Sponsors Link

6 Manfaat Mengunjungi TMII

Sponsors Link

Indonesia merupakan salah satu negara dengan banyak sekali kebudayaan yang berbeda pada tiap daerahnya. Hal ini tidak luput dari banyaknya pulau yang membentuk kesatuan dari negara kita sehingga tidak heran jika tiap daerah memiliki tradisi serta budayanya masing- masing. Kebudayaan yang begitu banyak ragamnya tersebut dapat anda pelajari lebih lanjut dengan cara mengunjungi TMII. TMII merupakan singkatan dari Taman Mini Indonesia Indah yang merupakan sebuah wahana untuk melestarikan serta mengembangkan kebudayaan Indonesia yang berguna pula sebagai sarana untuk memperkokoh rasa persatuan serta kesatuan rakyat Indonesia. TMII yang dibangun pada tahun 1971 dan diresmikan pada tahun 1975 pada tanggal 20 April ini pembangunannya diprakarsai oleh ibu Tien Soeharto. Seiring dengan berjalannya waktu, TMII mengalami banyak perubahan namun dengan misi yang masih sama sejak awal dibangunnya.

ads

Berada di TMII, anda akan cukup terpuaskan dengan beragam fasilitas yang ada seperti:

  • Taman akuarium air tawar
  • Istana anak–anak Indonesia
  • 26 anjungan daerah
  • Taman bunga keong mas
  • Museum transportasi
  • Pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Museum Indonesia
  • Taman burung
  • Museum minyak dan gas bumi

Berikut adalah manfaat mengunjungi TMII :

  1. Ada banyak sekali manfaat mengunjungi TMII karena selain menyenangkan, maka anda juga bisa menjadikan kunjungan anda tersebut sebagai ajang untuk menambah ilmu mengenai tradisi, adat istiadat, aspek budaya serta beragam jenis kesenian tradisional di sana dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda.
  2. Selain itu ada pula beragam sarana hiburan yang menarik dinikmati seperti kereta gantung, teater imx keong emas, kereta api mini. Bukan hanya itu namun ada pula taman budaya tionghoa yang akan memperlengkap kunjungan anda di TMII. Seiring dengan berjalannya waktu, TMII mengalami banyak perubahan dengan bayaknya pembangunan di mana-mana. Pembangunan tidak hanya membuat TMII tampak lebih indah melainkan juga menarik minat pengunjung domestik maupun asing untuk berkunjung ke sana.
  3. Berkunjung di TMII tidak hanya menimbulkan rasa senang melainkan juga rasa bangga akan menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Negara kita penuh dengan keberagaman budaya serta tradisi yang begitu menarik untuk dipelajari. TMII yang berada di atas tanah seluas 150 hektar ini mampu membangun rasa nasionalisme serta rasa ingin kembali berkunjung ke sana.
  4. Bagi anda yang cinta dengan keragaman budaya di Indonesia, mengunjungi TMII tentu menjadi pilihan yang tepat bagi anda karena dapat menambah pengetahuan sekaligus menambah rasa cinta pada tanah air serta tradisi-tradisi di dalamnya. Hebatnya lagi, TMII juga menyediakan wadah untuk mereka yang ingin belajar lebih lanjut mengenai tari-tari tradisional seperti tari topeng, tari merak dan lain- lain. Di TMII disediakan kursus menari dengan biaya yang relatif terjangkau.
    Sponsors Link

  5. Selain itu anda juga dapat menikmati keindahan tari Merak dan Tari Topeng yang secara rutin dipertontonkan di sana. Keberadaan TMII menjadi angin segar bagi para generasi muda untuk dapat mengenal lebih dekat mengenai kebudayaan mereka sendiri. Seperti yang kita tahu, generasi muda saat ini lebih condong memilih budaya kebarat- baratan yang nyatanya berbeda atau bahkan menyimpang dengan budaya leluhur kita. Mengenalkan kembali budaya dan tradisi yang ditinggalkan oleh nenek moyang menjadi ajang yang menarik untuk dapat meningkatkan rasa nasionalime pada diri sehingga lebih mencintai tanah air.
  6. Dengan banyaknya pertunjukan yang telah dijadwal secara baik oleh para agen di TMII seperti pertunjukan tari, lomba menyanyi, pertunjukan ketoprak. Lenong serta karnaval keprajuritan, maka dapat menambah rasa tertarik seseorang untuk datang mengunjungi TMII lagi dan lagi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 22nd, January 2016 / 08:04 Oleh :
Kategori : Info Wisata