Sponsors Link

13 Tempat Wisata di Laos yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Laos, salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak candi serta bangunan yang  menakjubkan. Selain itu keindahan alam berupa gunung-gunungnya pun memikat para wisatawan untuk datang berkunjung. Berikut beberapa obyek wisata di negara Laos yang patut untuk anda kunjungi :

ads
  1. Pha That Luang

Pha That LuangObyek wisata yang pertama adalah Pha That Luang yang merupakan sebuah candi budha yang berukuran cukup besar dan berlapis emas. Berada di pusat kota Vientiane, candi  yang satu ini mempunyai 3 tingkat yang masing-masing tingkat sebagai refleksi bagian dari doktrin budha. Pha That Luang dibangun pada abad ke-3 dan pernah mengalami beberapa kali renovasi, salah satunya adalah pada tahun 1930. Tempat wisata yang satu ini disebut-sebut sebagai monumen nasional paling penting dan merupakan simbol nasional.

Pha That Luang merupakan Stupa besar peninggalan Buddha dengan tinggi lebih dari 45 meter dan lebarnya sekitar 69  meter. Pha That Luang ini bentuknya seperti piramida dan di skelilingnya dikelilingi oleh stupa kecil dengan jumlah sekitar  30. Pha that luang ini merupakan stupa yang seluruh bagiannya  ditutupi dengan 500 kilogram emas murni, emas adalah logam mulia yang bisa menunjukkan kemegahan Laos. Melihat stupa ini bentuknya mirip dengan Candi Borobudur yang sama sama peninggalan Buddha.

Baca : Tempat wisata di MagelangTempat wisata di Mojokerto

  1. Wat Xieng Thong

wat Xieng ThongWat Xieng Thong merupakan candi budha yang lokasiya ada di ujung utara Semenanjung Luang Prabang. Tempat yang dibangun pada 1559 ini merupakan sebuah monumen simbol semangat agama serta seni tradisional.

Pembangunan candi budha ini dilakukan oleh Raja Setthatirath dan tepatnya ada di pertemuan antara Sungai Mekong dengan sungai Nam Khan. Bangunan ini sungguh menakjubkan, dengan pintu kayu berukir dan dilapisi emas. Sekitar tahun 1950-1960an dilakukan renovasi secara keseluruhan untuk memperbaiki candi-candi yang rusak karena kurang terawat dan yang rusak akibat peperangan. Bagi anda yan datang ke tempat ini anda bisa menemukan keunikan dari Wat Xieng Thong.  Tempat wisata ini mirip dengan rumah adat yang ada di Indonesia. Meskipun sudah lama direnovasi, tempat ini masih terlihat berdiri kokoh dan terjaga dengan baik.

Baca : Tempat wisata di KlathenDaftar obyek wisata di Thailand

  1. Buddha Park

Buddha ParkTempat wisata yang satu ini dikenal juga dengan nama Xieng Khuan. Ini merupakan taman patung yang berlokasi kurang lebih 25 km arah tenggara Vientiane. Walaupun di area wisata tersebut tidak ditemukan candi, akan tetapi Budha Park tetap saja dinamakan Wat Xieng Khuan. Karena terdapat lebih dari 200 buah patung budha dan hindu, maka pemerintah memutuskan untuk membuat area tersebut sebagai lokasi wisata.

Memang bentuk patung-patung tersebut mirip dengan patung pada abad ke-17 atau 18. Akan tetapi sebenarnya patung-patung yang ada di Budha Park diperkirakan pembuatannya dilakukan oleh Luang Pu Bunleua Sulilat pada tahun 1958.  Patung Buddha banyak yang menghiasi taman ini. Selain bisa diguakan utnuk tempat wisata, Buddha Park ini bisa digunakan untuk wisata pengetahuan dan budaya saat berada di Taman Buddha ini.

  1. Wat Si Saket

Wat Si SaketSelanjutnya ada Wat Si Saket. Ini merupakan candi budha yang ada di Vientiane, Laos,  dan pembangunannya dilakukan pada tahun 1818. Mengusung arsitektur budha gaya Siamese, candi yang satu ini dibangun atas perintah dari Raja Anouvong (Setthatirath V).  Pada dinding Wat Si Saket, kita akan melihat banyaknya perak serta keramik. Diperkirakan jumlah perak dan keramiknya mencapai lebih dari 2000 buah. Selain keindahan arsitekturnya, candi tersebut pun punya museum di bagian dalam.

Wat Si Saket ini letaknya ada di jantung kota Vientiane. Wat Si Saket bentuknya mirip dengan kuil. Kuil ini dijadikan sebagai adalah satu-satunya untuk sobrevio invasi yang dilakukan oleh tentara Siam sejak tahun 1828. kuil ini adalah kuil paling tua di Vientiane. Ciri khas kuil ini adalah mempertahankan bentuk aslinya aslinya untuk Sisaket. Sedikitnya ada hampir sebanyak  7000 patung Buddha yang dipasang di depan Wat Si Saket. Patung itu juga menjadi desai interior Wat Si Saket. Wat Si Saket adalah salah satu daya tarik wisata yang ada di Kota Vientine ibukota Laos.

Baca : Tempat wisata di Belanda

  1. Phu Chi FA

Phu Chi Fa Tempat wisata yang populer di Laos selanjutnya bernama Phu Chi Fa yang merupakan gunung serta hutan taman nasional yang letaknya ada di perbatasan negara Thailand dan Laos. Panorama pegunungan di sekitarnya begitu menawan dan kala menjelang fajar biasanya wisatawan banyak yang datang untuk melihat kabut yang tampak seperi lautan menutupi gunung-gunung di sekelilingnya.

Pu Chi Fa mempunyai ketinggian antara 1200 meter sampai dengan 1600 meter di atas permukaan air laut, dengan suhu sekitar 20OC. Perlu diketahui juga bahwa Pu Chi Fa punya 3 musim, yaitu musim panas, hujan, dan musim dingin. Adanya ketiga musim tersebut dipengaruhi oleh angin muson tropis. Kegiatan yang bisa anda lakukan di pagi hari adalah Anda bisa menyaksikan matahari terbit diatas awan yang mirip dengan lautan awan.

Baca : Tempat wisata di Lumajang

  1. Phou Si

Phou SiIni juga obyek wisata Laos yang populer. Namanya adalah Bukit Phou Si dengan ketinggianya sampai dengan 100 meter dan lokasinya ada di Kota Tua Luang Prabang. Bukit ini disebut sebagai rumah agama untuk warga sekitar dan diapit oleh 2 sungai, yaitu Sungai Nam Khan serta Sungai Mekong.

Di lokasi ini akan anda temui beberapa candi budha. Apabila anda naik ke atas bukitnya, baru setengah perjalanan, di bawah sana (menghadap arah Sungai Nam Khan) akan tampak Wat Tham Phou Si. Sementara apabila anda telah sampai di atas bukit, akan terlihat panorama yang menawan dari ketinggian, termasuk Wat Chom Si, sebuah candi budha yang menjadi salah satu magnet wisatawan saat berkunjung ke Kota Tua Luang Prabang. Saat berada di puncak Pho Si pengunjung bisa melihat keindahan pemandangan yang sanagat terkenal. Di atas puncak ini ada banyak kuil. Saat akan menuju tempat ini anda harus melalui tanjakan dan juga turunan. Pengunjung juga bisa melihat keindahan pegunungan yang mengelilingi Phou Si.

Baca : Tempat wisata di Lumajang

ads
  1. Bolaven Plateau

bolaven Plateau Selanjuntnya kita akan berkunjung ke Bolaven Plateau, sebuah dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 1000 sampai dengan 1350 meter di atas permukaan air laut. Letaknya diantara Pegunungan Annamite yang ada di perbatasan negara Laos dengan Vietnam. Memiliki daya tarik berupa sungai-sungai yang melintasi lokasi ini dan juga air terjun yang cukup banyak.

Tempat satu ini menjadi tempat wisata karena mempunyai banyak air terjun, bisa dibilang air terjun di sini tak terhitung lagi jumlahnya. Sedangkan untuk namanya sendiri yaitu Bolaven, asalnya dari Laven yang merupakan kelompok etnis yang mendominasi wilayah tersebut. Air terjun paling terkenal di Bolaven Plateau bernama Air Terjun Tad Lo, mempunyai beraneka macam tanaman di sekelilingnya.

Keindahan Air Terjun yang hanya memiliki tinggi beberapa meter saja ini sudah amat terkenal, sehingga dijadikan sebagai air terjun paling populer di Bolaven Plateau. Selain itu anda juga dapat berkunjung ke air terjun paling tinggi di Laos bernama Air Terjun Taat Fang/ Dong Hua Sao yang ketinggiannya mencapai 120 meter.

Baca : Tempat wisat di Cilacap

  1. Vat Phou

Vat PhouVat Phou atau dikenal juga dengan Wat Phou adalah kompleks candi khmer hindu yang lokasinya ada di Gunung Phu Kao, kurang lebih jaraknya 6 km jika ditempuh dari Sungai Mekong yang ada di Provinsi Champasak.

Dulunya ada candi yang berasal dari abad ke-5 di area Vat Phou, akan tetapi kini hanya ada struktur candi yang asalnya dari abad-11 sampai dengan abad-13. Vat Phou hingga sekarang difungsikan sebagai pusat ibadah umat budhis Theravada yang punya struktur unik. Perlu diketahui bahwa sejak tahun 2001 tempat ini sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Tak heran  kalau Vat Phou begitu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Baca : Tempat wisata di Bontang

  1. Patuxai

patuxai laosPatuxai atau Victory Gate (Gerbang Triumph) dahulu dikenal bernama Anosavari Monument. Ini adalah monumen perang yang lokasinya ada di Vientiane dan jika orang Perancis datang, menyebutnya sebagai Aux Morts. Pembangunan monumen dilakukan antara tahun 1957 sampai dengan 1968. Tujuan pembangunan Monumen Patuxai ini adalah untuk mengenang jasa para pahlawan dan orang yang turut berjuang merebut kemerdekaan dari penjajahan Perancis. Selain disebut dengan beberapa nama berbeda yang sudah disebutkan di atas, Patuxai dinamakan juga dengan Arc de Triomphe dari Vientiane dikarenakan bangunan tersebut mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di Paris. Desain eksteriornya begitu menawan dimana ada hiasan dengan simbol agama Buddha berupa daun teratai dan menara stupa  dan juga patung animisme.

Daya tarik dari obyek wisata yang satu ini adalah adanya air mancur yang bergerak seiring alunan musik. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mendaki puncak Patuxai untuk melihat keindahan yang ada di sekitar Patuxai

Baca : Tempat wisata di Mojosari

  1. Museum Lao

museum lao Museum nasional yang lokasinya ada di Kota Vientiane. Museum yang menempati sebuah bangunan bekas kolonial Perancis ini berfokus pada sejarah revolusi tahun 1970an. Awal pembangunan museum ini diperuntukkan sebagai tempat tinggal Gubernur Perancis.

Pada 2007 Amerika menyumbangkan dana yang ditujukan untuk pengembangan museum. Dan kini Museum Lao menyuguhkan perjalanan sejarah negara Laos, termasuk bagaimana orang-orang Laos berjuang untuk memperoleh kemerdekaan dan bebas dari penjajah. Bagi anda yang ingin berwisata sejarah anda bisa datang ke tempat ini. Di museum ini anda bisa bagaimana pejuang negara Laos untuk memperoleh kemerdekaan. Sama seperti di Indonesia, kemerdekaan bukanlah hal yang mudah untuk diraih. Oleh sebab itu anda bisa mengetahui sejarah kemerdekaan negara Laos melalui museum ini.

Baca : Tempat wisata di Wonosobo

  1. Luang Prabang

Luang PrabangLokasi wisata ini pun terkenal populer sampai mancanegara, namanya adalah Luang Prabang yang tepatnya berada di Laos. Salah satu kota yang ada di Negara Laos ini patut untuk anda kunjungi karena kota tersebut memiliki gaya arsitektur sungguh menawan dengan kebersihan yang terjaga. Nyaman sekali berlibur kemari.

Luang Prabang ini memiliki sejarah. Luang Prabang memiliki nama lama bernama Muang Suang. Diganti nama Luang Prabang yang bersamaan dengan penaklukan kota di tahun 698. Penakhlukan kota ini dilakukan seorang pangeran kerjaan yang gagah berani bernama Thai Khun Lo. Pangeran ini merebut kekuasan ketika sang raja bernama Nan Chao yang saat itu sedang bertunangan di luar kota  Muang Sua. Rja Nan Chao saat itu adlaha raja yang memerintah di kota Muang Sua ( sekarang Luang Prabang ). Karena dipenuhi dengan sejarah dan kebudayaan, Luang Prabang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Sponsors Link

  1. Sungai Mekong

Sungai Mekong laosSelanjutnya ada Sungai Mekong. Sungai yang disebut-sebut terpanjang di Asia Tenggara dengan panjangnya mencapai sekitar 4.350 km ini, sangat diminati para wisatawan yang berkunjung ke Laos. Seperti yang kita tahu bahwa alat transportasi utama yang ada di negara ini adalah perahu /transportasi sungai. Sungai Mekong juga dinobatkan sebagai salah satu sungai utama yang ada di dunia ini. Bahkan volume air yang dimiliki oleh Sungai Mekong lebih banyak dibandingkan dengan sungai sungai lain yang ada di dunia ini. Volume air Sungai Mekong terbesar ke – 10 di dunia sedangkan untuk panjangnya sungai ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang nomor 12 di dunia.

Sepanjang perjalanan menyusuri Sungai Mekong, para wisatawan akan disuguhi panorama indah mulai dari Kawasan Huay Xai yang berada di perbatasan Thailand Utara sampai ke Kota Luang Prabang dan sebaliknya.

Baca : Tempat wisata di JepangTempat wisata di Bangkok

  1. That Dam

That DamThat Dam merupakan sebuah bangunan yang mirip puncak wat dan mempunyai warna hitam sehingga disebut juga dengan That Dam atau black stupa. Tempat ini tak banyak dikunjungi orang atau wisatawan dikarenakan lokasinya yang tepat ada di tengah-tengah jalan atau bundaran. Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu sore sambil menikmati hiruk pikuk Kota Laos bisa datang kemari. Atau anda ingin nongkrong di café? Tak jauh dari That Dan bisa ditemukan café dengan gaya modern.

Melihat bentuknya yang unik ternyata tempat ini dipenuhi dengan legenda. Legenda yang menyelimuti That Dam adalah stupa tersebut dihuni oleh naga yang memiliki tuju kepala. Banyak yang mengatakan jika naga itulah yang melindungi penduduk setempat ketika kota Vientine diserbu, dijarah dan sebagian besar kota hancur oleh Siam di tahun 1827. Penggambaran naga tersbeut sering bisa dilihat di kuil kuil yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Baca : Tempat wisata di Fak Fak

Itulah beberapa tempat wisata di Laos yang menarik dan populer. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat menarik tersebut bersama dengan keluarga anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 08th, May 2016 / 17:55 Oleh :
Kategori : Wisata Asia