gua yang ada hubungannya dengan zaman prasejarah dan manusia purba. Di gua ini pula pernah ada penemuan artefak dan fosil purbakala. Terdapat kurang lebih 10 kerangka manusia yang masih utuh. Dan kerangka manusia purba itu diperkirakan telah berumur sekitar 10.000 SM.

Pendapat atau perkiraan umur manusia purba tersebut didukung oleh perkakas atau perlengkapan yang juga ditemukan di sekitar lokasi. Selain daya tarik di atas, Gua Braholo pun mempunyai panorama yang indah dan tentunya memukau. Alamat : Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul.

  1. Pantai Ngrenehan

Pantai NgrenehanMemasuki kawasan wisata yang satu ini selain kita dapat jumpai pantai yang indah, dapat kita temukan juga pelabuhan nelayan tradisional. Bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh berupa ikan segar, anda dapat mampir ke pasar ikan segar yang ada di dekat Pantai Ngrenehan. Alamat : Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari.

Selain adanya pasar tradisional disekitar pantai ngrenehan ini, suasana pantai yang sejuk serta pemandangan pantai yang indah dengan air pantai yang masih biru akan membuat daya tarik tersendiri sehingga pantai ngrenehan ini tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan.

  1. Pantai Gesing

Pantai GesingLokasi pantai selanjutnya adalah Pantai Gesing. Di sini kita akan dapat jumpai kawasan transmigran Ring I, masjid,  serta perkampungan nelayan.

Nah, kalau tiba-tiba perut keroncongan, anda dapat mengisi perut di warung makan yang ada di kawasan pantai. Yang lebih serunya, ikannya adalah ikan segar sambil kita menikmati pemandangan indah disekitar pantai gesing ini. Tentunya akan lebih enak dari segi rasa. Alamat: Desa Girikarto, Kecamatan Panggang.

 

  1. Pantai Nguyahan

Pantai NguyahanApabila anda ingin berwisata ke pantai dengan suasana yang masih alami dan kebersihannya masih terjaga, pantai Nguyahan adalah pilihan yang tepat. Jika ditempuh dari Pantai Ngobaran jaraknya kurang lebih adalah 200 meter. Alamat : Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari.

Pantai ini juga tak kalah indah dibandingkan dengan pantai di wonosari lainnya, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah, pepohonan  yang lebat yang akan membuat anda nyaman berkunjung ke pantai ini dan merupakan pantai yang tidak pernah sepi dengan pengunjung.

  1. Pantai Jogan

Pantai JoganDaya tarik dari pantai yang satu ini adalah adanya sebuah air terjun yang airnya langsung jatuh ke tepian Laut Jogan. Tinggi air terjun mencapai 10 meter dengan sumber air yang asalnya dari perbukitan kars yang ada disekeliling Pantai Jogan ini dan pantai jogan merupakan pantai terindah di Indonesia.

Selain keindahan alam mempesona dengan benang alam berupa tebing-tebing dan pegunungan kapur, untuk sampai ke bagian bawah dari air terjunnya kita harus hati-hati karena medannya yang licin yang akan membuat anda mudah terpeleset dan membahayakan diri anda sendiri sehingga diperlukannnya hati-hati dalam melewati medan air terjun ini.

  1. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok TunggalSaat tiba di Pok Tunggal, kita akan disambut oleh pasir putih yang membentang dengan tebing yang tinggi menjulang dengan ketinggian berkisar antara 40 sampai dengan 60 meter. Beberapa keindahan yang dapat kita saksikan di tempat wisata ini antara lain adalah sumber mata air tawar yang lewat sungai bawah tanah, kawanan monyet di perbukitan, sunset menawan, ombak yang tenang, dengan banyak pohon duras yang tumbuh sebelum masuk wilayah pantai tersebut. Untuk menikmati indahnya pantai yang satu ini, kita dapat berkemah di lokasi pantai. Masuk Pantai Pok Tunggal tiketnya seharga Rp 2.000,-per orang. Alamat : Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri GetukAir terjun ini mempunyai lokasi di antara ngarai Sungai Oya. Tentunya pemandangan alam di sekitar obyek wisata ini tidak kalah memikat dibandingkan dengan tempat wisata lain yang ada di Yogyakarta. Di sekitar air terjun berupa persawahan hijau membentang. Air terjun ini mengalir tanpa mengenal musim dan merupakan air terjun di Indonesia. Alamat : Gunung Kidul.

Air terjun sri gethuk ini memang airnya selalu menagalir tanpa mengenal musim sehingga tak heran banyak para wisatawan yang berdatangan ke air terjun ini untuk menikmati keindahan yang berada di air terjun dan di sekitar air terjun yang membuat banyak para wisatawan betah di tempat wisata ini.

 

  1. Pantai Siung

Pantai SiungSalah satu daya tarik dari obyek wisata yang satu ini adalah hamparan pasir putihnya disertai adanya batu karang yang begitu besar atau raksasa. Pantai ini pun terkenal di kalangan para pemanjat tebing. Hal ini dikarenakan adanya jalur atau arena panjat tebing sebanyak 250 jalur pemanjatan dengan masing-masing jalur yang mempunyai tingkat kesulitan tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

Beberapa event tingkat nasional dan internasional pernah digelar di obyek wisata yang satu ini. Untuk sampai lokasi wisata ini membutuhkan perjuangan karena harus melewati medan yang menantang. Disarankan untuk tidak memakai angkot, karena akan sulit sampai kesana. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atau roda empat. Alamat : Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

  1. Gunung Nglanggeran

Gunung NglanggeranSalah satu obyek wisata yang patut untuk dikunjungi ketika liburan di Kota Pelajar adalah Gunung Nglanggeran. Anda yang ingin menikmati indahnya matahari terbit atau tenggelam sangat tepat memilih tempat ini sebagai tujuan wisata.

Ya, karena pemandangan sunset dan sunrise di gunung ini sangatlah indah. Perlu diketahui bahwa Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang mempunyai bentuk sebongkah batu raksasa. Alamat : Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul.

  1. Tegalarum Adventure Park

Tegalarum Adventure ParkBagi anda yang senang berpetualang, datanglah ke Tegalarum Adventure Park. Di tempat wisata ini anda akan diajak untuk melakukan petualangan dengan menyusuri arus sungai alami yang mempunyai ukiran bebatuan di sekelilingnya.

Daya tarik yang lain tentu saja karena pemandangan alam sekitar obyek wisata yang mempesona dengan air yang terus mengalir dan pepohonan yang membuat rindang sehingga banyak sekali para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata ini.

Alamat : Karangtengah, Wonosari, Gunung Kidul.

Sponsors Link

  1. Embung Batara Sriten

Embung Batara SritenBosan berwisata ke pantai atau tempat wisata alam lain? Cobalah untuk berkunjung ke Embung Batara Sriten. Obyek wisata ini sebenarnya berupa telaga buatan yang ada di puncak paling tinggi Gunung Kidul.

Akan tetapi, anda tidak akan menyesal datang kemari karena suguhan keindahan alamnya sungguh menakjubkan dan membuat anda betah jika berkunjung ke tempat ini yang memiliki pemandangan indah dan pepohonan yang membuat tempat ini menjadi sejuk dan selalu indah. Alamat : Pilangrejo, Nglipar, Gunung Kidul.

  1. Puncak Kosakora

Puncak KosakoraPuncak Kosakora merupakan salah satu obyek wisata alam di Gunung Kidul. Ketika kita berada di ketinggian tentu saja kita akan dapat melihat pemandangan suatu kota dari atas.

Di Puncak Kosakora pun kita bisa menatap indahnya pantai yang kebiruan di hadapan kita. Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi favorit para pecinta selfie karena pemandangannya yang indah dan banyak tempat-tempat yang memang cocok untuk dijadikan selfie dan menikmati keindahan tempat ini. Alamat : Tanjungsari, Gunung Kidul.

  1. Gua Selarong

Gua SelarongGua Selarong merupakan tempat wisata religi. Banyak orang yang berkunjung kemari untuk melakukan ritual atau bermeditasi. Di sini juga markas gerilya Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda.

Gua Selarong dianggap mempunyai nilai mistik dan misterius, sehingga tidak heran kalau para pengunjung banyak yang melakukan suatu ritual di Gua Selarong. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain adalah tempat ibadah, gardu pandang, area bermain, pendopo, sampai dengan bumi perkemahan. Alamat : Guwosari, Pajangan, Bantul.

  1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus MangunanSesuai dengan namanya, di sini memang dapat kita lihat hijaunya pepohonan pinus. Hutan dengan udara segar ini merupakan salah satu obyek wisata yang tepat dijadikan sebagai tempat hunting foto bahkan bagi yang ingin melakukan foto prewedding, sangat cocok menggunakan lokasi Hutan Mangunan.

Jika digambarkan,  Hutan Pinus Mangunan memiliki keindahan yang tidak kalah dengan hutan-hutan yang sering dipakai sebagai lokasi syuting film luar dan banyak juga para wisatawan yang datang untuk berkunjung ke hutan pinus mangunan ini.. Alamat : Dlingo, Mangunan, Bantul.

  1. Puncak Becici

Puncak BeciciPuncak Becici mempunyai tanaman pinus yang tumbuh tinggi. Di sini terdapat gardu pandang, bangku dari batang pohon pinus, ayunan yang terbuat dari kayu, serta gazebo sederhana. Tidak ada pengamanan yang khusus di tepian jalan setapak tempat ini. Ada pula dataran luas yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat camping.

Semakin kita mendekati puncak bukit, maka jarak dari pepohonan pinus juga akan kian renggang. Dan kita pun bisa kembali menatap cahaya mentari setelah sebelumnya tertutup oleh pohon-pohon pinus. Alamat : Desa Gunung Mutuk, Dlingo, Bantul.

  1. Gua Kidang Kencana

Gua Kidang KencanaSama seperti obyek wisata alam berupa gua yang ada di Kota Pelajar. Gua Kidang Kencana menyuguhkan panorama indah dan alami. Menyusuri perut bumi berteman keindahan alaminya, tentu sangat mengasyikkan. Alamat : Kulon Progo.

Obyek wisata Wonosari dan daerah sekitarnya sungguh memiliki keindahan yang mempesona. Nah, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Wonosari dan daerah sekitarnya apabila anda tengah berwisata ke Kota Yogyakarta.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 18th, March 2016 / 07:21 Oleh :
Kategori : Yogyakarta