Pulau Granite Australia Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Pulau GraniteAnda memiliki kesempatan untuk dapat menjejakkan kaki di Australia, terutama Australia Selatan? Ada sebuah Pulau Granite atau yang juga bisa disebut dengan Granite Island Recreation Park. Pantai yang berada di Pulau Granite ini berada sekitar 0,6 kilometer di sebelah tenggara Victor Harbor dan sekitar 120 kilometer di sebelah selatan dari Adelaide.

Pulau ini termasuk populer dan menjadi salah satu obyek wisata yang paling kerap dikunjungi di Australia Selatan karena memiliki keindahan dan pemandangan yang sangat indah sehingga membuat para wisatawan betah berkunjung ke tempat ini.  Lalu, apa saja yang bisa Anda nikmati ketika sampai di kawasan taman rekreasi ini?

Atraksi di Kawasan Pulau Granite

Pulau Granite dikenal akan berbagai keindahannya dan tidak salah lagi di sekitar Pulau Granite ada segudang atraksi yang bisa dinikmati. Ada banyak hal yang bisa dicoba dilakukan oleh setiap wisatawan. Berikut ini adalah sejumlah atraksi yang akan memuaskan liburan Anda selama di Pulau Granite dan sekitarnya.

  1. Horsedrawn Tram

Wahana Horsedrawn Tram rupanya sangat bersejarah karena pengoperasian dari wahana ini sudah sedari tahun 1894. Menjadi salah satu dari 2 yang tersisa di dunia dalam menawarkan pelayanan setiap hari, kuda-kuda di sini begitu indah di mana per ekornya memiliki tiga shift setiap minggunya. Satu shift terdiri dari 4 perjalanan (pergi dan kembali) dengan total 9 jam seminggu. Setelah shift mereka berakhir, kuda-kuda cantik tersebut akan dimandikan dan diberi makan.

Selain dari mengendarai tremnya, Anda pun dapat sekaligus mempelajari lebih dalam tentang sejarah Tramway, The Causeway dan area lainnya. Terdapat trem replika yang dibuat pada tahun 1986 dengan desain yang didasarkan pada desain asli, namun ada dua jendela yang dibangun untuk memperpanjang berikut ruang lebih untuk kepala. Anda pun bisa menikmati makanan ringan atau makn siang di beberapa kios serta Bistro sekaligus membeli oleh-oleh.

  • Tramway buka dan melayani setiap hari dari jam setengah 11 siang sampai 4 sore, kecuali tanggal 25 Desember di mana mereka akan libur.
  • Untuk Return Ticket (perjalanan pulang-pergi), pengunjung dewasa dikenakan USD 9 atau sekitar Rp 118 ribu. Pengunjung anak-anak berusia antara 4-15 tahun dikenakan biaya USD 7 atau sekitar Rp 92 ribu. Pengunjung 1 keluarga terdiri dari 2 orang dewasa dan 2 anak dikenakan USD 25 atau sekitar Rp 327.500.
  • Untuk One Way Ticket (perjalanan searah), pengunjung dewasa dikenakan biaya sebesar USD 7 atau sekitar Rp 92 ribu. Pengunjung anak-anak dikenakan USD 5 atau sekitar Rp 65.500. Untuk tiket keluarga, harga yang ditawarkan adalah USD 19 atau sekitar Rp 249 ribu.
  1. Encounter Water Sports

Tur atraksi satu ini meliputi kelas surfing dan Stand-Up Paddleboarding. Khusus untuk Stand-Up Paddleboarding, wahana satu ini terbilang baru, namun cukup menarik untuk dicoba oleh seluruh anggota keluarga. Meski ini pertama kalinya untuk Anda, pengantar pembelajaran akan dilakukan di area perairan yang tenang dan aman di Danau Encounter. Segala peraturan dan dan petunjung akan diterima oleh Anda, seperti tentang cara pegangan dayung yang benar dan teknik mendayung itu sendiri sehingga hanya dalam waktu singkat, Anda pun bisa menjadi seorang pendayung pro.

Ada juga sebuah program bernama Vegemite SurfGrom untuk yang berusia 5-12 tahun beserta kelas surfing untuk semua umur. Dari yang masih pemula hingga profesional akan dapat menikmati waktu di berselancar. Semua peralatan yang dibutuhkan untuk berselancar berikut pakaian selam tersedia di sini. Karena telah terakreditasi oleh Surfing Australia, maka itu tandanya bahwa Encounter Water Sports berkualitas di mana pemiliknya adalah Andy Davoren yang adalah seorang instruktur olahraga air yang sudah memiliki pengalaman 20 tahun lebih di bidangnya.

  1. Community Sporting Carnival – 10 April 2016

Ini adalah sebuah acara yang menjadi bagian dari Fleurieu Festival of Sports Community Sporting Carnival yang menarik perhatian banyak orang. Pengunjung dapat berpartisipasi untuk ukut lari mengelilingi area Pulau Granite di Victor Harbor yang dianggap sebagai salah satu landmark ikonik. Sambil berlari, Anda akan mendapatkan pemandangan apik di sekitar lokasi walau memang harus melewati tanjakan, batu, kerikil, serta tangga.

  1. Girdler Family Amusements

Datang bersama keluarga tentu akan terasa kurang seru bila belum mengunjungi Girdler Family Amusements di mana akan ada sejumlah hiburan yang pasti menjadi favorit. Ferris Wheel pun menjadi salah satu wahana yang bisa dinaiki di taman hiburan ini. Bermain bump car juga asyik di Dodgem Cars dan wahana ini tidak hanya akan disukai anak-anak tapi juga orang dewasa. Kepuasan dan kesenangan lengkap bisa didapat di tempat ini.

  1. Cheeky Ratbags Play Cafe

Hiburan dan kesenangan untuk berbagai usia bisa didapatkan di tempat ini, bahkan bagi Anda yang membawa anak-anak pun tidak perlu khawatir. Lokasi kafe cukup besar dan terdapat 3 area bermain yang bisa dipilih oleh anak-anak, sementara para orang dewasa dapat menikmati makanan utama, makanan ringan dan kopi. Arena bermain pun cukup besar dengan adanya twin super slides, bridge climbs, flying fox dan bola pit besar. Untuk yang membawa balita pun boleh tenang karena tersedia area bermain khusus balita, bahkan juga tersedia makanan dan minuman yang pasti disukai oleh mereka.

  • Cheeky Ratbags Play Cafe buka dari hari Rabu sampai dengan Senin saja yang berarti bahwa setiap Selasa mereka akan tutup dan pada saat hari besar.
  • Cheeky Ratbags Play Cafe buka dari jam 10 pagi sampai 4 sore.
    sponsored links
  1. All Sweets and Treats

Dari namanya saja sudah begitu jelas bahwa segala makanan yang manis dapat dijumpai di sini. Ada aneka ragam coklat impor berikut permen dengan segala jenisnya, terutama dari Eropa, Inggris dan Amerika. Pelayanan pun bisa ditemukan dalam dua bentuk, yakni langsung di toko maupun secara online. Para pengunjung dewasa biasanya lebih menyukai pilihan Dutch Licorice serta Reece’s dan Walnut Whip, sementara yang menjadi favorit anak-anak antara lain adalah Super Sours, Nerds dan GobStoppers.

Bila merasa bingung memilih yang mana karena saking banyaknya pilihan tersedia, maka staf profesional di tempat ini akan dengan senang hati membantu dan mendampingi para pelanggan dalam memilih produk teristimewa. Setiap pengunjung akan terpuaskan di sini karena terdapat juga permen dan coklat bebas gula sehingga para penderita diabetes tidak perlu bingung dan takut. Segala dekorasi kue pun akan diperkenalkan ke pengunjung, termasuk cake toppers, warna icing, cetakan dan fondant.

  1. Tur Pinguin

Di Granite Island Recreation & Nature Park, bukan hanya sekadar Pulau Granite-nya saja yang menarik perhatian, Anda dan anak Anda pun bisa menikmati tur pinguin di mana tur atraksi ini merupakan salah satu yang paling difavoritkan. Tur ini biasanya dimulai dari sore hari hingga malam atau setelah senja, maka jangan ragu untuk segera melakukan reservasi tur ini. Reservasi akan tutup setiap jam 4 sore, jadi sebelum itu silakan hubungi tempat ini demi bisa menyaksikan para pinguin kecil.

  1. Sanctum for Health & WellBeing

Di kawasan Pulau Granite, terdapat juga lokasi perawatan tubuh yang akan membantu membuat tubuh dan pikiran Anda kembali segar setelah berjalan-jalan seharian. Atau mungkin, sudah terlalu lama bagi Anda sejak terakhir melakukan perawatan? Sanctum for Health & WellBeing menawarkan pelayanan terbaik dan berkualitas yang berdasarkan teknik terapi manual modern serta praktek penyembuhan kuno yang dikombinasikan dengan minyak dan produk aromaterapi pada sesi perawatan. Para terapis di sini sangat profesional, terlatih dan berpengalaman sehingga terpercaya dalam membantu menciptakan keseimbangan batin serta merevitalisasi tubuh, pikiran serta jiwa Anda.

Segala produk perawatan yang dijual oleh Sanctum merupakan produk yang mengandung minyak esensial murni, botani alami dan tentunya bahan lidah buaya organik bersertifikat untuk dapat menutrisi dan membuat kulit tubuh menjadi lebih lembab. Rasa nyeri di tubuh yang disebabkan oleh kelelahan atau hal lain pun akan dapat diringankan dengan lotion terapi di Sanctum. Berikut di bawah ini adalah terapi holisktik dan remedial yang disajikan oleh Sanctum:

  • Kelas Latihan ChiBall ‘Wellness’
  • Ear Candling
  • Teknik Counterstrain/Regangan
  • Myofascial Release
  • Reflexology
  • Terapi craniosacral
  • Reiki
  • Wellbeing Energy Balance
  • Kinesiologi
  • Deep Tissue Massage
  • Pijat Remedial ‘Hot Stone’
  • Aromaterapi Foot Spa Massage
  • Aromaterapi Relaksasi Massage

Akses menuju tempat ini terbilang mudah dan tempat parkir pun memadai bagi yang datang dengan kendaraan pribadi.

  1. Encounter Coast Spirits

Inilah tempat di mana Anda bisa melihat produksi minuman beralkohol yang merupakan spesialisi dari Encounter Coast Spirits. Spirits dan liqueurs yang disediakan di tempat ini termasuk produksi gin, vodka dan minuman yang mengandung atau menggunakan buah di mana pemakaian beberapa kombinasi rasa yang tidak biasa sehingga lebih unik. Encounter Coast Spirits adalah sebuah tempat yang membuat produk kontemporer dan jangan heran apabila Anda menemukan jaringan ternak di sepanjang jalan masuk ke ruang bawah tanah, apalagi ketika ada domba yang mendekati area parkir mobil.

  • Encounter Coast Spirits buka setiap hari dari jam 11 siang sampai 5 sore di mana para pengunjung akan diperbolehkan untuk sesi icip-icip semua produk yang ada.
  • Encounter Coast Spirits terletak di pinggiran kota pantai Fleurieu Peninsula yang masih ada di kawasan Victor Harbor.
  1. Welcome Springs B&B Retreat

Datang ke Pulau Granite, tentu salah satu hal yang paling asyik untuk dilakukan adalah berelaksasi sepuasnya dan tempat ini adalah yang paling direkomendasikan bagi para pasangan yang tengah berbulan madu, yang sedang berulang tahun atau yang ingin mengadakan acara spesial. Di sini Anda akan dimanjakan dengan kamar tidur yang berkualitas, mulai dari handuk dan seprei pun tersedia dan dapat mengakomodasi hingga 6 orang dewasa dengan beraneka macam pengaturan tidur pribadi. Hidupkan kembali jiwa Anda dengan memanfaatkan pelayanan 43 jet spa.

  • Fokus dari pelayanan ini adalah kesehatan para pengunjung dengan Hydro-therapy Spa Bath.
  • Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga disambut dengan baik di tempat ini.
  • Tersedia taman dan dek pribadi.
  • Tersedia dapur yang dilengkapo dengan oven serta mesin pencuci piring.
  • Tempat tidur selalu sudah disediakan perlengkapan mandi, termasuk handuk dan juga linen.
  • Tersedia paket pijat di akhir pekan, semalam atau setengah hari.
  1. Dunes Mini Golf Park

Bagi wisatawan Pulau Granite yang juga menyukai golf, aktivitas olahraga ini bisa dinikmati di Dunes Mini Golf Park yang menjadi salah satu dari 18 lapangan mini golf terbaik di Australia. Ini seharusnya menjadi agenda wajib Anda di mana dari orang muda hingga tua bisa mencoba bermain golf di tempat ini. Anda dapat bermain permainan Anda sendiri di sini dan tidak hanya akan menyenangkan, tapi Anda pun akan merasakan sisi kompetitifnya.

  • Dunes Mini Golf Park buka setiap hari dari jam setengah 10 pagi.
  • Malam pun akan buka selama masa liburan musim panas.
  1. Smiling Samoyed Brewery

Lokasi ini adalah tempat di mana Anda dapat mencicipi bir dan menu lezat buatan chef profesional, Tamara Piec. Bar satu ini merupakan tempat yang nyaman bila dikunjungi pada musim dingin meski pada musim panas pun juga tetap terasa menyenangkan. Tempat ini pas bagi para pengunjung yang ingin bersantai. Ada sejumlah musisi lokal yang juga akan tampil di tempat ini secara rutin, maka bila ingin tahu siapa yang tampil berikutnya, silakan hubungi The Brewery Bar ini.

  • The Brewery Bar buka setiap Jumat, Sabtu dan Minggu dari jam 11 siang sampai 6 petang, namun untuk hari libur besar biasanya buka dari jam 12 siang hingga 4 sore (waktu diperpanjang sewaktu musim panas).
  • Untuk makan siang, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dulu.
  • Apabila Anda berpartisipasi dalam tur anggur atau brewery, disarankan untuk berhenti di tempat pembuatan birnya saja untuk makan siang. Tur ini menyediakan bus untuk satu kelompok yang terdiri dari 40 peserta selama jam buka dengan menu yang dihargai USD 25 atau sekitar 327 ribu per orang.
  • Jika membawa anjing peliharaan yang dapat berperilaku baik, maka tempat ini akan memperbolehkan masuk.
  1. Canoe It

Satu lagi tempat untuk bersenang-senang selama di kawasan Pulau Granite, yakni Canoe It di mana aktivitas air akan sangat menyenangkan di sini, seperti kayak yang direkomendasikan untuk semua usia. Kegiatan keluarga yang seru di sini selain kayak adalah kano yang tersedia untuk mengakomodasi 4 orang dan 2 orang (dapat dipilih sesuai dengan jumlah orang yang akan naik). Paddleboard juga termasuk di dalam daftar kegiatan yang boleh dicoba untuk yang ingin mendapatkan tantangan anyar. Penyewaan kano dihitung per jam sehingga semakin terjangkau, ini sudah termasuk dengan lifejacket.

  • Canoe It buka dari jam 10 pagi sampai 5 sore setiap hari jika cuaca memungkinkan.
  • Kesenangan dan kepuasan yang lebih maksimal bisa didapat ketika naik kano dan kayak di Goolwa.
  1. Greenhills Adventure Park

Bersenang-senang sekaligus berolahraga adalah hal yang terbaik yang bisa dilakukan di kawasan Pulau Granite, karena terdapat Greenhills Adventure Park yang menawarkan kano di sungai, paddleboat di danau, dry slides, dan aktivitas seru lainnya termasuk panjat tebing. Untuk reservasi kelompok yang terdiri dari 20 orang maka disediakan diskon. Untuk fasilitas tamannya sendiri antara lain adalah kamar ganti dan toilet, loker, kios, teras, BBQ, dan kafe serta balkon

Rumah Makan di Kawasan Pulau Granite

Berjalan-jalan dan menghabiskan waktu menikmati berbagai wahana tentu menguras tenaga. Untuk itulah, sejumlah restoran wajib didatangi. Selain dapat memuaskan keinginan Anda berwisata kuliner, makanan-makanan nikmati penggoyang lidah yang tersedia akan membuat tenaga Anda kembali penuh untuk menjelajai seluruh pantai dan pulau.

  1. Eat at Whalers

Layanan yang diperbarui di restoran ini begitu luar biasa dan justru tampak semakin segar walau terkesan sederhana dengan gaya kontemporernya. Produk anggur lokal dan premium pun tersedia untuk Anda para pecinta anggur tentu akan merasa puas setelah menikmati hidangan di tempat ini. Makan siang sambil memandangi panorama Encounter Bay dengan samudra yang kelihatan anggun dan cantik akan membuat liburan makin terasa menyenangkan. Tidak hanya makan siang, makan malam ditemani cahaya lilin yang lembut akan membuat Anda melupakan hari-hari pikuk yang Anda alami sebelum berada d tempat ini.

  • Eat at Whalers buka untuk melayani makan siang dari hari Rabu hingga Minggu, sedangkan makan malam dari hari Kamis sampai Sabtu.
  • Kini tersedia juga brunch (antara makan pagi/siang) yang tersedia di hari Sabtu dan Minggu.
Sponsors Link
  1. Nino’s

Nino Solari adalah sebuah restoran pizza yang sudah berdiri sejak 36 tahun dan pizza yang dihadirkan pun tidak boleh diremehkan karena menjadi salah satu pizza terbaik di negara bagian. Selain itu juga ada catering yang tersedia untuk kelompok yang terdiri dari 100 orang. Jika tertarik untuk mencicipi pizza terbaik ini, khususnya bagi yang berencana datang dengan kelompok besar atau datang pada akhir pekan maupun hari libur besar, reservasi dianjurkan. Alangkah baiknya jika mendiskusikan juga tentang persyaratan khusus dalam memesan.

  1. HarBar

Inilah tempat yang sempurna untuk nongkrong bersama dengan teman-teman untuk makan bersama seraya bersantai. Pada Sabtu malam, Anda akan dapat menikmati musik alternatif yang dicampur dengan jazz serta funk oleh seorang DJ. Sambil menikmati musik, Anda bisa mencicipi anggur, bir dan koktail yang akan dilayani oleh pelayan yang ramah. Perlu diketahui juga bahwa menu yang dihidangkan oleh restoran ini secara berkala akan diubah dan dikemas istimewa secara mingguan sehingga akan lebih membuat penasaran dan tidak membosankan. Dari bahan makanan yang segar dengan memanfaatkan produk lokal yang dikembangkan sendiri, HarBar adalah lokasi tepat untuk berwisata kuliner.

  • HarBar kini buka setiap Kamis, Jumat dan Sabtu dari jam 5 sore sampai larut malam.
  • HarBar buka juga di hari Minggu tapi hanya dari pertengahan September sampai dengan Mei.

Tips Berlibur di Pulau Granite, Australia Selatan

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menikmati liburan di Pulau Granite di kawasan Pulau Granite. Karena saking banyaknya atraksi dan wahana yang tersedia, tentu selain dari nongkrong di pantainya, akan lebih asyik dan tak terlupakan bila dapat mengunjungi sejumlah spot lainnya untuk wisata air, wisata kuliner dan wisata belanja. Untuk itu, tips berikut kiranya dapat membantu membuat liburan makin seru.

  1. Siapkan budget lebih besar karena walau tujuan utama adalah menikmati Pulau Granite, Anda dijamin tergoda untuk menikmati seluruh wahana dan atraksi yang ada di kawasan Pulau Granite. Mulai dari mengendarai wahana unik dan bersejarah, icip-icip anggur dan juga menu-menu menarik nan nikmati hingga relaksasi semuanya bisa dilakukan, tapi tentu budget yang perlu disiapkan pun harus lebih.
  2. Membawa kamera adalah hal yang wajib karena ada begitu banyak momen dan pengalaman seru untuk dijelajahi di Pulau Granite dan sekitarnya ini. Selain dari mengabadikan pemandangan pantai yang keren, tentu setiap aktivitas lainnya juga perlu diabadikan sebagai kenang-kenangan.
  3. Membawa tabir surya, topi dan kacamata hitam adalah barang-barang umum yang perlu dibawa saat ke pantai. Namun, barang-barang tersebut menjadi sangat penting karena di Pulau Granite dan sekitarnya terdapat banyak atraksi dan tur yang dilakukan di luar ruangan juga, maka untuk menjaga supaya kulit tidak memerah atau mengelupas, barang-barang tersebut sangat penting untuk dibawa dan dikenakan.
Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 18th, March 2016 / 10:17 Oleh :
Kategori : Wisata Pantai