Sponsors Link

5 Persiapan Untuk Liburan ke Pantai dan Barang – Barang yang Harus di Bawa

Sponsors Link

Suara deburan ombak disertai hamparan pasir membentang dan angin semilir adalah suasana pantai yang membuat kita betah berlama-lama di sana. Ini adalah salah satu destinasi wisata asyik yang bisa jadi pilihan. Di pantai kita tidak hanya bisa memandang laut lepas yang indah, akan tetapi juga bisa bermain pasir, berjemur, berenang, main voli pantai, dan mengumpulkan kerang. Namun, sebelum berwisata ke pantai, kita perlu beberapa persiapan. Apa saja, ya? Cek tulisan di bawah ini.

ads

Hal – Hal yang Perlu di Persiapkan untuk Liburan ke Pantai

  1. Kemas barang

Sebelum kita wisata ke pantai, siapkan tas besar atau kecil sesuai dengan banyak sedikitnya barang yang hendak dibawa. Aksesoris seperti kacamata hitam, topi. Serta beberapa barang tambahan seperti tikar, payung, kamera, mainan untuk di pantai, dan sebagainya. Juga baju renang dan baju cadangan yang bahannya cocok dengan suhu panas pantai dan cuaca pantai yang berangin.

Peralatan mandi, perlengkapan kesehatan juga jangan tertinggal (contohnya adalah sabun, tissue basah, sampo, antiseptik). Untuk mengatasi kulit yang terbakar atau terkena sengatan sinar matahari terik pantai, siapkanlah gel lidah buaya.

Dan satu lagi yang perlu diingat, sekiranya ada barang yang hendak kita bawa, namun bisa juga menyewa barang serupa di pantai, sebaiknya pilih menyewa saja. Tujuannya agar barang bawaan tidak terlalu banyak.

  1. Tambah minum

Pantai yang panas, membuat keringat akan banyak keluar. Keringat yang berlebih  mengakibatkan dehidrasi dan badan kita lemas. Liburan lemas? Pasti tidak menyenangkan. Untuk menghindari dehidrasi konsumsilah banyak air putih. Dan saat liburan ke pantai, sediakan stok air putih beberapa botol. Jadi cairan di tubuh tetap dapat terpenuhi.

  1. Pelindung terhadap matahari

Sengatan matahari pantai yang terik dapat mengakibatkan kulit terbakar. Kulit terbakar bila mengelupas akan menyebabkan terjadinya iritasi. Jadi melindungi kulit dari paparan sinar matahari sangat penting. Caranya dengan mengoleskan sunblock minimal yang SPF 30 supaya kulit terlindungi.

Selain penggunaan sunblok, pakailah topi sebagai pelindung kepala, kacamata hitam yang dapat melindungi mata, bila perlu gunakan pakaian lengan panjang tatkala hendak berjalan-jalan di sekitar pantai.

  1. Persiapkan makanan

Ada beberapa pantai di Indonesia yang letaknya cukup jauh dari pusat perbelanjaan atau mini market, jadi persiapan makanan sangat dibutuhkan. Siapkan camilan, buah, jika suka boleh bawa sayur dan perlengkapan memasak. Nanti, kita bisa mengolah bahan makanan yang kita bawa ketika berada di pantai atau penginapan.

Dan fungsi dari perlengkapan masak lainnya adalah untuk mengolah ikan hasil pancingan yang kita dapatkan. Bayangkan betapa gembiranya memasak ikan hasil pancingan sendiri bersama keluarga saat berlibur di pantai.

  1. Keselamatan

Penting memperhatikan keselamatan ketika berlibur di pantai. Biasanya ada tanda-tanda, misalnya : peringatan gelombang tinggi, batas maksimal berenang, diperbolehkan berenang atau tidak, dan sebagainya. Harap perhatikan hewan berbahaya yang mungkin ada di pantai seperti ubur-ubur, karang, juga bulu babi. Jangan sampai kita mengalami kecelakaan yang dapat mengurangi asyiknya liburan di pantai.

Sponsors Link

Barang yang Perlu dibawa Ketika Liburan ke Pantai

  • Sun block ; Sebelum kita berlibur ke pantai, oleskan terlebih dahulu sun block untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar mentari. Hati-hati apabila kita lupa memberikan perlindungan kulit, saat terbakar matahari kulit akan mengelupas, bersisik, bahkan iritasi.
  • Sandal ; Hindari pemakaian sepatu apalagi high heels. Karena ketika liburan di pantai, kedua alas kaki tersebut sangat mengganggu dan tidak mempunyai fungsi yang maksimal. Berjalan di pantai pakai sepatu akan membuat pasir masuk ke dalamnya, langkah jadi berat, dan kurang nyaman. Sandal merupakan alas kaki paling tepat tatkala liburan ke pantai. Sandal membuat langkah menjadi ringan dan kaki nyaman.
  • Kain pantai ; Kain pantai dapat dimanfaatkan sebagai alas berjemur, alas duduk, atau dapat pula dibentuk jadi rok dan gaun.
  • Kacamata hitam ; Kacamata hitam bermanfaat sebagai pelindung mata dari terik sinar matahari. Saat berada di pantai tentunya akan merasa lebih enak dan nyaman berjalan-jalan memakai kacamata hitam.
  • Pelembab rambut ; Kondisioner atau pelembab rambut diperlukan saat kita berlibur ke pantai. Sampo dengan kandungan kondisioner berguna menjaga rambut tetap lembab sehingga terhindar dari kerusakan. Ingat, ya! Pantai dengan cuacanya yang panas dan berangin membuat rambut patah-patah, rontok, dan rusak.
  • Kamera ; Liburan kemana pun, benda yang satu ini harus dibawa. Termasuk tatkala liburan di pantai. Kita dapat mengabadikan setiap moment yang dilewati waktu liburan. Ini dapat jadi kenang-kenangan yang tidak telupakan.
  • Air putih ; Air mineral atau air putih perlu dibawa ketika pergi ke pantai. Pantai yang panas membuat tubuh cepat kehilangan cairan sehingga dapat berdampak terjadinya dehidrasi.
  • Peralatan bermain ; Banyak kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di pantai. Tak hanya memandang lautan biru, kita juga dapat bermain pasir, mencari kerang, main voli, bahkan berenang dan memancing. Maka dari itu peralatan bermain (contohnya sekop pasir, bola) penting dibawa.
  • Peralatan selam atau berenang ; Bagi yang senang mengintip keindahan bawah laut, baiknya bawa peralatan selam atau jika tak mampu menyelam, kita pun masih dapat menikmati indahnya bawah laut dengan snorkeling. Tidak punya perlengkapan selam? Jangan khawatir! Kita bisa sewa, kok. Karena banyak penyewaan yang menyediakan berbagai perlengkapan untuk menyelam. Bila ingin berenang, harap hati-hati dan patuhi rambu-rambunya. Jangan lupa pula sedia pelengkapan renang.
  • Tas ; Untuk membawa semua perlengkapan liburan, sediakan juga tas dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah barang yang akan dibawa.
    Sponsors Link

Keperluan Liburan ke Pantai bagi Wanita

Selain perlengkapan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa barang lagi yang penting di bawa oleh wanita saat liburan ke pantai, diantaranya :

  1. Peralatan kecantikan

Saat tengah liburan sekalipun, wanita tak dapat terpisah dari polesan make up. Make up minimalis cocok diaplikasikan untuk liburan dan waktu santai bersama keluarga. Jangan pernah membiarkan wajah kusam tanpa polesan make up apalagi kita tengah berlibur.

Wajah yang cantik dan segar akan memberikan aura positif dan menyenangkan. Menjaga kelembaban bibir memakai pelembab khusus bibir, perlu juga dilakukan supaya bibir terlihat segar dan tak kering.

  1. Mukena

Mukena atau perlengkapan ibadah perlu dibawa bagi wanita muslim. Ini akan memudahkan kita ketika akan menunaikan ibadah sholat. Biasanya di mushala-mushala terdekat juga disediakan perlengkapan ibadah/mukena, tetapi kadang tak nyaman kalau harus memakai mukena bergantian atau harus mengantri mukena. Jadi lebih baik bawa sendiri.

  1. Rok

Rok pantai yang memiliki bahan ringan sangat cocok dengan suasana pantai. Bisa pula pakai celana pendek, legging di bawah lutut dipadukan dengan talian rok pantai di luarnya, sangat pas dikenakan dalam suasana liburan gembira bersama keluarga.

  1. Tissue basah

Salah satu manfaat tissue basah adalah untuk menghapus make up/kosmetik yang luntur akibat keringat di wajah. Jadi perlu untuk sediakan tissue basah secukupnya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 28th, November 2015 / 06:22 Oleh :
Kategori : Persiapan