8 Tempat Wisata Alam di Aceh yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Apakah ada yang sudah pernah ke Aceh Singkil?, iya, Aceh singkil merupakan kabupaten yang ada di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Daftar obyek wisata di Aceh memang luar biasa banyak, mulai dari tempat wisata religi di Aceh hingga tempat wisata air terjun di Aceh, semuanya layak dikunjungi. Objek wisata yang ada di Aceh Singkil ini pun bukan pengecualian karena sama dengan tempat wisata di Aceh Besar, tempat wisata di Aceh Singkil ini memiliki potensi yang luar biasa, karena kekayaan alam dan pesona keindahannya yang memanjakan mata para pelancong dan penikmat alam.

Selain itu, di Aceh Singkil juga terdapat wisata sejarah dan kehidupan sosial budaya masyarakat yang unik dan bisa menjadi wisata tersendiri. Berikut beberapa destinasi tempat wisata alam di Aceh Singkil yang bisa anda kunjungi:

Pulau Bangkaru

pulau bangkaruPulau Bangkaru merupakan pulau yang berada di wilayah Aceh singkil. Lokasi pulau Bangkaru berada di kepulauan Bangkaru, kecamatan pulau Banyak. Jarak dari ibukota kabupaten sekitar 75 kilometer.

Prasarana menuju pulau bangkaru cukup baik, untuk menuju kesini anda cukup dengan menggunakan jasa penyeberangan kapal feri ataupun speed boat. Di pulau ini anda bisa bermain selancar, berenang dan snorkeling.

Daya tarik yang banyak memikat pengunjung selain pulau nya yang cantik, pulau Bangkaru juga merupakan pulau penangkaran bagi penyu hijau. Ketika anda mengunjungi tempat ini, setiap harinya anda dapat menyaksikan setidaknya 4 penyu yang sedang bertelur.

Di Pulau Bangkaru ini anda juga bisa berenang, berselancar dan snorkeling dengan nyaman. Jika tidak senang berbasah-basah ria, anda juga bisa duduk-duduk menikmati pinggir pantai Amandangan yang sangat indah. Tak heran jika Pulau Bangkaru ini sangat pas buat menikmati libur akhir pekan anda.

Pantai Cemara Indah

pantai cemara indahPantai cemara indah merupakan objek wisata yang menarik, dengan hamparan pantai yang biru. Pantai ini berada di desa gosong telaga, kecamatan singkil utara. Sekitar 5 kilometer jarak dari kecamatan dan sekitar 25 kilometer jarak dari ibukota. Nah, sebelum anda mengunjungi pantai ini, perhatikan terlebih dahulu persiapan untuk liburan ke pantai ya.

Selain pantai yang asri, beberapa fasilitas pendukung sudah mulai dibangun seperti gallery cafe, pondok santai, musholla, kamar mck, dan banyak wahan permainan anak, sehingga sangat membantu liburan anda. Sudah dipastikan tempat ini sangat recomended untuk liburan akhir pekan keluarga anda.

Selain itu, tahukah anda mengapa pantai ini disebut dengan pantai cemara indah? Ya, karena di pinggir-pinggir pantai ini, ada begitu banyak pohon cemara yang berbaris rapi dan sangat menyenangkan untuk dipandang dan dinikmati. Pohon-pohon cemara ini menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk duduk-duduk di tikar sembari memakan bekal dan juga saling bercengkerama satu sama lain.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung LeuserTaman Nasional Gunung Leuser hampir semua kawasannya ditutupi oleh lebatnya hutan Dipterocarpaceae dengan beberapa sungai dan air terjun. Di dalam kawasan ini terdapat tumbuhan langka dan khas yaitu daun payung raksasa (Johannesteijsmannia altrifons) dan bunga Raflesia (raflesia atjehensis dan R.micropylora) serta Rhizanthes Zippelnii yang merupakan bunga terbesar dengan diameter 1,5 meter. Selain itu, banyak juga terdapat tumbuhan unik ara yang masuk dalam tipe tumbuhan pencekik.

Taman Nasional gnung leuser merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan pantai dan hutan hujan tropika dataran rendah sampai pegunungan. Nah, lalu apa yang bisa anda lakukan di tempat ini? Banyak. Disini anda dapat melakukan:

  • Disini anda akan menemukan berbagai jenis fauna yang cukup langka di Indonesia. Disini anda dapat menemukan monyet dengan gaya rambut mohawk, maupun harimau.
  • Disini ada tempat yang sangat indah yang layak anda nikmati, layaknya gua kelelawar, keindahan sawah, dan bentangan kebun karet.
  • Anda dapat mengunjungi desa Ketambe, dimana disini anda dapat menikmati meluncur dengan ban di sungai Alas.
  • Yang paling menantang adalah mendaki hingga ke Puncak Leuser. Untuk mencapai Puncak Leuser, dibutuhkan waktu hingga 14 hari lamanya. Nah, sebelum mendaki gunung Leuser ini, ada baiknya anda memperhatikan pantangan saat naik gunung terlebih dahulu.

Baca Juga: Gunung Terindah di Indonesia 

Sponsors Link

Danau Tana Bara

danau tana baraDanau Tana bara ini merupakan wisata Danau yang terletak di Desa Tana Bara kecamatan gunung meriah. Lokasi danau ini berjarak sekitar 70 kilometer dari kabupaten dan kira-kira 15 kilometer dari kecamatan.

Jika anda berkunjung ke danau ini, Fasilitas yang bisa anda nikmati berupa budidaya ikan kerambah air tawar dan kolam pancing. Anda bisa belajar tentang budidaya ikan air tawar dan anda juga bisa menyalurkan hobi memancing anda. wisata sambil menyalurkan hobi, menyenangkan bukan?

Selain itu, ketika anda akan berkunjung ke danau ini, pastikan bahwa anda datang pada pagi hari. Ketika anda datang pada pagi hari, anda akan dapat menikmati kabut putih yang berpadu dengan warna biru tua indah khas danau. Danau ini belum banyak dijamah orang dan juga dikelola dengan baik, sehingga anda akan menemukan segala ketenangan saat berada di tempat ini.

Danau Cingkam

danau cingkamDanau Cingkam ini terletak di desa Cingkam/solok kecamatan gunung meriah. Danau ini hampir mirip dengan danau tana bara. Jarak dengan ibukota kabupaten sekitar 80 kilometer sedangkan jarak dari kecamatan sekitar 20 kilometer.

Fasilitas yang sudah tersedia dalam kawasan danau ini adalah budidaya ikan air tawar, udang dan kolam pancing.

Jika anda berkunjung ke danau cingkam ini anda bisa memancing dan belajar tentang budidaya ikan air tawar dan udang. (Baca Juga: Danau Kaolin dan Pantai Derawan)

Air Terjun Lae Gecih

Air-Terjun-Lae-Gecih-Aceh-SingkilObjek wisata Air terjun Lae Gecih terletak di desa kuta tinggi/lae gejih kecamatan simpang kanan. Sekitar 90 kilomter jika datang dari ibu kota kabupaten dan hanya berjarak 20 kilometer dari kecamatan. Air terjun Lae Gecih ini dianggap sebagai salah satu air terjun di Indonesia dengan panorama yang luar biasa.

Ketika kesini, hamparan alam khas pedesaan akan tersaji, berasa seperti pulang kampung halaman. Masyarakat sekitar kawasan air terjun ini mayoritas bertani dan mengembangkan budi daya ikan air tawar.

Sponsors Link

Karena tempat ini berada di Desa Lae Gecih, maka disepanjang perjalanan menuju air terjun ini anda akan menjumpai begitu banyak aktivitas penduduk yang sedang menggarap sawah dan juga para ibu-ibu yang sedang menjemur padi di depan rumah. Nah, saat hari biasa, para penduduk menjadikan air terjun Lae Gecih ini untuk mandi, karena memang airnya masih jernih dan belum banyak terjamah manusia.

Baca Juga: Tempat Wisata Air Terjun di Kulonprogo YogyakartaTempat Wisata Air Terjun di BaliTempat Wisata Air Terjun di Bogor, dan Tempat Wisata Air Terjun di Bandung

Pulau Banyak

pulau banyakPulau banyak berada di salah satu kecamatan di kabupaten Aceh Singkil Provinsi NAD. Di sini banyak pulau yang indah dan memukau yang meliputi gugusan pulau-pulau kecil dan besar, termasuk pulau bengkaru, pulau tuangku, pulau palambak besar dan pulau ujung batu.

Anda bisa menikmati hamparan semilir angin pulau yang menenangkan sambil menikmati gugusan pulau yang berderet. Waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung ke tempat ini adalah bulan Maret hingga Agustus, atau disaat musim kemarau sehingga anda bisa menikmati indahnya biru air laut sembari snorkeling, berenang, dan menjelajah laut dengan perahu.

Ya, anda dapat menjelajah laut dengan perahu melalui pulau ini. Di pulau ini, anda dapat menyewa perahu nelayan untuk mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Banyak. Sebagai opsi lain, anda juga dapat mengikuti aktivitas menangkap ikan bersama sang nelayan. Sangat meraik bukan?

Pulau Cemara Indah

pulau cemara indahPulau cemara indah ini terletak di Desa Gosong Telaga, kecamatan singkil utara. Pulau cemara ini merupakan objek wisata dengan hamparan pantai biru dan indah, sedangkan pantainya bernama pantai cemara indah gostel.

Kota pantai ini bisa di tempuh dengan memangkas jarak sekitar 26 kilometer. Beberapa fasilitas yang tersedia berupa pondok santai, arena bermain anak-anak, pentas, musholla dan gallery foto. Jadi sangat cocok untuk destinasi liburan keluarga anda.

Nah, anda tentu sudah tahu bukan mengapa pulau ini dinamakan pulau cemara indah? Ya, karena di pulau ini ada banyak sekali pohon cemara yang berbaris rapi dan menghadirkan hawa sejuk bagi para wisatawan. Selain itu, pasir-pasir di pantai ini begitu putih dan bersih, sehingga sangat cocok bukan untuk dijadikan sebagai obyek selfie? Selain cocok digunakan sebagai obyek selfie, melalui tempat ini anda dapat melihat salah satu pemandangan indah di dunia lho.

Itulah beberapa tempat wisata alam di Aceh Singkil yang bisa anda jadikan destinasi liburan akhir pekan keluarga anda. Keren-keren bukan? Jadi, kapan nih mau wisata ke Aceh Singkil? Menikmati gugusan pulau dan anginnya, sejenak rehat dari rutinitas kesibukan anda.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 09th, May 2016 / 18:34 Oleh :
Kategori : Aceh