Sponsors Link

13 Tips Liburan ke China Wajib Diikuti

Sponsors Link

China merupakan salah satu negara yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan dan menjadi destinasi favorit bagi para pelancong dari berbagai penjuru dunia termasuk dari Indonesia. Semakin banyaknya warga Indonesia yang berkunjung ke China setiap tahunnya, menjadikan pengjuan visa untuk berkunjung ke Tiongkok atau China pun semakin mudah. Dengan mengunjungi negeri panda, pengunjung pun dimanjakan dengan keajaiban Great Wall secara langsung,s erta Kota Terlarang uang kerap kali dijadikan lokasi syuting beberapa film Kung Fu.

ads

Jika kamu berencana mengunjungi Negeri Tirai Bambu, persiapkan perjalanan wisatamu matang-matang. Berikut 13 tips yang perlu kamu persiapkan:

  1. Visa

Mengurus visa China tergolong mudah dan cepat. Pertama-tama, persiapkan semua dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen utama pengajuan visa China ini terdiri dari paspor, formulir permohonan visa, pas foto berukuran 48mm x 33mm, dan KTP. Jika anda ingin mengisi formulir secara online, anda bisa berkunjung ke website http://www.visaforchina.org/JKT_EN/System/269851.shtml. dokumen pendukungnya adalaha itinerary perjalanan, tiket pemesanan hotel, surat undangan dari china dan bukti pemesanan tiket pulang pergi. Setelah itu anda bisa membayar biaya sejumlah Rp 540.000,-. Info tambahan lainnya, ada tiga jenis servis pengurusan visa Tiongkok yaitu biasa, kilat dan super kilat yang tentunya berbeda harga berarti beda lama proses pembuatan visa.

Baca juga:

  1. Tiket pesawat

Untuk tiket pesawat pergi pulang, anda bisa booking pesawat dari Jakarta ke Shanghai dengan biaya sekitar 7jutaan jika sedang promo menggunakan maskapai Air Asia.

  1. Waktu yang tepat

Karena China adalah daratan yang sangat luas dan mempunyai iklim yang dipengaruhi karena letaknya di subartik hingga tropis, anda perlu mempertimbangkan kelima aspek sebelum berangkat:

  • ke kota mana anda akan pergi
  • apakah anda mengunjungi China untuk berbisnis atau murni berwisata,
  • musim apa yang paling anda sukai atau hindari,
  • berapa budget anda,
  • anda ingin datang waktu high season atau low season,

Untuk gambaran, berikut gambar prediksi bulan, musim liburan, harga, iklim dan hari libur Nasional China bisa di lihat di www.chinahighlights.com

Sponsors Link

  1. Bahasa

Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa resmi mereka. Ketika menginjak tanah Tiongkok ini, kamu akan sedikit sekali menemukan tulisan dan huruf latin juga bahasa Inggris. Hampir semua tulisan yang terpampang di sepanjang jalan, ditulis menggunakan huruf kanji China.

Jika anda tidak fasih bahasa Mandarin atau tidak bisa sama sekali, sebaiknya pelajari berbagai kalimat dan kata dasar yang digunakan masyarakat sehari-hari atau membawa kamus bahasa Mandarin ketika berada disana.

Baca juga:

  1. Siapkan itinerary

Setelah menentukan anggaran dana yang dimiliki dan kapan waktu keberangkatan, itinerary juga wajib disiapkan agar tidak bingung selama disana karena China memiliki daratan yang sangat luas dan pilihan tempat wisaya yang tak terbatas. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai tempat wisata dan kota-kota bersejarah yang layak anda datangi selama di Tiongkok, bahkan banyak para backpacker yang mengunggah itinerary perjalanannya sewaktu mengunjungi China yang dapat anda unduh secara gratis.

ads

Beberapa tempat yang kerap dikunjungi wisatawan luar China adalah tentu saja Tembok Besar China yang ada di Beijing, lalu Xi’an untuk melihat Terracotta Army, Suzhou yang dikenal sebagai Venice-nya China.

  1. Persiapan cuaca

Rencanakan tanggal kapan anda berangkat dan cek kondisi cuaca disana karena negara China memiliki 4 musim. Dengan mencari tahu kondisi cuaca, anda dapat mempersiapkan pakaian yang cocok sesuai dengan musimnya.

Sebagai info tambahan, sebaiknya anda mengunjungi China antara bulan April –  Mei dan September – Oktober, karena pada bulan-bulan tersebut, cuaca di China tidak terlalu dingin dan cenderung hangat. Apalagi, Hari Nasional China diselenggarakan pada pertengahan bulan Oktober yang memungkinkan anda untuk tidak melewatkan berbagai pagelaran budaya disana, meskipun China akan dipenuhi wisatawan lebih banyak dari biasanya.

Baca juga:

  1. Transportasi umum

Sebelum sampai di China dan menggunakan transportasi umum, kumpulkan info sebanyak-banyaknya di kota mana anda akan berkunjung. Anda bisa booking tiket saat masih di Indonesia mulai dari tiket pesawat pulang pergi (Jakarta-Shanghai, semisal) hingga tiket keretanya. Dan juga buatlah catatan kecil mengenai tujuan dan jadwal keberangkatan kereta anda, karena jika anda bingung saat berada di stasiun di sana dan ingin menanyakan keberangkatan kereta anda, petugas tidak bisa dipastikan kesulitan membantu anda karena  sebagian besar tidak dapat berbahasa Inggris dan menurut beberapa travel blogger, warga lokal tidak begitu peduli dengan kebingungan turis.

  1. Makanan

Untuk makanan, tentu banyak sekali berbagai jenis Chinese food dan dapat anda coba di setiap restoran yang anda temui. Tapi jika anda hanya memakan makanan halal ketika berada di China, cukup sulit menemukan restoran cepat saji maupun khusus vegetarian. Karena sebagian besar didominasi oleh restoran warga lokal dan sangat jarang restoran yang ditulis dengn huruf romawi bahkan saat berada di dalam Mall. Namun ketika kebetulan anda mengunjungi kota Xi’an, dipastikan anda lebih mudah mendapatkan makanan halal di Muslim Street. Di sepanjang Muslim Street ini, penjualnya adalah warga China Muslim yang otomatis menjajakan makanan halal.

  1. Uang Yuan

Masyarakat China menggunakan uang Yuan sebagai alat transaksi. Sebelum berangkat ke sana, sebaiknya tukar uang rupiah secukupnya ke pecahan uang Yuan, jika perlu tukarkan beberapa ke dollar juga sebagai cadangan jika memang diperlukan karena nilai USD cenderung lebih stabil dan mudah ditukarkan dimanapun anda berada.

  1. Penginapan

Sangat disarankan untuk membooking penginapan dari Indonesia. Jika anda rajin mengecek harga promo hotel dan hostel murah, anda bahkan bisa mendapatkan hostel berbentuk asrama dengan harga sekitar 60.000 rupiah per bed hingga 270.000 untuk harga hotel lengkap dengan televisi.

Jika anda ingin lebih berhemat waktu dan dana, anda bisa tidur selama perjalanan dari tempat satu ke tempat yang lain. Pilihlah kereta malam dengan membooking secara online di Travel Chine Guide untuk membooking kereta yang ada kasur tidurnya.

Sponsors Link

Baca juga:

  1. Sistem toilet

Warga China umumnya menggunakan sistem toilet kering, sebaiknya bawalah tisu basah dan sebotol air sebagai persediaan untuk ke toilet. Lebih baik menggunakan toilet penginapan untuk buang air dan beribadah bagi yang melakukan.

  1. Beberapa Kendala Yang Mungkin ditemui selama di China
  • Bahasa Mandarin dasar mutlak dipelajari jika anda hendak ke China.
  • Toilet yang kurang bersih sehingga sebaiknya membawa tisu basah sendiri.
  • Air minum langsung di China agak berbau, jika anda orang yang higienis sebaiknya membeli air minum botol saja.
  • Makanan Halal susah di dapat ketika berwisata di China, sebaiknya carilah info untuk mendapatkan Muslim Street di Xian atau restoran Muslim di Wangfujing

13. Hati-hati dengan penipuan

Akhir-akhir ini wisatawan yang berkunjung ke China di resahkan dengan adanya ‘tea scam’. Awalnya pelakunya berpura-pura sebagai perlajar China yang berbahasa Inggris dengan baik lalu ditawari menyaksikan upacara minum teh. Setelah korban minum teh, mereka akan menyuruh korban membayar dengan harga yang tidak masuk akal.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 30th, August 2017 / 06:39 Oleh :
Kategori : Tips Wisata